MATA KULIAH : Metodologi
Penelitian Pendidikan
Jadwal dan Rincian Topik Pembahasan
Pertemuan
|
Pokok Bahasan/Sub Pokok
Bahasan
|
|
1
|
Introduksi
dan Orientasi
a.
Rasionalisasi perkuliahan
b.
Tujuan perkuliahan
c.
Strategi perkuliahan
d.
Penilaian proses dan hasil
e.
Referensi
f. Orientasi Materi
|
|
2
|
Hakikat dan
ruang lingkup penelitian teknologi pendidikan, Etika dalam penelitian
|
|
3
|
Masalah-masalah penelitian teknologi pendidikan dan
perumusannya,
|
|
4
|
Variabel
penelitian dan hubungan antar variable
|
|
5
|
Kajian teori dan hipotesis dalam penelitian
dan Introduksi berbagai metode penelitian pendidikan
|
|
6 – 7
|
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi
pendidikan:
Korelasi dan Eksperimen
|
|
8
|
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi
pendidikan: Kualitatif
|
|
9
|
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi
pendidikan: R&D
|
|
10
|
Populasi dan sampel penelitian,
|
|
11
|
Ujian Tengah Semester
|
|
12
|
Penyusunan
berbagai instrumen penelitian
|
|
13
|
Kalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi,
|
|
14
|
Teknik analisis dan penyajian data
|
|
15
|
Penyusunan proposal penelitian dan Kaidah Penulisan serta teknik
notasi ilmiah
|
|
16
|
Review
Perkuliahan dan Ujian
Akhir Semester (UAS) Take home examination
|
|
KRITERIA EVALUASI HASIL
BELAJAR
>85 = A
70 – 84 = B
55 – 69 = C
40 – 54 = D
< 39 = E
DAFTAR
PUSTAKA
Frankel
Jack, R. How to Design and Evaluate
Research Instrumen Evaluation. Mc. Graw Hill Publishing and Co, 1990
Sugiyono, Metode
Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta:
Alfabeta, Bandung, 2008.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan
Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, 2005.
Dr.
Kadir, M. Pd. Statistika Untuk Penelitian
Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta, 2010.
Hamzah
B. Uno, dkk, Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian, Jakarta, 2001.