Moment akhir tahun seringkali dimanfaatkan oleh perusahaan terutama
pusat-pusat perbelanjaan untuk meningkatkan jumlah sales dan meraih
keuntungan sebesar-besarnya. Banyak perusahaan yang mentargetkan
pelanggan customer pada moment menjelang akhir tahun ini. Hal ini tentu
berkaitan dengan strategi pemasaran dan advertising untuk bisa mencapai target pemasaran yang diinginkan dengan memanfaatkan musim liburan akhir tahun.
Sebagai pemilik usaha terutama skala
kecil dan menengah seringkali merasa kebingungan strategi pemasaran apa
yang harus mereka jalankan berkenaan dengan moment akhir tahun tersebut.
Sebaiknya anda melihat item atau produk apa yang meraih kesuksesan atau
penjualan bagus sebelumnya. Menjelang akhir tahun ini merupakan
kesempatan anda untuk merencanakan strategi pemasaran dengan produk-produk yang telah sukses sebelumnya.
photo source: sgdeals.com
Anda bisa melakukan berbagai hal untuk
berpromosi seperti misalnya merencanakan event yang akan menarik
pelanggan di toko anda. Anda juga menggunakan website
anda untuk menarik minat pelanggan. Buatlah daftar hal-hal yang harus
anda kerjakan dan persiapkan jadwal tersebut dengan seksama.
Setelah melakukan perencanaan dengan baik anda harus memikirkan dengan seksama promosi apa yang akan membuat kesuksesan pada strategi pemasaran produk anda. Anda bisa memesan merchandise untuk keperluan promosi di akhir tahun, merencanakan desain website baru atau juga mengubah desain packaging produk anda dengan lebih menarik.
Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan
sebelum mengenai jenis promosi apa yang paling banyak menarik minat
orang. Apakah misalnya anda harus memperbarui desain merchandise anda
dan jika memang hal itu berpengaruh pada penjualan, segera cek dengan
vendor mengenai apa yang anda akan lakukan untuk strategi pemasaran
menjelang akhir tahun.
photo source: pasim.wordpress.com
Salah satu hal utama yang harus anda
perhatikan adalah masalah tema dari akhir tahun ini. Liburan akhir tahun
merupakan salah satu moment yang banyak dinanti dan ini bisa anda
jadikan ide untuk menjalankan strategi pemasaran dan branding yang
tematik.
Strategi pemasaran dan branding yang
tematik akan membuat produk dan brand anda lebih menonjol. Anda bisa
memanfaatkan moment akhir tahun ini sebagai tema dari keseluruhan print ads
perusahaan anda. Anda bisa merencanakan desain brosur, flyer, poster,
packaging, kartu ucapan serta banner pada website dengan satu kesatuan
tema yaitu liburan akhir tahun.
Anda mungkin memiliki bisnis dengan
skala kecil atau menengah dan sulit berkompetisi dengan perusahaan besar
namun tentu anda bisa menghadapinya dengan service atau pelayanan yang
baik. Tawarkan service yang menyenangkan kepada customer. Kartu ucapan
dan bingkisan unik kepada customer yang loyal merupakan salah satu cara
untuk memenangkan hati customer.
Anda bisa menarik minat customer dengan
diskon, hadiah menarik dan juga desain unik. Dalam hal ini faktor desain
memegang peranan amat penting dalam kesuksesan produk yang anda jual.
Tak hanya dari desain packaging produk tersebut saja namun juga meliputi
strategi desain
secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan sentuhan liburan akhir tahun
pada desain interior toko atau tempat usaha anda dan ini akan membawa
customer pada suasana kebahagiaan liburan akhir tahun yang penuh
semangat.
Antusiasme dalam menyambut liburan akhir
tahun merupakan sebuah semangat yang berpengaruh besar dalam mencapai
target penjualan di akhir tahun. Libatkan seluruh pegawai anda dalam
strategi pemasaran akhir tahun dan biarkan semua customer merasakan
bahwa anda tak hanya mencari profit semata namun juga ingin berbagi
kebahagiaan akhir tahun dengan semua orang.
http://blog.sribu.com/2012/12/10/peran-momen-akhir-tahun-dalam-strategi-pemasaran/