Selasa, April 11, 2017

  Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru

PEMASARAN

Membahas tentang pemasaran seperti pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, pengertian manajemen pemasaran dan inspiratif.

Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru

Demi mencapai suatu keberhasilan terutama dalam melakukan pemasaran produk pastinya akan membutuhkan kerja keras yang sangat melelahkan dan tantangan yang begitu banyak, apalagi jika produk yang akan dipasarkan adalah produk baru yang sama sekali belum dikenal bahkan belum diketahui oleh konsumen, pastinya tantangan yang akan dihadapi dapat berlipat-lipat ganda daripada umumnya.

Pada artikel ini admin akan melanjutkan topik postingan sebelumnya yaitu tentang Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru dan semoga dengan bahasan tentang Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru ini dapat memberikan suatu manfaat, menginspirasi serta memotivasi teman-teman yang akan atau sedang melakukan pemasaran produk baru.

Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru

Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru

1. Strategi pemasaran menggunakan sosial media

Strategi pemasaran menggunakan sosial media adalah salah satu yang harus teman-teman coba lakukan karena tingkat penggunaan sosial media diseluruh dunia semakin hari semakin bertambah dan itu merupakan sebuah peluang untuk bisnis teman-teman.

Saat menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran teman-teman harus menggunakannya secara cerdas atau lebih tepatnya teman-teman tidak boleh asal-asalan yang nantinya malahan akan menjatuhkan reputasi produk baru yang akan dipasarkan.

Sebelum memulai melakukan pemasaran produk baru menggunakan sosial media sebaiknya teman-teman menentukan terlebih dahulu akan menggunakan sosial media apa untuk pemasaran produk baru tersebut dan pastikan media sosial yang akan digunakan sesuai dan prospek untuk sarana pemasaran produk baru yang akan teman-teman pasarkan atau perkenal dan jual kepada konsumen serta contoh sosial media yang prospek dan telah banyak digunakan diantaranya adalah black berry messager (bbm), facebook, twitter, instagram, line dan sebagainya.


2. Strategi pemasaran menggunakan katalog promosi

Strategi pemasaran menggunakan katalog promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat jika produk yang akan dipasarkan lebih dari satu produk atau banyak, dimana pada katalog tersebut akan menampilkan gambar produk, deskripsi produk dan harga produk tersebut.

Strategi pemasaran menggunakan katalog promosi merupakan salah satu strategi pemasaran yang diminati oleh konsumen karena dengan adanya katalog mereka bisa melihat, membaca dan mengetahui informasi tentang produk yang akan dibelinya dan menentukan apakah produk tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.


3. Strategi pemasaran kerjasama dengan reseller dan dropship

Strategi pemasaran kerjasama dengan reseller dan dropship juga harus teman-teman lakukan karena dengan bekerjasama dengan reseller dan dropshipper maka produk baru tersebut menjadi lebih prospek untuk dijual dan akan lebih dikenal oleh konsumen karena pemasaran produk baru tersebut akan dilakukan oleh si reseller dan si dropshipper pula.

Strategi pemasaran dengan bekerjasama dengan pihak lainnya seperti reseller dan dropshipper memang menguntungkan namun teman-teman harus mempertimbangkan pula apakah ingin bekerjasama dengan reseller ataukah dropshipper karena mereka berbeda satu sama lainnya.

4. Strategi pemasaran online shop

Strategi pemasaran online shop merupakan salah satu yang menjadi favorit konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk karena mereka tidak perlu meluangkan waktu untuk datang ke tempat penjualan produk tersebut namun cukup dengan melakukan pemesanan secara online melalui web, sosmed, telp, pesan singkat dsb.

Namun jika ingin melakukan strategi pemasaran online shop, teman-teman harus senantiasa membangun kepercayaan konsumen pula seperti meyakinkan produk baru yang dipasarkan tersebut memiliki kualitas bagus, harga yang bersaing dan yang paling penting adalah online shop tersebut terpercaya.

5. Strategi pemasaran menggunakan iklan

Strategi pemasaran menggunakan iklan dapat dilakukan dengan berbagai macam jenis iklan, namun pastikanlah bahwa iklan tersebut sesuai dengan produk seperti kata-kata pemasaran iklan, tempat penayangan iklan dsb.

