Sabtu, Mei 20, 2017

Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Kenali Jenis Error Pada Pemrograman Java

Apakah anda baru belajar Java dan ketika menjalankan program yang sudah anda buat, program tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya alias error? Jika begitu, anda harus mengenali error yang mungkin terjadi dalam pemrograman Java.

Programmer selalu berhadapan dengan error
Error dapat saja terjadi dalam pemrograman. Secara garis besarnya, error dalam pemrograman Java ini ada beberapa jenis, yaitu :
Syntax errorRuntime errorLogic errorUntuk masing-masing penjelasannya bisa di lihat di bawah ini.

A. Syntax error

Apa itu syntax?

Syntax merupakan suatu aturan penulisan yang sudah ditetapkan pada struktur elemen - elemen dalam bahasa pemrograman.

Jadi syntax error ini adalah kesalahan dalamcoding karena aturan penulisan yang tidak sesuai atau kesalahan pada konstruksi kode, misalnya :
Salah dalam menuliskankeyword JavaTidak menggunakan tanda kurung kurawal untuk pernyataanTidak menggunakan tanda atau karakter yang sesuai, misalnya tidak menggunakan tanda " ", untuk tipe data String.Syntax error ini mudah ditelusuri atau ditemukan karena compiler akan memberi tahu kita di mana letak kesalahan dalam penulisan kode program.

Sebagai contoh :

public class SelamatDatang {
    
    public static void main(String args []){
        
        System.out.println(Selamat datang di pemrograman Java");
    
    }
    
}

Kode di atas memiliki error, yaitu seharusnya teks Selamat datang di pemrograman Java berada dalam tanda " ".

Oleh karena itu, setelah anda melakukancompile, maka compiler akan memberi tahuerror tersebut seperti gambar di bawah ini :

a) Syntax error pada command prompt

Syntax Error Pada Command Prompt

b). Syntax error pada IDE Netbeans


Syntax error pada IDE Netbeans

c). Syntax error pada IDE Eclipse


Syntax error pada IDE Eclipse

B. Runtime Error

Runtime error merupakan salah satu jeniserror yang terjadi karena program secara tiba-tiba dihentikan ketika program tersebut sedang berjalan.

Runtime error ini dapat terjadi bila program tidak bisa menangani operasi yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Contohnya runtime error ini dapat terjadi karena :
Ketika program meminta useruntuk menginputkan angka, namun user malah menginputkan hurufKetika melakukan perhitungan pembagian angka 1 dengan 0 Sebagai contoh:

public class CekError {
    
    public static void main(String args []){
        //membagi angka 1 dengan angka 0
        System.out.println( 1 / 0 );
    
    }
    
}

Pada program di atas akan menampilkan pesan error karena program di minta untuk membagi angka 1 dengan angka nol. Padacommand prompt akan menampilkan pesanerror seperti di bawah ini :


Runtime error pada command prompt pemrograman Java
Demikian pula jika kode diatas di jalankan pada IDE Netbeans ataupun Eclipse, makacompiler akan memberikan pesan dan tandaruntime error yang terjadi.

C. Logic error

Logic error terjadi bila program berjalan dan tidak memberikan hasil seperti yang diinginkan.

Misalnya anda membuat program konversi dari nilai centimeter ke nilai milimeter.

Seperti sudah diketahui bahwa :

1 cm = 10 mm

Contoh program  sederhananya :

public class Konversi {
    
    public static void main(String args []){
        
        System.out.println("1 cm itu sama dengan ");
        //Konversi cm ke mm
        System.out.println( 1.0 / 10.0 + "mm");
    
    }
    
}

Setelah mengeksekusi program di atas, maka akan terlihat pada command prompt seperti di bawah ini:


Logic error pada command prompt pemrograman Java
Program di atas berjalan dengan mulus ketika dieksekusi baik ketika menggunakan IDE Netbeans ataupun Eclipe, namun bila diperhatikan terlihat nilai bahwa 1 cm itu sama dengan 0.1 mm, tentu saja ini adalah hal yang salah, dan inilah yang disebut dengan logic error.

