Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2022 - 2024:
1. Maret 2022
Development of Moodle-Based E-Learning at LKP TIKOM
Link : https://i-jeh.com/index.php/ijeh/article/view/96
DOI : https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i3.96
Sebagai penulis ke-Tiga
Mochammad Agri Triansyah
Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Mochamad Guntur
Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Diah Afrianti Rahayu
Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Abstract
This research is a research development. It said development research because this study concluded a product that is research using the Research and Development method. This research is directed to develop E-learning media based on a Website using Moodle platform with additional Video Conference features. This research uses the Waterfall method. This Waterfall method approaches systematically and sequentially in building software. Product trials are carried out in two ways, theoretically and empirically. Theoretically, an attempt was conducted on the feasibility test for using E-learning with the assessment of media experts and assessors/students while empirically testing the product using the black box. That the development of website-based E-learning uses the Moodle platform with additional video conference features (1) Attracting course and training participants and (2) Assisting the Instructor's task in increasing competency at LKP TIKOM
Sumber dana : Mandiri
2. September 2022
Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur
Issue : Vol. 6 No. 2 (2022): September 2022
Link : https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4061
DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4061
Sebagai penulis ke-tiga
Iwan Henri Kusnadi
Universitas Subang, Indonesia
Aep Saefullah
STIE Ganesha, Indonesia
Diah Afrianti Rahayu
Institut Pendidikan dan Bahasa Inavada Cirebon, Indonesia
Wheny Khristianto
Universitas Jember, Indonesia
Hendy Tannady
Universitas Multimedia Nusantara, Indonesia
Primadi Candra Susanto
ITL Trisakti, Indonesia
Magdalena Magdalena
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Indonesia
Yohanes Totok Suyoto
Universitas Pembangunan Jaya, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan unit analisis Paguyuban UMKM Jasijuka Sejahtera, dengan populasi sebanyak 32 orang. Metode sampling yang digunakan adalah Non-Probability sampling dengan jenis sampel jenuh, sampling dengan jumlah sebanyak 32 responden, dengan teknik pengumoulan data adalah kuesioner. Metode pengolahand ata menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan pelatihan digital marketing terhadap kinerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap kinerja dan secara simultan pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja.
Sumber dana : Mandiri
3. 28 September 2022
Systematic Literature Review: Analisis Keefektifan Aplikasi Absensi Digital
Link : http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/45
Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomer 1 (2022)
Sebagai penulis Pertama,
Diah Afrianti Rahayu
Institut Prima Bangsa
Efri Vahmi
Institut Prima Bangsa
Keywords:
Aplikasi Absensi Digital, Systematic Literature Review, Absensi QR Code, Keefektifan Aplikasi Absensi
ABSTRACT
Aplikasi absensi digital adalah suatu perangkat lunak atau aplikasi komputer yang dirancang untuk memantau dan mencatat kehadiran seseorang secara sistematis. Aplikasi ini menggantikan cara manual tradisional dalam mencatat dan melacak kehadiran karyawan, pelajar, dan orang lain dengan menggunakan teknologi digital. Aplikasi absensi digital biasanya mengimplementasikan berbagai fitur teknologi seperti QR code, sidik jari, pengenalan wajah, RFID (Radio Frequency Identification), atau GPS (Global Positioning System) untuk menjamin keakuratan dan keamanan pencatatan kehadiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas metode pengembangan aplikasi absensi digital yang ada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode sistematik literatur review (SLR). Tahap mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan seluruh hasil penelitian yang ada. Studi ini menemukan bahwa ada tiga cara efektif untuk mengembangkan aplikasi absensi digital: kode Qr, sidik jari, dan RFID. Selain itu, ada dua cara yang kurang efektif untuk mengembangkan aplikasi waktu dan kehadiran digital: pengenalan wajah dan GPS. Metode-metode ini rawan kesalahan dan memerlukan penyelidikan untuk mendapatkan persentase hasil database yang tinggi. Kurangnya ketersediaan waktu yang dipengaruhi oleh faktor penelitian data dalam menentukan hasil sistem database menghambat pengembangan aplikasi pencatat waktu dan kehadiran digital. Oleh karena itu, langkah selanjutnya dalam aplikasi absensi adalah menerapkan metode pengembangan yang terbukti efektif agar tahap pengembangan aplikasi berjalan lancar.
