Kamis, Desember 08, 2016

Konfigurasi Cisco

Konfigurasi Cisco

Ikhtisar

Salah satu area yang menjadi perhatian khusus dalam manajemen informasi informasi adalah melindungi keamanan bangunan fisik dan lingkungan dimana salah satunya adalah ruangan tempat diletakkannya jaringan router (umumnya Cisco router) untuk business anda. Disamping mengamankan fisik router itu sendiri, router juga perlu diproteksi dengan melakukan konfigurasi Cisco router yang salah satunya adalah memberikan password.

Proteksi password

Salah satu tugas dasar dalam melakukan konfigurasi  adalah membatasi akses kepada system router itu sendiri meliputi enable dan enable secret password, dan tidak lupa juga memberikan pesan MOTD dan lain2, sebelum membuat suatu rule base security dengan konfigurasi access-list yang aman.

Enable dan enable secret

Konfigurasi cisco router untuk membatasi akses system dengan password ada dua jenis yaitu “enable” dan “enable secret” passwords. Anda harus melindungi password ini dengan aman untuk melindungi serangan intruders.

Password dipakai untuk mengendalikan access ke modus privileged EXECPassword enable disimpan dalam clear text (tidak di inkripsi), password bisa dilihat jika mereview konfigurasi Cisco router dengan command show runPassword enable secret di inkripsi, jika dijalankan command show run akan kelihatan bahwa password tersebut tidak dalam clear text, akan tetapi di inkripsiJika ada password enable secret pada konfigurasi Cisco router tersebut, maka cisco router ajan menggunakan enable secretKedua password enabe dan enable secret haruslah berbeda demi keamanan.

Bagaimana cara melakukan konfigurasi cisco router untuk mensetup password?

Setting password cisco router

Untuk melakukan setting gunakanRouter (config)# enable password <router_password>Untuk setting enable secret password gunakan:Router (config)# enable secret <your_router_password>

Setting password VTY line

Konfigurasi Cisco router dengan membatasi akses system juga bisa menggunakan control password pada line console dan koneksi virtual terminal. Terminal VTY baru bisa digunakan jika sudah diberikan password untuk akses lewat terminal vrtual atau umumnya dikenal lewat koneksi Telnet.

Beralih ke konfigurasi line mode untuk consoleRouter (config)# line conBeralih ke konfigurasi line mode untuk virtual terminalRouter (config)# line vtyUntuk set passwordRouter (config-line)# passwordUntuk meng-enable terminal dan juga perlunya password gunakanRouter (config-line)# login

Contoh:

Berikut ini memberikan password “cracker” pada console dan enable password

Router (config)# line con 0

Router (config-line)# password cracker

Router (config-line)# login

Command berikut mensetting password “cracker” untuk semua koneksi VTY pada router Cisco dan juga enable password

Router (config)# line vty 0 4

Router (config-line)# password cracker

Router (config-line)# login

Konfigurasi  Banner

Adakalanya kita memerlukan pesan legal kepada router saat seseorang logon kepada system router dengan menggunakan command banner. Ada empat macam tampilan banner yang bisa digunakan saat login dan rangkaian startup.

MOTD (message of the day) – akan menampilkan pesan banner MOTD segera sesaat koneksi terbentuk kepada router ciscoLogin – akan tampil setelah pesan banner MOTD dan sebelum promp LoginEXEC – pesan yang ditampilkan sesaat user berhasil loginIncoming – menampilkan saat sesi reverse telnetUntuk konfigurasi Cisco router menampilkan pesan MOTDRouter (config)# banner motdUntuk setup banner LoginRouter (config)# banner loginUntuk setup banner EXECRouter (config)# banner exec

Mengikuti command banner, gunakan character delimiter. Buka dan tutup dengan text delimiter agar Cisco router bisa meng-identifikasi awal dan akhir dari pesan banner.

Misalkan:

Command berikut mensetup banner MOTD, Login, dan EXEC menggunakan text delimiter “#” dan menyisipkan line baru antar pesan banner

Router (config)# banner motd # ini adalah pesan Meesae-of-the-Day!#

Router (config)# banner login # <cr>

This is the login banner! #

Router (config)# banner exec # <cr>

This is the Exec banner!#

Apapun yang diketik akan dianggap bagian dari banner sampai anda menutupnya dengan text delimiter (misal #). Hal ini termasuk karakter2 lain seperti ganti baris, spasi, dan sebaginya. Makanya jika anda membuat banner maka definisikan text delimiter yang akan dipakai, yang merupakan symbol start dan finish dalam pesan banner yang tidak akan tampil pada pesan banner tersebut. Delimiter karakter ini memberitahukan kepada router bahwa text banner selesai. Banner akan tampil pada screen persis seperti yang anda ketik pada konfigurasi Cisco router anda.

Untuk menghapus apapun yang anda ketik dalam konfigurasi Cisco router, awali dengan karakter “no”. misalkan jika untuk konfigrasi cisco “banner motd “ini contoh banner” yang diset untuk banner MOTD, maka untuk menhapusnya gunakan command sisipan no, “no banner motd”.

Memberikan password kepada suatu system haruslah kuat agar tidak gampang ditebak. Lihat juga Petunjuk keamanan dalam hal password di artikel sebelumnya.

Enable IP Interface

Konfigurasi Cisco router berikutnya mengenai Interface IP. Secara default router Cisco port console adalah sudah enable. Anda perlu melakukan konfigurasi untuk port interface WAN (untuk komunikasi WAN link misal untukframe relay, atau PPTP, dan ISDN) dan LAN sebelum router tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi. Konfigurasi Cisco router paling dasar adalah memberikan IP address kepada interface dan mengaktifkannya.

Catatan: IP dan IP routing sudah enable by default, akan tetapi anda harus melakukan konfigurasi interface dengan sebuah IP address sebelum bisa melakukan koneksi lewat terminal virtual.

Untuk melakukan konfigurasi IP address cisco router pada interface lakukan step berikut:

Masuk ke mode global configuration dengan mengetikkan command “config t” dari EXEC modePindah ke mode interface configuration yang dimaksudkan, misal “int s0” masuk ke interface serial #0 (pertama)Gunakan command untuk melakukan perubahan seperlunyaExit dari privilege mode dan save perubahan anda

Setting IP address

Lakukan langkah berikut untuk melakukan konfigurasi IP address Cisco router

Set IP address pada interfaceRouter (config-if)#ip address <ip address> <subnet mask>Kemudian aktifkan interface tersebutRouter (config-if)# no shutdownUntuk melihat konfigurasi IP address pada interface gunakanRouter (config)#show interfaces

Atau:

Router (config)#show protocols

Atau:

Router (config)#show ip interfaces

Contoh berikut adalah konfigurasi cisco router untuk setting IP address 192.168.200.101 pada interface Ethernet pertama (e0) dan mengaktifkannya:

Router (config)#int e0

Router (config-if)#ip address 192.168.200.101 255.255.255.0

Router (config-if)#no shutdown

Untuk memberikan identifikasi pada router gunakan hostname pada EXEC mode:

Router (config)# hostname cv-sysneta

Dan juga bisa mengunakan command description untuk mensetup keterangan pada interface misal:

Router (config)# config t

Router (config)# hostname cv-sysneta

Router (config)#int s0

Router (config-if)#description cv-sysneta koneksi ke router ITS serial line pertama

Perhatikan bahwa saat masuk mode configuration interface, maka ada perubahan prompt (Router (config-if)#)

Status interface Router Cisco

Status interface menunjukkan apakah link secara hardware kepada jaringan sudah berfungsi atau belum untuk menunjukkan kesiapan berkomunikasi dengan piranti lainnya. Saat anda melakukan troubleshooting router, status interface ini sangat membantu sekali.

