Sejak tahun
1970-an, komputer telah mengubah cara kerja, cara hidup, dan kebiasaan
orang-orang. Sekarang komputer telah menjadi bagian dari hidup manusia
sehari-hari. Komputer digunakan dalam berbagai bidang seperti seni, bisnis,
transportasi, kedokteran, perbankan, militer, kepolisian, dan pendidikan.
Apakah Komputer
Itu?
Kata “komputer”
berasal dari bahasa Inggris “the compute” atau dari bahasa
Yunani “computare” yang mempunyai arti menghitung. Komputer
merupakan sebuah peralatan elektronik yang menerima data, menyimpang dan
memprosesnya sehingga menghasilkan informasi. Data adalah fakta yang masih
mentah (belum diolah) yang dapat berupa kata-kata, bunyi-bunyian, angka-angka,
atau gambar.
Keuntungan dan
Kerugian Komputer
Keuntungan :
a.
Tidak pernah
lelah
b.
Memiliki
kecepatan dan ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan fungsinya
c.
Memiliki media
penyimpanan yang ringkas dan berkapasitas besar
d.
Mampu mengolah
data dalam jumlah besar
e.
Membuka
lapangan kerja baru sebagai ahli komputer
Kerugian :
a.
Manusia semakin
tergantung kepada bantuan komputer
b.
Berkurangnya
tenaga kerja akibat pekerjanya digantikan oleh komputer
c.
Komputer
melakukan pekerjaan sesuai dengan pertintah manusia, bila perintah tersebut
terdapat kesalahan, komputer tetap mengerjakan kesalahan tersebut
1.1
Sejarah Perkembangan Alat Hitung
Perkembangan
dan kemajuan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi tidak
terlepas dari perkembangan alat hitung, yaitu mulai dari yang cukup sederhana
sampai dengan yang rumit seperti misalnya komputer.
Di
Asia ribuan tahun yang lalu, orang-orang Tiongkok menggunakan Abakus yang
mereka sebut Suan-pan (dibaca swanpan) untuk
mempercepat perhitungan. Orang Indonesia menyebutnya Sipoa atau Senpoa.
Sempoa atau sipoa atau dekak-dekak adalah
alat kuno untuk berhitung yang dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros
berisi manik-manik yang bisa
digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmatika
seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat. Sempoa telah
digunakan berabad-abad sebelum dikenalnya sistem bilangan Hindu Arab dan
sampai sekarang masih digunakan pedagang di berbagai belahan dunia seperti
di Tiongkok. Sempoa sering
digunakan sebagai alat hitung bagi tuna netra karena
manik-manik pada sempoa dapat dengan mudah dirasakan dengan jari-jari. Sehelai
kain lembut atau selembar karet biasanya diletakkan dibawah sempoa untuk
mencegah manik-manik bergerak secara tidak sengaja.
Asal-usul
sempoa sulit dilacak karena alat hitung yang mirip-mirip sempoa banyak dikenal
di berbagai kebudayaan di dunia. Konon sempoa sudah ada di Babilonia dan
di Tiongkok sekitar
tahun 2400 SM dan 300 SM. Orang zaman kuno menghitung dengan membuat
garis-garis dan meletakkan batu-batu di atas pasir yang merupakan bentuk awal
dari berbagai macam variasi sempoa.
Dalam bahasa Inggris, sempoa
dikenal dengan nama abacus. Penggunaan kata abacus sudah
dimulai sejak tahun 1387, meminjam kata dalam bahasa Latin abakos yang
berasal dari kata abax yang dalam bahasa Yunani berarti
"tabel perhitungan." Dalam bahasa Yunani, kata abax juga
berarti tabel untuk menggambar bentuk-bentuk geometris di atas debu atau pasir.
Ahli linguistik berspekulasi
bahwa kata abax berasal dari kata ābāq yang dalam bahasa Ibrani yang
berarti "debu." Pendapat lain mengatakan abacus berasal dari
kata abak yang dalam keluarga bahasa Fenisia berarti
"pasir."
Alat
ini dianggap sebagai awal mula mesin komputasi yang muncul pada 5000 tahun yang
lalu, dan merupakan alat perhitungan kuno yang digunakan oleh bangsa Romawi
kuno dan Yunani kuno. Abacus pada masa ini di pakai oleh para pedagang
untuk menghitung transaksi perdagangan, dan abacus hingga kini masih digunakan
di Cina serta beberapa negara di Asia, seiring dengan munculnya pensil dan
kertas.
b.
