Rabu, Februari 10, 2016

database Perpustakaan Sederhana di Ms. Access


Bikin Database Perpustakaan Sederhana di Ms. Access

Standard

      
 Kenapa pake Ms. Access ? Ya karena ini software yang gratisan berguna buat bikin database dan punya banyak fitur.
Gimana caranya ? Hayuk kita mulai.
      Pertama, buka aplikasi Ms. Access-nya, terus buat Blank Document. Ini tampilan awalnya :
Untitled

      Sebelum kita buat database-nya, kita harus bikin konsep dasar dari database-nya dulu. Misalnya daftar tabel, Field apa aja yang ada di tabel, DataType, dll. Kaya gini nih :
  1. PENERBIT: Kd_penerbit, Nm_penerbit, Alamat, Telp
  2. BUKU : Kd_buku, Judul, Kd_pengarang, Kd_penerbit, Kd_klasifikasi, Thn_terbit, Bahasa, Edisi, ISBN, Jumlah
  3. KLASIFIKASI : Kd_klasifikasi, Nm_klasifikasi
  4. PENGARANG : Kd_pengarang, Nama_pengarang, Jenis_kelamin
  5. PETUGAS : Kd_petugas, Nm_petugas, Jenis_kelamin, Alamat, Telp, User, Pass, Status
  6. ANGGOTA : Kd_anggota, nm_anggota, Jenis_kelamin, Alamat, No_telp, Kelas, Tgl_daftar
  7. INVENTARIS : No_inventaris, Kd_buku, NoBku, Tgl_masuk, status_buku
  8. PINJAM : No_pinjam, Kd_anggota, Tgl_pinjam, Tglharus_kembali, Kd_petugas
  9. DETPINJAM : No_pinjam, No_inventaris, Tgl_kembali, Status_pinjam
  10. DENDA : No_pinjam, No_inventaris, Tgl_denda, Jmlh_denda
      Nah, kalo udah punya konsep dasar, baru bikin tabelnya. Caranya Create >> Table, baru diisi tabelnya sesuai konsep, sama jangan lupa untuk edit Design View-nya buat ngerubah Data Type-nya. Setelah selesai, tampilan database nya jadi begini :
1

        Kedua, setelah tabel dibuat, tabel nya jangan lupa diisi datanya dulu, sekedar sedikit contoh aja, terus tabel-tabel nya dihubungin, atau bahasa kerennya di-relationship-kan. Gunanya ? ya biar datanya saling terhubung, liat dibawah nanti bakal ngerti. Caranya ? tentuin dulu Field mana aja yang mau dihubungkan, terus dihubungkan kemana, dan juga Join Type-nya apa. Ini ilustrasinya :
7

      Ko bisa begitu ? contoh yak, kenapa tabel anggota dihubungin sama tabel pinjam ? Karena nanti pas kita buat form, akan ketauan si anggota itu pinjam buku apa aja, kapan minjamnya, kapan harus balikin, dll yang ada di tabel pinjam. Nih buktinya kalo terhubung :
6

      Nah, Form itu sebenernya hasil hubungan
(?) antara tabel anggota sama tabel pinjam. Ini dia buktinya :
4

tabel pinjam

5

tabel anggota
      Ketiga, tabel udah jadi, Form udah kelar, sekarang waktunya kita bikin laporan atau report-nya. Gunanya ? ya buat laporan, hehe. maksudnya, biar database-nya udah dalam bentuk laporan, bukan masih tabel lagi, dan bisa di-print terus buat laporan deh (?). Gimana caranya ? tabel yang udah jadi dan dihubungin tadi, kita klik, kemudian Create >> Report . Dan secara otomatis, report udah dibuat. Dan jangan lupa klik yang Report View di bagian kiri atas, biar jadi tampilan laporan yang siap di laporkeun. Jadinya kaya begini nih salah satu tabel yang udah dibuat report-nya :
8


Sekian. Semoga bermanfaat.
Salam