Rabu, Februari 03, 2010

Praktikum "borland pascal"

Praktikum "borland pascal"
Pengenalan Pascal

Pemanfaatan komputer dewasa ini tidak terbatas untuk membantu sistem administrasi di kantor-kantor saja, tetapi sudah merambah keberbagai bidang. Sehingga aplikasinya sangat dibutuhkan untuk membantu berbagai disiplin ilmu. Untuk itulah dibutuhkan software yang menjebatani komputer dengan kebutuhan dan tujuan pemerograman komputer (friendly). Sebuah software akan memudahkan user untuk dapat menggunakan komputer unruk berbagai keperluan. Berbagai macam software yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi seperti : bahasa C, C++, C#, Clipper, LISP, ADA, ALGOL, Modula 2, Smalltalk, Prolog, Perl, PHP, ASP, JSP, J#, J++, Cobol, Basic, Fortran, Java, Paskal, dan lain sebagainya.Bahasa pemrograman adalah sesuatu yang mutlak harus dipahami jika ingin membuat suatu aplikasi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu kiranya kita belajar sebuah bahasa pemrograman yang lebih sederhana dan relatif lebih mudah untuk dipelajari oleh seorang pemula. Bahasa pascal adadalah salah satu jenis bahasa tingkat tinggi yang relatif lebih mudah untuk dipelajari.Bahasa pemrograman Pascal adalah salah satu bahasa tingkat tinggi yang merupakan bahasa pemrograman prosedural yang banyak dipakai untuk mengenalkan pemrograman bagi pemula, selain itu bahasa pascal relatif mudah untuk dipelajari, sehingga dapat diadikan sebagai dasar acuan untuk belajar Bahasa Pemrograman. Telah banyak literatur mengenai bahasa pemrograman pascal dengan berbagai versi, yang semakin memudahkan untuk mempelajarinya. Program dalam bahasa pemrograman Paskal cukup banyak variannya seperti Delfi, yang merupakan fisual pascal, juga masih banyak lagi. Paskal juga memiliki beberapa versi yang beredar di pasaran seperti UCSD Pascal, Ms-Pascal, Apple Paskal, Free Pascal.Turbo Paskal, dan sebagainya.
TINJAUAN PUSTAKA
Bahasa pemrograman telah berkembang dengan begitu pesatnya dari sejak awal tahun perkembangannya yaitu sekitar tahun 1940-an Erwin Harahap (2007:1) mendefinisikan bahasa pemrograman adalah suatu program khusus yang dibuat oleh suatu perusahaan/software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi. Perkembangan bahasa pemrograman terbagi kedalam beberapa generasi seperti yang dipaparkan oleh Erwin Harahap (2007:2), pembagian generasi bahasa pemrograman yaitu;
Generasi I yaitu machine language,
Generasi II yaitu assembly language contohnya Asssembler,
Generasi III yaitu high-level programming language contohnya C, PASCAL, dsb.,
Generasi IV yaitu 4 GL (fourth-generation language) contohnya Prolog, SQL, Visual tool, dsb
Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering dijadikan rujukan sebagai media untuk mempelajari bahasa pemrograman. Jogianto (1997:1) menguraikan bahwa Pascal merupakan sebuah program tingkat tinggi (hight level lague) yang orientasnya pada segala tujuan. Berdasarkan paparan diatas maka tepat kiranya jika pascal dijadikan sebagai media unruk mempelajari bahasa pemrograman. Selain itu juga dipaparkan oleh Jogianto (1997:2) pascal juga memiliki banyak versi dan dapat digunakan pada banyak sistem operasi. Karena bannyaknya versi dan farian dari pascal maka pascal di standarisasi oleh bergai lembaga untuk kepentingan di kawasannya masing-masing.Pascal memiliki stuktur program yang boleh dikatakan cukup sederhana seperti diuraikan jogianto (1997:2) “program pascal terdiri dari judul program (program heading) dan satu blok program (body program), blok program di bagi menjadi dua bagian yaitu bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (stetment part). Bagian deklarasi terdiri dari deklarasi label (labels deklaration), deklarasi konstanta (constans deklaration), deklarasi tipe (type deklaration), deklarasi variabel (variables deklaration), deklarasi prosedur (procedures deklaration), deklarasi fungsi (fungtion