Kesimpulan dari error pada pemrograman Java

Jadi kesimpulan dari error yang mungkin dapat pada pemrograman Java terjadi adalah bahwa logic error adalah error yang paling menantang bagi para programmer untuk di atasi, sementara itu syntax error dan runtime error relatif lebih mudah ditangani karena compiler akan memberitahu pada bagian mana error tersebut terjadi.

Semoga pembahasan mengenai jenis erroryang mungkin terjadi pada pemrograman Java ini dapat membantu para pemula dalam mempelajari Java.

Belajar Java Menggunakan NetBeans Untuk Pemula



Belajar Java Menggunakan NetBeans Untuk Pemula

Siap untuk mencoba membuat program simpel? Bila belum memiliki pendukungnya, download dulu perlengkapannya di bawah ini :

Download Java Development Kit, untuk mengkompilasi, debug dan menjalankan program java.

Download Java Runtime Environtment, sebagai penterjemah bahasa java ke bahasa mesin.

Download NetBeans, untuk membuat atau mengembangkan program.

Memulai program Java dengan NetBeans

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai program Java dengan NetBeans

1. Buka NetBeans

2. Pilih File lalu pilih New Project

3. Pilih Java pada Bagian Category dan pilihJava Application pada bagian Project.

Pilih Java pada Bagian Category dan pilih Java Application pada bagian Project.

4. Lalu pilih Next, kemudian isi Project Name, misalnya Coba, selanjutnya untuk Project Location biasanya sudah terisi lokasi penyimpanan file secara default. Jangan cheklist bagian Use Dedicated Folder For Storing Libraries dan bagian Create Main Class.

Buat Project Baru

Klik Finish untuk membuat project baru.

6. Klik kanan pada mode Coba. Pilih New, lalu pilih Java Class.

Membuat class baru

7. Kemudian isi Class Name misalkan dengan Perkenalan, untuk  Location pilih Source Packages, biarkan Package field kosong, lalu klik Finish, maka Perkenalan Class berhasil dibuat dan berada di bawah <default package>.

class dengan nama Perkenalan sudah dibuat

8. Tulis kode pada Perkenalan.java di bagianSource seperti di bawah ini :

public class Perkenalan { public static void main(String[] args) { System.out.println("Halo Java!"); } }

9. Klik kanan pada Perkenalan.java, kemudian klik Run File untuk menjalankan program atau langsung gunakan shortcutShift+F6. 

Penjelasan dari kode di atas seperti di bawah ini:

a. Buat class dengan nama Perkenalan

public class Perkenalan
{

Method akan diletakkan disini

}

Line di atas menyatakan bahwa Perkenalan adalah nama class. Program java harus memiliki minimal satu class, dan satu class tersebut dapat memiliki beberapa method di dalamnya.

b. Menambahkan Method

public class Perkenalan
{

   public static void main (String[] args)
   {
      Statement atau pernyataan diletakkan di sini

   }

}

Line biru diatas menyatakan main method, dan program akan diekseskusi dari main method.

Method mengandung statement atau pernyataan. Kata-kata public, static, dan void adalah keyword atau reserves word yang tidak bisa digunakan dengan tujuan lain pada pemrograman.

c. Menambahkan Statement atau pernyataan

public class Perkenalan
{
    public static void main(String[] args)
    {
        System.out.println("Halo Java!");
    }
}

System.out.println adalah suatu statement yang akan menampilkan string Halo Java!. String adalah salah satu tipe data  yang berupa urutan karakter dan string terdapat dalam tanda "".

Setiap pernyataan dalam Java diakhiri dengan tanda ; atau disebut juga semikolon.

Demikianlah Belajar Java Menggunakan NetBeans Untuk Pemula, semoga bermanfaat.

Membuat Program Input Data Menggunakan Netbeans IDE

Membuat Program Input Data Menggunakan Netbeans IDE

Pertama tama anda harus mempunyai Database,minimal ada 1 tabel. Misalnya nama databasenya adalah 'universitas'(anda bisa membuat database di Xampp atau SQLyog). Jika sudah mari kita lanjut ketahap selanjutnya..

cekidoot~

*perhatian : pada pembuatan program input data kali ini,saya menggunakan Netbeans IDE 7.3*

Buka aplikasi Netbenas anda - new project-java-java application-kemudian Next. Maka akan muncul gambar seperti ini :

 

*Pada project name : buat nama projectnya

contoh : universitas

lalu klik Finish.