Napier’s Bones (tulang-tulang
napier)
John Napier (1550-1617)
adalah seorang ahli matematika asal Scotlandia yang mengubah bentuk perkalian
yang dirasakan membosankan ke bentuk penjumlahan. Ia membuat tongkat-tongkat
dari tulang dank arena bentuknya memanjang dan menyerupai tulang untuk
perkalian sehingga dikenal dengan Napier’s Bone (Tulang-tulang Napier).
Napier adalah penemu logaritma di tahun 1594 dan ditulis dalam sebuah buku di
tahun 1614.
c.
Mistar Geser
William Oughtred (1514 - 1660),
seorang ahli matematika Inggris yang menemukan lambang :
- ”X”
untuk perkalian.
- ”:”
untuk perbandingan.
Oughtred mengenalkan lambang ”X” dalam bukunya
yang berjudul “clavis mathematicae”. William Oughtred juga menuliskan
150 lambang matematika. Serta menciptakan Mistar Geser di tahun 1622.
Alat ini pengembangan dari Tulang Napier yang sudah ada, dengan dilengkapi
hasil operasi perhitungan perkalian dan pembagian dengan penambahan dan
pengurangan.
d.
Kalkulator Roda
Numerik
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623 -
1662), seorang ahli matematika dari Perancis, yang pada waktu itu berumur 18
tahun telah menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical
wheel calculator).Ketika itu, benda buatan Pascal ini sengaja ia
buat untuk membantu ayahnya dengan berbagai perhitungan yang diperlukan dalam
pekerjaannya sebagai inspektur pajak. Mesin ini kemudian diberi nama "Arithmatique"
atau "Pascaline".
Pascaline menggunakan
delapan roda putar bergerigi yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan hingga
delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Mesin buatan Pascal ini merupakan salah satu mesin pertama di dunia
yang menambahkan mekanik didalamnya. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas
untuk melakukan penjumlahan saja.
e.
Kalkulator Roda
Mekanik 2
Tahun
1694 seorang matematikawan dan filsuf Jerman 'Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716)' telah memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda bergerigi. Dengan empelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah
pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.
f.
Kalkulator
Mekanik (Arithometer)
Kemudian
pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de
Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatika dasar.
Kalkulator mekanik Colmar yang diberi nama arithometer, mempresentasikan
pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi. karena, alat tersebut
dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan
kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan ide Pascal dan Leibniz, Colmar membantu
membangun era komputasi mekanikal.
g.
Mesin Differensial
Pada
tahun 1822 seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage
(1791-1871), menemukan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan
diferensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Diferensial. Tahun
1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan
matematika yaitu mesin mekanik yang sangat baik dalam mengerjakan tugas yang
sama berulang kali tanpa kesalahan.
Tahun
1822 Babbage mengusulkan mesin untuk melakukan perhitungan
persamaan differensial yang bernama Mesin Differensial yang menggunakan
tenaga uap dan dapat menyimpan program, juga dapat melakukan kalkulasi serta
mencetak hasilnya secara otomatis. Sepuluh Tahun kemudian Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical
Engine. Babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose
yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Perjalanan
mesin hitung yang begitu panjang dan mempunyai pengaruh begitu besar di dunia,
malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa-masa depan. sangat mempengaruhi
perkembangan atau sejarah matematika dan komputerisasi.
Rumitnya
pembuatan mesin hitung serta banyaknya manfaat yang diperoleh dari sebuah mesin
hitung akhirnya di zaman modern saat ini dioptimalkan atau dikembangkan kembali
menjadi sebuah komputer dan sistem matematika.
Tahun
1834 ia mempunyai ide untuk membuat mesin hitung yang dapat diprogram atau
mesin hitung analistis. Namun karena kurangnya dukungan teknologi, impiannya
tidak pernah terwujud. Walaupun demikian, karena idenya innilah Charles
Babbage dianggap sebagai penemu Informatika.
h.
Analytical
Engine
Asisten
Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki perang penting dalam
pembuatan mesin ini. Ia membantu merivisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah
Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada
publik.
i.
Kartu
Perforasi
Tahun
1889, HERMAN HOLLERITH (1860-1929) menemukan cara cepat melakukan
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Hollerith menggunakan
kartu perforasi untuk memasukan data sensus yang kemudian diolah oleh alat
tersebut secara mekanik. Kartu tersebut dapat menyimpan hingga 80 variabel
sehingga hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Kartu ini
mempunyai kelebihan dalam bidang kecepatan dan sebagai media penyimpanan data.
j.