Ada dua macam status interface:

Line status, menunjukkan apakah link hardware ke jaringan sudah berfungsi atau belum. Status ini berhubungan dengan layer Physical pada model OSILine protocol (link) status, menunjukkan status apakah kebutuhan software untuk berkomunikasi sudah berfungsi sempurna atau belum. Hal ini berhubungan dengan layer OSI Data Link

Status line interface ini memudahkan kita melakukan troubleshooting masalah koneksi router apakah link antara router ke jaringan bisa operasional.

StatusMenunjukkanAdministratively down, line protocol downInterface ini shut down (dengan command shutdown)Down, line protocol downAda masalah dengan hardware atau masalah koneksi (layer Physical)

Tidak mendeteksi signal carrier

Up, line protocol is downMasalah koneksi dan komunikasi (pada layer Data Link)

No keepalives

Up, line protocol is upLink ini berfungsi sempurna

Konfigurasi Back-to-Back koneksi Serial

Saat anda melakukan konfigurasi Cisco router agar terhubung kepada jaringan melalui suatu interface serial, router harus terhubung ke suatu piranti (seperti CSU/DSU atau router lain) yang memberikan signal Clock. Jika anda melakukan konfigurasi router back-to-back melalui serial interface masing2, maka salah satu router tersebut harus berfungsi sebagai pemasok signal Clock. Router yang berfungsi sebagai pemasok clock disebut DCE (Data Circuit-terminating equipment). Router satunya yang menerima signal Clock disebut sebagai DTE (Data terminal equipment).

Interface DCE bisa diidentifikasikan dengan dua cara berikut ini:

Cable yang menghubungkan kedua router mempunyai kedua ujung DCE dan DTE. Hubungkan ujung DCE kepada interface router yang ingin dijadikan sebagai piranti DCE.Interface DCE di konfigurasikan agar bisa memberikan signal clock dengan command “clock rate”. Jika command “clock rate” tidak dilakukan maka tidak ada signal clocking dan line kedua router tidak akan berubah menjadi status Up.

Konfigurasi Cisco router dengan Setup mode

Jika router Cisco anda baru dibeli dari pabrik, dia tidak mempunyai file startup-config. Makanya saat booting ia akan segera masuk ke setup mode. Setup mode merupakan rutin panduan yang menanyakan serangkaian pertanyaan dan menggunakan respon anda sebagai masukan dasar konfigurasi Cisco router anda.

Ada dua cara untuk masuk kepada mode Setup ini:

Booting router tanpa file startup-config. Hal ini bisa terjadi jika anda menghapus file startup-config yang sekarang atau jika anda boot dari router baru dibeli.Anda menggunakan command setupdari mode privileged

Cisco Discovery Protocol (CDP)

Cisco Discovery Protocol (CDP) adalah protocol khusus Cisco yang dijalankan pada router Cisco, access server, dan switch. CDP berjalan pada layer Data Link. Router menggunakan broadcast data link untuk saling bertukar informasi satu sama lain, dan menyimpan dalam cache.

Command CDP memungkinkan anda melihat interface dan setting konfigurasi CDP pada router, dan untuk mendapatkan informasi tentang router yang terhubung langsung dengan jaringan. Jika CDP menyadari keberadaan router lainnya, anda bisa menggunakan nya untuk:

Set update, hold time, dan frequency dari broadcasts CDPDisplay CDP, protocol, dan informasi interfaceMenampilkan informasi CDP yang diterima dari router lainMenampilkan CDP routers disekitarnyaMenampilkan traffic CDP pada jaringan

Catatan: CDP dapat informasi hanya tentang router yang terhubung langsung dengannya. Untuk menampilkan informasi CDP dari remote router, anda harus melakukan koneksi virtual VTP kepada router yang terhubung langsung dengannya.

Berikut adalah beberapa command CDP

GunakanUntukRouter (config)# cdpModifikasi setting cdp pada routerRouter (config)# cdp holdtimeSpesifikasikan waktu didalam paket masih valid (defaultnya = 180 detik)Router (config)# cdp timerSpesifikasikan seberapa sering paket CDP bertukaran (default = 60 detik)Router (config)# cdp runEnable protocol CDP pada interfaceRouter (config)# no cdp runDisable CDP pada router, untuk menjaga router lain bertukar paket CDPRouter (config-if)# cdp enableMengaktifkan CDP pada interfaceRouter (config-if)# no cdp enableMematikan CDP pada interfaceShow cdpMelihat informasi CDP (gunakan pada mode privilege EXECShow cdp entryMenunjukkan informasi tentang suatu interface tetangga tertentuShow cdp interfaceMenunjukkan tentang informasi tetangga yang diakses melalui suatu interfaceShow cdp neighborsMenjukkan tentang informasi semua piranti Cisco tetanggaShow cdp trafficMenunjukkan tentang informasi pertukaran paket CDP

Semoga bermanfa’at.....

Troubleshooting Masalah Jaringan

Troubleshooting Masalah Jaringan

Prakata

Boleh dibilang sebagian besar anda dirumah tidak memiliki alat atau tools untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan seperti LAN tester, Multi-meter atau sejenisnya. Kita tahu bahwa jaringan komputer kita tidak selamanya akan berjalan sesuai dengan harapan kita untuk berada pada performa terbaiknya. Suatu saat ada kalanya kita mengalami suatu masalah jaringan yang mengharuskan kita melakukan troubleshooting untuk mencari masalahnya dan mengembalikan jaringan seperti normalnya.

Alat troubleshooting

Jika dalam suatu jaringan kelas enterprise yang complex, seorang atau beberapa engineer jaringan menggunakan tools untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan misal dengan network management tools untuk mendeteksi titik kerusakan, LAN-tester, multi-meter dll. Sementara untuk jaringan dirumahan anda tidak memerlukan atau tidak ada tools tersebut untuk memperbaiki masalah jaringan anda.

Diagram konsep jaringan

Gambar 1 berikut ini menunjukkan diagram jaringan LAN dirumahan yang biasa digunakan untuk membagi sambungan internet seperti Speedy atau jaringan Cable lainnya dimana perangkat jaringan yang umum digunakan adalah modem-router yang terhubung ke Internet lewat ISP anda, sebuah Switch LAN,kabel jaringan penghubung antara modem-router dengan Switch, dan beberapa komputer. PC-A terhubung ke Switch (port#1) dengan menggunakan kabel jaringan –A dan PC-B dengan kabel jaringan-B ke Switch port#7.

Dalam kenyataannya diagram seperti diatas tidak baku persis, akan tetapi kebanyakan perangkat yang ada dipasaran menggabungkan fungsi modem dan router menjadi satu perangkat. Pada jaringan Speedy biasanya banyak yang menggunakan wireless ADSL gateway sebut saja TP-link TD-W8960 atau sejenisnya yang mana juga memiliki port Ethernet untuk computer berjumlah 4 baik 100Mbps atau yang Gigabit. Selain itu juga memberikan layanan koneksi wifi lewat gelombang udara yang bisa menghubungkan laptop dengan wifi adapter, dan beberapa jenis smartphone atau tablet computer baik berbasis Android, Blackberry, iOS (Apple phone) maupun Windows phone.

Beberapa macam masalah jaringan

Ada beberapa situasi dimana anda mengalami gangguan koneksi internet yang mengharuskan anda melakukan troubleshooting jaringan.

