Sabtu, Maret 07, 2015

perumahan KPR....






Perumahan KPR

Cara membeli rumah kpr

Click Here
  Membeli rumah melalui kredit kepemilikan rumah ( KPR ) bisa jadi cara untuk memiliki rumah impian dengan dana terjangkau dan dalam waktu yang cepat, namun jika kurang perhitungan tentunya dapat menimbulkan beban dikemudian hari, kali ini ilmusipil berbagi pengalaman membeli rumah kpr melalui bank  mengenai pertimbangan dalam memilih lokasi, menentukan harga rumah, dan bagaimana agar keinginan kita disetujui bank penyedia KPR.



kenapa memlih membeli rumah melalui KPR?
jika belum punya rumah
saat ini sedang mengangsur KPR seharga 300 ribu/ bulan dan nantinya setelah 8 tahun rumah sudah menjadi milik sendiri kalaupun  tidak sanggup membayar angsuran ya anggap saja bayar kos. sedangkan biaya sewa kos atau rumah kontrakan di jakarta berkisar antara 300 ribu s/d 2,5 juta perbulan dan tentunya harga tersebut  terus naik tanpa bisa memiliki rumah tersebut.
jika punya uang banyak
sekarang ini mencari uang pinjaman tunai kepada bank cukup sulit, jadi alangkah baiknya uang tersebut digunakan sebagai modal usaha, kita dapat pahala karena membuka lapangan kerja, sementara hasilnya disisihkan untuk angsuran rumah KPR.

Bagaimana cara memilih rumah KPR?
berbagai pertimbangan perlu dipikirkan dalam memilih lokasi rumah KPR diantaranya:
  • lokasi rumah sebisa mungkin dekat dengan lokasi kerja atau usaha
  • Akses jalan ketempat kerja atau usaha bagus, melewati alam atau pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran.
  • dekat dengan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah favorit, rumah sakit dll.
  • Arah hadap rumah juga menentukan. arah hadap ke timur akan mendapat sinar matahari yang sejuk diteras rumah dipagi hari. arah hadap barat dapat melihat matahari tebenam disore hari tapi kepanasan pada teras disiang hari, dapat di imbangi dengan penanaman pohon peneduh.
  • disetujui anggota keluarga tentunya.
Bagaimana memilih model rumah KPR ?
Rumah KPR rata – rata mempunyai konstruksi standar dengan kualitas dan model desain yang belum tentu sesuai harapan, jadi lebih baik fokus untuk memilih lokasi tanah yang baik dan masalah model rumah nanti bisa direnovasi.

Bagaimana cara agar keinginan kita membeli rumah KPR disetujui bank ?
nah.. ketika sudah berhasil memilih lokasi dan model rumah yang tepat, tentunya kita tidak ingin kalau permohonan KPR kita ditolak oleh bank. sederhana sekali cara perhitunganya
  • bank hanya akan menyetujui angsuran maksimal 30% x gaji perbulan kita, lebih dari itu angsuran dinilai memberatkan kita.
  • saat ini jika gaji kita dibawah 2,5 juta / bulan. selamat! kenapa? karena masuk nominasi untuk mendapat subsidi pemerintah dengan syarat untuk pembelian rumah pertama. dan tentunya mendapat nilai angsuran yang lebih kecil bahkan bisa sampai setengahnya.
Bagaimana menentukan jumlah dan waktu angsuran KPR?
jumlah angsuran adalah harga beli rumah yang di tawarkan pengembang dikurangi uang muka yang kita bayar. nantinya bank akan menentukan jumlah angsuran dan lamanya, untuk menghtungnya dapat menggunakan fasilitas kalkulator KPR dari bank BTN caranya masuk ke web http://btn.co.id/ kemudian klik pada menu kalkulator KPR pada pojok kanan atas.