Kemudian pada project universitas klik kanan - new – jFrame From ,lihat gambar dibawah ini


Pada Class Name : isi nama kelasnya ,Contoh :tbl_matkul ,Pada Package - pilih universitas- finish


 Tadaa~ dan muncul Gui form seperti ini :


Selanjutnya Tambahkan 5 Label, 3 Text Field, 3 Button, 1 Combo Box dan 1 Table pada Swing Controls 

 

Dan Buatlah seperti dibawah ini ;


Kemudian klik Source :


*Pada Package universitas isikann:*

package universitas;

import java.awt.HeadlessException;

import java.sql.*;

import javax.swing.*;

import javax.swing.table.*;

 

* Pada public class Data extends javax.swing.JFrame isikan : *

public class Data extends javax.swing.JFrame {

public Connection conn;

public Statement cn;

public void koneksi(){

try{

Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");

conn=DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/universitas","root","");

cn=conn.createStatement();

} catch(ClassNotFoundException | SQLException e) {

JOptionPane.showMessageDialog(null, "koneksi gagal....");

System.out.println(e.getMessage());

}

 

* Pada Public data isikan : *

public Data () {

initComponents();

bersih();

tampildata();

jComboBox1.addItem(" PILIH ");

jComboBox1.addItem("Sistem Informasi");

jComboBox1.addItem("Teknik Informatika");

jComboBox1.addItem("Manajemen Informatika");

       }
    

 Pada coding “ bersih ();” muncul peringatan eror[tanda seru merah !].  Untuk mengatasi eror, klik peringatan eror[tanda seru merah !].  klik Create method “bersih ()” in universitas.Data

 

 Setelah dkilk, maka akan muncul

private void bersih() {

}

Isikan didalamnya dengan coding :

private void bersih() {

jTextField1.setText("");

jTextField2.setText("");

jTextField3.setText("");

jComboBox1.setSelectedItem(" PILIH ");

}

 

Pada coding “ tampildata();” juga akan muncul peringatan eror[tanda seru merah!].  Nah,untuk mengatasi eror,lakukan seperti tadi. Kklik peringatan eror[tanda seru merah !].  klik Create method “tampildata ()” in universitas.Data

Setelah dkilk, maka muncul

private void tampildata() {

}

Isik didalamnya dengan coding :

private void tampildata() {

DefaultTableModel tbl_matkul= new DefaultTableModel();

tbl_matkul.addColumn("kd_matkul");

tbl_matkul.addColumn("nma_matkul");

tbl_matkul.addColumn("jurusan");

tbl_matkul.addColumn("sks");

try{

koneksi();

String sql="Select * "Select * from tbl_matkul order by kd_matkul asc";

ResultSet rs=cn.executeQuery(sql);

while (rs.next())

{

tbl_matkul.addRow(new Object[]{

rs.getString(1),

rs.getString(2),

rs.getString(3),

rs.getString(4)

});

}

jTable1.setModel(tblmhs);

} catch (Exception e) {

JOptionPane.showMessageDialog(null,"Ada Kesalahan....");

}

}


Kembali ke Design, Klik 2 x pada Button1

 

Maka akan muncul : private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {} 

Isikan Coding berikut :

      private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)

{             
  try{
koneksi();
String sql="Insert into tbl_matkul values('"+jTextField1.getText()+"','"+jTextField2.getText()+"','"+jComboBox1.getSelectedItem()+

"','"+jTextField3.getText()+"')";
cn.executeUpdate(sql);
conn.close();
tampildata();
bersih();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data berhasil di simpan");
} catch (SQLException | HeadlessException e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Proses penyimpanan gagal/koneksi gagal..");
System.out.println(e.getMessage());
JOptionPane.showMessageDialog(null,"No Npm : "+jTextField1.getText()+" sudah ada...!!!");
System.out.println(e.getMessage());
bersih();
}
jComboBox1.setSelectedItem(" PILIH ");

 