A> PC-A tidak bisa mengakses internet tapi PC-B bisa

Dalam scenario ini, PC-A mengalami gangguan tidak bisa koneksi ke internet, sementara PC-B tidak bermasalah sama sekali. Ini bisa disimpulkan sebagai berikut:

Layanan Internet dari ISP tidak ada gangguanKemungkinan Switch atau port bermasalahModem tidak bermasalah

Troubleshooting masalah jaringan yang bisa anda lakukan adalah mencurigai ada masalah pada adapter NIC komputer, port Switch bermasalah, atau kabel jaringan-A bermasalah.

a. NIC disabled

Pastikan bahwa NIC adapter PC-A anda tidak di disable secara tidak sengaja. Anda bisa melihat tanda icon local connection (gambar komputer kembar) dipojok kanan bawah layar monitor anda. Jika biasanya anda bisa melihatnya sekarang anda tidak melihatnya, anda patut mencurigai kalau NIC adapter anda dalam kondisi disabled. Dalam XP/7 Masuk ke control panel: Klik Start > Control Panel > double klik network connection > lihat apakah ada icon local connection adapter anda dalam kondisi disable yang biasa ditandai dengan warna samar abu-abu seperti dalam gambar 2 berikut.

Gambar 2 – Local connection icon dan NIC adapter disabled

Jika terlihat samar abu-abu, klik kanan icon tersebut dan pilih Enable. Jika sukses, maka anda bisa melihat lagi gambar komputer icon dipojok kanan bawah monitor anda.

Gunakan “ipconfig /all”

Anda juga bisa melakukan testing dengan menggunakan command ‘ipconfig /all’ pada command line. Masuk ke command line interface dengan menekan tombol ‘gambar windows’ dan tombol ‘R’ secara bersamaan dan pada Run Command ketik CMD dan tekan Enter. Atau anda bisa menggunakan klik Start > pilih Run > ketik ‘CMD’ dan tekan Enter. Pada command interface ketik:

Ipconfig /all <tekan Enter>

Maka akan muncul sederetan konfigurasi seperti pada pesan berikut ini:

Windows IP ConfigurationHost Name . . . . . . . . . . . . : TOWERPrimary Dns Suffix . . . . . . . :Node Type . . . . . . . . . . . . : UnknownIP Routing Enabled. . . . . . . . : NoWINS Proxy Enabled. . . . . . . . : NoEthernet adapter Internal LAN:Connection-specific DNS Suffix . :Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : NoIP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10

Gunakan “ping localhost”

Atau anda juga bisa menggunakan testing menggunakan command ‘ping localhost’ atau ‘ping 127.0.0.1’ yang berfungsi untuk memastikan konfigurasi TCP/IP anda sempurna, lihat apakah anda mendapatkan respon bagus. Jika anda mendapatkan RTO (request time out) maka bisa dipastikan bahwa konfigurasi TCP/IP anda tidak benar atau NIC adapter anda dalam kondisi disabled.

b. Switch Port Bermasalah

PC-A tidak bisa mengakses ke internet bisa jadi karena port dimana PC-A tersebut terhubung bermasalah alias mati. Pada umumnya sebuah Switch dilengkapi dengan lampu LED yang mewakili masing-masing port. Jika port tersebut aktif / terhubung ke komputer yang lagi On, maka lampu akan menyala alias berkedip cepat.

Periksa kabel jaringan-A mengarah ke port nomor berapa (dalam hal ini port#1) dan lihat apakah lampu LED port #1 berkedip cepat atau mati. Jika anda dapati lampunya mati, coba terlebih dahulu melepas dan memasukkan lagi dengan kuat dikedua PC-A dan juga di Switch dan lihat apakah ada respon. Jika masih tetap mati, maka pindah kan kabel jaringan-A ke port yang masih kosong misal port#2 dan lihat apakah ada respon. Jika port#2 ternyata hidup dan PC-A bisa konek ke internet, maka anda bisa memastikan port#1 rusak. Tandai port#1 ini dengan tanda ‘tusak’ atau tutup dengan isolasi.

c. Cable Jaringan Bermasalah

Jika pada langkah b diatas anda tidak berhasil, maka langkah berikutnya adalah memastikan bahwa kabel anda bermasalah. Tukar kabel-A dengan kabel jaringan-B dari komputer B dan lihat apakah ada reaksi dengan LED yang nyala dan PC-A bisa koneksi ke internet. Jika ternyata bisa menyelesaikan masalah maka anda bisa memastikan bahwa kabel jaringan-A bermasalah. Tandai kabel tersebut dengan ‘rusak’ dan ganti dengan yang baru.

B> Semua PC tidak bisa Konek ke Internet

Jika anda mendapati bahwa semua PC tidak bisa koneksi ke internet, kemungkinan anda mempunyai masalah:

Dengan Switch anda, atauDengan modem-router anda, atauKabel koneksi antara Switch dan modem, atauMasalah terletak pada ISP anda.

Jika anda mendapati semua Switch dalam keadaan mati, patikan power terpasang dengan baik, dan jika masih tidak mau On, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan Swicth anda. Ganti dengan yang baru atau bawa ke bengkel elektronik.

Jika lampu power dan semua port yang aktif (port#1 dan port#7 dalam scenario ini) ternyata On, maka coba pastikan koneksi kabel jaringan antara Swicth dengan modem-router terhubung dengan baik. Lepas dan masukkan lagi di kedua sisi ujung kabel di Switch dan di sisi modem dan lihat apakah ada perubahan. Jika ternyata koneksi internet bisa kembali normal, maka sambungan koneksi anda tidak sempurna.

Jika sambungan koneksi anda bisa memastikan bagus, maka coba ganti kabel tersebut dan lihat apa menyelesaikan masalah atau tidak. Jika berhasil, berarti kabel tersebut bermasalah, tandai dengan tanda ‘rusak’.

Jika ternyata masih bermasalah, maka anda bisa menelpon operator ISP anda kalau ada masalah dengan layanan internet.

Tahapan troubleshooting masalah jaringan ini umum digunakan untuk dirumahan walaupun konsepnya bisa diaplikasikan pada jaringan kelas bisnis dan enterprise besar.

Jaringan Nirkabel Dan Troubleshooting Jaringan

 

IP Management, Interaksi Client-Server, Protokol Aplikasi dan Layanannya

IP MANAGEMENT

Hubungan Client dan Server

       Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. Dalam teknologi informasi, client-server merujuk kepada cara mendistribusikan aplikasi ke pihak client dan pihak server. Dalam model client-server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah (tetapi masih dalam sebuah kesatuan) yakni komponen client dan komponen server.
     Komponen client dijalankan pada sebuah workstation. Pemakai workstation memasukkan data dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu, kemudian mengirimkannya ke komponen server, umumnya berupa permintaan layanan tertentu yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data tadi dan menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pemakai.

Ciri-ciri client server:

a. Berbasis layanan
b. Resource sharing
c. Hubungan dan interaksi client dan server
d. Client tidak perlu mengetahui lokasi fisik
    server
e. Interoperabilitas H/W dan S/W
f. Pertukaran berbasis pesan
g. Enkapsulasi layanana
h. Skalabilitas
i. Konsistensi data

Contoh client server :

Sebuah contoh dari aplikasi client-server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP). Skrip ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak client akan dijalankan oleh web browser pada komputer client (workstation). Client-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database. Dengan metode client-server database dapat diinstal pada komputer server dan aplikasinya diinstal pada client.
Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Contoh client server seperti gambar dibawah ini:


Kelebihan Client Server :
– Lebih aman
– Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
– Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.

Kekurangan Client Server :
– Membutuhkan administrator yang handal
– Pelaksanannya mahal
– Jika server mati maka komputer clent akan mati juga.

Prinsip Kerjanya Client Server :
– Mengatur user interface
– Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai
– Memproses aplikasi
– Generate permintaan basis data dan memindahkannya ke server
– Memberikan response balik kepada pemakai
– Menyediakan akses basis data secara bersamaan
– Menyediakan kontrol recovery

 PROTOKOL APLIKASI DAN LAYANANNYA

Protokol-protokol yang terdapat di Layer Application :

1. Web Server (HTTP,HTTPS)

HTTP (Hypertext Transfer Protocol, adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).
Fungsi :
menjawab antara client dan server.
membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di host yang jauh (biasanya port 80). 
HTTPS adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
Fungsi : HTTPS melakukan enkripsi informasi antara browser dengan web server yang menerima informasi. Memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers (penguping), dan man in the middle attacks.

