Rabu, September 02, 2015

marketing plan detail dan bagaimana membuatnya

Bagi Anda pemilik perusahaa pastinya ingin agar brand Anda dikenal dan juga angka penjualan yang terus meningkat. Kesuksesan seperti itu bukan lagi mimpi belaka jika Anda melakukan kegiatan marketing dengan tepat. Untuk melakukan kegiatan marketing yang tepat, Anda perlu membuat marketing plan.
Dengan membuat marketing plan, Anda bukan hanya dimudahkan dalam proses berpikrnya, tetapi Anda juga dapat terus mengevaluasi dan memperbaharui marketing plan yang telah ada sesuai dengan feedback dan hasil yang diterima. Berikut adalah langkah-langkah membuat marketing plan yang baik dan mudah.

1.   Buat Executive Summary
   slide2
Untuk memastikan bahwa pihak-pihak yang bekerja sama dengan Anda mengerti tentang perusahaan Anda, pada marketing plan, Anda harus menjelaskan garis besar mengenai seluk beluk perusahaan yang Anda jalankan.

2.   Tentukan Target Customer
social-media-y-empresa
Agar perusahaan Anda dapat memasarkan produk ataupun jasa yang ditawarkan kepada pelanggan dengan baik dan tepat sasran, Anda harus menentukan target customer pada marketing plan yang Anda susun. Semakin spesifik, maka semakin mudah juga untuk menarik perhatian target customer Anda. Anda juga dapat melakukan penelitian kecil seputar customer behavior yang tentunya akan berguna untuk menjalankan kegiatan marketing Anda.

3.   Jelaskan Unique Selling Preposition (USP)
 unique-selling-proposition3
Paparkan secara seksama beberpa keunikan pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Dengan USP yang produk maupun jasa yang diuraikan dalam marketing plan, Anda telah menyediakan pembanding produk dan jasa dari perusahaan Anda dengan kompetitor.

4.   Tetapkan Strategi Harga dan Positioning
 GETTY_B_021511_ClothesPriceTag
Dengan USP dan target market yang telah Anda tentukan, Anda dapat menentukan ‘positioning’ yang tepat untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan dalam marketing plan Anda. Anda juga dapat menentukan range harga yang tepat untuk produk dan jasa yang Anda miliki sehingga dapat memberi image yang tepat untuk brand Anda.

5.   Rencanakan Kegiatan Distribusi yang Jelas
 newsletter
Sesudah menentukan harga dan positioning serta perilaku konsumen pada tahap penentuan target customer, Anda dapat merencanakan kegiatan distribusi untuk menjual produk dan jasa Anda. Anda bisa memilih media berjualan ataupun kegiatan penjualan yang cocok untuk diterapkan pada produk dan jasa yang ditawarkan. Ini merupakan salah satu bagian dari marketing plan yang tidak boleh terlupakan.

6.   Tawarkan Apa yang Dapat Anda Berikan
 13962720261-2.спе_622x442_b25
Selain USP pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan, Anda juga bisa memberikan penawaran lainnya kepada target customer maupun pelanggan lama Anda seperti voucher belanja, free trial, maupun paket dengan harga khusus. Dengan penawaran yang tercantum pada marketing plan Anda, Anda dapat merencanakan kapan penawaran tersebut dilakukan.

7.   Buat Daftar Keperluan Marketing
 Print-Marketing-Materials
Demi mengggapai angka penjualan yang tinggi, Anda harus memikirkan hal-hal apa saja yang akan dibutuhkan oleh tim pemasaran ketika menyusun marketing plan untuk memasarkan produk maupun jasa yang Anda miliki.  Hal-hal yang umumnya dapat dijadikan untuk melakukan kegiatan marketing adalah website, brosur dan juga kartu nama.

8.   Susun Strategi Promosi
 Marketing 4P, price, product, promotion and place words on blackboard
Agar kegiatan Marketing yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya jika Anda segera menyusun strategi promosi yang sesuai dengan bidang perusahaan Anda dalam marketing plan yang akan Anda susun. Anda dapat membuat iklan di televisi, press release di berbagai media baik online maupun tradisional, dan juga menyusun event yang diselenggarakan pada momen dan tempat yang sesuai dengan target customer.

9.   Siapkan Strategi Online Marketing
 marketing-materials
Jangan melupakan kegiatan online marketing! Di era yang modern seperti ini, banyak sekali pengguna internet yang mencari informasi agar dapat memenuhi kebutuhannya. Anda dapat melakukan strategi-strategi seperti penggunaan keyword, optimalisasi search engine, memasang iklan berbayar di sejumlah situs dan juga melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial dan mencantumkannya secara detail dalam marketing plan.