/*Penjelasan : Coding pada button 1 digunakan untuk menyimpan data pada tabel ke database [Coding Simpan]*/

Kembali ke Design, Klik 2 x pada Button3

Maka akan muncul : private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       

     try{
koneksi();
String sql="Update tbl_matkul set nma_matkul='"+jTextField2.getText()+"',"+"jurusan='"+jComboBox1.getSelectedItem()+"',"+"telp

='"+jTextField3.getText()+"'"+"where npm='"+jTextField1.getText()+"'";

cn.executeUpdate(sql);
conn.close();
tampildata();
bersih();
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Data berhasil di rubah");

} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Proses update gagal/koneksi gagal...");
System.out.println(e.getMessage());
}
jTextField1.setEnabled(true);
jButton1.setEnabled(true);
jComboBox1.setSelectedItem(" PILIH ");
          }    

          


/*Penjelasan : Coding pada button 3 digunakan untuk mengubah data pada tabel [Coding Edit]*/

Kembali ke Design, Klik 2 x pada Button4

Maka akan muncul :   private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       

    try{
koneksi();
String sql="delete from tbl_matkul where kd_matkul='"+jTextField1.getText()+"'";
cn.executeUpdate(sql);
conn.close();
tampildata();
bersih();
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Data berhasil di hapus");

} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Proses hapus gagal/koneksi gagal...");
System.out.println(e.getMessage());

}
jTextField1.setEnabled(true);
jButton1.setEnabled(true);
jComboBox1.setSelectedItem(" PILIH ");
    } 

 

/*Penjelasan : Coding pada button 4 digunakan untuk menghapus data pada tabel [Coding Hapus]*/

Kembali ke design – pada table – klik kanan – Events – Mouse – mouseCliked [lihat gambar]

Maka akan muncul : private void jTable1MouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {

}

Masukan Coding :     private void jTable1MouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                     
      int table=jTable1.getSelectedRow();
//mengambil data dari table
String a=jTable1.getValueAt(table, 0).toString();
String b=jTable1.getValueAt(table,1).toString();
String c=jTable1.getValueAt(table,2).toString();
String d=jTable1.getValueAt(table, 3).toString();

jTextField1.setText(a);
jTextField2.setText(b);
jComboBox1.setSelectedItem(c);
jTextField3.setText(d);
jTextField1.setEnabled(false);
jTextField2.requestFocus();
jButton1.setEnabled(false);
    } 

                  


/* Penjelasan : ini digunakan, saat pengguna ingin melakukan pengubahan data pada tabel. Saat mouse di klik ke salah satu data ditabel, maka data – data tersebut akan muncul ke textfield dan siap untuk melakukan perubahan data. Tombol simpan akan dinon-aktifkan dan hanya tombol edit dan hapus yang dapat digunakan.*/

Jika sudah Klik Universitas.Java tulis Koding :

public static void main(String[] args) {new tbl_matkul().setVisible(true);


Ini berfingsi agar dapat membaca Gui Form Yang dibuat saat di-Run

Melakukan perubahan nama pada label, textfield, button, combobox dan table Kembali Ke - Design

Untuk label, TextField dan Button caranya sama saja, yaitu dengan : Klik kanan pada label atau TextField atau Button – pilih edit Text 

 

Tulis dengan format :

 Label1 : Data Mata Kuliah

Label2 : Kode Matkul

Label3 : Nama Matkul

Label4 : Jurusan

Label5 : SKS

TextField1 :

TextField2 :

TextField3 :

Button1 : Simpan

Button3 : Edit

Button4: Hapus

Untuk Table – klik kanan pada table – table contents

Pilih columns – pilih title

            Ketik dengan format :            

Title1 :Kode Matkul

Title2 : Nama Matkul

Title3 : Jurusan

Title4: SKS

 Jika sudah semua, klik close  

 Pada Combo Box – properties – model – klik menu samping 

Pilih Reset to Default - ok agar tampilan comboBox kosong



Hasil Desainnya :

 

Jangan lupa untuk mengaktifkan MYSQL JDBC

 

