Selasa, September 06, 2016

Cara Mudah Membuat Barcode di Word & Excel

Barcode adalah kode yang berupa kumpulan garis tipis dan tebal yang berisi informasi tentang sebuah produk tertentu. Informasi yang terdapat pada barcode bisa diterjemahkan menggunakan alat yang disebut barcode reader/barcode scanner. 

Bagaimana membuat barcode?, ada beberapa cara bisa menggunakan software khusus seberti: Free Barcode Generator, Barillo Barcode Software, Free Shipping Manager, Barcode Label Maker, BarTender Profesional,  dan Nice Label Designer Pro. Bisa juga menggunakan layanan konversi barcode online.

Selain itu barcode juga bisa dibuat tanpa menggunakan software khusus. Cukup menggunakan font tipe barcode yang sudah terinstall di Windows. Cara inilah yang akan saya jelaskan pada tutorial kali ini.

Download dan install terlebih dahulu barcode fontnya di: http://www.barcodesinc.com/free-barcode-font/

Buka file downloadnya, terdapat dua jenis font instal keduanya dengan cara blok font pertama: free3of9.ttf kemudian tekan enter

Muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, klik install

Install font kedua: fre3of9.ttf dengan cara sama seperti sebelumnya.

Jalankan aplikasi Microsoft Office Word/Excel, lalu ketikan kode sesuai keinginan anda misal: 1234567890Blok kode tersebut, lalu ganti tipe fontnya menjadi free 3 of 9


Membuat Barcode menggunakan Word

Membuat Barcode menggunakan Excel

Karena metodenya menggunakan font, maka barcode ini dapat dibuat selain di Word/Excel bisa juga disoftware lain seperti adobe photoshop, powerpoint, coreldraw, dll.

Sumber : www.transiskom.com