Minggu, Mei 31, 2015

SILABUS PERKULIAHAN METODOLOGI PENELITIAN




MATA KULIAH               :    Metodologi Penelitian Pendidikan
    Jadwal dan Rincian Topik Pembahasan
Pertemuan
               Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan              

1
Introduksi dan Orientasi
a. Rasionalisasi perkuliahan
b. Tujuan perkuliahan
c. Strategi perkuliahan
d. Penilaian proses dan hasil
e. Referensi
f.  Orientasi Materi

2
Hakikat dan ruang lingkup penelitian teknologi pendidikan, Etika dalam penelitian

3
Masalah-masalah  penelitian teknologi pendidikan dan perumusannya,

4
Variabel penelitian dan hubungan antar variable

5
Kajian teori  dan hipotesis dalam penelitian dan Introduksi berbagai metode penelitian pendidikan



6 – 7

Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi pendidikan:
Korelasi dan Eksperimen

8
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi pendidikan: Kualitatif

9
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi pendidikan: R&D

10
Populasi dan sampel penelitian,

11
Ujian Tengah Semester

12
Penyusunan berbagai instrumen penelitian

13
Kalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi,

14
Teknik analisis dan penyajian data

15
Penyusunan proposal penelitian dan Kaidah Penulisan serta teknik notasi ilmiah

16
Review Perkuliahan dan Ujian Akhir Semester (UAS) Take home examination




      KRITERIA EVALUASI HASIL BELAJAR

>85           = A
70 – 84     = B
55 – 69     = C
40 – 54     = D
< 39          = E
     

 

DAFTAR PUSTAKA



Frankel Jack, R. How to Design and Evaluate Research  Instrumen Evaluation. Mc.     Graw Hill Publishing and Co, 1990
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta, Bandung, 2008.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, 2005.
Dr. Kadir, M. Pd. Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta, 2010.
Hamzah B. Uno, dkk,  Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian, Jakarta, 2001.