Tambahkan MySQL JDBC driver dengan cara klik kanan pada projectKoneksiJDBC > Properties > Librariespada tab Compile pilih Add Librarytambahkan MySQL JDBC Driver > OKseperti terlihat pada gambar dibawah ini :


Coba Jalankan dengan Klik Run dan coba lakukan isi data, ubah data dan hapus data

                                          ~Selamat Mencoba~

Program Penjumlahan Aritmatika di Java Netbeans


Program Penjumlahan Aritmatika di Java Netbeans

Bekerja   dengan   komponen   swing menggunakan  Matisse   sangat  menyenangkan   dan  mudah.   GroupLayout   yang   sangat   fleksibel memungkinkan   kita   untuk   membuat   aplikasi   dengan  tampilan seperti yang kita harapkan.Labeltextfield dan tombol adalah komponen-komponen dasar yang selalu ada dalam setiap aplikasi berbasis desktop. Ketiga komponen ini mempunyai fungsi yang sangat sederhana, textfield menyimpan data   berbentuk   text   (string)   yang   relatif   pendek   ,  label   banyak digunakan   untuk   memberikan   keterangan   penjelas   terhadap komponen lain dan tombol digunakan user untuk menjalankan satu instruksi tertentu.

Berikut   ini   adalah   contoh   aplikasi   sederhana   yang   melakukanpenjumlahan dua buah bilangan.


Contoh program menggunakan JLabel, JTextField dan JButton
 lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buat project baru di Netbeans (kalau sudah membuat project, 
tidak perlu membuat lagi) dengan cara memilih menu :

File New Project

Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan dialog:


2. Buat class JFrame baru, caranya dengan memilih menu :

File > New File

Kemudian akan muncul dialog seperti di bawah ini :

Jendela dialog new file

3. Pilih kategori :

Java GUI Forms > JFrame Form 

Seperti terlihat di dialog New File dialog diatas, kemudian beri 
nama Penjumlahan.java

4. Buat tampilan form seperti gambar bawah ini, caranya dengan  klik Jendela Pallete di sebalah kanan untuk memilih komponen  apa yang akan dibuat,  kemudian klik di   jendela Design untuk  menempatkan   komponen   yang   sudah   dipilih   tadi   ke   dalam  form. Hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

Jendela design Netbens Matisse

5. Ganti nama setiap komponen agar mudah dikenali. Klik kanan  diatas setiap komponen yang ada dalam Jendela Design diatas,  kemudian pilih menu : 

Klik kanan > Change Variable Name ...

Ganti  nama komponen-komponen tersebut (sesuai  urutan dari  kiri  ke kanan,  atas ke bawah)  menjadi   :lblKeterangan,   txtA, lblPlus, txtB, btnHitung, lblHasil.

6. Menambahkan   variable   untuk   menampung   nilai   yang   akan  dijumlahkan. Klik tombol Source untuk membuka jendela yang  menampilkan   kode   sumber   dari   program  di   atas   kemudian  tambahkan kode di bawah ini tepat dibawah definisi dari class 

Penjumlahan:
private String STR = "Hasilnya adalah : ";
private int a, b;



7. Menangani   penekanan   tombol  btnHitung.   Klik   kanan   diatas 
komponen btnHitung kemudian pilih menu :

note:
Jendela Design menampilkan visualisasi komponen GUI.Jendela Source menampilkan kode 
program dari class yang sedang dibuka.Jendela Swing Pallete berisikan komponen-komponen swing yang bisa kita drag-and-drop ke dalam jendela design.Jendela Properties digunakan untuk mengedit properti dari komponen yang sedang aktif dalam jendela design.Jendela Inspector menampilkan semua
komponen swing dalam class yang sedang aktif baik yang kelihatan secara visual di jendela 
design atau tidak.penting 

Events > Action > actionPerformed

Anda akan dibawa ke  jendela Source,  dan akan menemukan 
kode program seperti di bawah ini :

private void btnHitungActionPerformed( 
java.awt.event.ActionEvent evt) { 
// TODO add your handling code here:
}


Ubah kode program diatas menjadi :

private void btnHitungActionPerformed( 
java.awt.event.ActionEvent evt) { 
// TODO add your handling code here:
        a = Integer.parseInt(txtA.getText());
        b = Integer.parseInt(txtB.getText());
        int hasil = a + b;
        lblHasil.setText(str + hasil);
}                                        


8. Compile dan jalankan program. Tekan tombol SHIFT + F6, atau  klik kanan file Penjumlahan.java kemudian pilih menu Run File.
Catatan :

● Method   Integer.parseInt   digunakan   untuk   merubah   String  menjadi Integer. 
● Method btnHitungActionPerformedakan dipanggil  setiap kali  kita memencet tombol btnHitung.