BANK apa saja yang menyediakan KPR?
Dalam memilih bank yang akan di gunakan sebagai penyedia jasa KPR, sebaiknya kita memilih bank yang sudah terpercaya dalam menyediakan KPR. hal ini demi keamanan angsuran kita dan dokumen surat – surat rumah yang jadi jaminan. misalnya:
  • BANK BTN
  • BANK MANDIRI
  • BANK BRI
  • BANK BNI
Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membeli rumah KPR ?
Pada saat mengajukan permohonan KPR ke bank kita gak perlu repot – repot karena biasanya pengembang akan memberi tahu kita apa dokumen dan syarat – syarat yang dibutuhkan. sebagai gambaran dokumen tersebut diantarany:
  • Surat keterangan gaji yang bekerja/ penghasilan bagi yang usaha
  • Surat keterangan belum memiliki rumah atau sedang menumpang dari RT dimana kita sekarang tinggal, ini bagi yang ingin mendapat subsidi pemerintah.
  • Foto kopi ktp
  • foto kopi kartu keluarga
  • foto kopi tabungan di bank tersebut.
setelah semua syarat dipenuhi, dan disetujui, tentunya kita harus mengangsur tepat waktu agar tidak  terkena denda tunggakan atau rumah KPR kita disita dan ditempel stiker ” RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK … “

Ciri ciri perumahan yang baik
  • Harga rumah murah merupakan faktor penting agar perumahan cepat habis terjual, disinilah alasan perlunya dilakukan inovasi dan kreatifitas sehingga tetap dapat menjual rumah dengan kualitas bagus.
  • Lokasi tidak banjir juga sering diselidiki oleh calon pembeli dengan cara mananyakan pada warga sekitar perumahan yang sudah lama menghuni wilayah tersebut.
  • Letak perumahan strategis misalnya dekat dengan jalan tol, dekat dengan pusat kota dan kelebihan lainya.
  • Bangunan bagus dilihat secara umum seperti konstruksi rumah kokoh, dinding tidak retak-retak karena menggunakan material semen yang cukup serta keindahan arsitektur rumah.
  • Adanya lahan kosong untuk fasilitas sosial, area ini diletakan sebaik mungkin pada site plan rencana perumahan agar nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga untuk berbagai aktifitas umum seperti tempat bermain anak-anak, membangun tempat ibadah dll.
  • Sumber air dan listrik bagus, air bisa didapat dengan cara melakukan pengeboran air tanah jika sumbernya bagus, alternatif kedua yaitu adanya perusahaan air yang menjamin lancarnya pengairan untuk aktifitas perumahan tersebut.
  • Pembelian rumah bisa diangsur dengan cara KPR sehingga meskipun pembeli baru mempunyai uang sedikit namun sudah bisa membeli rumah dengan cara mengangsur sisa pembayaran selama jangka waktu kredit.
  • Suasana lingkungan yang baik juga sangat mendukung karena membeli rumah juga berarti membeli lingkungan.
  • Got atau sirkulasi pembuangan air kotor lancar dengan cara melakukan perencanaan dengan baik.
  • Prospek pengembangan area perumahan kedepan terkadang dilihat oleh calon pembeli yang menghendaki leuntungan dimasa depan.
Begitulah kurang lebih beberapa ciri-ciri perumahan yang baik sehingga menambah nilai lebih calon rumah yang akan dibeli :-)
ilmu sipil
Keuntungan investasi rumah KPR di perumahan
  1. Modal yang dikeluarkan untuk investasi tidak harus sebesar harga rumah, nilai investasi awal berupa uang muka bank penyedia KPR yaitu minimal 10% dari nilai jual rumah kemudian sisanya ditabung setiap bulan dalam jangka waktu kredit.
  2. Barang yang dijadikan investasi yaitu rumah dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti tempat tinggal atau disewakan untuk memperoleh penghasilan bulanan.
  3. Selain bertujuan investasi, memiliki rumah juga bisa memberikan kepuasan tersendiri karena merupakan barang yang banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat.
  4. Rumah atau property lebih aman terhadap inflasi atau perubahan nilai tukar mata uang, secara sederhana dapat kita lihat bahwa uang  tujuh ribu pada tahun 1990 dapat kita buat untuk membeli satu unit rumah namun pada tahun 2012 uang tujuh ribu hanya cukup untuk membeli paku beton 1kg.

