PROSEDUR PENGEMBANGAN
EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
PERENCANAN
2.
PELAKSANAAN
DAN MONITORING
3.
PENGOLAHAN
DATA DAN ANALISIS
4.
PELAPORAN
HASIL EVALUASI
5.
PEMANFAATAN
HASIL EVALUASI
MODEL-MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
Model
Tyler (model black box)
a. Evaluasi tingkah laku : - peserta
didik
-
awal
b. Penggunaan model
c. Istilah
d. Desain experimen
e. Tiga langkah pokok
2.
Model
berorientasi tujuan
a. Tujuan pembelajaran
b. Tujuan model
c. Hasil evaluasi
d. Kelebihan dan kekurangan
3.
Model
pengukuran (Thorndike dan ebel)
a. Penerapan model
b. Hasil evaluasi
c. Obyek evaluasi
d. Instrumen
4.
Model
kesesuaian (Tyler, Crrol dan cronbach)
a. Evaluasi
b. Hasil evaluasi
c. Obyek evaluasi
d. Teknik evaluasi
e. Model evaluasi
5.
Educational
system evaluation (stufflebeam,
scrivern, stake dan provus)
a. Evaluasi
b. Penggabuangan model
1) Model countenance-stake
2) Model CIPP dan CDPP-Stufflebeam
6.
Model
akin (Marvin alkin)
a. Evaluasi
b. Jenis evaluasi
7.
Model
brinkerhoff
a. Formative & sumative evaluation
b. Desain experimental dan quasi experimental vs natural inquire
c. Fixed vs emergent evaluation design
8.
Illuminatif
model (parlett dan hamilton)
a. Model
b. Tujuan
c. Hasil
d. Fungsi
e. Obyek
f.
tujuan
9.
Model
responsif
a. Pendekatan
b. Tujuan
c. Instrumen
d. Hal-hal penting
10.
Model
pembelajaran sosial
o
Individu
o
Masyarakat
Tiga model pembelajaran sosial
o
Bermain
peran
o
Simulasi
sosial
o
Telaah
atau kajian yurisprudensi
11.
Model
pembelajaran jarak jauh
a. Metode
b. Aktifitas pengajaran dan belajar
c. Terpisah
12.
Model
pembelajaran orang dewasa (POD)
a. Pola nonotoriter
b. Informal
c. Pengertian pengalaman
d. Perilaku standar
13.
Model
pembelajaran interaktif
a. Model informasi
b. Model belajar melalui pengalaman
c. Model pemecahan masalah
==========================================================