Kamis, Desember 10, 2015

Jika Kedua Tangan Tak Sentuhan Harus Lebih Rajin Olahraga

Coba Gerakan Ini, Jika Kedua Tangan Tak Sentuhan Harus Lebih Rajin Olahraga

Latihan fleksibilitas dan keseimbangan bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan tulang. Salah satu latihan fleksibilitas yang bisa dilakukan adalah backstratch. Saat melakukan latihan ini, jika kedua tangan tidak bisa saling bersentuhan bisa jadi pertanda harus lebuh rajin olahraga.

Seperti apa latihan backstratch? Jika Anda akan melakukannya, lakukan pemanasan sejenak. Caranya putar pundak ke belakang 5 kali dan ke sepan 5 kali. Lalu letakkan salah satu tangan yang dominan di punggung, melalui pundak. Sedangkan tangan satu lagi yang tidak dominan letakkan ke punggung melalui arah bawah, di mana posisi telapak tangan menghadap depan.

Latihan backstratch

Coba lihat, apakah tangan kanan dan kiri bisa saling bersentuhan di punggung? Jika tidak bisa bersentuhan, maka itu salah satu tanda Anda perlu lebih rajin olahraga dan menjaga gaya hidup sehat, termasuk pola makan sehat.

Contoh tangan tak bersentuhan, tanda harus lebih rajin olahraga.

"Hentikan latihan sejenak jika dirasa nyeri pada bahu dan pinggang," saran dr Marko Lumalessil, MM, MH. Kes, dalam kunjungan media attack Anlene 'Move Now' ke redaksi detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, jakarta, dan ditulis pada Jumat (4/12/2015).

Sedangkan latihan yang bisa dilakukan untuk keseimbangan adalah sit to stand. "Pastikan tidak ada gangguan asma, persendian dan tidak sedang hamil," pesan dr Marco.

Untuk memulai gerakan ini, jangan lupa siapkan kursi. Posisikan tubuh berdiri, lalu letakkan tangan menyilang di dada. Alasannya, jika tangan di samping tubuh, maka tubuh akan lebih berat. Sedangkan kalau tangan dibentangkan di depan tubuh, maka akan menarik tubuh.

Setelah itu buatlah gerakan duduk dan berdiri. Ingat, harus benar-benar duduk, jadi jangan hanya menempelkan pantat di permukaan kursi. Ulangi gerakan ini selama 60 detik. Dalam 60 detik, berapa kali gerakan bisa Anda ulangi? Jika kurang dari 30 kali, ada baiknya Anda terus berlatih dan lebih rutin berolahraga.

"Usia di atas 50 tahun kalau ada riwayat cedera pinggang bagian bawah sebaiknya jangan latihan sit to stand," ucap dr Marco mewanti-wanti.

Menurut dr Marco, olahraga terbaik untuk kepadatan tulang adalah dengan pembebanan karena lawan gravitasi. Selain itu juga olahraga yang menghentak seperti body combat. "Bisa dilakukan dengan simpel, jalan kaki sambil bawa barang belanjaan," kata dr Marco.

Dia mentarankan olahraga ringan dilakukan minimal tiga kali per minggu, masing-masing 30 menit. "Bisa jalan kaki, jogging, lompat tali, aerobik, yoga," ucapnya.
@http://health.detik.com/