Atanasoff-Berry Computer
Vannevar Bush (1890-1974)
membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun
1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang
selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar
dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan
perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry
mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada
sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole
(1815-1864) berupa sistem biner aljabar,yang menyatakan bahwa setiap persamaan
matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan
kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff
dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun
proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
k.
The
Dalton Adding-Listing Machine
Pada
tahun 1902, Dalton menciptakan The Dalton Adding-listing Machine yang
merupakan mesin substraksi pertama berdigit 10. Tahun 1900-1975, kalkulator
mulai berubah bentuk menjadi lebih kecil dengan tambahan berbagai fitur
penghitungan. Madas_20bzs merupakan salah satu contoh
kalkulator yang diproduksi pada masa ini.
Kalkulator
ini sudah dijalankan dengan listrik dan bisa melakukan pengalian dan pembagian
secara otomatis.
l.
Curta
Tahun 1948 adalah tahun terakhir pengembangan
kalkulator mekanik. Curta, kalkulator mekanik berukuran genggam
pertama dikenalkan pada massa. Kalkulator ini merupakan salah satu penemuan
kalkulator mekanik terpenting di pertengahan abad ke-20. Seluruhnya digerakkan
secara mekanis, tidak ada listrik atau baterai.
§ Didesain oleh Curt Herzstark tahun 1938
dan disempurnakannya di dalam kamp konsentrasi
§ Diakui sebagai kalkulator portabel paling
efisien (hingga munculnya kalkulator elektronik tahun 70-an)
§ Diakui sebagai hasil seni rekayasa yang
menakjubkan
m.
Kalkulator LED
Dari
tahun 1948 sampai 1980, para matematikawan dan pengusaha membuat dan
mengembangkan kalkulator dalam bentuk desktop yaitu kalkulator
yang telah memiliki layar LED (Liquid Emitting Diode) untuk menampilkan
hasil penghitungan. Kalkulator yang diciptakan dari masa ke masa berubah bentuk
menjadi semakin ramping, mudah dibawa, dan dengan harga yang semakin terjangkau
dan umumnya dapat dibilang murah. Tahun 1965, mulai dikembangkannya kalkulator
genggam yang bersifat portable atau mudah dibawa. Kalkulator
ini diproduksi oleh perusahaan Texas Instruments, disebut sebagai “Cal-Tech”. Tahun 1969, kalkulator elektronik pertama
dengan tenaga dari batu baterai. Kalkulator ini menggunakan LSI (Large Scale
Integration). Kalkulator ini juga menggunakan layar hijau (LED).
n.
Kalkulator
LCD
Tahun
1970, diciptakan kalkulator yang dapat dilepas dari bungkus yang berbahan
keras. Kalkulator ini cukup bila dimasukkan ke dalam kantung.
Kalkulator scientific pertama
kali diciptakan pada tahun 1972. Perusahaan yang memproduksi kalkulator ini
meningkat dengan pesat dan harga secara cepat juga turun dengan drastis. Pada
tahun ini juga dicoba layar LCD (Light Crystal Diode).
Pada tahun 1976, layar kalkulator dari berwarna
dasar hijau dengan LED merah digantikan dengan LCD (Liquid Crystal Display)
yang bertulisan warna hitam. Layar ini diganti karena LCD tidak membutuhkan
tenaga sebanyak LED, mereka juga memiliki digit-digit angka yang lebih besar
dan jelas karena kontras dengan warna belakangnya. Pada tahun 1978, diciptakan
untuk pertama kalinya kalkulator bertenaga surya dengan panel solar disetiap
produknya. Pada tahun ini juga diciptakan kalkulator pertama seukuran kartu
kredit. Pada tahun 1980, tercipta kalkulator pertama dengan keypad QWERTY
dan berjalan dengan BASIC language.
Dalam
sebuah kalkulator umumnya terdapat:
· Sumber Tenaga - baterai atau sel surya
· Keypad – untuk
memasukkan angka dan komando penghitungan (tambah, kurang, kali, bagi)
· Processor chip (mikroprosesor)
berisi berbagai macam unit.
· Layar tampilan – untuk menampilkan angka,
komando, dan hasil.
1.2
Sejarah Perkembangan Generasi Awal
Komputer
merupakan perangkat yang saat ini banyak dipakai di kehidupan sehari-hari.
Dengan adanya perangkat komputer bisa digunakan sebagai membantu aktifitas dari
manusia, sehingga memudahkan semua pekerjaan. Sejarah komputer pun terus
berkembang setiap waktu hingga sampai kita rasakan sekarang ini.
