Bagi sebagian besar orang, marketing strategy dan marketing plan
adalah 2 hal yang sama. Namun, ternyata kedua hal tersebut adalah hal
yang berbeda meski memiliki hubungan yang sangat erat. Pada artikel ini,
Sribu akan menjelaskan perbedaan dari kedua hal tersebut. Yuk simak
bersama!
Marketing strategy adalah penjelasan tentang tujuan yang harus Anda capai dengan usaha pemasaran Anda sehingga apa yang menjadi marketing strategy Anda menjadi tergantung pada tujuan bisnis. Sedangkan marketing plan adalah hal-hal yang akan Anda lakukan sebagai penerapan dari marketing strategy yang telah Anda susun sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
Jika kita masuk ke dalam masalah selanjutnya, maka kita akan menemukan banyak orang mencoba untuk menetapkan marketing plan tanpa mendesain marketing strategy
dengan baik. Hal ini dapat berujung membuang sumber daya pada sebuah
perusahaan, baik waktu mau pun uang karena ketika melakukan kegiatan
pemasaran, kita harus selalu mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang
ada. Salah satu hal yang perlu Anda ingat adalah, “Strategi adalah pemikiran dan perencanaan atas apa yang akan terjadi“. Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja sama:
– Tujuan: untuk mengadopsi pasar yang lebih luas.
– Marketing Strategy: memperkenalkan pada segmen pasar baru.
– Marketing Plan: mengembangkan kampanye pemasaran yang menjangkau, mengidentifikasi dengan berfokus pada segmen tertentu.
Untuk mempermudah pengertian perbedaan pada marketing strategy dan marketing plan, Anda bisa melihat skema di bawah ini:
Marketing strategy –> Marketing plan –> Implementasi = Sukses
Strategi pemasaran mencakup pada “apa” yang harus
Anda lakukan? Misalnya Anda harus menginformasikan pada konsumen tentang
produk atau jasa yang ditawarkan dan juga faktor yang membedakan produk
dan jasa yang Anda tawarkan dengan produk dan jasa lainnya.
Pada rencana pemasaran, Anda akan menguraikan
“bagaimana” cara melakukan strategi pemasaran tersebut. Misalnya dengan
membangun kampanye pemasaran dan promosi yang akan mencapai apa yang
Anda tuliskan dalam strategi Anda.
Sedangkan pada tahap implementasi, Anda akan
mengambil tindakan untuk mencapai poin-poin yang teridentifikasi dalam
strategi pemasaran dan rencana pemasaran. Jika Anda sedang mempersiapkan
strategi pemasaran dan rencana pemasaran untuk masuk ke rencana bisnis
Anda, maka pesan pemasaran eksternal, tujuan positioning internal, tujuan dan sasaran jangka pendek serta panjang harus Anda uraikan dengan jelas.
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melakukan perincian pada komponen marketing plan Anda. Berikut adalah contoh perincian yang bisa diuraikan dari marketing plan Anda:
– Ringkasan Eksekutif – ringkasan dari rencana pemasaran Anda.
– Tantangan Anda – Penjelasan singkat tentang produk/jasa yang akan dipasarkan dan rekap tujuan diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
– Jadilah spesifik – Rencana tindakan yang spesifik semakin mudah untuk diimplementasikan.
– Analisis Situasi – Bagian ini mengidentifikasi hal-hal seperti tujuan, fokus, budaya, kekuatan, kelemahan, dan juga pangsa pasar
– Analisis Pelanggan Anda – Berapa banyak pelanggan
yang ingin Anda dapatkan? Bagaimana jenis pelanggan Anda? Apa saja hal
yang mampu menarik perhatian mereka? Bagaimana mereka memutuskan untuk
melakukan pembelian? Fokus pelanggan seperti apa yang Anda inginkan?
– Analisis pesaing Anda – Apa posisi pemasaran Anda?
Apa posisi pasar mereka? Apa kekuatan Anda jika dibandingkan dengan
pesaing? Apa kelemahan Anda? Bagaimana pangsa pasar Anda? Seberapa
banyak pangsa pasar pesaing?
– Identifikasi 4P Anda (Product/Price/Place/Promotion)
– Ringkasan – Ringkas semua informasi yang telah
Anda uraikan sebelumnya secara garis besar. Bagaimana Anda akan
menggunakan berbagai poin tersebut untuk mencapai tujuan yang telah
diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Dengan memahami perbedaan dari marketing strategy dan marketingplan
yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda pasti menjadi semakin
bersemangat untuk menyusun keduanya dengan baik, kan? Buruan susun
keduanya untuk bisnis Anda, dan jangan lupa untuk mengunakan desain yang sesuai dengan target market dan juga merekrut pekerja profesional yang sesuai dengan bidang usaha Anda!
http://blog.sribu.com/2014/10/07/marketing-strategy-vs-marketing-plan-apa-bedanya/