2. Mail (SMTP, POP3,IMAP)
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik (e-mail) di Internet. Menggunakan TCP, port 25.
Fungsi : digunakan untuk mengirimkan pesan-pesan e-mail dari e-mail klien ke e-mail server, mengirimkan e-mail kepada lokal account, dan menyiarkan ulang e-mail antara server-server SMTP.
POP3 (Post Office Protocol version 3) sesuai dengan namanya merupakan protokol yang digunakan untuk pengelolaan mail.
Fungsi : digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Menggunakan TCP, port 110.
IMAP (Internet Message Access Protocol)
adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. Lebih kompleks daripada POP3.
Fungsi : memilih pesan e-mail yang akan di ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, menghapus pesan e-mail yang ada.

3. FTP (File Transfer Protocol)

Adalah sebuah protokol Internet yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP menggunakan protocol TCP port 21.
Fungsi :
untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

4. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. DHCP bersifat stand-alone, sehingga jika dalam sebuah jaringan terdapat beberapa DHCP server, basis data alamat IP dalam sebuah DHCP Server tidak akan direplikasi ke DHCP server lainnya, artinya DHCP tersebut berbenturan, karena potokol IP tidak mengizinkan 2 host memiliki IP yang sama.
Fungsi :
· Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP.
· memberikan framework untuk disampaikan kepada client yang berisikan informasi tentang konfigurasi jaringan.

5. TELNET(Telecommunication network)

Adalah terminal interaktif untuk mengakses suatu remote pada internet.
Fungsi : digunakan untuk mengakses remote host melalui terminal yang interaktif 

6. DNS (Domain Name System)

Merupakan database terdistribusi yang diimplementasikan secara hirarkis dari sejumlah name servers .
Fungsi :
· Menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
· Address/name translation
· DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

7. SNMP (Simple Network Management Protocol)

Adalah standar manajemen jaringan pada TCP/IP.
Fungsi : supaya informasi yang dibutuhkan untuk manajemen jaringan bisa dikirim menggunakan TCP/IP. Protokol tersebut memungkinkan administrator jaringan untuk menggunakan perangkat jaringan khusus yang berhubungan dengan perangkat jaringan yang lain untuk mengumpulkan informasi dari mereka, dan mengatur bagaimana mereka beroperasi.

8. NFS (Network File System)
NFS umumnya menggunakan protokol Remote Procedure Call (RPC) yang berjalan di atas UDP dan membuka port UDP dengan port number 2049 untuk komunikasi antara client dan server di dalam jaringan. Client NFS selanjutnya akan mengimpor sistem berkas remote dari server NFS, sementara server NFS mengekspor sistem berkas lokal kepada client.

Mesin-mesin yang menjalankan perangkat lunak NFS client dapat saling berhubungan dengan perangkat lunak NFS server untuk melakukan perintah operasi tertentu dengan menggunakan request RPC. Adapun operasi-operasi yang didukung oleh NFS adalah sebagai berikut:

Mencari berkas di dalam direktori.
Membaca kumpulan direktori.
Memanipulasi link dan direktori.
Mengakses atribut berkas.
Membaca dan menulis berkas.

Perlu diketahui bahwa server NFS bersifat stateless , yang artinya setiap request harus mengandung argumen yang penuh dan jelas sebab server NFS tidak menyimpan sejarah informasi request . Data yang dimodifikasi harus di commit ke server sebelum hasilnya di kembalikan ke client . NFS protokol tidak menyediakan mekanisme concurrency-control.

9. RPC (Remote Procedure Call)

RPC adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode sistem yang jauh (remote system).RPC digunakan untuk membangun aplikasi klienserver yang terdistribusi.Didasarkan pada memperluas konsep konvensional dari suatu prosedur dimana nantinya dapat dipanggil dimana pemanggil tidak harus mempunyai alamat sama dengan lokasi prosedur dipanggil.RPC mengasumsi keberadaan TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program.Protokol RPC dibangun diatas protokol eXternal Data Representation (XDR) yg merupkn stndr representasi data dlm komunikasi remote.Protokol RPC mengijinkan pengguna untuk bekerja dengan prosedur remote sebagaimana bekerja dengan prosedur lokal.

10. TFTP (Trivial File Transfer Protocol)

TFTP (Trivial File Transfer Protocol) Adalah protokol sederhana untuk mentransfer file. Protokol ini telah di implementasikan dalam User Datagram Protocol (UDP) yang digunakan untuk melakukan booting komputer seperti halnya router jaringan komputer yang tidak memiliki perangkat penyimpanan data. Protokol ini kini masih digunakan untuk mentransfer berkas-berkas kecil antar host di dalam sebuah jaringan, seperti halnya ketika terminal jarak jauh thin client lainnya melakukan proses booting dari sebuah host jaringan atau server.

Protokol ini kini masih digunakan untuk mentransfer berkas-berkas kecil antar host di dalam sebuah jaringan, seperti halnya ketika terminal jarak jauh TFTP client lainnya melakukan proses booting dari sebuah host jaringan atau server. Umumnya kesahalahan disebabkan karena penghentian koneksi itu. Yaitu dengan mengirimkan sinyal paket kesalahan, yang tidak diakui dan tidak dipancarkan kembali, sehingga mendapatkan akhir koneksi yang lain. Oleh karena itu, timeouts digunakan untuk mendeteksi penghentian seperti itu ketika terjadi kesalahan paket yang telah hilang. Kesalahan ini disebabkan oleh tiga jenis peristiwa, yaitu tidak mampu mencukupi request itu, file yang tidak ditemukan, pelanggaran akses atau tidak.

SUMBER :

http://viiarista.blogspot.co.id/2012/04/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Judul buku : konsep&perancangan jaringan komputer
Penulis : budi sutedjo dharma oetomi, S.kom,MM
Penerbit : ANDI  
http://smiley-nisa.blogspot.co.id/2011/01/protokol-pada-layer-aplikasi.html
https://laela6.wordpress.com/2014/09/04/prinsip-kerja-komunikasi-client-server/

20 troubleshooting Jaringan LAN Dan Solusiya

TROUBLESHOOTING JARINGAN LAN DAN SOLUSINYA

 Ada banyak jenis masalah jaringan yang dapat menyebabkan gangguan pada sebuah komputer, gangguan jaringan local, sampai gangguan pada koneksi jaringan global.

1. Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan

Yang ini merupakan masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnya kabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch anda karena digigit tikus; masalah jaringan yang berdampak pada satu blok gedung karena putusnya kabel antar switch (uplink cable); atau bahkan berdampak pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan anda karena kegagalanbackbone cable.

2.kerusakan pada Kabel dan konektor Jaringan

Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis yaitu:

a.Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST.

Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan

b.Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45.

Gangguan atau kerusakan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar), susunan  pengkabelan yang salah dan kabel putus. Indikasi yang dapat

dilihat adalah lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. Jaringan menggunakan kabel UTP kesalahan yang muncul relatif sedikit, karena jaringan terpasang menggunakan topologi star, workstation terpasang secara paralel dengan menggunakan swicth/hub. Sehingga yang terjadi gangguan hanya pada workstation yang kabelnya mengalami gangguan saja

c.Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC.

Kabel jenis coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. Short pada pemasangan kabel dengan plug konektor ini menyebabkan system jaringan akan down dan komunikasi antar komputer berhenti.