Akan tetapi,
proses perkembangan dari komputer tidak serta merta canggih karena ada
tahapannya. Komputer sekarang memang telah jauh berbeda dengan komputer
terdahulu, mulai dari segi bentuk, kinerjanya hingga komponen yang dipakai.
Sebab komputer terdahulu memiliki ukuran yang bisa menghabiskan satu ruangan.
Berikut ini akan kita rangkum sejarah perkembangan komputer dari generasi ke
generasi.
a.
Sejarah
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (1946 – 1959)
Tahun 1946 ialah
tahun dibuatnya komputer generasi pertama dengan menggunakan tabung vakum
sebagai komponen dasar pembuatannya. Tabung yang sebagai komponen dasar ini
memang dikenal tidak efisien di beberapa aspek. Sebab komponen tersebut cepat
sekali panas ketika di pakai. Selain itu, komponen ini memerlukan daya listrik
sangat besar dalam pengoperasiannya. Electronic numerical integrator and
computer (ENIAC) adalah salah satu contoh komputer generasi yang pertama.
Untuk komputer generasi pertama diciptakan oleh juga J.Presper Eckert
dan John mauchly di University of Pennsylvania. Mereka
berdua membangun ENIAC dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran
1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton. Sejarah komputer
generasi pertama ini menjadi digital elektronik yang dipakai untuk kebutuhan
paling umum. Program ENIAC ini sudah di rancang pada tahun 1942 namun dimulai
baru di tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946.
Bentuk program
ENIAC memiliki ukuran sangat besar, pada peletakkan program ini saja memerlukan
ruang seluas 500 m2. ENIAC ini juga menggunakan 75.000 relay dan saklar, 18.000
tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor.
Saat memulai
pengoperasian, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu sekitar
140 kilo watt. Untuk bahasa yang digunakan pada komputer generasi pertama ini
adalah bahasa mesin. Bahasa ini menjadi bahasa pemrograman yang sangat dasar,
dan bahas ini hanya di mengerti oleh komputer.
Dana yang
diperlukan untuk membuat perangkat tersebut mencapai 1 juta dollar. Namun
kemampuan komputer generasi ini memang sangat terbatas, sehingga untuk dapat
memecahkan masalah membutuhkan waktu yang lama.
Bahkan pengguna
harus memakai kartu berlubang atau disebut punched cards, serta pita kertas
untuk dapat melakukan input agar dapat melakukan output yang dihasilkan berupa
print out. Menggunakan biaya pembuatan fantastis, namun fungsinya sendiri ini
belum maksimal.
Ciri-ciri
komputer generasi pertama:
1.
Memiliki
hardware ukuran yang jauh lebih besar serta memerlukan ruang yang luas.
2.
Interior design sistem
operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
3.
Program hanya
dapat dibuat memakai bahasa mesin.
4.
Menggunakan
silinder magnetic untuk menyimpan data..
5.
Membuthkan daya
listrik yang sangat besar.
6.
Perlu mesin
pendingin karena cepat panas.
7.
Memiliki
kapasitas simpan yang kecil.
8.
Kinerjanya
lambat.
9.
Memakai konsep
stored program dan menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama.
10.
Menggunakan
tabung hampa sebagai sirkuitnya.
b.
Sejarah
Komputer generasi kedua (1959 – 1965) transistor
Tahun 1959
komponen untuk merancang komputer ialah teknologi transistor, tabung vakum yang
berfungsi sebagai komponen dasar di komputer generasi pertama telah tergantikan
dengan teknologi transistor. Komponen ini dinilai jauh lebih efisien jika
dibandingkan tabung vakum.
Sejarah
komputer dan perkembangannya dengan menggunakan dasar transistor mempunyai
ukuran lebih kecil dibandingkan tabung vakum daya listrik yang diperlukan lebih
kecil untuk pengoperasiannya. Biaya pembuatan komputer generasi kedua
juga jauh lebih terjangkau dibanding menggunakan tabung vakum di genarasi
pertama. Untuk bahasa pemrogaman juga telah di kembangkan. Jika pada generasi
pertama menggunakan bahasa mesin, untuk generasi kedua diganti menggunakan
bahasa Assembly dan bahasa simbolik. Dengan menggunakan bahasa pemrogaman
tersebut, programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.
