Jumat, Maret 27, 2020

Model Pengembangan Standar Profesi Bidang IT


Model Pengembangan Standar Profesi Bidang IT

Model Pengembangan Standar Profesi Bidang IT

A. Model dan Standar Profesi di USA dan Kanada

Dunia Teknologi Informasi (IT) merupakan suatu industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun terakhir ini. Ini akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang. Perkembangan industri dalam bidang IT ini membutuhkan formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaian dengan keahlian dan fungsi dari tiap jabatan. South East Asia Regional Computer Confideration (SEARCC) merupakan suatu forum/badan yang beranggotakan himpunan profiesional IT (Information Technology) yang terdiri dari 13 negara. 

SEARCC dibentuk pada Februari 1978, di Singapore oleh 6 ikatan komputer dari negara-negara : Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Philipine, Singapore dan Thailand. SEARCC mengadakan konferensi setahun dua kali di tiap negara anggotanya secara bergiliran. Keanggotaan SEARCC bertambah, sehingga konferensi dilakukan sekali tiap tahunnya. Konferensi kali ini, yang bernama “SEARCC 14” kali ini diselenggarakan oleh Computer Society of Thailand di Thailand dari tanggal 3-8 Juli 2014. Sri Lanka telah menjadi anggota SEARCC sejak tahun 1986, anggota lainnya adalah Australia, Hong Kong, India Indonesia, Malaysia, New Zealand, Pakistan, Philipina, Singapore, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Kanada. Indonesia sebagai anggota South East Asia Regional Computer Confideration (SEARCC) turut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh SEARCC . Salah satunya adalah SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Profesional Standardisation) , yang mencoba merumuskan standardisasi pekerjaan di dalam dunia Teknologi Informasi. Untuk keperluan tersebut.

Sumber: http://bhobob.blogspot.com/2013/06/deskripsi-kerja-profesi-it-standar.html


Hal yang Perlu Diperhatikan pada "Model dan Standar Profesi di USA dan Kanada" :

1. Pribadi Standar
Dalam hal ini, Petugas Pemerintah harus menunjukkan dan didedikasikan untuk cita-cita tertinggi, kehormatan ,integritas dalam semua hubungan masyarakat ,pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan, keyakinan yang mengatur pejabat-pejabat publik lainnya, karyawan, dan masyarakat. Mereka harus mematuhi praktek profesional disetujui dan standar yang dianjurkan.

2. Tanggung jawab sebagai Pejabat Publik.
Petugas Pemerintah harus mengakui dan bertanggung jawab atas tanggung jawab mereka sebagai pejabat di sektor publik. Mereka harus menjunjung tinggi baik surat dan semangat undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka dan melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.

3. Pengembangan Profesional
Petugas Pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega mereka, dan untuk memberikan dorongan untuk mereka yang ingin memasuki bidang keuangan pemerintah. petugas Keuangan harus meningkatkan keunggulan dalam pelayanan publik.

4. Integritas Profesional (Informasi)
Petugas Pemerintah harus menunjukkan integritas profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi. Mereka harus sensitif dan responsif terhadap pertanyaan dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan pemerintah negara bagian atau lokal.

5. Integritas Profesional (Hubungan).
Petugas pembiayaan Pemerintah harus bertindak dengan kehormatan, integritas, dan kebajikan dalam semua hubungan profesional.Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang sama, dan dengan berbuat demikian, menentang diskriminasi, pelecehan, atau praktik yang tidak adil lainnya.

6. Konflik Kepentingan.
Petugas pembiayaan Pemerintah harus secara aktif menghindari munculnya atau kenyataan benturan kepentingan. Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya untuk keuntungan pribadi atau politik



B. Model dan standar profesi di Eropa (Inggris, Jerman dan Perancis).
Standar Profesi dikembangkan oleh COTEC adalah model yang dirancang untuk membantu Asosiasi Nasional untuk membangun dan mengembangkan model standar nasional sesuai dengan standar Eropa. Hal ini dimaksudkan untuk penerapan , Jika ada kelompok  ingin melakukan ini, harus diberikan kebijaksana pertimbangan informasi karena mereka telah disertakan untuk relevansi untuk satu atau kegiatan lain dari praktek profesional, dalam menemukan SDM yang dibutuhkan.

C. Syarat Standar Profesi Eropa
  1. Kehandalan, pikiran yg terbuka & loyalitas
  2. Multidisiplin dalam profesi
  3. Promosi profesi, mempromosikan ke masyarakat atau organisasi profesional, dan mengatur badan-badan di nasional dan internasional dalam tingkat regional
  4. Standar dari semua Profesi, yaitu Bertanggung jawab

D. Jenis Profesi di Bidang IT Dan Deskripsi Kerja

Network Administrator, kualifikasinya ialah D3 / S1 bidang Ilmu Komputer. Usia 25-30 tahun. Pengalaman di bidang IT Network / Network Administrator 2-3 tahun. Memahami LAN, WAN, Mailserver, PDC/BDC, Linux / Free BSD. Menguasai Linux Redora Server. Menguasai secara mendalam window administration tool. Mengikuti perkembangan TI terkini. Memiliki motivasi kerja yang tinggi, energik, dan kreatif. Mampu berbahasa inggris aktif, lisan maupun tulisan.

Job Description : 
 Tugas dan tanggung jawab antara lain maintain dan perawatan jaringan LAN. Archive data. Maintain dan perawatan computer

- Network Engineer, kualifikasinya ialah S1 bidang Informatika. Pengalaman kerja sebagai Network Engineer. Memiliki sertifikasi setara Network Engineer (CCNA). Menguasai dan wajib berpengalaman minimal 1 tahun mengelola LAN. Mengerti hardware (PC, Printer, Hub, dll). Menguasai MS Windows, Linux dan Office. Menguasai PC Remote misal PC Anywhere atau lainnya.

Job Description : 
 Menguasai database (SQL Server) merupakan nilai tambah, sedangkan untuk tugas dan tanggung jawab adalah Maintenance LAN dan Koneksi Internet. Maintenance hardware. Maintenance database dan file. Help Desk. Inventory.

Sumber:
- http://id.wikipedia.org
- http://febrihidayatullah.wordpress.com/2014/05/22/model-pengembangan-standar-profesi/