Senin, Desember 05, 2016

Rumus Excel HLOOKUP

Rumus Excel HLOOKUP Lengkap dengan Contoh Penggunaanya

Rumus excel lengkap: Pada kesempatan yang lalu telah membahas tentang rumus Lookup excel disertai pembagian dan contoh penggunaannya. Fungsi lookup sebagaimana yang telah kita ketahui adalah fungsi untuk mengembalikan nilai dari satu baris atau satu kolom berbagai atau dari array. Maksudnya adalah ketika dalam proses penghitungan pada sebuah tabel dibutuhkan referensi dari tabel lain. Fungsi Lookup juga berarti mengembalikan sebuah nilai baik dari range satu baris maupun satu kolom atau dari sebuah array.

Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaiturumus excel Vlookup dan dan fungsi Hlookup seperti dalam posting ini.  Adapun postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya tentang rumus Hlookup excel beserta contoh-contoh penggunaanya.

Daftar isi Pembahasan Rumus Excel Vlookup
1. Pengertian rumus excel lengkap Hlookup
2. Rumus dasar atau sintaks rumus Hlookup
3. Contoh penggunaan rumus excel lengkap Hlookup
Berikut penjelasannya dari masing masi sub tentang tutorial rumus excel Vlookup in

A. Pengertian rumus microsoft excel Hlookup 

Fungsi atau rumus Hlookup excel ini digunakan untuk mencari nilai di baris paling bawah tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam kolom yang sama dari sebuah baris yang di tetapkan dalam tabel referensi. Menggunakan fungsi Hlookup hanya jika  nilai-nilai perbandingan berada di baris sebuah data yang ingin ditemukan.
Fungsi ini digunakan untuk melakukan penghitungan yang range datanya disusun secara Horizontal (mendatar), range data bisa di beri nama tertentu untuk memudahkan

B. Rumus dasar atau sintak rumus Hlookup excel

Setelah mengetahui secara singkatpengertian rumus excel Hlookup, selanjutnya hal yang sangat penting untuk dipelajari adalah rumus dasar atau sintaks dari rumus tersebut, sehingga dalam penulisan rumus Hlookup bisa sesuai dan hasilnya pun sesuai.
Sintaks rumus Hlookup excel

=HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num)

Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;
Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.
Row_index_num adalah nomor indek baris pencarian dari tabel pencarian.

Beberapa keterangan tentang col_index_num;
Jika row_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilkan/dikembalikan berada pada baris kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
Jika row_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi HLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
jika row_index_num lebih besar daripada jumlah baris tabel referensi, maka fungsi HLOOKUP akan  mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus Hlookup excel bisa menggunakan nama range.

Cara memberi nama range.
a. Blok range datanya.
b. Klik menu Insert kemudian Define.
c. Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama

range pada Names In Workbook.
d. Kemudian klik tombol Add.
e. Klik Ok untuk mengakhiri.

Catatan: Untuk membuat nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh menggunakan operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh menggunakan nama yang sama dengan nama sel.

Cara menuliskan rumus microsoft excel Hlookup 
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola bisa dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan menggunakan alamat cell.
Contoh =Hlookup(B2;$B$10:$D$15;2).

Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, agar ketika disalin ke cell lain tidak berubah.

• Penulisan rumus dengan menggunakan nama range pada tabel_array.
Contoh : Hlookup(B2;TABEL;2).

• Penulisan rumus dengan menggunakan Function Arguments Hlookup.
Berikut gambarnya.

C. Contoh penggunaan Rumus Hlookup Excel.

Berikut beberapa contoh untuk rumus Hlookup excel.
Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan kode barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:


Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Hlookup(B5;$C$14:$F$17;2)
Mencari Harga.
D5=Hlookup(B5;$C$14:$F$17;3)
Mencari discount.
E5 = Hlookup(B5;$C$14:$F$17;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5

Jika dilihat hasilnya akan seperti ini


Demikian tutorial rumus excel lengkaptentang Fungsi dan rumus Excel Hlookup, semoga bermanfaat. 