Jika terjadi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan yang disebabkan oleh suatu hal, solusinya kita lihat dahulu apakah kabel yang kita gunakan itu benar-benar tidak bias digunakan lagi atau masih bisa, jika tidak kita perlu menggantinya dengan kabel dan konektor yang baru.atau jika yang rusak itu hanya pada konektornya namun kabelnya masih dapat digunakan kita hanya perlu memgganti konektornya saja.

3. Masalah jaringan karena kegagalan piranti jaringan

Skala gangguan akibat dari kegagalan piranti jaringan juga bisa bervariasi, dari hanya sebuah komputer karena kegagalan NIC – lan card; beberapa komputer karena kegagalanswitch; atau bahkan berskala luas karena kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan lan card di salah satu komputer bisa diganti dengan network card cadangan anda.

4.Gangguan atau Kerusakan pada Hub/switch

Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.

            Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja,namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar pasitif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus.namun saran kami lebih baik mengganti dengan yang baru selain kwalitasnya yang lebih bagus biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.

5. Masalah jaringan karena kegagalan system

Kegagalan system bisa saja karena ada masalah dengan DHCP server anda sehingga clients tidak menerima IP address. Atau bisa saja karena ada masalah dengan system Directory Services anda sehingga clients tidak bisa logon ke jaringan.Atau bisa saja karena ada masalah dengan register nama pada system DNS anda.

6.Tidak bisa sharing data

Hal ini sering terjadi dikarenakan sharing pada computer masih di disable jadi kita harus mengaktifkan dengan Jadi klik pada Lalu pilih lalu ceklist lalu apply. Selain itu mungkin sedang terjadi hang pada computer dan yang harus ditempuh adalah merestar komputer. Hal ini juga sering terjadi karena IP yang kita gunakan salah atau sama dengan IP komputer lainnya. Ganti dengan IP yang beda.

7. Masalah jaringan karena ledakan virus

system jaringan anda akan kebanjiran traffic dari pengaruh virus yang menyerang system server dan menulari ke semua komputer dalam jaringan anda. Kinerja dari system jaringan anda akan menjadi sangat pelan sekali bahkan boleh dibilang ambruk. Apa yang bisa anda lakukan dengan serangan virus ini adalah menerapkan best practice security policy, pertahanan system anda harus kebal sekali.

8. Masalah Koneksi putus-putus

Penyebab : Kualitas Jaringan telepon menurun, suara telepon kemrosok atau ada dengung

Solusi : - Cek perkabelan rumah (dari KTB sampai Modem)

- Jika masih coba lapor ke kantor TELKOM terdekat

9. Masalah Koneksi Lambat

Penyebab : Banyaknya PC yang disharing.

Aktifitas Client-client PC yang Download atau Upload Malware (Virus, Trojan, Spyware) yang menghabiskan Bandwidth anda Kondisi PC yang Memang Lambat

Solusi : Gunakan Bandwidth management Gunakan antivirus atau anti Spyware

10. Masalahnya terdapat pada Network Connection,
dimana nomer IP, Gateway dllnya nge-blank, padahal sudah di setting manual, Status jaringan connected dan masih bisa mengakses data jaringan via IPX/SPX/NetBIOS, tapi nomer IP nya tidak dapat maka akses internet tetap mati.

Solusi :

Error 1068: The dependency service or group failed to start. DHCP Client Service pada Windows XP tergantung pada tiga komponen berikut: * AFD * NetBios over Tcpip * TCP/IP Protocol Driver Jika salah satu dari driver diatas gagal jalan, maka DHCP Client Service akan gagal jalan / not start.

Langkah I - Pastikan bahwa ketiga file driver diatas ada pada tempatnya Buka Windows Explorer arahkan ke folder %Windir%\System32\Drivers. Pastikan file-file dibawah ini ada di folder tersebut: * afd.sys * tcpip.sys * netbt.sys. Jika satu atau beberapa dari file-file diatas hilang \ tidak ada, extrakkan dari Windows XP CD-ROM atau dari folder Service Pack Files \i386.  ---> Yang saya lakukan adalah mengkopikan dari komputer lain yang Windows XP-nya masih OK.

Langkah II – Di restart Simple TCP/IP dah jalan normal dan sambungan internet.

11. Masalah Koneksi lambat

Solusi: Menambah Kecepatan Koneksi Internet Menambah kecepatan akses internet sangat diinginkan para pengguna internet. Ada banyak cara digunakan untuk menambah kecepatan akses koneksi internet, dari cara simpel menonaktifkan loading gambar pada browser hingga penggunaan software tertentu.

12. Komputer tidak terdeteksi oleh komputer lain

Hal ini sering terjadi dikarenakan alamat digunakan dan IP yang kosong. Lalu ganti IP address sehingga bisa terdeteksi oleh komputer lain. Selain itu kita jug abis mengecek apakah komputet kita bisa terkoneksi dengan komputer orang lain  lalu ketik ping > Run > caranya adalah Klik start  <> -t. misalnya ping 192.168.0.89. Nanti akan muncul balasan Jika Reply From . . . . . . berarti komputer kita sudah terkoneksi dengan baik jika muncul Request Time Out maka komputer kita tidak bisa terkoneksi dengan komputer lain.

13. Komputer tidak dapat terkoneksi dengan sistem jaringan kabel.

Masalah :

1. Kemungkinan terjadinya gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan (Network Interface

Card).

2. Kemungkinan bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.

3. Kemungkinan bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak

Solusi :

1. Periksa Kartu jaringan apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian jika masih seperti itu sebaiknya  diganti

2. Periksa Kabel baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang baik.

3. Periksa terlebih dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.

14. Gejala : Muncul pesan IP conflic

Masalah : Terjadi alamat / IP Address yang sama.

Solusi : Melakukan setting ulang alamat IP Address dan subnetmasknya sesuai dengan jaringan yang digunakan.

15. Gejala : Folder atau file tidak dapat diakses pada komputer lain.

Masalah : Dikarenakan folder atau file tersebut belum di sharing.

Solusi : Cara masuk ke windows explorer pilih data atau directory yang akah disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing

16. Gejala : Icon Local Area       Conection tidak tampl pada network conection di control panel.

Masalah :

1.Kemungkinan Driver belum terinstall.

2.Pemasangan kartu jaringan kurang baik.

3.Kemungkinan slot pci kotor atau rusak.

4.Kartu jaringan rusak.

Solusi :

1.Cari dan install Driver yang sesuai dengan kartu jaringan.

2.Periksa pemasangan kartu jaringan.

3.Bersihkan slot pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.

4.Ganti kartu jaringan.

17. Gejala : Komputer meminta user dan password pada saat diakses oleh komputer lain pada jaringan peer to peer.

Masalah :

1.         Pada windows xp belum ada data yang tersharing

2.         Pada windows 7 atau Vista Password protected sharing belum di turn off kan

Solusi:

1. Sharing folder atau file terlebih dahulu pada windows xp.

2. Masuk keControl Panel lalu Network and Sharing Center kemudian Advanced sharing settings lalu turn off kan file protected sharing.

18. Gejala : Koneksi Internet lambat.

Masalah : Kemungkinan terlalu banyak pengguna/client sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.

Solusi : Sebaiknya kurangi pengguna/client, atau menambah bandwith.

19. Gejala : Printer tidak dapat di akses pada komputer lain

Masalah : Dikarenakan printer tersebut belum di sharing

Solusi : Caranya masuk ke control panel printers and faxes, lalu pilih printer yang akan di sharing lalu klik kanan, pilih sharing, kemudian pilih sharing this printer lalu klik ok.

20. Gejala : Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub mati, kondisi kartu jaringan dan switch dalam keadaan yang baik.

Masalah  : Kemungkinan ada masalah dengan kabel yang digunakan.

Solusi : Ganti Konektor (RJ-45) dengan yang baru , dang anti apabila perlu. Dan juga periksa susunan warna kabelnya, juga kerapatan antara kabel dengan konektor.