deklaration)”.Tata aturan dalam penulisan teks sebenarnya pascal tidak banyak memiliki tata aturan penulisan, tetapi kiranya dianjurkan untuk penulisan menggunakan sitematika yang baik. Seperti yang dipaparkan oleh Jogianto (1997:6) bahwa program pascal tidak mengenal aturan penulisan kolom tertentu, jadi boleh ditulis mulai dari kolom berapapun. Tetapi ada aturan penulisan pada sebuah stetmen, dalam program pascal selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Penulisan perintah untuk menjalankan program dalam pascal diperlukan setetmen yaitu perintah pengerjaan tahap-tahap program dari mulai awal sampai akhir seperti yang di ungkapkan Alwin Sanjaya (2003:2) “Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal. Statemen terletak di bagian deklarasi, statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;]. Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Pascal”.
SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA PEMROGRAMAN
Sejarah pemrograman komputer tidak seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan orang mengira bahwa pemrograman komputer ini mulai berkembang atau ditemukan pada akhir abad duapuluhan. Namun dalam kenyataannya, sejarah pemrograman modern dan bahasa pemrograman mulai berkembang sejak 1940-an, yaitu sekitar 68 tahun yang lalu.Pada tahun 1922. Charles Babbage. Ketika belajar di Universitas Cambridge Inggris, ia melihat bahwa pada saat itu banyak terdapat berbagai macam tabel perhitungan seperti tabel yang terkait dengan astronomi, kelautan, navigasi dan sebagainya. Meskipun tabel-tabel perhitungan ini tersedia, namun yang terjadi adalah banyak sekali kejadian musibah seperti kapal tenggelam, kecelakaan dan kapal hilang. Dalam hal ini, Charles Babbage mengira bahwa musibah ini disebabkan oleh faktor kesalahan manusia yaitu keterbatasan kemampuan dalam mengimplementasikan tabel perhitungan yang ada. Hal inilah yang memicunya untuk memikirkan bagaimana cara mengelola data-data yang ada dalam tabel perhitungan tersebut supaya mudah digunakan. Bagaimana caranya? yaitu menggunakan sebuah ‘mesin’. Mesin ini ia beri nama ‘Difference Engine’.Setelah bekerja selama 10 tahun pada mesinnya, Charles Babbage menyadari bahwa mesin yang dia ciptakan ini merupakan sebuah mesin yang hanya punya satu tujuan (single-purpose machine) artinya hanya bisa menghasilkan satu jenis keluaran (output). Selanjutnya ia ingin mengembangkan mesin lain yang bersifat multi-purpose. Mesin ini diberi nama ‘Analytical Engine’. Pekerjaan untuk membuat ‘Analytical Engine’ ini ia lakukan sampai dengan tahun 1942. Pada tahun 1947, Charles Babbage kembali menyempurnakan ‘Difference Engine’ dan akhirnya pada tahun 1949 ia berhasil membuat versi keduanya. Pekerjaan untuk terus menyempurnakan hasil-hasil karyanya terus ia lakukan, bahkan diteruskan oleh anaknya, Henry Prevost. Charles Babbage sendiri meninggal pada tahun 1871. Untuk melindungi karya-karya ayahnya, Henry Prevost membuat beberapa kopian unit perhitungan aritmatika sederhana dari mesin yang dihasilkan ayahnya dan mengirimkannya ke beberapa institusi di dunia, termasuk ke Universitas Harvard.Perkembangan dunia komputasi berlanjut pada tahun 1980-an tepatnya pada tahun 1854, yaitu ketika seseorang bernama Charles Boole telah mampu menciptakan sebuah sistem logika simbolik yang diberinama Logika Boole. Sistem ini mencakup pula logika untuk menyatakan hubungan lebih besar, lebih kecil, sama dengan dan tidak sama dengan. Sistem logika ini masih digunakan sampai dengan saat ini.Sebuah penemuan dapat dikatakan berawal dari sebuah ‘kebutuhan’. Begitu pula dengan pemrograman komputer ini. Pada tahun 1890, Amerika Serikat ingin melakukan sensus penduduk. Namun kendala yang muncul adalah keterbatasan alat yang ada pada waktu itu, mengingat jumlah penduduk yang semakin meningkat tahun demi tahun. Akhirnya diadakanlah sebuah kompetisi komputasi untuk mencari solusinya. Kompetisi