10.  Rancang Conversion Strategy
 iStock_000007969802Small
Ingin menambahkan angka penjualan? Anda dapat menggunakan conversion strategy dalam marketing plan Anda. Conversion strategy adalah suatu cara di mana Anda dapat mengubah calon konsumen yang potensial utnuk menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Untuk melakukannya, Anda dapat mengubah kata-kata pada brosur atau website agar menjadi lebih persuasif. Selain itu Anda juga dapat memperkuat social proof dengan menambahkan testimonial pada website Anda.

11.   Jalin Kerjasama
 joint-venture-hands-holding1
Anda dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan lain utnuk mencapai kesuksesan bersama-sama. Bagaimana caranya? Anda dapat mencari tahu berbagai perusahaan yang memiliki produk maupun jasa yang bersifat komplementer dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Berikan mereka alasan mengapa mereka harus berkerja sama dengan Anda. Buat rencana ini menjadi lebih detail ketika disisipkan dalam marketing plan yang akan Anda susun.

12.Coba Refferal Strategy
 referral_content
Ingin agar brand Anda semakin dikenal? Pastikan Anda menjalankan referral strategy dengan baik sehingga setiap customer akan menceritakan kepuasannya pada saat menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Perjelas tahap-per-tahap prosesnya dalam marketing plan seperti  dengan memberikan hadiah atau penawaran khusus bagi para pelanggan yang terus memberikan pelanggan baru bagi Anda.

13.   Rincian Strategi untuk Meningkatkan Penjualan
 graph-resized-600
Untuk meningkatkan angka penjualan, Anda harus menyiapkan strategi yang cocok untuk diaplikasikan pada usaha Anda dalam penyusunan marketing plan. Anda dapat membuat paket hemat jasa atau produk Anda, dan juga melakukan kampanye tersendiri untuk jasa dan produk yang Anda tawarkan.

14.   Gunakan Retention Strategy
 How-ERP-can-help-to-maximise-customer-retention
Untuk mempertahankan pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan retention strategy seperti mengirimkan newsletter setiap bulannya, atau memberikan berbagai hadiah untuk customer loyalty programme. Jangan lupa untuk mencantumkan secara detail dalam marketing plan sehingga semua kegiatan promosi berada dalam track yang jelas.

15.   Perkirakan Rincian Rencana Keuangan
 Finance1
Perincian rencana keuangan yang Anda buat pastinya tidak akan 100% tepat. Namun dengan membuat perkiraan ini dalam marketing plan, Anda dapat membayangkan secara garis besar rencana kegiatan yang akan Anda lakukan beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan.

Dengan membaca 15 langkah singkat dalam menyusun marketing plan di atas, Anda dapat menjalankan strategi marketing yang tepat untuk brand Anda. Namun, jangan sampai Anda melupakan hal utama selain kegiatan pemasaran, yakni desain pada berbagai perlengkapan untuk kegiatan pemasaran dan untuk ‘perlengkapan’ brand Anda seperti website, logo dan juga kemasan produk untuk Anda.

http://blog.sribu.com/2014/05/16/marketing-plan-detail-dan-bagaimana-membuatnya/

peran momen akhir tahun dalam strategi pemasaran


Moment akhir tahun seringkali dimanfaatkan oleh perusahaan terutama pusat-pusat perbelanjaan untuk meningkatkan jumlah sales dan meraih keuntungan sebesar-besarnya. Banyak perusahaan yang mentargetkan pelanggan customer pada moment menjelang akhir tahun ini. Hal ini tentu berkaitan dengan strategi pemasaran dan advertising untuk bisa mencapai target pemasaran yang diinginkan dengan memanfaatkan musim liburan akhir tahun.

Sebagai pemilik usaha terutama skala kecil dan menengah seringkali merasa kebingungan strategi pemasaran apa yang harus mereka jalankan berkenaan dengan moment akhir tahun tersebut. Sebaiknya anda melihat item atau produk apa yang meraih kesuksesan atau penjualan bagus sebelumnya. Menjelang akhir tahun ini merupakan kesempatan anda untuk merencanakan strategi pemasaran dengan produk-produk yang telah sukses sebelumnya.

strategi pemasaran
photo source: sgdeals.com

Anda bisa melakukan berbagai hal untuk berpromosi seperti misalnya merencanakan event yang akan menarik pelanggan di toko anda. Anda juga menggunakan website anda untuk menarik minat pelanggan. Buatlah daftar hal-hal yang harus anda kerjakan dan persiapkan jadwal tersebut dengan seksama.

Setelah melakukan perencanaan dengan baik anda harus memikirkan dengan seksama promosi apa yang akan membuat kesuksesan pada strategi pemasaran produk anda. Anda bisa memesan merchandise untuk keperluan promosi di akhir tahun, merencanakan desain website baru atau juga mengubah desain packaging produk anda dengan lebih menarik.

Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan sebelum mengenai jenis promosi apa yang paling banyak menarik minat orang. Apakah misalnya anda harus memperbarui desain merchandise anda dan jika memang hal itu berpengaruh pada penjualan, segera cek dengan vendor mengenai apa yang anda akan lakukan untuk strategi pemasaran menjelang akhir tahun.
photo source: pasim.wordpress.com
Salah satu hal utama yang harus anda perhatikan adalah masalah tema dari akhir tahun ini. Liburan akhir tahun merupakan salah satu moment yang banyak dinanti dan ini bisa anda jadikan ide untuk menjalankan strategi pemasaran dan branding yang tematik.

Strategi pemasaran dan branding yang tematik akan membuat produk dan brand anda lebih menonjol. Anda bisa memanfaatkan moment akhir tahun ini sebagai tema dari keseluruhan print ads perusahaan anda. Anda bisa merencanakan desain brosur, flyer, poster, packaging, kartu ucapan serta banner pada website dengan satu kesatuan tema yaitu liburan akhir tahun.

Anda mungkin memiliki bisnis dengan skala kecil atau menengah dan sulit berkompetisi dengan perusahaan besar namun tentu anda bisa menghadapinya dengan service atau pelayanan yang baik. Tawarkan service yang menyenangkan kepada customer. Kartu ucapan dan bingkisan unik kepada customer yang loyal merupakan salah satu cara untuk memenangkan hati customer.

Anda bisa menarik minat customer dengan diskon, hadiah menarik dan juga desain unik. Dalam hal ini faktor desain memegang peranan amat penting dalam kesuksesan produk yang anda jual. Tak hanya dari desain packaging produk tersebut saja namun juga meliputi strategi desain secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan sentuhan liburan akhir tahun pada desain interior toko atau tempat usaha anda dan ini akan membawa customer pada suasana kebahagiaan liburan akhir tahun yang penuh semangat.

Antusiasme dalam menyambut liburan akhir tahun merupakan sebuah semangat yang berpengaruh besar dalam mencapai target penjualan di akhir tahun. Libatkan seluruh pegawai anda dalam strategi pemasaran akhir tahun dan biarkan semua customer merasakan bahwa anda tak hanya mencari profit semata namun juga ingin berbagi kebahagiaan akhir tahun dengan semua orang.



http://blog.sribu.com/2012/12/10/peran-momen-akhir-tahun-dalam-strategi-pemasaran/

perbedaan dari marketing strategy dan marketing plan

marketing-1-1
Bagi sebagian besar orang, marketing strategy dan marketing plan adalah 2 hal yang sama. Namun, ternyata kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda meski memiliki hubungan yang sangat erat. Pada artikel ini, Sribu akan menjelaskan perbedaan dari kedua hal tersebut. Yuk simak bersama!

Marketing strategy adalah penjelasan tentang tujuan yang harus Anda capai dengan usaha pemasaran Anda sehingga apa yang menjadi marketing strategy Anda menjadi tergantung pada tujuan bisnis. Sedangkan marketing plan adalah hal-hal yang akan Anda lakukan sebagai penerapan dari marketing strategy yang telah Anda susun sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Jika kita masuk ke dalam masalah selanjutnya, maka kita akan menemukan banyak orang mencoba untuk menetapkan marketing plan tanpa mendesain marketing strategy dengan baik. Hal ini dapat berujung membuang sumber daya pada sebuah perusahaan, baik waktu mau pun uang karena ketika melakukan kegiatan pemasaran, kita harus selalu mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang ada. Salah satu hal yang perlu Anda ingat adalah, “Strategi adalah pemikiran dan perencanaan atas apa yang akan terjadi“. Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja sama:
– Tujuan: untuk mengadopsi pasar yang lebih luas.
Marketing Strategy: memperkenalkan pada segmen pasar baru.
Marketing Plan: mengembangkan kampanye pemasaran yang menjangkau, mengidentifikasi dengan berfokus pada segmen tertentu.
mpvsms 1
Untuk mempermudah pengertian perbedaan pada marketing strategy dan marketing plan, Anda bisa melihat skema di bawah ini:

Marketing strategy –> Marketing plan –> Implementasi = Sukses

Strategi pemasaran mencakup pada “apa” yang harus Anda lakukan? Misalnya Anda harus menginformasikan pada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan dan juga faktor yang membedakan produk dan jasa yang Anda tawarkan dengan produk dan jasa lainnya.

Pada rencana pemasaran, Anda akan menguraikan “bagaimana” cara melakukan strategi pemasaran tersebut. Misalnya dengan membangun kampanye pemasaran dan promosi yang akan mencapai apa yang Anda tuliskan dalam strategi Anda.