Rumus Excel Vlookup

 Penggunaan Rumus Excel Vlookup Paling Lengkap

Rumus excel lengkap memberikan  contoh penggunaan rumus Excel Vlookup paling komprehensif. Pada kesempatan yang lalu telah membahas tentang Rumus Excel Lookup disertai pembagian dan contoh penggunaannya dalam mengolah lembar kerja terutama yang berhubungan dengan angka-angka.

Fungsi lookup sebagaimana yang telah kita ketahui adalah fungsi untuk mengembalikan nilai dari satu baris atau satu kolom berbagai atau dari array. Maksudnya adalah ketika dalam proses penghitungan pada sebuah tabel dibutuhkan referensi dari tabel lain. Fungsi Lookup juga berarti mengembalikan sebuah nilai baik dari range satu baris maupun satu kolom atau dari sebuah array.

Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaitu

rumus excel Vlookup seperti dalam artikel ini dan rumus excel Hlookup seperti disampaikan dalam artikel sebelumnya. Postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya tentang rumus Vlookup excel besarta contoh-contoh penggunaanya.

Daftar isi Pembahasan Rumus Vlookup
Pengertian rumus Vlookup excel Rumus dasar atau sintaks rumus Vlookup excel Contoh penggunaan rumus Vlookup excel

A. Pengertian rumus Vlookup excel

Fungsi atau rumus Vlookup excel ini digunakan untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang di tetapkan dalam tabel referensi. Menggunakan fungsi Vlookup hanya jika  nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.
Fungsi ini digunakan untuk melakukan penghitungan yang range datanya disusun secara Vertical, range data bisa di beri nama tertentu untuk memudahkan.

B. Rumus dasar atau sintak rumus Vlookup excel

Setelah mengetahui secara singkat pengertian dari rumus excel Vlookup, selanjutnya hal yang sangat penting untuk dipelajari adalah rumus dasar atau sintaks dari rumus tersebut, sehingga dalam penulisan rumus Vlookup bisa sesuai dan hasilnya pun sesuai.

Sintaks rumus Vlookup excel
          =VLOOKUP(lookup_value;tabel_array;col_index_num)

Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;

Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.
Col_index_num adalah nomor indek kolom pencarian dari tabel pencarian.

Beberapa keterangan tentang col_index_num;
==Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
==Jika col_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
==jika col_index_num lebih besar daripada jumlah kolom tabel referensi, maka fungsi VLOOKUP akan  mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus vlookup excel bisa menggunakan nama range.

Cara memberi nama range.
a.Blok range datanya.
b.Klik menu Insert kemudian Define.
c.Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama range pada Names In Workbook.
d.Kemudian klik tombol Add.
e.

style="white-space: pre;"> Klik Ok untuk mengakhiri.

Catatan: Untuk membuat nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh menggunakan operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh menggunakan nama yang sama dengan nama sel.

Cara menuliskan rumus Vlookup excel.
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola bisa dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan menggunakan alamat cell.
Contoh =Vlookup(B2;$B$10:$D$15;2).

Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, agar ketika disalin ke cell lain tidak berubah.

•Penulisan rumus dengan menggunakan nama range pada tabel_array.
Contoh : Vlookup(B2;TABEL;2).

•Penulisan rumus dengan menggunakan Function Arguments Vlookup.
Berikut gambarnya.


C. Contoh penggunaan Rumus Vlookup Excel.

Berikut beberapa contoh untuk rumus Vlookup excel.
Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan kode barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:

 Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;2)
Mencari Harga.
D5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;3)
Mencari discount.
E5 =VLOOKUP(B5;$B$16:$E$19;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5

Contoh 2
Daftar Nilai Kursus Komputer.
Lihat data di bawah ini

Penulisan rumus di atas adalah

Rumus untuk mencari kelas di cell D5  =VLOOKUP(C5;TABEL;2)Rumus untuk mencari Rata-rata di cell H5 =(Average(E5:G5)Rumus untuk mencari Predikat di cell I5=VLOOKUP(H5;Predikat;2)Rumus untuk mencari Keterangan di cell J5 =VLOOKUP(H5;Predikat;3)
Bentuk rumus pada data di atas menggunakan Nama Range.