ini dimenangkan oleh Herman Hollerith, yang akhirnya ia mendirikan sebuah perusahaan Hollerith Tabulating, Co. yang akhirnya berubah nama menjadi CTR (Calculating Tabulating Recording Company) setelah 3 perusahan lain ikut bergabung. Sepuluh tahun berikutnya perusahaan ini berganti nama lagi menjadi IBM (International Business Machine) hingga saat ini.Perkembangan komputasi digital selanjutnya mulai berjalan pelan dan jarang digunakan dalam dunia bisnis sampai dengan pertengahan tahun 1920 an. Hingga akhirnya pada tahun 1925 MIT (Massachusette Institute of Technology) telah mengembangkan sebuah mesin yang mampu menganalisis perhitungan differensiasi dan integrasi. Mesin yang didanai oleh Yayasan Rockefeller ini dapat dikatakan sebuah komputer terbesar di dunia pada tahun 1930.Pemain berikutnya yang memiliki andil dalam perkembangan komputasi komputer digital ini adalah seorang ilmuan Jerman bernama Konrad Zuse. Pada tahun 1935, Zuse telah mengembangkan komputer Z-1 nya. Apa keistimewaan Z-1 ini? Komputer ini adalah awal mula diterapkannya sistem biner dalam kinerjanya. Selain itu, Zuse juga berjasa dalam komputasi komputer digital ketika ia menciptakan bahasa pemrograman komputer pertama ‘Plankalkul’.
Pada tahun 1945, terjadi pula peristiwa penting dalam sejarah perkembangan komputasi komputer digital yaitu ketika mesin Mark II yang ada di Universitas Harvard terjadi kerusakan. Seseorang yang bernama Grace Murray Hopper yang mengetahui hal ini langsung menyelidiki sebab kerusakannya. Akhirnya dia menemukan sebuah ngengat yang terjebak dalam mesin tersebut. Dalam catatan hariannya, Hopper menuliskan: “First actual case of bug being found”. Dia menyebut ngengat ini sebagai sebuah kutu busuk (bug), mungkin karena jengkel. Kata ‘bug’ inilah yang selanjutnya sering dikaitkan dengan adanya ketidakberesan dalam program. Dari kata ‘bug’ ini muncul pula istilah ‘debugging’ yang artinya proses pembetulan kesalahan program.Pada tahun 1954, IBM mulai mengembangkan bahasa pemrograman FORTRAN (FORmula TRANslator) yang akhirnya dipublikasikan pada tahun 1959. Bahasa FORTRAN merupakan bahasa pemrograman level tinggi pertama yang dikomersialkan. Pemrograman level tinggi maksudnya adalah perintah atau kodenya mudah dibaca dan dipahami oleh manusia.Pada tahun 1958, FORTRAN II dan ALGOL dipublikasikan bersamaan dengan diluncurkannya LISP. Sedangkan pada tahun 1959, bahasa pemrograman COBOL juga diluncurkan. Sejak saat itu perkembangan bahasa pemrograman sangat cepat. Pada tahun 1970, bahasa PASCAL mulai dipublikasikan dan saat ini masih banyak digunakan untuk keperluan pendidikan. Pada tahun 1970 muncul pula dua bahasa pemrograman yang dapat dikatakan sangat penting yaitu SMALLTALK dan B-Languange. SMALLTALK penting karena merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang pertama. Sedangkan B-Languange dikatakan penting karena merupakan cikal bakal munculnya bahasa C. Dengan bahasa C, pemrograman akan lebih mudah, efisien, dan fleksibel. Pada tahun 1975, Dr. Wong merilis bahasa pemrograman hasil ciptaannya bernama TinyBASIC. TinyBASIC merupakan bahasa pemrograman pertama yang bersifat free alias tidak membayar dalam penggunaannya.Sedangkan pada saat yang bersamaan pada tahun 1975, Bill Gates dan Paul Allen membuat bahasa pemrograman yang diberi nama BASIC. BASIC ini selanjutnya mereka jual ke MIT.Perkembangan bahasa pemrograman ini terus bergerak demikian pesat hingga saat ini. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya bahasa pemrograman yang bermunculan. Adapun per kembangan bahasa pemrograman tersebut terbagi kedalam beberapa generasi sebagai berikut :
aGenerasi komputer :
Generasi I : machine language b.
Generasi II : assembly language: Asssemblerc.
Generasi III : high-level programming language : C, PASCAL, dsb.d.
Generasi IV :4 GL (fourth-generation language)
Prolog, SQL, Visual tool, dsb
JENIS BAHASA PEMROGRAMAN

