Jumat, Mei 22, 2015

Vertigo....

Umumnya penyakit vertigo dijelaskan sebagai adanya ketidakseimbangan atau gangguan keseimbangan. Penyakit vertigo berasal dari bahasa Yunani yang berarti memutar. penyakit vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Perasaan ini biasanya disertai rasa sakit di kepala. Tingkat penyakit vertigo berbeda beda, tapi kebanyakan penderita sakit vertigo ini sudah sangat parah, artinya ini adalah jenis sakit kepala berat.

Penyakit vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih, baik jika berbaring diam, tetapi penyakit vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Penyebab penyakit vertigo:

infeksi virus (sep:influenza) yang menyerang area labirininfeksi bakteri yang mengenai telinga tengahradang pada leherserangan migrensirkulasi darah yang berkurang yang dapat menyebabkan aliran darah ke otak berkurangmabuk kendaraanalkohol

Penyebab penyakit vertigo kebanyakan adalah ketegangan kepala yang sangat. Orang dengan aktifitas tinggi, misal kerja dalam tekanan atau target, maka cenderung sakit kepala dan menuju jenis sakit kepala penyakit vertigo.

1. SistemikAdalah gejala vertigo yang disebabkan penyakit tertentu, misal diabtetes, darah tinggi, penyakit jantung.
2. NeurologikAdalah gangguan penyakit vertigo yang disebabkan oleh gangguan fungsi syaraf. 3. OphtalmologikGangguan penyakit vertigo yang disebabkan oleh gangguan mata atau berkurangnya daya pengelihatan. 4. OtolaringologiGangguan penyakit vertigo yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi alat pendengaran. 5. PsikogenikIni adalah penyebab paling banyak, penyebab penyakit vertigo non fisik, pola hidup tidak teratur, kurang tidur, memikirkan suatu masalah sampai stress atau tekanan emosional yang tinggi.

Gejala penyakit vertigo:

Gejala penyakit vertigo diantaranya:

Pusing seperti berputar, Kepala terasa ringan, Rasa terapung, terayun, Mual-Muntah, Keluar Keringat dingin, Muka Pucat, Sempoyongan waktu berdiri atau berjalan.
Jenis penyakit vertigo :

penyakit vertigo Vertigo Perifer. Penyakit vertigo perifer disebabkan oleh disfungsi struktur perifer hingga ke batang otak.penyakit vertigo Vertigo Sentral. Penyakit vertigo sentral melibatkan proses penyakit yang mempengaruhi batang otak atau cerebellum.

Penyakit Vertigo perifer beronset akut (waktunya singkat atau serangannya cepat terjadi), sedangkan penyakit vertigo sentral beronset kronis atau perlahan. Dengan kata lain, durasi gejala pada penyakit vertigo perifer terjadi dalam hitungan menit, harian, mingguan, namun berulang.

Diagnosa Penyakit Vertigo :

Sebelum memulai pengobatan penyakit vertigo, harus ditentukan sifat dan penyebab penyakit vertigo. Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atausaraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga.

Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.

Pengobatan penyakit vertigo :

Gejala penyakit vertigo ringan bisa diatas dengan mengonsumsi obat antivertigo. Namun, dalam waktu tertentu vertigo masih bisa datang kembali alias kambuh.

Terapi penyakit vertigo yaitu dengan aroma terapi adalah dengan menyuruh pasien menghirup wangi-wangian bisa dalam bentuk botol rollon atau aroma terapi ruangan (harga mahal, 400 rb-an). Maka terapi ini memang bisa meredakan sesaat juga.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo :

Adapun beberapa cara mengatasi penyakit vertigo dengan cepat adalah sebagai berikut :

Tidurlah dengan posisi kepala yang agak tinggiBangunlah secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum kita berdiri dari tempat tidurHindari posisi membungkuk bila mengangkat barangHindari posisi mendongakkan kepala, misalnya untuk mengambil suatu benda dari ketinggianGerakkan kepala secara hati-hati jika kepala kita dalam posisi datar (horisontal) atau bila leher dalam posisi mendongak.

Saat ini banyak sekali obat untuk penyakit vertigo  seperti meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Namun seperti kita ketahui terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia akan berdampak buruk bagi kesehatan kita di masa yang akan datang karena residu dari bahan kimia tidak semuanya dapat dimanfaatkan oleh tubuh. jadi berhati-hatilah jika anda menderita penyakit vertigo ini dan biasanya pada kaum remaja penyakit vertigo muncul karena penggunaan headset yang lama

____________________________________