21. Tidak bisa install network adapter.

Kasus ini biasanya disebabkan oleh sorfware kartu jaringan yang tidak sesuai antara driver dengan kartu jaringannya atau pemasangan kartu jaringan yang tidak sempurna pada mainboard sehingga komputer tidak dapat mengenal kartu jaringan tersebut.  Hal yang harus dilakukan dengan pengecekan pada kartu jaringan apakah telah terpasang dengan benar atau kartu jaringan telah terinstall dengan driver bawaannya. 

22. Tidak bisa menemukan komputer lain pada daftar network neighborhood.

Apabila secara hardware dan software tidak ada masalah komputer harus dilakukan restart untuk menyimpan semua data yang telah kita update ke sistem operasi. 

23. Komputer lain tidak dapat masuk ke komputer kita.

Komputer lain yang tidak dapat masuk ke komputer kita padahal komputer kita dapat masuk ke komputer lain disebabkan karena kita belum melakukan sharing data atau sharing printer.

__________________________________________________________________

50 Kasus Troublesshooting komputer dan solusinya



50 KASUS TROUBLESHOOTING KOMPUTER DAN SOLUSINYA

Troubleshooting, adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris, yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah. Troubleshootingmerupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan.Troubleshooting, kadang-kadang merupakan proses penghilangan masalah, dan juga proses penghilangan penyebab potensial dari sebuah masalah.Troubleshooting, pada umumnya digunakan dalam berbagai bidang, seperti halnya dalam bidang komputer, administrasi sistem, dan juga bidangelektronika dan [listrik|kelistrikan].

1.KOMPUTER SERING HANG

vDisebabkan software mengalami crash

Cara mengatasinya      :

·Tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding

·Tekan tombol restart pada CPU

vDisebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru). Konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows

Cara mengatasinya      :

·Install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda

·Jalankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.

2.KEYBOARD TIDAK TERDETEKSI OLEH KOMPUTER

Cara mengatasinya      :

·Cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar

·Jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah.

·Coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalahmaka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.

·Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi juga coba ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi juga berarti ada yang salah pada sistem Windows Anda

3.MOUSE TIDAK TERDETEKSI OLEH KOMPUTER

Cara mengatasinya      :

·Cek apakah mouse anda sudah terpasang dengan benar

·Jika sudah tapi masih juga mouse tidak terdeteksi maka kemungkinan mouse anda bermasalah.

·Coba ganti mouse anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port mouse di MB anda.

·Jika memang Sudah di Gant mouse Baru tapi tetap tidak terdeteksi juga coba ganti dengan mouse USB dan apabila tidak terdeteksi juga berarti ada yang salah pada sistem Windows

4.POINTER MOUSE SELALU MELONCAT-LONCAT

Cara mengatasinya      :

·Bersihkan mouse (khususnya pada bola mouse)

5.KOMPUTER SERING CRASH

Cara mengatasinya      :

·Cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan juga cek RAM, processor dan juga VGA.

6.BILA PRODUSEN MAINBOARD TIDAK DIKETAHUI

Cara mengatasinya      :

·Buka casing, dan cek CPU anda biasanya sebuah MB memiliki label produsen yang sekaligus berisi spesifikasi tipe Mbnya.

·Lihat pada manual book

·Cari data Mb lewat internet, cocokan ID yang tercetak pada sticker board dengan daftar yang terdapat pada situs www.fcc.gov/oet/fccid, dan cari daftar nomor ID yang dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat elektonik di Amerika

·Gunakan software analisa, seperti sandra99 dll.

7.CRASH SETELAH MEMASANG RAM BARU
Cara Mengatasinya        :

·Kemungkinan RAM yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut RAM tersebut)

8.MENAMBAH RAM TETAPI TIDAK TERDETEKSI
Cara Mengatasinya        :

·Lakukan pengecekan seperti ketika kasus sebelumnya

·Pastikan slot yan dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.

9.PROSES KOMPUTER SEMAKIN LAMBAT SETELAH MENAMBAH RAM
Cara Mengatasinya:

·Perhatikan batas kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64 MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat

10.VIRTUAl RAM
Cara Mengatasinya        :

·Klik kanan icon My computer, pilih propertis, kemudian pilih tab performance dan klik VIRTUAL MEMORY

·Pilih item let me specify my own virtual memory setting (pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory)

·Klik OK

11.MONITOR TIDAK MENYALA
Cara Mengatasinya        :

·Pastikan semua kabel power maupun konektor yang berhubungan dengan monitor ok

·Pastikan juga pin yang ada pada port VGA masuk dengan sempuran tidak ada yang bengkok apalagi tidak masuk semua/salah satu pin ke port VGA

·Pastikan juga VGA card anda ok

12.SOUND CARD BARU TIDAK TERDETEKSI
Cara Mengatasinya        :

·Crash dengan saounda card yang lama

·Cek pada manual booknya, apakah soundcard on boardnya perlu dimatikan atau tidak jika hendak menginstall ulang soundcard yan baru (biasanya bisa dimatikan lewat jumper atau bios)

13.KETIKA MENEKAN TOMBOL POWER, POWER/STROOM  LISRIK TIDAK MUNCUL ,KIPAS POWER SUPPLY TIDAK HIDUP

vKemungkinan kerusakan         :

·Stroom listrik tidak berfungsi

·Power supply rusak

·Kabel power swict chasing belum atau salah pasang pada motherboard.

·Jumper CMOS motherboard salah pasang (dalam posisi clear)

·Motherboard rusak (mati)

vCara mengatasi            :

·Periksa catu daya listrik apakah sudah terpasang dengan baik, stavol sudah berfungsi dengan baik

·Cek power supply kalau rusak harus diganti

·Periksa kabel power swict pada motherboard sudah terpasang dengan benar

·Periksa jumper CMOS apakah sudah terpasang dengan benar

·Periksa/Cek motherboard apakah berfungsi dengan baik/tidak

·Bila sudah dipastikan penyebabnya, komponen yang rusak harus diperbaiki atau diganti

·

14.SAAT MENEKAN TOMBOL POWER,LED MENYALA TETAPI TIDAK ADA TAMPILAN APAPUN DIMONITOR

vKemungkinan kerusakan         :

·Power supply tidak berfungsi optimal

· Processor, memory, atau motherboard tidak berfungsi

·Monitor atau VGA tidak berfungsi

· Pemasangan kabel power dan kabel data tidak benar

vCara mengatasi      :

·Cek power supply apakah sudah berfungsi optimal.

·Cek Processor, memory, atau motherboard sudah berfungsi baik

·Cek monitor/VGA sudah befungsi baik

·Lepas semua kabel power dan kabel data dari posisinya, kemudian coba hidupkan computer

·Bila sudah dipastikan penyebabnya, komponen yang bermasalah bisa diganti.

15.SAAT MENEKAN TOMBOL POWER, TAMPILAN DIMONITOR HANYA PROGRAM “BIOS” (ada pesan “no system disk/invalid syistem disk”)

vKemungkinan kerusakan  :

·Ada disket terpasang pada drive A

· Hardisk tidak dapat berfungsi

·Belum ada OS

·Kerusakan pada OS

vCara mengatasi  :

·Cek apakah ada disket terpasang pada ploppy, jika ada dikeluarkan kemudian enter.

·Cek apakah kabel power/data hardisk sudah terpasang dengan baik

·Cek apakah ada kerusakan hardisk dengan cara detection hardisk pada BIOS, scandisk pada program starupdisk

·Bila sudah dipastikan penyebabnya, komponen yang rusak harus diperbaiki atau diganti termasuk instal ulang OS.

