Minggu, Mei 31, 2015

MATERI 3. EVALUASI PEMBELAJARAN




PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN
1.    PERENCANAN
2.    PELAKSANAAN DAN MONITORING
3.    PENGOLAHAN DATA DAN ANALISIS
4.    PELAPORAN HASIL EVALUASI
5.    PEMANFAATAN HASIL EVALUASI

MODEL-MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN

1.    Model Tyler (model black box)
a.      Evaluasi tingkah laku :  - peserta didik


      - awal
b.      Penggunaan model
c.       Istilah
d.      Desain experimen
e.      Tiga langkah pokok

2.    Model berorientasi tujuan
a.      Tujuan pembelajaran
b.      Tujuan model
c.       Hasil evaluasi
d.      Kelebihan dan kekurangan

3.    Model pengukuran (Thorndike dan ebel)
a.      Penerapan model
b.      Hasil evaluasi
c.       Obyek evaluasi
d.      Instrumen 

4.    Model kesesuaian (Tyler, Crrol dan cronbach)
a.      Evaluasi
b.      Hasil evaluasi
c.       Obyek evaluasi
d.      Teknik evaluasi
e.      Model evaluasi

5.    Educational system  evaluation (stufflebeam, scrivern, stake dan provus)
a.      Evaluasi
b.      Penggabuangan model
1)      Model countenance-stake
2)      Model CIPP dan CDPP-Stufflebeam

6.    Model akin (Marvin alkin)
a.      Evaluasi
b.      Jenis evaluasi

7.    Model brinkerhoff
a.      Formative & sumative evaluation
b.      Desain experimental dan  quasi experimental vs natural inquire
c.       Fixed vs emergent evaluation design

8.    Illuminatif model (parlett dan hamilton)
a.      Model
b.      Tujuan
c.       Hasil
d.      Fungsi
e.      Obyek
f.        tujuan

9.    Model responsif
a.      Pendekatan
b.      Tujuan
c.       Instrumen
d.      Hal-hal penting

10.     Model pembelajaran sosial
o   Individu
o   Masyarakat
Tiga model pembelajaran sosial
o   Bermain peran
o   Simulasi sosial
o   Telaah atau kajian yurisprudensi

11.     Model pembelajaran jarak jauh
a.      Metode
b.      Aktifitas pengajaran dan belajar
c.       Terpisah 

12.     Model pembelajaran orang dewasa (POD)
a.      Pola nonotoriter
b.      Informal
c.       Pengertian pengalaman
d.      Perilaku standar

13.     Model pembelajaran interaktif
a.      Model informasi
b.      Model belajar melalui pengalaman
c.       Model pemecahan masalah

==========================================================