Rabu, September 02, 2015

peran momen akhir tahun dalam strategi pemasaran


Moment akhir tahun seringkali dimanfaatkan oleh perusahaan terutama pusat-pusat perbelanjaan untuk meningkatkan jumlah sales dan meraih keuntungan sebesar-besarnya. Banyak perusahaan yang mentargetkan pelanggan customer pada moment menjelang akhir tahun ini. Hal ini tentu berkaitan dengan strategi pemasaran dan advertising untuk bisa mencapai target pemasaran yang diinginkan dengan memanfaatkan musim liburan akhir tahun.

Sebagai pemilik usaha terutama skala kecil dan menengah seringkali merasa kebingungan strategi pemasaran apa yang harus mereka jalankan berkenaan dengan moment akhir tahun tersebut. Sebaiknya anda melihat item atau produk apa yang meraih kesuksesan atau penjualan bagus sebelumnya. Menjelang akhir tahun ini merupakan kesempatan anda untuk merencanakan strategi pemasaran dengan produk-produk yang telah sukses sebelumnya.

strategi pemasaran
photo source: sgdeals.com

Anda bisa melakukan berbagai hal untuk berpromosi seperti misalnya merencanakan event yang akan menarik pelanggan di toko anda. Anda juga menggunakan website anda untuk menarik minat pelanggan. Buatlah daftar hal-hal yang harus anda kerjakan dan persiapkan jadwal tersebut dengan seksama.

Setelah melakukan perencanaan dengan baik anda harus memikirkan dengan seksama promosi apa yang akan membuat kesuksesan pada strategi pemasaran produk anda. Anda bisa memesan merchandise untuk keperluan promosi di akhir tahun, merencanakan desain website baru atau juga mengubah desain packaging produk anda dengan lebih menarik.

Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan sebelum mengenai jenis promosi apa yang paling banyak menarik minat orang. Apakah misalnya anda harus memperbarui desain merchandise anda dan jika memang hal itu berpengaruh pada penjualan, segera cek dengan vendor mengenai apa yang anda akan lakukan untuk strategi pemasaran menjelang akhir tahun.
photo source: pasim.wordpress.com
Salah satu hal utama yang harus anda perhatikan adalah masalah tema dari akhir tahun ini. Liburan akhir tahun merupakan salah satu moment yang banyak dinanti dan ini bisa anda jadikan ide untuk menjalankan strategi pemasaran dan branding yang tematik.

Strategi pemasaran dan branding yang tematik akan membuat produk dan brand anda lebih menonjol. Anda bisa memanfaatkan moment akhir tahun ini sebagai tema dari keseluruhan print ads perusahaan anda. Anda bisa merencanakan desain brosur, flyer, poster, packaging, kartu ucapan serta banner pada website dengan satu kesatuan tema yaitu liburan akhir tahun.

Anda mungkin memiliki bisnis dengan skala kecil atau menengah dan sulit berkompetisi dengan perusahaan besar namun tentu anda bisa menghadapinya dengan service atau pelayanan yang baik. Tawarkan service yang menyenangkan kepada customer. Kartu ucapan dan bingkisan unik kepada customer yang loyal merupakan salah satu cara untuk memenangkan hati customer.

Anda bisa menarik minat customer dengan diskon, hadiah menarik dan juga desain unik. Dalam hal ini faktor desain memegang peranan amat penting dalam kesuksesan produk yang anda jual. Tak hanya dari desain packaging produk tersebut saja namun juga meliputi strategi desain secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan sentuhan liburan akhir tahun pada desain interior toko atau tempat usaha anda dan ini akan membawa customer pada suasana kebahagiaan liburan akhir tahun yang penuh semangat.

Antusiasme dalam menyambut liburan akhir tahun merupakan sebuah semangat yang berpengaruh besar dalam mencapai target penjualan di akhir tahun. Libatkan seluruh pegawai anda dalam strategi pemasaran akhir tahun dan biarkan semua customer merasakan bahwa anda tak hanya mencari profit semata namun juga ingin berbagi kebahagiaan akhir tahun dengan semua orang.



http://blog.sribu.com/2012/12/10/peran-momen-akhir-tahun-dalam-strategi-pemasaran/