Sabtu, Juni 20, 2015

evaluasi pembelajaran, bagian 5

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS NON TES
• Untuk mengetahui kualitas proses dan produk suatu pekerjaan.
• Setiap dimensi diukur menurut alat atau instrumen yang berbeda.
• Prinsipnya evaluasi pembelajaran bersifat aneka ragam. Hasil belajar dapat berupa pengetahuan teoritis, keterampilan dan sifat.
• Pengetahuan teoriris-teknik tes. Keterampilan-tes perbuatan.
Sikap-non tes.

PENGEMBANGAN INSTRUMEN JENIS NON TES
1. Observasi
2. Wawancara
3. Skala sikap
4. Daftar cek
5. Skala penilaian
6. Angket
7. Studi kasus
8. Catatan insidental
9. Sosiometeri
10.Inventori kepribadian
11.Pemberian penghargaan kepada peserta didik


1. Observasi
Pengertian :
• Suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis dan rasional mengenal berbagai fenomen dalam situasi sebenarnya maupun buatan untuk mencapai suatu tujuan.
• Dalam kaitan dengan evaluasi pembelajaran mengharuskan guru untuk memahami tentang judgement.
• Bertindak secara reflektif dan menggunakan komentar orang lain untuk membuat judgement yang reliable. Perlu diketahui guru, bahwa tidak semua yang di lihat di sebut observasi.

TUJUAN UTAMA OBSERVASI
1. Untuk mengumpulkan data dan informasi
2. Untuk mengukur prilaku kelas, interaksi antara siswa dan guru, faktor-faktor yang dapat diamati terutama kecakapan sosial

DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN  OBSERVASI DIGUNAKAN :
      1.      Untuk menilai proses dan hasil belajar siswa seperti tingkah laku siswa pada waktu belajar, berdiskusi, mengerjakan tugas-tugas dan lain-lain.
      2.      Untuk  menilai penampilan guru dalam mengajar, suasana kelas, hubungan sosial sesama siswa, guru dan siswa dan prilaku lainnya

EVALUATOR HARUS MEMAHAMI :
       1.      Konsep dasar evaluasi
       2.      Perencanaan evaluasi
       3.      Prosedur evaluasi

KARAKTERISTIK OBSERVASI
       1.      Arah dan tujuan jelas
       2.      Bersifat ilmiah
       3.      Terdapat berbagai aspek
       4.      Praktis penggunaannya