Dengan ukuran
yang lebih kecil komputer generasi kedua ini banyak digunakan di beberapa
instansi seperti universitas, perusahaan hingga pemerintahan. Mesin yang
pertama kali menggunakan teknologi ini ialah super komputer. IBM juga telah
membuat super komputer dengan nama Sprery-rand dan Stretch serta
menjadikan komputer dengan nama LARC. Komputer ini dikembangkan di laboratorium
menggunakan energi atom, dapat mengatasi berbagai data dimana kemampuan ini
diperlukan oleh peneliti atom. Pada tahun 1965, hampir dari di berbagai bisnis
besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi dengan
keuangan bisnis.
Ciri-ciri komputer generasi kedua:
1.
Telah
menggunakan operasi bahasa pemrogaman tingkat tinggi fortran dan cobol.
2.
Kapasitas
memori utama menggunakan magnetic core storage.
3.
Menggunakan
simpanan eksternal seperti magnetic tape dan magnetic disk.
4.
Mampu memproses
secara real time dan juga real sharing.
5.
Ukuran fisik
jauh lebih kecil dibanding komputer di generasi pertama.
6.
Kinerjanya
lebih cepat.
7.
Daya listrik
lebih kecil.
8.
Pemakaian
program ini tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis tapi juga pada aplikasi
teknik.
c.
Sejarah
Komputer generasi ketiga integrated circuit (1965 – 1971)
Generasi
Komputer ketiga dimulai pada tahun 1965, dimana pada masa itu komputer ini
dibuat menggunakan Integrated Circuit (ICs). Teknologi ini, menggeser
fungsi transistor sebagai komponen dasar komputer. Namun transistor masih tetap
digunakan, akan tetapi ukurannya lebih di perkecil. Beberapa transistor yang
berukuran kecil tersebut, di masukan di IC, bersama dengan resistor dan
kapasitor.
Komputer generasi
ketiga ini menjadi komputer pertama, yang dapat membuat operator berinteraksi
menggunakan keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi. Selain itu,
komputer ini menghabiskan biaya yang lebih murah, sehingga dapat di jangkau
masyarakat umum.
Komputer
generasi ketiga merupakan perkembangan melalui tahap yang sangat pesat dari
komputer terdahulu. Komputer generasi ketiga ini muncul pada era 1964-1970.
Dalam penggunaannya, transistor membuat kinerja komputer cepat panas. Sehingga
komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.
Ciri-ciri
komputer generasi ketiga:
1.
Listrik yang
digunakan lebih hemat.
2.
Software akan
lebih meningkat.
3.
Harga kian
terjangkau.
4.
Memori memiliki
kapasitas yang lebih besar.
5.
Kecepatan
menggunakan IC sehingga kinerja komputer lebih cepat.
6.
Memiliki
kecepatan 10.000 kali lebih cepat di banding generasi pertama.
7.
Komputer sudah
dapat melakukan multiprocessing.
8.
Komputer sudah
menggunkan memakai visual display dan dapat mengeluarkan suara.
9.
Menggunakan
penyimpanan luar seperti disket magnetic
10.
Mampu melakukan
komunikasi dengan komputer lain.
d.
Komputer
generasi keempat microprosesor (1971 – Sekarang)
Komputer yang
kita pakai pada saat ini merupakan komputer generasi keempat, dimana generasi
keempat ini dibuat dengan menggunakan komponen dasar bernaman Microprosesor.
Chip microprosesor memiliki ribuan transistor dan beberapa macam elemen sirkuit
yang mana saling terhubung menjadi satu.
Intel menjadi
sebuah perusahaan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan chip microprosesor.
Karena mereka berhasil menciptakan intel 4004 yang merupakan cikal bakal
perkembangan komputer. Perusahaan dari Intel berhasil menggantikan perangkat
komputer yang memiliki ukuran yang besar menjadi sangat kecil sehingga
membuatnya menjadi lebih efisien. Pada tahun 1971 IBM menciptakan komputer yang
didesain khusus untuk kalangan rumahan. Sedangkan Apple mempublikasikan Macinthos
pertama kali pada tahun 1984, sebuah sistem operasi untuk dapat dijalankan dari
perangkat komputer. Banyak sekali kemajuan pesat yang terjadi pada generasi ke
empat ini seperti di ciptakannya mouse, graphical user interface atua
GUI hingga komputer jinjing yang disebut sebagai laptop. Procecsor atau yang di
sebut CPU selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga sekarang.
Ciri-ciri komputer generasi keempat:
1.
Dapat
menggunakan LSI atau large scale integration.
2.
Sudah
dikembangkan dengan memakai semikonduktor dan mikro processor yang berbentuk
seperti chip untuk memorinya.