Sumber dana : Mandiri
4. Desember 2022
Penerapan Sistem Aplikasi Bahasa Inggris Berbasis Android sebagai Sarana Pembelajaran Usia 6-12 Tahun Akibat Pandemi Covid-19
Link :https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9895
DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9895
Issue: Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling, Universitas Pahlawan: Special Issue (General),
Sebagai penulis ke-dua,
Roheli Roheli
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Invada Cirebon
Diah Afrianti Rahayu
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Invada Cirebon
Famela Marcha
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Invada Cirebon
Darmayanto Darmayanto
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Invada Cirebon
Abstrak
Latar belakang berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SD Islam Mumtaz bahwa pada proses pembelajaran Bahasa Inggris untuk usia 6-12 tahun media yang digunakan pada saat pandemic covid-19 adalah dengan media Whatshapp dan Google Classroom. Berdasarkan hasil survei di SD Islam Mumtaz untuk anak usia 6-12 tahun sebanyak 97% menggunakan smartphone android digunakan untuk bermain game, berdasarkan hal tersebut sangatlah baik apabila smartphone digunakan sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Inggris baik di dalam maupun di luar kelas. Pada aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia 6-12 tahun berbasis android studio dari sekarmedia terdapat 15 materi kosakata bahasa Inggris mengenai warna, angka, buah, huruf, buah, hewan, profesi, kendaraan dan benda yang disertai latihan dan evaluasi untuk mengukur pemahaman anak terhadap materi yang diajarkan dan membuat anak dapat belajar mandiri, sekaligus sebagai alternatif media pembelajaran selain buku. Aplikasi ini didukung dengan gambar, suara dan animasi yang diharapkan dapat menarik minat belajar anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian ini adalah 50 peserta didik usia 6 sampai 12 tahun. Dalam penelitian ini menggunakan berbagai instrumen untuk mengumpulkan data seperti: (1) kuesioner respon peserta didik (2) wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik (3) soal evaluasi pembelajaran melalui media aplikasi android. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran dapat mempengaruhi proses belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat memudahkan siswa dalam belajar baik di dalam maupun di luar kelas, media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah smartphone android. Dengan adanya teknologi di zaman modern ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih efektif.
Sumber dana : Hibah Dikti (Penelitian Dosen Pemula)
5. Desember 2022
Role of Work Discipline and Work Environment on Employee Performance in Regional Public Hospital
Link : https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4484
Issue : Vol. 6 No. 4 (2022): Desember 2022
Garuda : https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3246355
Sebagai penulis ke-empat
Budi Sulistiyo
PEM Akamigas, Indonesia
Tuti Marjan Fuadi
Universitas Abulyatama, Indonesia
Deddy Novie Citra Arta
Politeknik Penerbangan Jayapura, Indonesia
Diah Afrianti Rahayu
Institut Pendidikan dan Bahasa Invada Cirebon, Indonesia
Ilham Arief
STIKes Widya Dharma Husada, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Non PNS RSUD Budhi Asih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan unit analisis pegawai Non PNS RSUD Budhi Asih, dengan sampel sebanyak 100 orang. Metode sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik accidental sampling diperoleh responden sebanyak 100 responden, dengan teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan spss versi 26. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa Lingkungan kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai non pns RSUD Budhi Asih baik secara parsial maupun secara simultan.
Sumber dana : Mandiri
6. Maret 2023
Workshop Routing dan Server Bagi Guru-guru Anggota IGMP TIK/Informatika
Link : https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/412
Doi : https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.412 Issue : Vol. 3 No. 2 (2023): Maret 2023
Sebagai penulis ke-Ketiga
Novinaldi
STMIK Jayanusa Padang
Imam Gunawan
STMIK Jayanusa Padang
Diah Afrianti Rahayu
Institut Pendidikan dan Bahasa Invada Cirebon
Desty Endrawati Subroto
Universitas Bina Bangsa
Ikhsan
AMIK Jayanusa Padang
Abstrak
Workshop ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada guru-guru TIK/Informatika, khususnya yang tergabung dalam Anggota IGMP. Adapun ketrampilan yang ingin diharapkan bisa di dapat setelah workshop ini adalah kemampuan para guru TIK/Informatika dalam hal konfigurasi Routing dan Server menggunakan perangkat CISCO. Dimana perangkat Server dan Router CISCO sangat jarang digunakan untuk praktikum siswa. Hal mendasar kenapa perangkat ini sangat jarang digunakan adalah karena biaya perangkat yang mahal. Jadi dengan adanya worksop ini bisa menjadi tambahan informasi dan pengetahuan bagi guru TIK/Informatika untuk di implementasikan di sekolah masing-masing, terutama di matapelajaran jaringan komputer. Metode yang digunakan dalam workshop ini pertama adalah ceramah, kemudian yang kedua praktik langsung dalam bentuk workshop menggunakan perangkat yang sudah disediakan, dan yang ketiga adalah tanya jawab. Adapun hasil dari penyelenggaraan workshop ini terbilang sukses, dari 40 peserta di dapatkan 5 peserta luar biasa memahami isi materi, 30 lainnya bisa memahami materi dan 5 lainnya kurang paham terhadap materi. Kesimpuan yang bisa di dapat dari kegiatan workshop ini adalah pahamnya para guru TIK/Informatika tentang implementasi Routing dan Server pada perangkat Cisco.