Berdasarkan jenisnya, bahasa pe mrograman dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut :
1.Bahasa tingkat rendah (low level language)Bahasa pemrograman yang berorientasi pada bahasa mesin Contoh : Assembler
2.Bahasa tingkat menengah (middle level language)Bahasa pemrograman yang beorientasi pada aturan gramatikalContoh : C
3.Bahasa tingk at tinggi (high level language)Bahasa pemrograman yang berorientasi pada bahasa manusiaContoh : BASIC, PASCAL 4.Bahasa berorientasi objek (object oriented language)Bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek Contoh : Delphi, VB, SQL
SEJARAH PERKEMBANGAN PROGRAM PASCAL
Pascal adalah bahasa pemrograman yang yang dirancang oleh Profesor Niclaus Wirth dari Technical Univerciti Zurich, Swizerland. Nama pascal sendiri adalah sebagai suatu bentuk penghargaan kepada Blaise Pascal, yaitu seorang ahli matematika dan Filsafat yang terkenal pada abad 17 yang berasal dari Prancis.Profesor Niclaus Wirt memperkenalkan Compiler Bahasa pascal ini Pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Comporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajarkan program komputer secara sistematis, khususnya untuk mengajarkan program yang terstruktur (stuktured programing). Jadi pascal adalah bahasa yang ditujukan untuk membuat program yang terstruktur.
Dalam waktu yang singkat pascal telah menjadi bahasa yang sangat populer dikalangan para pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di banyak perguruan tinggi. Banyak propesional komputer yang beralih ke bahasa pascal. Kenyataannya, pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan bahasa-bahasa pemerograman tingkat tinggi lainnya. Bahasa pemrograman Pascal Mempunyai beberapa Kelebihan seperti:1.Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,2.User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.3.Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.4.Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.5.Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.Standart pascal adalah bahasa pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niclaus Wirth. penerapan dari standart pascal banyak yang berbeda seperti apa yang telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Niclaus Wirth. Pascal di Eropa didefinisikan oleh ISO (Internasional Standart Orgazation) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (America Nasional Standart Institute) dan IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers).Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).Terdapat beberapa versi dari pascal yang telah berada di pasaran dan sampai saat ini untuk komputer-komputer micro personal Turbo Pascal merupakan yang paling populer dan banyak digunakan. Turbo Pascal banyak di gemari karena bersifat interaktif. Selain itu Turbo Pascal mengikuti definisi dari standar pascal yang didefinisikan oleh K. Jansen dan Niclaus Wirht di Pascal User Manual and Report. Turbo Pascal adalah copiright dari BORLAND Inc.
I.2. Memulai Pascal :

