Senin, Maret 28, 2016

Merchandiser Display (MD)

Apa Itu Merchandiser Display (MD) dan Apa Saja Tugas Seorang MD

Latar Belakang Merchandiser Display (MD)

MD atau Merchandiser Display adalah salah satu bagian dari team promosi yang bertugas mendisplay atau memajang produk di etalase toko dengan baik.  Produk yang tertata rapi di etalase selain sedap dipandang mata juga akan meningkatkan penjualan jika produk ditata sedemikian rupa sehingga mudah dijangkau dan ditemukan oleh pembeli. Inilah yang melatar belakangi kenapa bagian merchandiser display(MD)  itu ada. Seringkali ketika pembeli pergi ke sebuah minimarket untuk membeli suatu produk tertentu tetapi ketika sampai disana, ia melihat pajangan produk lain yang tertata rapi maka bisa jadi keinginannya akan berubah. Tugas Merchandiser Display  tidak hanya bertugas di modern market tetapi juga di retail, di pasar-pasar tradisional akan kita lihat pajangan shampo, deterjen, pelembut pakaian yang tertata rapi. Itu juga hasil kerja Mercandiser Display. Selain itu tugas Merchandiser Display (MD) lainnya adalah memasang alat promosi produk seperti striker, spanduk, banner dan lain sebagainya sebagai bentuk promosi “di darat” untuk menunjang promosi produk yang telah dilakukan “di udara” lewat iklan di TV, radio atau internet.

Untuk lebih jelasnya berikut ini rincian tugas dan tanggung jawab Merchandiser display (MD) serta kualifikasi yang dibutuhkan bagi yang ingin bekerja di bidang ini:

Tugas dan tanggung jawab seorang Merchandiser Display (MD)

Memajang, mendisplay, merapikan dan menata produkMenjaga kebersihan produk yang dipajangMenjalankan semua progam promosi perusahaanMembantu menjaga stok produk dan memperlebar shelving di etalase toko modern market/tradisional marketMembuat hasil laporan yang ditentukan oleh perusahaanMenjalankan tugas kunjungan ke toko sesuai dengan rencana kerjaMemberikan informasi tentang produk baru

Sebagai bagian dari team promosi pabrik, MD walaupun kerja di distributor tetapi secara hirarki berada dibawah koordinasi  area supervisor Principal (pabrik). sedangkan secara pengajian biasanya dilewatkan agensi yang ditunjuk oleh perusahaan.

Demikian artikel sekilas tentang Merchandiser display, semoga memberikan gambaran yang lebih jelas bagi yang tertarik dengan profesi ini.