Sedangkan pada tahap implementasi, Anda akan mengambil tindakan untuk mencapai poin-poin yang teridentifikasi dalam strategi pemasaran dan rencana pemasaran. Jika Anda sedang mempersiapkan strategi pemasaran dan rencana pemasaran untuk masuk ke rencana bisnis Anda, maka pesan pemasaran eksternal, tujuan positioning internal, tujuan dan sasaran jangka pendek serta panjang harus Anda uraikan dengan jelas.
mpvsms 2
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melakukan perincian pada komponen marketing plan Anda. Berikut adalah contoh perincian yang bisa diuraikan dari marketing plan Anda:
– Ringkasan Eksekutif – ringkasan dari rencana pemasaran Anda.
– Tantangan Anda – Penjelasan singkat tentang produk/jasa yang akan dipasarkan dan rekap tujuan diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
– Jadilah spesifik – Rencana tindakan yang spesifik semakin mudah untuk diimplementasikan.
– Analisis Situasi – Bagian ini mengidentifikasi hal-hal seperti tujuan, fokus, budaya, kekuatan, kelemahan, dan juga pangsa pasar
– Analisis Pelanggan Anda – Berapa banyak pelanggan yang ingin Anda dapatkan? Bagaimana jenis pelanggan Anda? Apa saja hal yang mampu menarik perhatian mereka? Bagaimana mereka memutuskan untuk melakukan pembelian? Fokus pelanggan seperti apa yang Anda inginkan?
– Analisis pesaing Anda – Apa posisi pemasaran Anda? Apa posisi pasar mereka? Apa kekuatan Anda jika dibandingkan dengan pesaing? Apa kelemahan Anda? Bagaimana pangsa pasar Anda? Seberapa banyak pangsa pasar pesaing?
– Identifikasi 4P Anda (Product/Price/Place/Promotion)
– Ringkasan – Ringkas semua informasi yang telah Anda uraikan sebelumnya secara garis besar. Bagaimana Anda akan menggunakan berbagai poin tersebut untuk mencapai tujuan yang telah diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.

Target-Market

Dengan memahami perbedaan dari marketing strategy dan marketingplan yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda pasti menjadi semakin bersemangat untuk menyusun keduanya dengan baik, kan? Buruan susun keduanya untuk bisnis Anda, dan jangan lupa untuk mengunakan desain yang sesuai dengan target market dan juga merekrut pekerja profesional yang sesuai dengan bidang usaha Anda!
 
 
http://blog.sribu.com/2014/10/07/marketing-strategy-vs-marketing-plan-apa-bedanya/

16 Strategi Sukses Meningkatkan Penjualan Produk Barang



Strategi yang ampuh & efektif dalam Meningkatkan Penjualan Produk Barang bisa memakai berbagai cara, sistem dan inovasi. Semakin banyak orang yang Anda jangkau, semakin banyak pula angka penjulan yang bisa Anda capai. Simple. Anda bisa menjadi desainer baju dalam ternama, atau seorang pembuat sandwich ternama di seluruh dunia, tapi jika Anda gagal memasarkan Brand Anda, dan cutomer tidak mengenal Anda, bagaimana cara anda menjual produk Anda?
 
Oleh karena itu, marketing merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan untuk seorang entrepreneur. Meskipun begitu, hal yang paling esensial yang harus anda perhatikan dalam marketing Anda pertama-tama adalah strategi marketing yang baik. Jangan sia-siakan seluruh dana Anda untuk sat chanel saja, tapi lihatlah segala kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai penjualan yang lebih luas dan lebih jauh lagi.
 
Hal penting lainnya yang harus Anda ingat bahwa marketing merupakan hal yang terus berubah, maka Anda pun harus bisa terus berinovasi. 
 
Berinovasilah sehinga produk yang Anda jual bisa berbeda dari produk-produk yang ada di pasaran.
 