Tips membeli rumah KPR agar untung
Dalam melakukan investasi rumah diperlukan trik khusus agar dapat memperoleh keuntungan dikemudian hari misalnya nilai jual kembali yang tinggi serta kemudahan dalam menjual rumah, berikut ini hal-hal yang mungkin berguna.
  1. Membeli rumah diperumahan dengan lokasi bagus akan lebih menjamin keuntungan, misalnya pada daerah strategis di perkotaan, area bebas banjir, sarana umum yang lengkap disekitar perumahan.
  2. Setelah menetapkan perumahan mana yang akan dibeli sealnjutnya dalam lingkup yang lebih kecil yaitu memilih letak rumah pada satu komplek, rumah yang berada dijalan utama akan lebih banyak diminati, jika ada fasilitas social ( fasos ) seperti lapangan olahraga atau masjid maka dapat dipilih rumah yang dekat dengan sarana tersebut, selain itu arah hadap rumah juga mempengaruhi kenyamanan.
  3. Memberikan nilai tambah rumah, misalnya dengan melakukan renovasi untuk mempercantik nilai keindahan arsitektur sehingga dapat menarik minat pembeli rumah.
  4. Pilih bank penyedia KPR yang sudar terpercaya untuk memastikan perjanjian kredit berjalan dengan lancar dan aman serta kemudahan dalam mengambil sertifikat rumah setelah angsuran lunas.

Begitulah kurang lebih gambaran tentang keuntungan investasi rumah KPR di perumahan, bagi yang mau menambahkan bisa dimasukan dibawah agar berguna bagi yang sedang mencari informasi ini :-)

teknik sipil Cara menyimpan uang di bidang investasi properti

Click Here
Menyimpan uang di Bank merupakan langkah pintar namun lebih cerdas jika memutarnya dibidang investasi properti untuk mendapat keuntungan lebih. Harga properti yang terus naik menjadikan kelebihan tersendiri sehingga menarik investor untuk terjun ke dunia ini. Berikut ini beberapa uraian  yang mungkin terkait dengan proses bisnis investasi properti ini.

Kekurangan menyimpan uang dibidang properti
  1. Terkadang tidak bisa di uangkan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan, hal ini berbeda dengan uang tunai yang bisa dibuat transaksi secara cepat.
  2. Terdapat resiko kerusakan bangunan seperti bertambah tuanya umur bangunan atau terjadi bencana alam.
  3. Barang simpanan berupa properti terletak disuatu tempat yang tetap sehingga tidak bisa diakses langsung dari manapun.
  4. Perlu ketelitian dalam mengecek kebenaran surat-surat sertifikat properti, umtuk mengatasinya bisa bekerjasama dengan notaris.

Kelebihan menyimpan uang dibidang properti
  1. Lebih aman terhadap inflasi atau penurunan nilai mata uang, contohnya jika pada tahun 1990 harga beras per kg Rp.600,00 kemudian ditahun 2012 harga beras satu kg adalah Rp.7000,00. bisa dibayangkan bagaimana nasib yang menyimpan dalam bentuk uang tunai ditahun lalu untuk digunakan sepuluh atau beberapa tahun kemudian.
  2. Harga properti cenderung naik apalagi jika terletak dilokasi strategis atau di kota besar yang banyak menarik pembeli sehingga selain uang tersimpan dengan aman juga ada bonus hasil investasi.
  3. Barang berupa propeti terlihat jelas dan dapat dipantau setiap saat, pengurusanya bisa dikerjakan kepada orang lain.
  4. Properti dapat disewakan dalam waktu harian, per bulan atau sistem tahunan sehingga bisa menjadi sumber penghasilan tetap bagi pemiliknya.
  5. Harga jual properti dapat ditingkatkan dengan modal sedikit caranya dengan melakukan renovasi bentuk arsitektur atau melakukan pengecatan ulang agar menarik pembeli dengan nilai jual tinggi.
  6. Dapat dijadikan agunan untuk meminjam uang di bank.
  7. Tidak perlu mempunyai uang senilai harga jual properti untuk membeli, misalnya melakukan pembelian dengan sistem KPR yang hanya perlu menyiapkan uang sebesar 20% dari harga beli kemudian sisanya diangsung sesuai jangka waktu dan besar angsuran yang telah disepakati pemebeli dan pihak Bank.