16.OS TIDAK LOADING DENGAN TAMPILAN NORMAL

vKemungkinan kerusakan            :

·Driver tidak bisa berfungsi

· Kerusakan pada OS

vCara mengatasi            :

·Jalankan OS dengan tampilan Safe Mode kemudian jalankan program utilitas, seperti norton utilitas

·Bila tidak bisa dengan cara di atas lakukan instal ulang OS

17.TAMPILAN LAYAR MONITOR TIDAK NORMAL (tidak seperti biasa)

vKemungkinan kerusakan  :

·Setting display pada control panel tidak benar

· Kerusakan pada VGA atau drivernya

·Kerusakan pada OS

·Kerusakan pada monitor

vCara mengatasi  :

·Cek setting display pada control panel apakah sudah benar

·Cek VGA serta drivernya sudah berfungsi dengan baik atau tidak

·Periksa monitor apakah ada kerusakan atau tidak

·Jalankan norton utilitas untuk mendiagnose OS

·Bila sudah dipastikan penyebabnya, komponen yang rusak harus diperbaiki atau diganti, termasuk instal ulang.

18.KINERJA KOMPUTER MENGALAMI GANGGUAN

vKemungkinan kerusakan  :

·PC terinfeksi virus

·System Operasi tidak berfungsi optimal

vCara mengatasi  :

·Jalankan program anti virus (scan virus), Norton Utilities

·Lakukan perbaikan setting/konfigurasi OS.

19.PRINTER TIDAK BISA MENCETAK DATA DENGAN BAIK

vKemungkinan kerusakan            :

·Kabel printer belum terpasang dengan benar

·Driver printer belum diinstal atau disetting dengan benar

·Kertas belum terpasang dengan baik atau kertas terlalu tebal

·Ada benda yang tersangkut dalam printer

·Printah print tidak benar

·OS tidak berfungsi dengan baik

·PC terinfeksi virus

vKerusakan pada printer

Cara mengatasi            :

·Teliti dengan baik satu-persatu faktor penyebab seperti pada kolom (2), dan bila ditemuklan masalahnya, lakukan perbaikan atau penggantian komponen kemudian coba lakukan print kembali

20.SCANNER TIDAK BISA SCAN

vKemungkinan kerusakan            :

·Kabel scanner belum terpasang dengan benar

· Driver scanner belum diinstal atau disetting dengan benar

·Printah scan tidak benar

·OS tidak berfungsi dengan baik

·PC terinfeksi virus

vKerusakan pada scanner

Cara mengatasi :

·Teliti dengan baik satu-persatu faktor penyebab seperti pada kolom (2), dan bila ditemukan masalahnya lakukan perbaikan atau penggantian komponen kemudian coba lakukan scan kembali.

21.KEYBOARD,MOUSE TIDAK BERFUNGSI DENGAN BAIK

vKemungkinan kerusakan  :

·Kabel Keyboard/Mouse belum terpasang dengan benar

· Driver Keyboard/Mouse belum diinstal atau disetting dengan benar

·OS tidak berfungsi dengan baik

·PC terinfeksi virus

·Kerusakan pada keyboard/mouse

vCara mengatasi  :

·Teliti dengan baik satu-persatu faktor penyebab seperti pada kolom (2), dan bila ditemukan masalahnya, lakukan perbaikan atau penggantian komponen kemudian coba operasikan kembali

·Pada mouse perlu bersihkan secara berkala kotoran yang melekat dalam mouse

22.LAPTOP MENYALA TAPI LAYAR BLANK

ØLaptop menyala, lampu LED pada laptop nyala, pendinginan kipas bekerja tapi tidak ada yang muncul di layar. Layar benar-benar hitam dan kosong. Tidak ada gambar di layar sama sekali, bahkan gambar sangat redup juga tidak ada.

ØKemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

·Masalah mungkin disebabkan karena kegagalan memori. Modul memori gagal dan laptop tidak menyala karena itu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.

· Jika reseating / mengganti modul memori tidak membantu, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll. Dengan kata lain, bongkar laptop dan hanya terpasang peralatan minimal dan uji lagi. Jika laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan motherboard dan prosesor.

23.LAPTOP MEMILIKI GAMBAR ANEH ATAU KACAU DI LAYAR

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Cara Memperbaikinya :

·Kegagalan Kartu grafis. Pertama-tama, uji laptop Anda dengan output gambar pada monitor eksternal. Jika Anda melihat masalah yang sama pada layar eksternal, kemungkinan besar ini adalah kegagalan kartu grafis.

·Jika masalah hanya muncul di layar laptop, dapat dikaitkan dengan salah satu dari berikut: koneksi yang buruk antara kabel video dan motherboard atau layar LCD atau kabel video gagal atau layar LCD gagal.

24.BEBERAPA TOMBOL KEYWORD LAPTOP BERHENTI BEKERJA

vLaptop menyala dan berjalan dengan baik tetapi beberapa tombol keyboard tidak bekerja sama sekali atau karakter yang salah ketik.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Cara Memperbaikinya :

·Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard gagal. Keyboard laptop tidak dapat diperbaiki. Jika beberapa tombol berhenti bekerja, Anda harus mengganti keyboard.

25.TOMBOL KEYWORD LAPTOP HILANG ATAU RUSAK

vSolusi Cara Memperbaikinya :

26.CAIRAN TUMPAH DI LAPTOP
Anda menumpahkan sesuatu pada laptop dan laptop berhenti bekerja.

vCara Memperbaikinya :

Tumpahan cairan yang sangat berbahaya dan tak terduga. Jika itu terjadi, matikan laptop, keluarkan baterai dan jangan menggunakannya sampai semua bagian internal diperiksa dari kerusakan cair.

27.KINERJA PC MENGALAMI GANGGUAN ( tidak bekerja sebagaimana biasanya)

vKemungkinan kerusakan

·PC terinfeksi virus

·System Operasi tidak berfungsi optimal

vCara mengatasi            :

·Jalankan program anti virus (scan virus), Norton Utilities

· Lakukan perbaikan setting/konfigurasi O

28.KOMPUTER TIDAK MAU HIDUP

Cara mengatasinya      :

·Periksa koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol pada PC)

·Periksa apakah stabilizer berfungsi atau tidak (jika memakai stabilizer)

·Periksa kabel power pada CPU

·Apabila komputer masih tidak hidup juga, mungkin masalahnya terletak pada power supply atau MB

29.NOTEBOOK MATI TOTAL (tidak ada reaksi,tidak bersuara & tidak ada indikasi hidup)

·Cara mengatasinya      :

·AC adaptor gagal dan baterai habis sepenuhnya => uji AC adaptor,apabila mati maka gantilah adaptor

·DC jack terlepas dari motherboard atau DC jack rusak dan notebook tidak memperoleh daya listrik dari adaptor AC . maka jack DC harus diganti

·Motherboat notebook rusak. Jika itu terjadi kemungkinan besar notebook tidak layak diperbaiki.