Berikut ini adalah 16 cara lain untuk menjual produk dan bisnis Anda:
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Buatlah pembeli Anda sebagai agen promosi Anda
Konsumen yang berpotensi akan umumnya mengenal produk Anda dari kenalan atau sahabat mereka, yang merekomendasikan produk Anda. Jadi, mengapa Anda tidak memanfaatkan hal ini? Anda bisa menbuat konsumen Anda menjadi seorang Brand Ambassador. Anda bisa memberikan mereka diskon khusus jika mereka merekomendasikan produk Anda ke masyarakat luas.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Buatlah konsumen Anda menjadi fans produk Anda
Anda harus melihat bagaimana Steve Jobs dapat membuat beribu orang mencintai dirinya, dan sangat setia dengan produk-produk yang ia luncurkan. Anda harus membuat produk, bahkan diri Anda sendiri sangat menarik, hingga semua orang tertarik untuk mempromosikannya kepada teman mereka.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Tawarkan kartu diskon
Cara untuk memberikan hadiah kepada konsumen Anda yag loyal adalah dengan memberikan kartu diskon. Hal ini dapat membantu membangun loyalitas orang-orang terhadap Brand Anda, dan mereka akan terus kembali lagi untuk menikmati diskon-diskon yang Anda berikan.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Mintalah testimonial dari pelanggan Anda
Mintalah Testimonial dari pelanggan Anda yang merasa puas dengan produk yang Anda jual. Hal itu dapat mempengaruhi masyarakat lain, karena adanya pengalaman yang positif dari orang lain, keyakinan akan produk Anda dapat semakin berkembang.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Bentuklah kemitraan
Untuk seorang trader tunggal, terkadang kemitraan sangat dibutuhkan untuk membangun Bisnis yang lebih besar. Bekerja sama dengan Bisnis lain berarti Anda bisa memiliki akses untuk konsumen mereka. Anda juga memiliki orang-orang yang dapat mebantu Anda melewati kesulitan-kesulitan dalam menghadapi permasalahan Bisnis Anda.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Buatlah kegiatan sosial
Membantu sebuah organisasi sosial akan sangat berpengaruh untuk Brand bisnis Anda. memiliki dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dapat menaikkan pamor Anda di dunia Industri, dan membantu penjualan nantinya.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang –Buatlah sebuah Kompetisi
.Buatlah sesuatu yang dapat dibicarakan orang banyak. Buatlah sebuah kompetisi menarik yang dapat menjadi bahan pembicaraan orang-orang, dan dapat mengundang orang-orang untuk terlibat dengan Bisnis yang Anda jalankan. Keterlibatan itu tidak hanya  sebatas sebagai pembeli, tapi juga dapat terlibat langsung melalui kompetisi yang Anda adakan.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Cobalah dan menangkan sebuah penghargaan Bisnis
Masuk nominasi penghargaan di dunia Bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan. Untuk beberapa orang, hal yang perlu dilakukan hanyalah sekedar mengisi aplikasi. Jika Anda sukses, koran-koran lokal bisa tertarik untuk meliput bisnis Anda sehingga networking Anda semakin luas.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Buatlah business card yang menarik
Business card bisa dengan murah diperoleh dan dapat memberi kesan yang baik dari bisnis Anda. Dengan business card, Anda dapat terkesan profesional dan dapat membuat orang-orang mengingat Bisnis Anda. Jika Anda bertemu dengan konsumen-konsumen yang berpotensi, berikanlah kartu Bisnis Anda. Dengan begitu mereka dapat mengingat Anda dan menghubungi Anda di kemudian hari.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang –  Tulislah sebuah berita
Tulislah sebuah berita yang berisi konten yang menjelaskan secara detail tent
ang bisnis Anda, dan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain. Targetkan seluruh surat kabar yang dinilai relevan dengan bisnis Anda, dan jangan berhenti sampai disitu. Targetkan juga website, majalah, dan radio yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Gunakanlah media sosial yang berpengaruh, seperti Twitter.
Buatlah akun Facebook dan Twitter, serta sosial media lain yang sedang booming untuk bisnis Anda. Anda harus membuat orang-orang megenal dan peduli dengan produk Anda. Jika Anda memiliki sebuah toko atau stand, tweet lah tentang hal itu, atau apa saja yang Anda sediakan di toko Anda. Tweet pula diskon-diskon yang ada di toko Anda, dan tweet lah hal-hal yang dapat menginfokan produk Anda kepada masyarakat.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Gunakanlah Facebook
Manfaatkalah Facebook untuk mengiklankan poduk Anda secara gratis, dengan cara membagikan foto-foto dan berita-berita penting yang menarik yang bisa menarik minat masyarakat.
.
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Buatlah sebuah Website
Untuk sebuah bisnis yang ingin berkembang dan sukses, sangat perlu dibuat sebuah Website. hal pertama yang dilakukan customer saat ingin membeli sebuah produk adalah mencarinya lewat Google. Sebuah Website yang menarik dapat membuat bisnis Anda terlihat profesional, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. sosial media yang Anda gunakan juga harus terhubung dengan Website Anda.
 
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Marketing melalui email
Email dapat memudahkan Anda untuk berhubungan dengan berjuta-juta orang hanya dengan satu tombol “kirim”. Anda bahkan bisa mendapatkan calon-calon pembeli potensial melalui email. Cara mendapatkan customer pun mudah. Anda cukup memberikan kolom alamat email untuk mereka isi, kapanpun  mereka membeli produk dari Anda, sehingga hubungan Anda dengan cutomer Anda tidak terputus.
 
