SOAL-SOAL LATIHAN UTS LOGIKA DAN ALGORITMA
1.
|
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
a.Membuat program b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
|
2.
|
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut
:
a. Proses b. Program
c.
Algoritma d. Prosesor
|
3.
|
Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma dapat berupa :
a. Bahasa
Inggris
b. Bahasa
Puitis
c. Bahasa
pemrograman
d.
Sembarang bahasa asal terstruktur
|
4.
|
Pada saat pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
a.
Sebelum pembuatan program
b. Pada
saat program dibuat
c.
Sesudah pembuatan program
d. Pada
saat verifikasi program
|
5.
|
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi
– Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model –
Algoritma – Program – Eksekusi– Hasil
|
6.
|
Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah
kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng.
Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong
P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang
terbawa adalah :
a.10 b. 15
c.10 atau
15 d. 10 dan
15
|
7.
|
Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi
hijau. Apabila warna hijau maka jadi
putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi
input warna adalah hitam,
maka warna jadi :
a. Merah b.
Ungu
c. Hijau d.
Putih
|
8.
|
Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai Q, dan nilai Q menjadi :
a.
Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
c. Q tetap
d. Menjadi 0
|
9.
|
Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a.
a=0 , b=5 b.
a=10, b=5
c.
a=10 , b=0 d.
a=10, b=10
|
10.
|
Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah:
a. 15 dan 0 b.
0 dan 15
c.
15 dan 15 d.
10 dan 15
|
11.
|
Type data yang hanya mengenal kondisi True atau False pada Pascal programming , adalah :
a. IF b. Boolean
c.
Integer d.
Character
|
12.
|
Dalam bahasa Pascal terdapat suatu tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal,
yaitu :
a. Real b. Boolean
c.
Integer d. Character
|
13.
|
Program Pascal dirancang pertama kali oleh :
a. Al
Khawarizmi b.Blaise
Pascal
c. Prof.
Niklaus Wirth d. Borland
|
14.
|
Fungi standard yang digunakan untuk mengetahui nilai pendahulu dari suatu variabel disebut
a. ORD b.
SUCC
c. PRED d.
DIV
|
15.
|
Pada Tipe data Boolean, berlaku operator-operator :
a. IF b. AND, OR, NOT
c. True,
False d. CASE
|
16.
|
Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah….
a.
Terminal b. Preparation
c. Decision d. Input
|
17.
|
Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah), pada pembuatan flowchart menggunakan simbol….
a. b.
|
18.
|
Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung dalam satu halaman yang sama adalah
…...
|
19.
|
Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang menggunakan bahasa awam disebut :
a. Algoritma b.
Flowchart
c. Pseudocode d.
Program
|
20.
|
Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk mencetak keluaran adalah….
|
21.
|
Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan (looping) adalah :
a. For ….
End b. While Do
c. Repeat
Until d. Case_and(x)
|
22.
|
Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
a. Branching b. Looping
c. Rekursif d. Iteratif
|
23.
|
Diberikan penggalan algoritma : while (x>7) do
x=x-1;
write(x)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8,
7 b. 9, 8 c. 9 d. 8, 7
|
24.
|
Diberikan penggalan algoritma : repeat
write
(x) ; x=x-1
until
x<7 p="">
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8,
7 b. 9, 8 c. 9 d. 8, 7
|
26.
|
Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu
dari contoh proses :
a.
Iteratif b.
Transitif
c.
Rekursif d.
Branshing
|
27.
|
Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut proses :
a.
Iteratif b.
Transitif
c.
Rekursif d.
Branching
|
28.
|
Rekursif adalah :
a. Suatu
prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu
proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu
proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu
prosedur Looping
|
29.
|
Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah
piringan ke menara tujuannya adalah :
a. 2n +1 b. 2n
-1
c. 2n+1 d. 2n-1
|
30.
|
Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 6 buah ,
maka diperlukan pemindahan
sebanyak :
a. 19
kali b.
63 kali
c. 31
kali d.
32 kali
|
Kunci Jawaban
- B
- C
- D
- A
- D
- C
- B
- C
- D
- C
- B
- B
- C
- C
- B
- A
- D
- A
- C (referensi lain ini adalah model pseudocode)
- C (bisa juga B)
- D case untuk percabangan sama dengan IF
- B
- D. COBA DIPIKIRKAN YA CARANYA
- A
- D
- A
- C
- B
- B
- B