3.
Dipasarkan juga
pada sektor perorangan.
4.
Selalu muncul
komputer terbaru yang lebih efisian dan mudah di bawa kemana-mana seperti
Laptop
e.
Komputer
Generasi Kelima Artificial intelligence (Sekarang – Masa Depan)
Pada generasi
kelima ini sebenarnya masih tahap pembangunan. Dimana generasi ini akan
mempunyai teknologi yang dibuat dengan berdasarkan kecerdasan buatan (artificial
intelligence).
Pengembangan
komputer generasi kelima ini bertujuan untuk dapat menghasilkan perangkat
komputer yang dapat merespon, menggunakan bahasa yang digunakan manusia. Tidak
cukup sampai disitu komputer generasi ini diharapkan dapat mempelajari
lingkungan di sekitarnya serta dapat menyesuaikan dirinya sendiri.
Ciri-ciri komputer generasi kelima:
1.
Komputer masih menggunakan
teknologi LSI namun akan mempunyai banyak pengembangan.
2.
Memiliki fitur
yang terus berkembang setiap tahunnya.
3.
Semakin cepat
dalam pemrosesan informasi.
4.
Komputer
memiliki kemampuan untuk mendengar, berbicara, melihat, berbicara dan pastinya
lebih canggih lagi. Bahkan dapat memberikan kesimpulan layaknya manusia.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Andi. Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh.
Bandung: Alfabeta.
2.
Anitah, Sri. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta:
UNS Press.
3.
Clark, D. (2010). Defining
eLearning. (Online). Tersedia:
http://nwlink.com/~Donclark/hrd/elearning/define.html (24 Februari 2021).
4.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media.
5.
Deborah Morkey, (2012),
“Understanding Computers in a Changing Society”, Course Technologu
Cengage Learning.
6.
Dikdik
M. Arief Mansur, Elisatris Gultom. (2005). Cyber Law Aspek Hukum dan Teknologi
Informasi, Bandung.
7.
Fasthea, Sholeh. (2011). Aplikasi Office
Profesional; Microsoft Office, Internet & Desain Grafis. Yogyakarta:
Laboratorium TIK Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
8.
Iman
Sjahputra, (2002). Problematika Hukum
Internet Indonesia, Jakarta.
9.
Joey F. George, (2003), “Computers
in Society”, Prentice Hall
10. Jogiyanto.
(2005). Pengenalan Komputer. Yogyakarta: ANDI.
11. Kamil, M. (2010). e-Learning Sebuah
Prospek Pembelajaran. (Online). Tersedia:
http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_LUAR_SEKOLAH/196111091987031-MUSTOFA_KAMIL/Bhaan_kuliah/e-learning.pdf.
(24 Februari 2021)
12. Lisa
C. Kaczmarczyk, (2011), “Computers
and Society: Computing for Good”, CRC Press
13. Moeljatno. (2003). KUHP Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, PT. Bumi
Aksara, Jakarta.
14. Preston, J.
(2007). Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta: Andi offset.
15. Purbo, O.
(2003). Teknologi Warung Internet. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
16. Setiawan, dedy, (2005). Sistem Penanggulanga
Kejahatan Dunia Maya. Jakarta : Elex Media Komputindo.
17. Steven Alter. (2002).
Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall.
18. Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Pedagogia.
19. Supriyanto, A.
(2005). Pengantar Teknolgi Informasi. Jakarta: Salemba
Infotek.
20. Sutarman.
(2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
21. The Pearson
Education. ( 2007). Komputer dan Masyarakat. Andy.
22.
TIM
MGMP Komputer Surabaya. Buku Kegiatan Siswa Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Surya Jaya Raya: Surabaya.
23.
Undang-Undang
nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
24.
https://www.gurupendidikan.co.id/e-business-dan-e-commerce/ diakses tanggal 26 Februari 2021 jam 12.00 wib.
25.
https://ppid.kominfo.go.id/regulasi/undang-undang-bidang-komunikasi-dan-informatika/ diakses tanggal 26 Februari 2021 jam 12.00 wib.
26. https://raahmaad.wordpress.com/etika-profesi-di-bidang-it-informasi-dan-teknologi/ diakses tanggal 26 Februari
2021 jam 12.00 wib.
27.
https://ganjarsayogo.wordpress.com/sertifikasi-keahlian-di-bidang-it-sertifikasi-nasional-dan-internasional-serta-sertifikasi-mengenai-software-maupun-database-development/ diakses tanggal 26 Februari
2021 jam 12.00 wib