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang –  Mintalah para pakar untuk menulis di website Anda
Salah satu cara untuk membuat website atau majalah Anda dapat dipercaya adalah dengan melalui testimonial para pakar. Mintalah CEO dari perusahaan tertentu menuliskan testimonial mereka dalam website Anda. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan reputasi Bisnis Anda.
 
Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang – Manfaatkan Youtube
Tidak hanya memanfaatkan sosial media untuk membantu mempromosikan Brand Anda, Anda juga dapat memanfaatkan Youtube untuk mempromosikan Branda Anda. Dengan memanfaatkan Youtube, Anda dapat pengiklanan melalui visual dan Audio, yang dapat secara langsung menyentuh konsumen Anda.
Strategi Meningkatkan Penjualan Produk Barang
 
demikian Strategi cara Meningkatkan sistem Penjualan Produk Barang
 
 
Selamat mencoba…

Sejak Kecil, Bakat Anak Sudah Bisa 'Dilihat' oleh Orang Tua Lho

Masing-masing anak memiliki bakat tersendiri. Untuk melihat bakat anak sejak dini, apa sih yang bisa dilakukan orang tua?

Nah, menurut psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi, orang tua bisa melihat bakat anak biasanya dengan menilik respons anak saat diajarkan sesuatu. Jika diajarkan sesuatu lalu anak begitu cepat melakukan hal itu dibanding anak lain, anak bisa saja berbakat di bidang tersebut.

"Contohnya orang tua ngajarin nyanyi, lalu anak bisa hafal liriknya dan menyanyikan dengan nada yang tepat. Kemungkinan dia punya bakat menyanyi.

Tapi, Nina mengatakan jika kemampuan anak yang mudah belajar menyanyi juga dapat dipecah menjadi beberapa kemampuan. Bisa saja selain memiliki bakat menyanyi, anak memiliki bakat mengingat, menghafal kata-kata, atau kemampuan menyelaraskan nada yang baik.

Seperti anak yang dengan mudah diajari menari. Selain bisa saja ia berbakat menari, bukan tak mungkin pula anak memang berbakat untuk meniru. Dalam mengembangkan bakat anak, Nina mengingatkan agar orang tua tidak terpaku pada satu bidang saja.

Pasalnya, jika hanya satu bidang kemampuan saja yang dikembangkan, nantinya ketika anak mengalami masalah dalam bidang tersebut, diistilahkan Nina hidup anak bisa saja hancur.

"Kalau anak lari cepat dia berbakat jadi pelari. Dikejar terus kemampuan larinya dan suatu hari kakinya patah atau ekstremnya kecelakaan dan terpaksa diamputasi. Kalau dia cuma punya kemampuan berlari, dia akan kesulitan dalam hidupnya karena tidak memiliki cara lain untuk melepaskan kemampuannya," terang Nina.

Untuk itu, akan lebih baik jika orang tua mengembangkan banyak bakat yang dimiliki anak dan tidak hanya terfokus pada satu bidang saja.

Sumber: detik.com

Kisah Seorang Ibu dan Anak

Ibuku hanya memiliki satu mata. Aku membencinya, ia adalah sebuah hal yang memalukan. Ibuku menjalankan sebuah toko kecil pada sebuah pasar.

Dia mengumpulkan barang-barang bekas dan sejenisnya untuk dijual, apapun untuk mendapatkan uang yang kami butuhkan. Ia adalah sebuah hal yang memalukan.

Pada suatu hari di sekolah. Aku ingat saat itu hari ketika ibuku datang. Aku sangat malu. Mengapa ia melakukan hal ini kepadaku? Aku melemparkan muka dengan rasa benci dan berlari. Keesokan harinya di sekolah.. “Ibumu hanya memiliki satu mata?” dan mereka semua mengejekku.

Aku berharap ibuku hilang dari dunia ini maka aku berkata kepada ibu aku,”Ibu, kenapa kamu tidak memiliki mata lainnya? Ibu hanya akan menjadi bahan tertawaan. Kenapa Ibu tidak mati saja?” Ibu tidak menjawab. Aku merasa sedikit buruk, tetapi pada waktu yang sama, rasanya sangat baik bahwa aku telah mengatakan apa yang telah ingin aku katakan selama ini.

Mungkin itu karena ibu tidak menghukum aku, tetapi aku tidak berpikir bahwa aku telah sangat melukai perasaannya.

Malam itu, Aku terbangun dan pergi ke dapur untuk mengambil segelas air. Ibuku menangis disana, dengan pelan, seakan ia takut bahwa ia akan membangunkanku. Aku melihatnya, dan pergi. Karena perkataanku sebelumnya kepadanya, ada sesuatu yang mencubit hati aku.

