Soal Kasus Metodelogi Penelitian
Kasus
:
Pada masa modern, pendidikan menghadapi perkembangan yang
signifikan. Hadirnya media virtual bisa memberikan berbagai inovasi pendidikan.
Kemajuan smartphone memberikan berbagai macam fitur aplikasi, kamera
dengan resolusi tinggi maupun rendah, serta penggunaan akses internet yang
efisien. Smartphone juga dapat menginstal berbagai media sosial semisal Line,
WhatsApp, Facebook, Instagram, Tiktok, YouTube, serta berbagai program
lainnya.
YouTube yakni media
sosial yang sering dimanfaatkan oleh manusia pada smartphone. YouTube
menampilkan fitur berbasis video, mulai dari klip musik, berita, vlog, komedi,
tutorial, dll. YouTube kini sudah menjalar ke dunia pendidikan.
Pendidikan yakni upaya sadar yang diterapkan untuk menciptakan belajar serta
pengalaman pendidikan. Pada saat proses belajar mengajar peserta didik maupun
pengguna YouTube bisa menyimak penyampaian materi semisal halnya proses belajar
mengajar yang digunakan di kelas. Adanya video belajar mengajar yang disajikan
guru selaku fasilitator bisa menyajikan ikonografi pada bentuk ilustrasi maupun
video animasi untuk memberikan antusias dan semangat peserta didik pada materi
yang telah diberikan.
Persoalan pendidikan yang terjadi era sekarang yakni rendahnya
motivasi serta hasil belajar peserta didik. Motivasi yakni keadaan untuk
melecut pembelajaran yang memiliki peran yang sangat penting, utamanya bagi
pendidik maupun peserta didik. Munculnya motivasi belajar maka akan berpengaruh
terhadap hasil belajar. Hasil belajar yakni prestasi yang diraih oleh peserta
didik dengan cara penugasan, ulangan harian, serta keaktifan bertanya baik pada
saat guru menjelaskan maupun peserta didik berdiskusi melakukan presentasi di
depan kelas. Dari hal tersebut maka peserta didik akan mendapatkan hasil
belajar. Rendahnya pembelajaran peserta didik bisa dilihat dari berbagai sikap
serta perilaku saat pembelajaran seperti selalu ramai saat guru menjelaskan
pelajaran, saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru selalu meminta
bantuan teman maupun menyontek, serta pasifnya peserta didik saat
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Rendahnya pembelajaran
peserta didik bisa dilihat dari nilai harian peserta didik khususnya kelas X
SMK Dirgantara Malang.
Dari hasil paparan yang dibutuhkan sebuah pembelajaran aktif yang
bisa memperoleh hasil suasana pembelajaran yang menarik agar bisa memunculkan
motivasi belajar pada peserta didik yang kemudian berpengaruh pada hasil
belajar peserta didik. Menurut beberapa sumber, dari hasil wawancara guru kelas
dikatakan peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah di bidang studi Jaringan
Komputer. Pada pengumpulan tugas banyak peserta didik yang tidak mengerjakan,
sehingga mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik rendah. Berdasarkan
observasi di SMK Dirgantara Malang yang memiliki 350 siswa kelas X, dan yang
diambil adalah siswa kelas XA sebanyak 20 Siswa, terdapat beberapa peserta
didik memiliki motivasi belajar yang kurang pada Jaringan Komputer karena kurangnya penggunaan media saat
mengajar.
Selain dari itu, minimnya media pembelajaran juga mengakibatkan
rendahnya motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik. Sebenarnya ada
banyak media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan pada proses kegiatan belajar,
salah satunya yakni media video YouTube. Pemanfaatan media video YouTube bisa
digunakan untuk menunjang pembelajaran. Dengan menyimak video yang ditayangkan
dari YouTube diharapkan peserta didik bisa memahami pelajaran.
Jawaban
dari soal :
1.
Judul
Penelitian: Pengaruh Penggunaan Media
Video YouTube terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Mata Pelajaran Jaringan Komputer di Kelas X SMK Dirgantara Malang
2.
Desain
Penelitian:
· Penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen
· Desain
penelitian menggunakan pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design
3.
Sampel:
Sampel penelitian adalah peserta
didik kelas XA SMK Dirgantara Malang sebanyak 20 siswa
4.
Variabel
Penelitian:
1.
Variabel Independen (X):
Penggunaan Media Video YouTube
Definisi operasional: Penggunaan
video YouTube sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Jaringan Komputer
2.
Variabel Dependen (Y1):
Motivasi Belajar
Definisi operasional: Tingkat
motivasi peserta didik untuk belajar dan mencapai tujuan akademik, diukur
melalui kuesioner motivasi belajar
3.
Variabel Dependen (Y2):
Hasil Belajar
Definisi operasional: Prestasi
yang diraih oleh peserta didik dengan cara penugasan, ulangan harian, dan
keaktifan bertanya, diukur melalui tes hasil belajar
5.
Instrumen
Penelitian:
· Kuesioner
motivasi belajar untuk mengukur tingkat motivasi peserta didik
· Tes
hasil belajar untuk mengukur prestasi peserta didik
· Lembar
observasi untuk mengamati proses pembelajaran dan penggunaan media video
YouTube
6.
Rumusan
Masalah:
· Apakah terdapat pengaruh penggunaan media video YouTube
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Jaringan Komputer
di SMK Dirgantara Malang?
· Apakah terdapat pengaruh penggunaan media video YouTube
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Jaringan Komputer di
SMK Dirgantara Malang?
· Bagaimana hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Jaringan Komputer setelah menggunakan media
video YouTube?
7.
Prosedur
Penelitian:
1.
Pretest:
Memberikan kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar sebelum perlakuan
2.
Perlakuan:
Menggunakan media video YouTube sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran
Jaringan Komputer
3.
Posttest:
Memberikan kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar setelah perlakuan
4.
Analisis Data: Menganalisis
data pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video
YouTube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik
8.
Teknik
Analisis Data:
· Analisis
deskriptif untuk menggambarkan karakteristik sampel dan variabel penelitian
· Analisis
inferensial menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan
hasil belajar sebelum dan setelah perlakuan
9.
Tujuan
Penelitian:
· Mengetahui
pengaruh penggunaan media video YouTube terhadap motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Jaringan Komputer
· Mengetahui
pengaruh penggunaan media video YouTube terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Jaringan Komputer
10. Hipotesis:
1.
Hipotesis 1:
Terdapat pengaruh positif antara penggunaan media video YouTube terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Jaringan Komputer.
· H0:
Tidak terdapat pengaruh positif antara penggunaan media video YouTube terhadap
motivasi belajar peserta didik.
· H1:
Terdapat pengaruh positif antara penggunaan media video YouTube terhadap
motivasi belajar peserta didik.
2.
Hipotesis 2:
Terdapat pengaruh positif antara penggunaan media video YouTube terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran Jaringan Komputer.
· H0:
Tidak terdapat pengaruh positif antara penggunaan media video YouTube terhadap
hasil belajar peserta didik.
· H1:
Terdapat pengaruh positif antara penggunaan media video YouTube terhadap hasil
belajar peserta didik.
3.
Hipotesis 3:
Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran Jaringan Komputer setelah menggunakan media video
YouTube.
· H0:
Tidak terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar
peserta didik.
· H1:
Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar peserta
didik.
Dengan
demikian, hipotesis-hipotesis tersebut dapat diuji melalui analisis data dan
dapat memberikan jawaban atas pertanyaan penelitian.