Sekarang   anda   bisa   melihat   bahwa   bekerja   dengan   JLabel,  JTextField dan JButton sangat  sederhana.  Untuk  latihan,  silahkan  rubah   fungsi   yang   digunakan   dalam  program  diatas,  misalnya 
perkalian dua bilangan atau pengurangan dua bilangan.

.............

Struktur dan Fungsi Utama Komputer


Struktur dan Fungsi Utama Komputer

1.1. Struktur Komputer

Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.

Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi.

Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer. Perhatikan gambar 1.2,

terdapat empat struktur utama:

Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan

pusat pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai

processor (prosesor) saja.

Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.

I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.

System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama

dan I/O.



Gambar 1.2 Struktur Dasar Komputer

Komponen yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat

pada gambar 1.2, dengan struktur utamanya adalah :

Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara

keseluruhan.

Arithmetic And Logic Unit (ALU),berfungsi untuk membentuk fungsi – fungsi

pengolahan data komputer.

Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.

CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.

1.3.2. Fungsi Komputer

Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana seperti terlihat pada gambar 1.3. Pada

prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :

_ Fungsi Operasi Pengolahan Data

_ Fungsi Operasi Penyimpanan Data

_ Fungsi Operasi Pemindahan Data

_ Fungsi Operasi Kontrol



Gambar 1.3 Fungsi Komputer

Komputer harus dapat memproses data. Representasi data di sini bermacam–macam,

akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanismepenyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan datadiperlukan antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data.

Gambar 1.4 mengilustrasikan operasi–operasi komputer. Gambar 1.4a adalah operasi pemindahan data, gambar 1.4b adalah operasi penyimpanan data, gambar 1.4c dan gambar 1.4d adalah operasi pengolahan data.






Gambar 1.4. Operasi-operasi Komputer


bagaimana bisa kita mendownload file?

 
Ketika anda mendownload suatu file diinternet, pernahkan anda berfikir bagaimana bisa kita mendownload file tersebut? Terus ketika kita mengupload suatu file, bagaimana semua itu bisa terjadi? Itu semua karena peran dari FTP.

Download adalah proses menyalin data dari komputer menuju ke media penyimpanan yang anda miliki di komputer dengan menggunakan media jaringan komputer.

Software yang digunakan antara lain :
1. Bit torrent
2. Orbit download
3. Internet download manager

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.

Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP public, dimana semua orang bisa mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain dapat diatur menjadi FTP public, layanan FTP ini juga bisa diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang memiliki izin untuk mengakses data-data tersebut.

FTP berkerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP (lebih tepatnya menggunakan port nomor 21).

Dengan adanya protokol ini, antara client dan server dapat melakukan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung.

Terus apa perbedaan antara FTP client dan FTP server?

FTP server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/ tukar menukar data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP server.

Sedangkan FTP client merupakan komputer/ perangkat yang meminta layanan tukar menukar data kepada FTP server. Setelah terkoneksi dengan FTP server, FTP client dapat melakukan proses download, upload dan lain sebagainya sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh FTP server sebelumnya.

Cara Kerja FTP

Satu-satunya metode yang digunakan oleh FTP adalah metode autentikasi standar, dimana diperlukan username dan password untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server.

Pengguna yang terdaftar (memiliki username dan password) memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang terdaftar tersebut dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut.

Untuk cara kerjanya, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data.

Manfaat dari FTP

Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besarBagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudahKita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computerFTP menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

 

Kesimpulan

Jadi FTP merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan transfer/ tukar menukar data antar komputer (client dan server), dimana dengan adanya FTP, kita bisa melakukan upload dan download file dengan mudah.