Pada dasarnya pengelola website ecommerce harus mengerti terlebih dahulu
conversion rate tidak hanya statistik semata namun di sinilah FilloShop
memberikan secara perlahan edukasi ecommerce di indonesia yang baik dan benar. Berikut penjelasan singkat yang dimaksud dengan conversion rate dalam website ecommerce.
Apa itu conversion rate dalam ecommerce?
Pada website ecommerce, conversion rate adalah tindakan mengkonversi pengunjung situs menjadi pelanggan yang membayar.
Namun, website yang berbeda dapat mempertimbangkan "konversi" menjadi
semacam hasil selain penjualan. Salah satu contoh selain dari nilai
konversi penjualan adalah jika pelanggan yang meninggalkan keranjang
belanja online (abandon cart), untuk itu perusahaan ecommerce harus
dapat memasarkan penawaran khusus dengan sistem ecommerce aturan diskon,
misalnya pengiriman gratis, untuk mengkonversi pengunjung menjadi
pelanggan yang membayar.
Layanan chat juga dapat membuat conversion rate yang baik sehingga
pengguna dapat merasakan keberadaan pengelola. Nilai internet marketing
di website toko online dapat diukur oleh tingkat konversi, yaitu jumlah
pelanggan yang telah menyelesaikan transaksi dibagi dengan jumlah total
pengunjung situs.
Hargai sebuah proses
Seperti yang pernah di paparkan FilloShop membuat toko online itu tidak ada yang instan,
praktis, 2 menit dan langsung jadi. Conversion rate adalah cara
marketing yang menghargai sebuah proses. Pada umumnya conversion rate
sebagai investasi jangka panjang daripada marketing cepat dengan
berfokus lebih pada peningkatan aliran situs, layanan pelanggan, dan
pengalaman online pengguna.
Bagaimana rumus conversion rate pada situs ecommerce?
Conversion rate mempunyai rumus dimana jumlah proporsi pengunjung ke
situs web yang mengambil tindakan untuk membeli. Jumlah pengunjung
dibagi dengan sales.
Goal : Pengunjung = Conversion rate
Misal jumlah pengunjung toko online pada bulan ini sebanyak 100
pengunjung namun yang membeli produk sebanyak 20 pengunjung maka nilai
konversi dari itu adalah:
20 : 100 = 0.2 (20%)
Itu berarti Conversion rate senilai 20% dan disini Anda dapat
meningkatkan jumlah tersebut lihat faktornya kenapa bisa menurun?
mungkin kurang strategi yang baik dalam pemasaran atau kurangnya
membangun TRUST. JIka anda ingin belajar ecommerce dan ingin situs toko
online anda besar maka pilihlah sebuah platform ecommerce yang mendukung
semua alur dan statistik untuk strategi website ecommerce anda.
Hanya FilloShop satu-satunya E-commerce software & platform toko online di
indonesia yang mempunyai fitur lengkap tersebut. Mulai dari abandoned
cart, fraud prevention, conversion rate dan lainnya. Itulah pengenalan
singkat tentang conversion rate untuk website ecommerce / toko online
anda.
sumber : https://filloshop.com/docs/post/yang-dimaksud-conversion-rate-ecommerce