Program Penjumlahan Aritmatika di Java Netbeans
Bekerja dengan komponen swing menggunakan Matisse sangat menyenangkan dan mudah. GroupLayout yang sangat fleksibel memungkinkan kita untuk membuat aplikasi dengan tampilan seperti yang kita harapkan.Label, textfield dan tombol adalah komponen-komponen dasar yang selalu ada dalam setiap aplikasi berbasis desktop. Ketiga komponen ini mempunyai fungsi yang sangat sederhana, textfield menyimpan data berbentuk text (string) yang relatif pendek , label banyak digunakan untuk memberikan keterangan penjelas terhadap komponen lain dan tombol digunakan user untuk menjalankan satu instruksi tertentu.
Berikut ini adalah contoh aplikasi sederhana yang melakukanpenjumlahan dua buah bilangan.
Contoh program menggunakan JLabel, JTextField dan JButton
lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buat project baru di Netbeans (kalau sudah membuat project,
tidak perlu membuat lagi) dengan cara memilih menu :
File > New Project
Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan dialog:
2. Buat class JFrame baru, caranya dengan memilih menu :
File > New File
Kemudian akan muncul dialog seperti di bawah ini :
Jendela dialog new file
3. Pilih kategori :
Java GUI Forms > JFrame Form
Seperti terlihat di dialog New File dialog diatas, kemudian beri
nama Penjumlahan.java
4. Buat tampilan form seperti gambar bawah ini, caranya dengan klik Jendela Pallete di sebalah kanan untuk memilih komponen apa yang akan dibuat, kemudian klik di jendela Design untuk menempatkan komponen yang sudah dipilih tadi ke dalam form. Hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:
Jendela design Netbens Matisse
5. Ganti nama setiap komponen agar mudah dikenali. Klik kanan diatas setiap komponen yang ada dalam Jendela Design diatas, kemudian pilih menu :
Klik kanan > Change Variable Name ...
Ganti nama komponen-komponen tersebut (sesuai urutan dari kiri ke kanan, atas ke bawah) menjadi :lblKeterangan, txtA, lblPlus, txtB, btnHitung, lblHasil.
6. Menambahkan variable untuk menampung nilai yang akan dijumlahkan. Klik tombol Source untuk membuka jendela yang menampilkan kode sumber dari program di atas kemudian tambahkan kode di bawah ini tepat dibawah definisi dari class
Penjumlahan:
private String STR = "Hasilnya adalah : ";
private int a, b;
7. Menangani penekanan tombol btnHitung. Klik kanan diatas
komponen btnHitung kemudian pilih menu :
note:
Jendela Design menampilkan visualisasi komponen GUI.Jendela Source menampilkan kode
program dari class yang sedang dibuka.Jendela Swing Pallete berisikan komponen-komponen swing yang bisa kita drag-and-drop ke dalam jendela design.Jendela Properties digunakan untuk mengedit properti dari komponen yang sedang aktif dalam jendela design.Jendela Inspector menampilkan semua
komponen swing dalam class yang sedang aktif baik yang kelihatan secara visual di jendela
design atau tidak.penting
Events > Action > actionPerformed
Anda akan dibawa ke jendela Source, dan akan menemukan
kode program seperti di bawah ini :
private void btnHitungActionPerformed(
java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}
Ubah kode program diatas menjadi :
private void btnHitungActionPerformed(
java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
a = Integer.parseInt(txtA.getText());
b = Integer.parseInt(txtB.getText());
int hasil = a + b;
lblHasil.setText(str + hasil);
}
8. Compile dan jalankan program. Tekan tombol SHIFT + F6, atau klik kanan file Penjumlahan.java kemudian pilih menu Run File.
Catatan :
● Method Integer.parseInt digunakan untuk merubah String menjadi Integer.
● Method btnHitungActionPerformedakan dipanggil setiap kali kita memencet tombol btnHitung.
Sekarang anda bisa melihat bahwa bekerja dengan JLabel, JTextField dan JButton sangat sederhana. Untuk latihan, silahkan rubah fungsi yang digunakan dalam program diatas, misalnya
perkalian dua bilangan atau pengurangan dua bilangan.
.............