Marketing Strategy vs Marketing Plan, Apa Bedanya?
Tidak jarang, banyak orang merasa kebingungan membedakan antara marketing strategy dan marketing plan. Kami telah menemukan cara termudah untuk menjelaskan perbedaan diantara keduanya, seperti ini:
Marketing strategy – marketing strategy atau strategi pemasaran merupakan penjelasan dari sasaran yang dibutuhkan untuk mencapai segala upaya pemasaran Anda. Ini adalah soal “apa” yang ingin Anda capai. Strategi pemasaran Anda terbentuk oleh sasaran bisnis Anda. Tujuan bisnis dan strategi pemasaran anda harus berjalan beriringan.
Marketing Plan – marketing plan atau rencana pemasaran merupakan cara bagaimana Anda mencapai sasaran pemasaran. Hal tersebut adalah penerapan strategi Anda sekaligusroadmap yang yang akan memandu Anda dari satu titik ke titik lainnya. Berbeda dari strategi, rencana pemasaran adalah soal “bagaimana” Anda mencapai tujuan pemasaran.
Persoalannya, kebanyakan orang berusaha untuk mencapai “bagaimana” tanpa terlebih dahulu mengetahui “apa.” Hal ini bisa berakhir dengan membuang-buang sumber daya bagi perusahaan, baik waktu maupun uang.
Ketika bicara tentang pemasaran, kita harus senantiasa mengenali apa dan kemudian menggalibagaimana. Strategi adalah pemikiran, sementara perencanaan adalah tindakan. Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja:
Tujuan: Untuk mendapatkan adopsi pasar yang lebih luas.Strategi Pemasaran: Mengenalkan ke segmen pasar baru.Marketing plan: mengembangkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi, dan memfokuskan pada segmen tertentu.
Sebuah formula sukses yang dapat digunakan untuk lebih menjelaskan betapa pentingnya marketing strategy dan marketing plan terlihat seperti ini:
Marketing strategy —> marketing plan —> Pelaksanaan = Sukses
strategi pemasaran Anda terdiri dari:
“Apa” yang harus dilakukan.Menginformasikan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.Menginformasikan kepada konsumen faktor perbedaan.
Rencana pemasaran Anda terdiri dari:
“Bagaimana” untuk melakukannya. Buatlah kampanye marketing dan promosi yang akan mencapai “apa” di dalam strategi Anda.
Jika Anda sedang mempersiapkan strategi pemasaran dan rencana pemasaran untuk masuk ke dalam perencanaan bisnis Anda, berikut adalah komponen penting yan harus Anda masukkan ke setiap bagian:
Komponen dari Strategi Pemasaran Anda:Eksternal Pemasaran PesanDalam Penentuan posisi SasaranJangka Pendek Tujuan dan SasaranJangka Panjang Tujuan dan Sasaran
Tantangan anda
Uraian singkat produk atau jasa yang akan dipasarkan dan rekapan tujuan yang diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Analisis Situasi
Bagian ini harus mengidentifikasi hal berikut:
SasaranFokusKulturKekuatanKelemahanPangsa pasar
Analisis Pesaing Anda
Apa posisi pemasaran Anda? Apa posisi pasar mereka? Apa saja nilai-nilai yang menggerakkan mereka? Apa kelemahan Anda? Apa pangsa pasar yang Anda mengejar? Apa yang memiliki pangsa pasar pesaing Anda sudah disadap?
Identifikasi 4 P Anda (Produk / Price / Place/ Promotion)
Bagaimana Anda akan menggunakan informasi ini untuk mencapai tujuan yang telah diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Seperti yang Anda lihat, strategi pemasaran Anda berjalan beriringan dengan rencana pemasaran Anda. Tanpa keduanya, Anda tidak saja membuang-buang sumber daya, tetapi Anda juga bisa terjebak dan berakhir tanpa ide dan kemana Anda harus pergi.
Hal lain yang penting adalah jangan lupa untuk mengukur kampanye pemasaran apapun yang Anda lakukan dalam rangka untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk memandu Anda di masa depan. (about.com)