Meskipun begitu, Aku membenci ibuku yang menangis dari satu matanya. Jadi, Aku mengatakan diri ku jikalau aku akan tumbuh dewasa dan menjadi sukses, karena aku membenci ibu bermata-satu aku dan kemiskinan kami.

Lalu aku belajar dengan keras. aku meninggalkan ibu dan ke Seoul untuk belajar, dan diterima di Universitas Seoul dengan segala kepercayaan diri. Lalu, aku menikah. aku membeli rumah milikku sendiri. Lalu aku memiliki anak-anak juga. Sekarang, aku hidup bahagia sebagai seorang pria yang sukses. aku menyukainya disini karena ini adalah tempat yang tidak meningatkan aku akan ibu.

Kebahagiaan ini menjadi besar dan semakin besar, ketika seseorang tidak terduga menjumpai aku “Apa?! Siapa ini?”… Ini adalah ibu aku.. tetap dengan satu matanya. Ini rasanya seperti seluruh langit sedang jatuh ke diri aku. Anak perempuan aku lari kabur, takut akan mata ibu aku.

Dan aku bertanya kepadanya, “Siapa Anda? aku tidak mengenalmu!!” sandiwara aku. aku berteriak kepadanya “Mengapa engkau berani datang ke rumah aku dan menakuti anak aku! Pergi dari sini sekarang juga!”

Dan ibu dengan pelan menjawab, “Oh, maafkan aku. aku pasti salah alamat,” dan dia menghilang. Terima kasih Tuhan.. Ia tidak mengenali aku. aku merasa cukup lega. aku mengatakan kepada diri aku bahwa aku tidak akan peduli, atau berpikir tentang ini sepanjang sisa hidup aku.

Lalu ada perasaan lega datang kepada aku.. Suatu hari, sebuah surat mengenai reuni sekolah datang ke rumah aku. aku berbohong kepada istri aku mengatakan bahwa aku akan pergi perjalanan bisnis. Setelah reuni ini, aku pergi ke rumah lama aku.. karena rasa penasaran saja, aku menemukan ibu aku terjatuh di tanah yang dingin. Tetapi aku tidak meneteskan satu air mata sekalipun. Ia memiliki sepotong kertas di tangannya.. dan itu adalah surat untuk diri aku.

=================================================

Anakku,

Aku pikir hidupku sudah cukup lama saat ini. Dan.. aku tidak akan mengunjungi Seoul lagi.. tetapi apakah itu terlau banyak jikalau aku ingin kamu untuk datang menunjungiku sekali-kali nak? aku sangat merindukanmu. Dan aku sangat lega ketika mendengar kamu akan datang dalam reuni ini.

Tetapi aku memutuskan untuk tidak datang ke sekolah.. Untuk Kamu.. aku meminta maaf jikalau aku hanya memiliki satu mata dan aku hanya membawa kemaluan bagi dirimu.

Kamu tahu, ketika kamu masih sangat kecil, kamu terkena sebuah kecelakaan, dan kehilangan satu matamu. Sebagai seorang ibu, aku tidak tahan melihatmu harus tumbuh dengan hanya satu mata.. maka aku memberikanmu mata aku.. aku sangat bangga kepada anak aku yang melihat dunia yang baru untuk aku, menggantikan aku, dengan mata itu.

Aku tidak pernah marah kepadamu atas apapun yang kamu lakukan. Beberapa kali ketika kamu marah kepada aku. aku berpikir sendiri,”Ini karena kamu mencintai aku.” Aku rindu waktu ketika kamu masih sangat kecil dan berada di sekitarku.

Penasaran Mengapa Manusia Menjadi Tua? Ini Penjelasan Ilmiahnya...

Rambut beruban, kulit mengeriput hingga tubuh yang melemah merupakan tanda-tanda penuaan. Nah, pernahkah Anda penasaran mengapa manusia menjadi tua?

Dr dr Anak Agung Gede Putra Wiraguna, SpKK(K), staf pengajar senior dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengatakan penuaan memang proses tubuh yang tak bisa ditolak. Hal ini terjadi karena sel-sel tubuh yang selama membelah diri mulai berhenti.

"Jadi wear and tear. Sel tubuh kita gunakan setiap hari selama puluhan tahun, berulang-ulang membelah diri kan wear, kita pakai. Lama-lama akhirnya rusak atau tear, jadi dia nggak membelah diri secepat dulu dan akhirnya berhenti membelah diri sama sekali," tutur dr Wiraguna, dalam simposium Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) ke-14 di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur, dan ditulis pada Sabtu (29/8/2015).

dr Wiraguna menjelaskan bahwa proses penuaan pasti terjadi pada seluruh manusia. Meski begitu, proses penuaan bisa diperlambat. Dengan begitu, harapan untuk bisa hidup 100 tahun dalam kondisi yang sehat pasti bisa terpenuhi.