Sumber dana : Mandiri
7. 27 November 2023
Workshop Peningkatan Kemampuan Penulisan Artikel Internasional Terindeks Scopus Melalui Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence
Link : https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21712
Doi : https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21712
Issue : Vol. 4 No. 5 (2023): Volume 4 Nomor 5 Tahun 2023Sebagai Penulis ke-enam :
Diki Prayugo Wibowo
Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia
Teguh Arifianto
Politeknik Perkeretaapian Indonesia
Muhammad Umar Kelibia
IAIN Ambon
Budi Mardikawati
Politeknik Transportasi Darat Bali
Baiq Fina Farlina
STIKes Hamzar
Diah Afrianti Rahayu
Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon
Keywords: Penulisan Artikel Internasional, SCOPUS, Teknologi Artificial Intelligence, Pelatihan Online, Jejaring Akademis.
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulisan artikel internasional terindeks SCOPUS melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI). Dengan melibatkan 44 peserta dari berbagai kalangan, termasuk dosen, mahasiswa, dan guru, kegiatan pelatihan dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada tanggal 25 Oktober 2023. Metode penyampaian materi melibatkan sesi diskusi kelompok, demonstrasi praktis penggunaan teknologi AI, dan sesi tanya jawab interaktif. Pemilihan topik ini didasarkan pada pentingnya pengembangan keterampilan penulisan artikel internasional dalam mendukung reputasi institusi dan meningkatkan daya saing di tingkat global. Metode pelatihan difokuskan pada penerapan teknologi AI dalam penelitian, dengan penekanan pada strategi penulisan yang terindeks SCOPUS. Hasilnya mencakup peningkatan pemahaman peserta terhadap teknik-teknik penulisan artikel internasional dan kemampuan praktis mereka dalam memanfaatkan teknologi AI. Kegiatan ini bukan hanya memberikan kontribusi terhadap pengembangan pribadi peserta, tetapi juga menciptakan jejaring akademis yang luas dan dinamis.
Sumber dana : Mandiri
8. November 2023
Analyzing The Socio-Political Dynamics And Curriculum Challenges In Indonesian Islamic Schools: A Comprehensive Study On Education Management For Sustainable Development
Link : http://injotel.org/index.php/12/article/view/37
E-ISSN : 3025-8308
Issue : Vol.1. No.4. (2023): DesemberSebagai penulis ke-Lima
Miranu Triantoro
UNIPA PSDKU BLITAR, Indonesia
Halimatussa'diyah Halimatussa'diyah
UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia
Ekbal Santoso
UNIPA PSDKU BLITAR, Indonesia
Udin Erawanto
UNIPA PSDKU BLITAR, Indonesia
Diah Afrianti Rahayu
Institut Pendidikan dan Bahasa, Cirebon, Indonesia
Keywords: Madrasah Education, Curriculum Challenges, Socio-Political Dynamics, Sustainable Development, Religious Education, Indonesia, Education Management.
Abstract
In our comprehensive study, "Analyzing the Socio-Political Dynamics and Curriculum Challenges in Indonesian Islamic Schools," we delved into the intricate world of Madrasah education in Indonesia. Our research aimed to understand the complex relationship between these institutions' socio-political dynamics and curriculum challenges. With their historical significance in Indonesia's education system, Madrasahs provide religious and secular knowledge. However, their sustainability in a rapidly changing world hinged on addressing critical issues, particularly the balance between religious and secular content and the impact of socio-political factors. Our research objectives encompassed a thorough analysis of curriculum challenges, examining socio-political influences, and identifying strategies for sustainable development. We employed various research methods, including surveys, interviews, and document analysis, strictly adhering to ethical considerations. Our study's results, presented entirely in the past tense, unveiled the intricate challenges faced by Madrasahs, including curriculum content, pedagogical methods, and resource limitations, significantly affecting student learning outcomes and the alignment of Madrasah curricula with national educational goals. Socio-political dynamics were found to play a central role in shaping Madrasah education, influencing autonomy, cohesion, and cultural preservation. Moreover, our study identified key strategies, including curriculum reform, teacher training, and community engagement, offering a roadmap for the sustainable development of Madrasah education in Indonesia. Our insights can guide policymakers, educators, and communities to ensure Madrasah education's continued relevance and inclusivity in a dynamic educational landscape.Sumber dana : Mandiri
9. 29 September 2023
Analisis Efektivitas Penggunaan E-Learning Management System Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Siswa
Link : https://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/46
DOI: https://doi.org/10.69808/pijar.v2i2.46
Diah Afrianti Rahayu
Institut Prima Bangsa
Mugi Surya Laksana
Institut Prima Bangsa
Sebagai penulis Pertama,
Keywords: LMS Moodle, Efektif, Pembelajaran, Pendidikan
ABSTRACT
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan sistem manajemen pembelajaran “LMS” terhadap siswa. Berbasis Moodle untuk pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR) untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi data dari berbagai jurnal yang relevan untuk mengetahui dampak Moodle terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moodle sebagai LMS dapat meningkatkan hasil belajar, engagement, dan partisipasi siswa. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa mengintegrasikan Moodle dengan metode pembelajaran tatap muka diperlukan untuk menciptakan interaksi sosial yang efektif. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pendidikan dan pengambil kebijakan dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita tentang bagaimana LMS, dan Moodle khususnya, dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan pendidikan yang terus berkembang.
Sumber dana : Mandiri