Klik 2x icon turbo pascal yg ada di Desktop

A. Membuat direktori :

· File-DOS Shell-Rubah direktori dengan mengetik perintah “cd\..”(Change Dir) sampai tampilan seperti “C:\>”.

· Kalau sudah,pada C:\> ketik “md nama_direktori (cth: md lely_6H).

· Kemudian enter.

· Ketik exit untuk keluar dari DOS

B. Rubah Direktori :

· File-Change Dir-Klik 2x C-cari nama direktori msg2

· Ulangi hal ini setiap kali memulai pascal shg semua latihan disimpan didalam folder msg2.

C. Memulai membuat program baru :

· File-New

· Menyimpan File:

· File-Save-Ketik nama file

· Jelaskan!Struktur Program Pascal :

Struktur Bahasa Pascal

§ Judul

Program ;

Uses ;

§ Bagian Deklarasi

Label ;

Const ;

Type ;

Var ;

Procedure ;

Function ;

§ Bagian Pernyataan

Begin

;

End.

1. Judul Program

2. Blok Program, terdiri dari :

§ Bagian Deklarasi : variabel, konstanta, label, tipe, fungsidll

§ Bagian Pernyataan : Diawali dg Begin dan diakhiri dg End./isi program

· Compile/Compiling, Proses untuk mengecek kesalahan instruksi program apakah sudah benar/belum. Caranya : Compile-compile/Alt+F9

· Run, Proses untuk mengcompile sekaligus menjalankan program. Caranya : Run-run/Ctrl+F9

· Menampilkan hasil program : ALT+F5

· Membersihkan layar/tampilan : Clrscr (Clear Screen), dengan menggunakan prosedur Uses Crt (Uses Catode Ray Tube).

· Extentation Pascal :.PAS


II.1. Perintah I/O

Memasukkan data/input : Read=Memasukkan data dlm baris yg sama. Readln=Memasukkan data per baris.

Menampilkan hasil/output : Write=Menampilkan output dlm baris yg sama. Writeln=Menampilkan output perbaris.

II.2. Variabel dan Konstanta

Variabel è data yg nilainya berubah-rubah di dalam program.

BU : Var Identifier: tipe data.

Konstanta è data yg nilainya tetap di dalam program.

BU : Const Identifier=nilai.I

II.3. Reserved Word/Kata Cadangan

merupakan kata2 yg telah didefinisikan oleh turbo pascal. Contoh : Program Begin, End, Var, Const dll

Statemen (statement)
Statemen adalah intruksi pengerjaan perintah pada program pascal. Statemen terdapa pada bagian deklarasi yang diawali oleh reserved word BEGIN dan diakhiri dengan END. setiap statemen diakhiri dengan tanda [;]. Statemen-statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur sebagai perintah standar Pascal. Berikut adalah beberapa jenis stetmen dalam bahasa paskal :1.Statemen-statemen yang digunakan untuk Input dan Output (standar I/O).
Read / Readln [prosedur].
Dalam bahasa Pascal untuk keperluan input (membaca input) digunakan identifier standar READ atau READLN.Identifier standar ReadLn sedikit berbeda dengan Read. ReadLn digunakan untuk memasukkan data perbaris, artinya setelah tombol Enter ditekan, maka akan ganti baris, sedangkan Read tidak ganti baris, masih dalam baris yang sama.
Write / Writeln [prosedur].
Sedangkan untuk keperluan output (mencetak output) digunakan identifier standar WRITE atau WRITELNPerbedaan Write dengan WriteLn adalah bahwa Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama. Sedang WriteLn digunakan untuk menampilkan tampilan perbaris, akan ganti baris untuk tampilan berikutnya.2.Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak layar.