Ketika sudah memutuskan untuk menjalankan strategi pemasaran menggunakan media iklan, teman-teman harus memikirkan masalah biaya pula karena pada umumnya pemasaran menggunakan iklan pasti akan membutuhkan sejumlah biaya yang relatif yang berarti bisa kecil, sedang dan besar tergantung pihak yang mengiklankan tersebut.

Strategi pemasaran menggunakan iklan yang banyak digunakan diantaranya seperti iklan di google, dimana pihak google akan menampilkan iklan anda kepada pada pengguna layanan google di situs web yang telah terdaftar sebagai mitra google sebagai ads publisher serta iklan yang disediakan seperti iklan baris, iklan gambar dan sebaginya dan mengenai harganya pihak google memberikan penawaran yang menarik dimana biaya yang akan teman-teman bayarkan disesuaikan dengan seberapa banyak pengguna layanan google yang melakukan klik pada iklan produk tersebut.

Jika teman-teman ingin mengetahui apa itu iklan baris dan seperti apakah iklan baris tersebut, maka bacalah pada postingan-postingan sebelumnya yang pernah dibahas juga dengan judul 

6. Strategi pemasaran memberikan kupon belanja

Strategi pemasaran memberikan kupon belanja juga harus teman-teman coba karena sebagian konsumen sangat menyukai atau respek kepada penjual yang bersedia memberikan kupon belanja yang bisa digunakan untuk pengurang harga produk yang akan dibelinya.

Selain itu, strategi pemasaran memberikan kupon belanja dapat memberikan suatu kesan baik bagi bisnis teman-teman dimana sebagian konsumen akan berpikir bahwa bisnis teman-teman adalah bisnis professional yang terpercaya dan senantiasa bersahabat kepada konsumen.

7. Strategi pemasaran berpastisipasi pada acara tertentu

Strategi pemasaran berpastisipasi pada acara tertentu adalah salah satu sarana pemasaran yang menarik, dimana pemasar mencoba untuk melakukan pendekatan kepada konsumen secara langsung dengan ikut berpartisipasi pada acara atau event pihak lainnya serta keuntugnan strategi pemasaran seperti ini adalah pemasar tidak perlu mencari atau mengumpulkan konsumen karena konsumen tersebut telah berkumpul di acara tersebut dan pemasar hanya menumpang memasarkan produk pada acara tersebut.

Tapi strategi pemasaran ini tertentunya akan memerlukan sejumlah biaya tertentu tapi bisa juga tidak jika teman-teman memiliki kenalan, relasi, jaringan atau koneksi dengan pihak penyelenggara acara tersebut serta contoh acara tersebut seperti konser musik, bazar dan sebagainya.

8. Strategi pemasaran membagikan produk

Membagi-bagikan produk juga merupakan suatu strategi pemasaran yang unik dan prospek untuk dilakukan, dimana pihak pemasar membagikan produknya kepada konsumen dengan syarat tertentu yang berdampak baik bagi si pemasar dan produknya.

Jika teman-teman aktif di sosial media seperti instagram, mungkin teman-teman pernah menemukan istilah give away atau sebagainya yang mana si pemasar nantinya akan memberikan imbalan kepada konsumen berupa produk setelah si konsumen berhasil menggaet sejumlah pengguna sosial media lainnya untuk melakukan like, share dan komentar di gambar produk yang milik si pemilik produk tersebut. Pemasaran seperti ini diminati karena pasti akan banyak pihak yang menginginkan produk tersebut dan percaya akan berhasil karena memilki jumlah follower atau pengikut yang banyak dan keuntungan lainnya adalah akan banyak yang ikut serta jadi akan tercipta suatu kompetisi untuk memasarkan produknya.

9. Strategi pemasaran dari mulut ke mulut

Strategi pemasaran dari mulut ke mulut juga harus teman-teman coba, strategi pemasaran ini merupakan salah strategi pemasaran prospek untuk suatu produk apalagi untuk produk baru yang mana pada strategi pemasaran ini si pemasar akan berkomunikasi secara langsung kepada konsumen dan setelah itu si konsumen yang merasa puas dengan produk tersebut akan berkomunikasi lagi dengan konsumen lainnya seperti keluarga, kerabat dan kenalannya.

Sekian pembahasan tentang Contoh Strategi pemasaran Produk Baru dan semoga pembahasan tentang Contoh Strategi pemasaran Produk Baru ini dapat bermanfaat bagi teman-teman.
Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar.
Terimakasih.