Penyebab terjadinya penuaan sendiri terdiri dari dua faktor besar. Faktor pertama yakni faktor intrinsik, merupakan proses alami yang tak bisa dicegah. Faktor intrinsik ini dipengaruhi oleh antara lain sifat-sifat genetik, etnis dan keturunan.

Faktor kedua adalah faktor ekstrinsik alias pengaruh dari luar tubuh. Faktor ekstrinsik terdiri dari gaya hidup, termasuk pola makan, kebiasaan merokok, hingga pengaruh obat-obatan yang diminum.

"Intrinsik sangat ditentukan oleh sistem hormonal dan genetik kita, sehingga normal dan tak bisa dicegah. Namun kalau faktor ekstrinsik masih bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, tidak merokok, tidak stres, tidak begadang, dan lain-lain," paparnya lagi.

Nah, faktor-faktor ekstrinsik tersebut jika tak dicegah atau dihentikan akan menyebabkan peradangan sel kronis di tubuh. Karena terlalu lama mengalami peradangan, tubuh rentan mengalami stres oksidatif yang akhirnya meningkatkan kadar radikal bebas.

Hal ini juga didukung oleh proses intrinsik, di mana ketika manusia semakin tua, proses produksi sebagian hormon terganggu. Hormon-hormon seperti estrogen, androgen dan melatonin akan berkurang. Sementara kortisol atau hormon penyebab stres akan lebih mudah diproduksi.

"Karena itu kita harus berpikir penuaan itu seperti penyakit. Ketika berpikir penuaan adalah penyakit, tentunya kita akan berusaha untuk mencegahnya supaya tidak terjadi," tutup dokter yang juga praktik di RSUP Sanglah, Denpasar ini.

Sumber : detik.com

7 BAGIAN ANGGOTA TUBUH YANG NYAMAN DIPIJAT KETIKA SAKIT

Ketika Anda mengalami sakit, jangan buru-buru ke dokter. Semua petunjuknya sebenarnya ada di telapak tangan. Dengan mencari titik organ yang sakit di telapak tangan dan lakukan pengobatan sendiri.

Caranya:

• Tekan titik organ mana yang sakit di dalam tubuh dengan ibu jari, selama 5 detik.
• Lepaskan ibu jari Anda - 3 detik.
• Kemudian tekan lagi. Ulangi ini selama beberapa menit.
• Ketika terasa sakit yang berkepanjangan, pijat setidaknya sekali sehari. Setelah seminggu Anda akan merasa jauh lebih baik.

7 BAGIAN ANGGOTA TUBUH YANG NYAMAN DIPIJAT KETIKA SAKIT :

1 . Pelipis Dekat Mata 5-7 detik, lepaskan perlahan.

2. Di Antara Ibu Jari Dan Jari Telunjuk
Area ini kalau dipijat bisa membantu Anda yang mengalami sakit leher. Cobalah pijat selama 2 menit dengan gerakan yang lembut dan makin intens. Sungguh tak terduga ya, area tubuh yang jauh bisa saling terkoneksi

3. Tulang di Pergelangan Kaki
Kalau Anda mengalami sakit punggung bawah, sakit panggul ataupun pinggul, Anda bisa memijat di pergelangan kaki, terutama di bagian tulang yang besar. Mungkin terdengar aneh, namun perlahan-lahan Anda akan merasakan otot lebih rileks dan nyaman.

4. Mata Ketiga
Kata orang, mata ketiga ini ada di pangkal hidung dekat kening. Dengan memijat area ini, Anda bisa meredakan mata yang lelah. Caranya adalah dengan memijat lembut area ini. Lakukan tekanan-tekanan biasa selama 1 menit. Menjelang tekanan-tekanan akhir, tutup mata Anda. Tekan selama 9 kali, pada tekanan ke 10, tekan agak lama, kemudian lepas perlahan.

5. Sayap di Punggung
Di punggung kita ada tulang yang menonjol seperti sayap, memijat area di sekitar sana memang akan terasa nyaman. Tahukah Anda, pijatan ini bisa membantu meredakan masalah kelelahan leher, kepala, nyeri yang muncul di payudara bahkan masalah pernafasan.

6. Telapak Kaki
Pada bagian telapak kaki, ada banyak sekali titik akupresur yang nyaman dan kadang menyakitkan untuk dipijat. Menggunakan ibu jari untuk memijat bagian tengah telapak kaki bisa membantu Anda mengatasi masalah pencernaan.

7. Punggung dan Telapak Tangan
Saat mengalami nyeri menstruasi yang tak melilit namun cukup mengganggu, coba pijat bagian tengah punggung telapak tangan dan bagian dalam telapaknya.

Jika info ini bermanfaat, tolong bagikan kepada yang tersayang👌👌