ClrScr [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.
GotoXY[prosedur].
Untuk menempatkan posisi kursor pada layar.
DelLine [prosedur].
Untuk menghapus sebuah baris pada posisi kursor dan menaikkan baris-baris dibawahnya.
InsLine [prosedur].
Untuk menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan menggeser kebawah tampilan-tampilan baris dibawahnya.
Delay [prosedur].
Untuk menghentikan sejenak proses program. 3.Statemen yang digunakan untuk memanipulasi string.
ConCat[fungsi].
Untuk menggabungkan 2 atau beberapa variabel string.
Copy [fungsi].
Mengambil satu atau beberapa karakter dari sebuah string.
Delete [prosedur]. .
Menghapus sebagian karakter dari sebuah string.
Insert [prosedur].
Menyisipkan satu atau beberapa karakter ke dalam sebuah string.
Length [fungsi].
Memberikan nilai panjang dari suatu string (jumlah karakter dalam string).
Pos [fungsi].
Mencari posisi sebuah bagian string (substring) didalam sebuah string.
Str [prosedur].
Merubah nilai numerik ke dalam nilai string.
Val [prosedur].
Merubah nilai string ke dalam nilai numerik.
UpCase [fungsi].
Memberikan huruf kapital dari argumen.
Abs [fungsi].
Memberikan nilai mutlak dari suatu argumen.
ArcTan[fungsi]
Memberikan nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan goniometri.
Cos [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Cosinus.
Exp [fungsi].
Menghitung nilai pangkat dari bilangan e (bilangan alam), yaitu sebesar x.
Frac [fungsi].
Untuk mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
Int [fungsi].
Memberikan nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel dengan membuang bilangan di belakang koma.
Ln [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai logaritma alam (natural logarithm) dari nilai x.
Sin [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Sinus.
Sqr [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai pangkat kuadrat dari suatu bilangan. Tipe dari x bisa berupa real maupun integer. Dan hasilnya akan sama dengan tipe dari x.
Sqrt (fungsi).
Digunakan untuk menghitung nilai akar dari suatu bilangan.
RUNTUNAN, PEMILIHAN DAN PENGULANGAN1. Runtunan
Runtunan atau sequence merupakan satu atau lebih intruksi yang berarti bahwa tiap intruksi dikerjakan satu-persatu, tiap intruksi hanya dilaksanakan sekali atau tidak ada intruksi yang di ulang, urutan intruksi dilaksanakan dan diproses sama dengan urutan intruksi yang ditulis dalam teks algoritmanya. Akhir dari intruksi sekaligus juga akhir dari sebuah program.Dalam runtunan hanya digunakan stetmen untuk input dan output seperti write, writelnContoh:
Program input;
Uses Crt;
Var
Nm, npm : String
Begin
Writeln (' masukkan nama dan NPM ');
Writeln ('------------------------------');
Write (' Nama anda : '); Readln (nm);
Writeln (' NPM anda : ');
Readln (npm);
End.
Bila program diatas di jalankan maka hasilnya adalah
masukkan nama dan NPM
------------------------------
Nama anda : ( di input,)
NPM anda : ( di input,)
2. Pemilihan
Struktur runtunan hanya terdapat pada program sederhana. Pada umumnya masalah yang akan diselesaikan memiliki beberapa alternatif pelaksanaan aksi. Suatu aksi hanya dilakukan bila persyaratan atau kondisi tertentu dipenuhi. Kita misalkan bahwa masalah tersebut memiliki beberapa kasus. Jadi dalam memecahkan masalah, kita harus menganalisis kasus-kasus apa saja yang mungkin ada, lalu aksi apa yang dilakukan bila suatu kasus dimasuki. Adanya pemilihan kasus-kasus menyebabkan terjadinya pemilihan intruksi (atau percabanyan) di dalam algoritmanya, bergantung pada kasus yang memenuhi.Dalam struktur pemilihan terdapat dua stetmen yaitu “if – then – else”, dan “case – of “. Stetmen “if – then – else” digunakan untuk satu kasus atau lebih yang memerlukan pemilihan yang tidak terlalu banyak, sebenarnya dalam bentuk pernyataan :
if

kondisi

then

pernyataan 2

else

pernyataan 2
;Sedangkan “case – of “ di gunakan untuk menyederhanakan kontruksi “if – then – else”, jika dua kasus atau lebih, dalam bentuk pernyataan ;
case
ekspresi
of
Nilai 1 :
pernyataan 2
; Nilai 2 :
pernyataan 1
; - -
Nilai n :
pernyataan n
;
else

pernyataan x
;
end ;


PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Dari hasil pembahasan pada bab sebelumnya maka ada beberapa saran yang ingin penyusun kemukakan yaitu sebagai berikut :
1.Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Bila ingin mempelajari bahasa pemrograman, penyusunmengingatkan bahwa bahasa pemrograman berjalan atas dasar logika dan algoritma. Sehingga kedua hal inilah yang harus diasah lebih dulu.
2.Bahasa pemrograman paskal lebih tepat jika dijadikan sebagai rujukan belajar bahasa pemrograman, karena bahasa Pascal relatif lebih mudah di pelajari dan memiliki tata penulisan (sintaks) yang lebih mirip dengan algoritma
REFERENSI
1. Harahap, Erwin. 2007, Pemrograman Terstruktur, Bandung, Politeknik Piksi Ganesha
2. Jogianto, H.M. 1997, Turbo Pascal, Yogyakarta, Andi OfsetMunir
3. Rinaldi. 2002. Algoritma dan Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C. Jakarta . Informatika
4. Sanjaya, Alwin. 2003, Cepat Mahir Bahasa Pascal, Kuliah Berseri IlmuKomputer.
(MAAF BELUM DI EDIT, MASIH DALAM BENTUK WORD)?????