Cara investasi dibidang properti
  1. Membangun atau membeli rumah kos untuk disewakan sehingga dapat menjadi sumber penghasilan rutin.
  2. Membangun Mal atau pusat perbelanjaan untuk mendapatkan hasil sewa kios dan keuntungan dari transaksi jual beli kegiatan  perdagangan.
  3. Membeli rumah di perumahan pada lokasi strategis dan aman terhadap bencana seperti banjir sehingga grafik perkembangan harganya naik, hal ini mempunyai nilai keuntungan investasi lebih tinggi dari pada menyimpan uang di BANK.
  4. Menjadi developer perumahan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis properti.
  5. Membangun hotel atau apartemen untuk disewakan.
  6. Membeli tanah untuk ditingkatkan nilainya dengan membangun rumah diatasnya sehingga mendapatkan nilai harga jual kembali yang lebih besar.
  7. Menjadi kontraktor bangunan yang menawarkan jasa pelaksanaan pembangunan.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan cara menyimpan uang dibidang bisnis investasi properti, dilihat dari resiko serta kelebihanya, semoga bermanfaat.

Tips membangun rumah di tanah miring
Apabila yang miring adalah bentuk tanahnya.
  1. Jenis perabot atau furniture tertentu akan lebih baik jika diletakan pada ruangan siku, jadi dalam membuat denah bisa menggunakan area miring untuk ruangan yang tidak banyak menggunakan furniture atau bisa juga dengan memesan bentuk  furniture khsusus sesuai bentuk ruangan miring.
  2. Memanfaatkan lokasi miring untuk taman, kemudian memberikan jendela pada ruangan yang menghadapnya sehingga ada pemandangan yang segar.
  3. Bentuk tampak rumah bisa diatur sedemikian rupa agar kemiringan tanah bisa menjadi kelebihan tersendiri.
  4. Ruangan yang bisa diletakan pada posisi miring misalnya kamar mandi, gudang, tempat cuci.

Apabila yang miring adalah ketinggian tanahnya.
  1. Letak denah ruangan diatur sedemikian rupa sehingga posisi beda tinggi bisa diletakan sebuah tangga sebagai akses naik turun.
  2. Melakukan perataan dengan pekerjaan galian dan urugan tanah bisa dilakukan jika memnungkinkan.
  3. Letak pondasi rumah harus benar-benar diperhatikan agar aman terhadap bahaya longsor dan rumah roboh.
  4. Membangun rumah bertingkat harus memperhatikan kondisi dan jenis tanah apakah aman dan masih memungkinkan.

Agar dapat tercipta rumah yang bagus maka harus membuatnya dalam bentuk gambar terlebih dahlu sehingga dapat melakukan koreksi dan penyesuaian dengan lahan yang ada. data-data yang dibutuhkan untuk membuat gambar rumah miring antara lain
  • Bentuk tanah beserta ukurannya.
  • Letak jalan raya.
  • Posisi pohon atau tanaman yang ingin dipertahankan ketika rumah sudah selesai dibangun.
  • Foto tanah apabila melakukan pemesanan desain rumah online GambarBangunan.com
  • Data ukuran elevasi tinggi tanah apabila tidak datar.

Hal-hal lain dapat dilakukan sehingga dapat terwujud rumah idaman di tanah miring, perlu kreatifitas agar setiap jengkal tanah dapat dimanfaatkan secara baik dan benar. selamat merencanakan rumah terbaik di tanah miring.

 ilmu sipililmu sipililmu sipililmu sipililmu sipililmu sipil
reff : http://www.ilmusipil.com