30.KOMPUTER MAU HIDUP TETAPI TIDAK MAU BOOTING

Cara mengatasinya      :

Mengenali terlebih dahulu bunyi beep            :

·Beep 1 kali = kondisi komputer baik

·Beep 1 kali panjang = problem di memory

·Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek = kerusakan di VGA card

·Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek = kerusakan di DRAM parity

·Beep terus menerus = kerusakan di modul memory atau memory video

·Periksa menggunakan software dianosa seperti sandra,PC mark04, PC mark 05

31.KOMPUTER MAU BOOTING TETAPI SELALU “SAFE MODE”

Cara mengatasinya      :

·Restart kembali komputer anda

·Instal ulang windows anda bila masih bermasalah

·Jika masih safe mode, berarti HD anda bermaslah

·Cobalah cek dengan scan disk

32.LUPA PASWORD BIOS
Cara Mengatasinya        :

·Cabut batterey cmos pada CPU

·Atau dengan cara emncoba menebak bberapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll)

33.JAM & SETTING TANGGAL BIOS SELALU BERUBAH-UBAH
Cara Mengatasinya        :

Batteray cmos sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan batteray yang baru

34.MENAMBAH PERANGKAT HARDWARE BARU  TETAPI TIDAK TERDETEKSI OLEH BIOS
Cara Mengatasinya        :

·Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update bios anda (bisa download melalui internet, mis : www.windrivers.com)

35. MELACAK KERUSAKAN CARD PADA MB
Cara Mengatasinya        :

·Cobalah dengan mencabut dan menancapkan beberapa card pada MB anda

·Jika booting berhasil maka card anda tidak bermasalah begitu jua sebaliknya

36. PASANG PROCCESSOR BARU TAPI TIDAK TERDETEKSI
Cara Mengatasinya        :

·Cek apakah anda sudah memasang processor denan benar

·Cek apakah posisi jumper pada processor sudah benar (tentang jumper pada processor bisa anda priksa pada manual booknya)

37.MONITOR MENJADI GELAP SAAT LOADING WINDOWS
Cara Mengatasinya        :

·Kemungkinan disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat (setting frekuensinya terlalu tinggi)

·Masuk dulu ke dalam kondisi safe mode (tekan F8)

·Install ulang driver VGAnya

38.TAMPILANDEKSTOPKOSONG
Cara Mengatasinya        :

·Masuk ke windows save mode

·Menjalankan system restore

39.UKURAN TAMPILAN MONITOR TIDAK SESUAI KEINGINAN
Cara Mengatasinya        :

·Masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)

·Tekan tab setting dan dan atur ukuran tampilan sesuai dengan keinginan (pada screean area)

40.MONITOR SEPERTI BERKEDIP SAAT DIGUNAKAN
Cara Mengatasinya        :

·Masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)

·Tekan tab setting dan klik advance, kemudian klik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang diinginkan

41.PC (Personal computer) SERING HANG

Kemungkinan kerusakan            :

·Suhu processor terlalu panas

·PC terinfeksi virus

·Kerusakan pada OS

·Salah satu komponen tidak kompetibel dengan PC

·Kerusakan pada memory

·Kerusakan pada hardisk

Cara mengatasi            :

·Cek suhu processor bila panas ganti kipas pendinginnya

·Coba jalankan Program Norton Ulitilas, Antivirus

·Coba lepas salah satu komponen PC yang dicurigai.

·Cek memory apakah berfungsi dengan baik

·Cek hardisk dengan scandisk apakah ada bad sector

·Bila sudah dipastikan penyebabnya, komponen yang rusak harus diperbaiki atau diganti.

42.KOMPUTER SAAT DI PAKAI  SERING MATI MENDADAK

vKemungkinan kerusakan            :

·Cek ke power listrik atau stavol longgar

·Power supply tidak berfungsi baik

·Suhu PC terlalu panas terutama processor

vCara mengatasi            :

·Periksa cuk listrik atau stavol sudah baik

·Coba cek power supply apakah berfungsi dengan baik

·Perbaiki/ganti colling pan/kipas pendingin

·Bila sudah dipastikan penyebabnya, komponen yang rusak harus diperbaiki atau diganti.

43.SAAT DIHIDUPKAN BUNYI “tit......tit(panjang)” TANPA ADA TAMPILAN DILAYAR MONITOR

vKemungkinan kerusakan            :

·         Memory tidak berfungsi

vCara mengatasi         :

·Perbaiki atau pindahkan pasangan memory pada slot memory di motherboard

·Kalau tidak bisa cara (1), memory harus diganti kemudian hidupkan kembali PC

44.SAAT DIHIDUPKAN BUNYI “tit...tit...tit...tit (berulang)” TANPA ADA TAMPILAN DILAYAR MONITOR

vKemungkinan kerusakan            :

·         VGA card tidak berfungsi

vCara mengatasi         :

·Coba cabut dan pasang kembali dengan baik VGA card pada slot VGA di motherboard

·Bila tidak bisa cara (a), ganti VGA card

45.CD ROM/CD RW/DVD ROM/FLOPPY DISK TIDAK DAPAT BERFUNGSI

vKemungkinan kerusakan            :

·Cd Rom/Cdrw/Dvd Rom/ Floppy dis belum terinstalasi dengan baik

·Driver Cd Rom/Cdrw/ Dvd Rom belum terinstalasi dengan benar

· CD atau disket yang dipakai rusak

· Sistem operasi tidak dapat bekerja optimal

·PC terinfeksi virus

· Cd Rom/Cdrw/Dvd Rom/ Floppy disk mengalami kerusakan

vCara mengatasi      :

·Cek kembali dengan teliti komponen penyebab kerusakan seperti pada kolom (3) kemungkinan kerusakan

· Jalankan program Anti virus (scan virus)

·Bila sudah dipastikan foktor penyebabnya lakukan penggantian atau tindakan perbaikan pada bagian yang bermasalah.

46.LAPTOP MENYALA DAN LALU MATI LAGI

Laptop menyalakan tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar. Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total.

vKemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

·Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard. Anda dapat mencoba reseating / mengganti memori seperti yang saya jelaskan di masalah

·Jika tidak membantu, berarti  kerusakan motherboard. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, lebih baik membeli laptop baru.

47.LAPTOP SANGAT BISING

Laptop menyala dan semuanya bekerja dengan baik, namun tibul beberapa keanehan yaitu suara bising dan berderak. Beberapa laptop membuat suara setiap saat, laptop lain hanya sebentar-sebentar.

vKemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

Dalam kebanyakan kasus kebisingan ini berasal dari kipas pendingin atau hard drive laptop. Jika laptop membuat kebisingan ketika kipas pendingin mulai berjalan, kemungkinan besar rusak. Pasang kembali kipas pendingin. Jika laptop membuat suara bahkan ketika kipas tidak berputar, mungkin itu berasal dari hard drive. Back up semua data pribadi dari hard drive sesegera mungkin, kerusakan total dapat terjadi setiap saat. Pasang kembali hard drive.

48.LAPTOP MATI ATAU MACET KETIKA SEDANG DIGUNAKAN

Laptop menyala dan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya.

vKemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

Kemungkinan besar ini adalah masalah panas processor. Hal ini terjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu dan laptop tidak bisa “bernafas” dengan benar. Laptop dimatikan atau macet karena prosesor (CPU) terlalu panas. Bersihkan kipas pendingin dan heatsink untuk memperbaiki masalah.

49.BATERAI LAPTOP TIDAK TERISI

Baterai laptop tidak terisi dengan benar bisa disebabkan dua kemungkinan; tidak sama sekali ataukah setelah Anda mengatur posisi konektor adaptor AC di dalam konektor daya pada laptop.

vKemungkinan kerusakan         :

·Kerusakan baterai. Jika baterai benar-benar tidak terisi sedikitpun, coba gunakan dulu baterai saja. Jika tidak membantu, keluarkan baterai dan coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor. Jika laptop berjalan dengan baik dari adaptor AC tetapi tidak mengisi baterai sama sekali, kemungkinan besar baterai rusak atau masalah motherboard. Cobalah mengganti baterai dulu.

· Lepas konektor daya DC. Jika pengisian baterai berhenti setelah Anda mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DC jack bermasalah.

50.LAYAR JADI GELAP SEMENTARA LAPTOP BERJALAN

Laptop start dengan benar, tetapi setelah beberapa saat lampu layar mati. Gambar masih muncul di layar tetapi sangat gelap. Dalam beberapa kasus lampu layar tidak pernah start tetapi Anda masih bisa melihat gambar yang sangat samar di layar. Dalam semua kasus video laptop tampaknya baik-baik saja jika menggunakan monitor eksternal atau TV.

vKemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya:

___________________________________________________________________