Jumat, September 29, 2017

java


TUGAS

1. Describe the Java Throwable class, its subclasses, and the types of exceptions

Di dalam Java terdapat berbagai kelas yang berhubungan dengan ekspresi. Ekspresi tersebut memiliki tipe-tipe, dimana untuk superclass tertinggi (kelas tertinggi) adalah Throwable class. Berdasarkan kelas itu, terdapat subclasses, yaitu Error dan Exception.

Subkelas Error

Subkelas Error digunakan untuk menangani kesalahan seperti memori habis(OutOfMemoryError) dan stack habis (StackOverflowError). Kelas seperti ini biasanya tidak perlu ditangani atau program segera berakhir apabila menemukan ekspresi seperti ini.

Subkelas Exception

Subkelas Exception memiliki subkelas RuntimeException, yang digunakan untuk menangani kesalahan seperti sebkrip array tidak valid (IndexOutOfBoundsException)dan kesalahan aritmatika (ArithmeticException). Kesalah yang tergolong dalam Exception perlu ditangani, misalnya kalau ada bagian bilangan dengan bilangan nol, program dapat diatur agar tidak diakhiri.

2.What is the purpose of declaring exceptions? How do you declare an exception, and where? Can you declare multiple exceptions in a method header?

Tujuannya untuk menyatakan suatu resource atau  suatu kondisi yang dibutuhkan oleh program jika tidak tersedia. Kita menyatakan/declare Exception ketika ada suatu kondisi yang memungkinkan akan terjadinya error pada saat melakukan input. Pada method Header, kita juga bisa melakukan declare multiple exception. Karena pada dasarnya, Exception harus di declare terlebih dahulu pada method header dengan menggunakan throws clause.

3. What is a checked exception and an unchecked exception?

Checked Exception adalah termasuk class java.lang.Throwable dan semua subclassnya, kecuali class dan subclass dari java.lang.Error dan java.lang.RuntimeError. Bila terdapat checked exception, maka Checked Exception tersebut harus di handle or declare. Pengertian di “handle” adalah terdapat blok catchyang sesuai dengan exception. Pengertian di “declare” adalah meletakkan daftar exception yang mungkin dilemparkan dari suatu method (dengan keywordthrows).

Unchecked Exception adalah  exception yang tidak perlu diperhatikan oleh programmer (tidak akan menimbulkan compile time error bila tidak diperhatikan). Yang termasuk unchecked exception adalah java.lang.Error dan subclassnya, serta java.lang.RuntimeException dan subclassnya.

4. What is the keyword throw and throws used for?
Keyword throw dapat dipergunakan untuk melempar object bertipe class atau subclass dari java.lang.Throwable atau digunakan untuk melempar suatu eksepsi dalam program

5. Point out the problem in the following code. Does the code throw any exceptions?

Tidak terjadi kesalahan dalam code di atas. Tetapi,  code tersebut tidak akan di jalankan (eksekusi) di exception.

6. Suppose that statement2 causes an exception in the following try-catch block:

Answer the following questions:

Will statement3 be executed? Tidak akan dieksekusiIf the exception is not caught, will statement4 be executed? Tidak akan dieksekusi If the exception is caught in the catch block, will statement4 be executed? Akan dieksekusiIf the exception is passed to the caller, will statement4 be executed? Tidak akan dieksekusi

7. What is displayed when the following program is run?

http://binusmaya.binus.ac.id
.....