Minggu, Agustus 02, 2020

materi 2

Pengenalan Bagian  Bagian Dalam Laptop




Di jaman yang semakin maju kita dituntut untuk serba cepat, berbagai macam teknologi untuk mempercepat serta memudahkan kita. Salah satu contoh teknologi yang bisa mempercepat pekerjaan seperti laptop. Laptop merupakan perangkat elektronik yang sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Dengan laptop membuat dokumenpun akan lebih mudah, terlebih lagi laptop sangat praktis bisa dibawa kemana-mana maka tak heran sekarang semakin banyak penggunanya. Di dalam laptop terdapat beberapa bagian diantaranya:

Casing laptop.
Casing laptop merupakan kerangka pelindung komponen-komponen yang ada pada perangkat laptop tersebut dan juga sebagai tempat dimana komponen-komponen atau perangkat keras berada.
Motherboard atau mainboard.



Motherboard atau dalam bahasa indonesia adalah papan induk yang berarti papan atau tempat dimana seluruh komponen dan perangkat laptop tersambungkan, ada motherboard pula lah prosessor atau otak komputer berada.
LCD.

LCD merupakan komponen yang berfungsi sebagai perangkat output berupa gambar yang telah diproses oleh vga hingga bisa menampilkan sebuah tampilan pada layar lcd.
Prosessor.

Prosessor merupakan sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Prosessor terletak pada sebauh soket yang terlah disediakan oleh motherboard dan salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas prosessor.
RAM.



RAM atau Random Access Memory merupakan suatu memory tempat penyimpanan data sementara ketika atau saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Dari segi proses, ram dibedakan antara ram fisik dan ram virtual. Ram fisik yaitu ram yang secara fisik sudah dibenamkan pada PC atau laptop, sedangkan ram virtual merupakan ram yang dibuat oleh user untuk membantu kinerja ram fisik. Penjelasan selengkapnya mengenai RAM, silahkan baca artikel berikut ini Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya.
Hardisk.

Hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras atau hardware pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh user. Hardisk biasanya berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan tempat data-data tersimpan.
Keyboard.

Keyboard adalah alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penekanan tombol yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan keinginan kita.
Touchpad.

Pada touchpad memiliki tugas untuk menggerakan pointer pada layar monitor, touchpad ini sama seperti mouse, kalau laptop untuk menggerakannya menggunakan touchpad sedangkan komputer untuk menggerakannya menggunakan mouse.
Optical drive.

Optical drive atau yang biasa disebut dengan ODD (Optical Disk Drive) merupakan sebuah perangkat keras tambahan pada sebuah komputer yang menggunakan sinar laser atau gelombang eletromagmetik untuk melakukan proses pembacaan (reading) dan penulisan (writing) data.
Kipas prosessor.

Kipas prosessor merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memindahkan atau mengalirkan udara panas yang dihasilkan oleh prosessor ke luar agar suhu pada prosessor tetap stabil.
a. Batterai CMOS Laptop

Setiap laptop memiliki baterai CMOS juga di kenal sebagai RTC Baterai. Baterai CMOS terhubung langsung ke motherboard laptop dan membantu mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dikeluarkan.
Baterai laptop.

Baterai laptop memiliki fungsi menyimpan daya listrik pada laptop, dengan adanya baterai laptop bisa digunakan tanpa harus terhubung langsung ke arus listrik. Biasanya laptop bisa bekerja menggunakan baterai sampai 8 jam.

Wireless card.

Wireless card perangkat keras pada laptop yang berfungsi sebagai perantara yang cara kerjanya tidak menggunakan kabel. Wirwless card juga memiliki fungsi untuk menangkap sinyal wifi dari akses lain tanpa menggunakan kabel sama sekali.


Webcam.
Kamera Web atau yang dikenal dengan istilah Webcam adalah sebutan bagi kamera waktu nyata yang gambarnya bisa dilihat melalui www (World Wide Web), program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata webcam kadang-kadang diganti dengan kata lain yang memberikan pemandangan yang ditampilkan di kamera. Kamera web dapat diartikan juga sebagai sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB, port COM atau dengan jaringan Ethernet atau Wi-Fi.
14. CIR (Infra red) = Infra Red
15. Line-in Jack  = Audio Input 
Micropone   =  Untuk microphone external
Headphone,Speaker,Line Out   = Koneksi ke Audio Out  (Speakers, Headphone) 
16. Volume Controle = Mengatur Volume suara
17. External display (VGA) Port = Sambungan ke layar external  (external monitor LCD projector).
18. S-Video/TV-Out (NTSC/PAL) Portl = Sambung ke televisi atau layar dengan fasilitas S-video.

19.  4-pin IEEE 1394 port = Koneksi ke IEEE 1394 devices.
20. Ethernet (RJ-45) port = Koneksi ke Ethernet 10/100/1000-based.
21. Modem (RJ-11) port = Sambungan line telpon (kabel telpon).
22. 2 USB 2.0 Ports = Sambungan USB 2.0 devices (mis: USB Mouse,Camera).
23. Expresscard/54 slot = Slot ExpressCard/54 module.
24. 5-in 1 card reader  = Slot untuk Secure Digital (SD), MultimediaCard (MMC), Memory Stick (MS) Memory Stick PRO (MS PRO), xD-Picture Card (xD).
25. Battery bay = Tempat Beterai.
26. Battery Lock = Mungici Posisi  tempat baterai.

27. Hard disk bray = Tempat hardisk.
28. Memory compartment = Tempat Memory.
29. Battery release latch =  Tempat Untuk melepaskan baterai
30. Ventilation Slots cooling fan =  Supaya laptop tetap dingin 
31. Speaker laptop.
Berfungsi untuk mengeluarkan suara dari software/aplikasi yang dijalankan dari laptop.
32. Lampu indikator.
Lampu led ini berfungsi untuk menunjukkan tanda kepada pengguna hardware apa saja yang sedang bekerja, atau memudahkan pengguna untuk memantau apakah laptop kita dalam keadaan normal atau tidak.
33. Tombol power (On/Off).
Berfungsi atau digunakan untuk menghidupkan dan mematikan laptop,selain tombol power juga terdapat tombol lain misalnya tombol berlogo e dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai bagian-bagian laptop.


Bagian-bagian Hardisk Komputer dan Fungsinya

Hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras (Hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer.
Sebuah hardisk terdiri dari berbagai komponen-komponen pendukung yang saling berkaitan, Berikut bagian-bagian dari sebuah hardisk.
Chasis.

Seperti ada umumnya sebuah alat atau komponen, Chasis ini berfungsi sebagai tempat atau dudukan dimana semua bagian atau komponen dari sistem alat tersebut dirakit menjadi satu unit secara utuh. Begitu pula dengan chasis hardisk drive, Bagian-bagiannya dirakit secara utuh menjadi satu unit pada chasis ini dengan sistem yang sesuai dengan fungsi dari hardisk tersebut.
Filter.

Berfungsi menyaring udara dalam ruang hardisk agar debu yang berterbangan tidak mengganggu platter.
Platter.

Berbentuk sebuah plat atau piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data, Dalam piringan tersebut terdiri dari beberapa track dan beberapa sektor, Dimana dalam track dan sektor ini adalah tempat menyimpan data dan file system.


Spindle.

Spindle merupakan suatu poros tempat meletakkan platter, Poros ini memiliki sebuah penggerak yang berfungsi untuk memutar pelat hardisk yang disebut dengan spindle motor. Spindle inilah yang ikut berperan dalam menentukan kualitas hardisk, Karena makin cepat putarannya makin bagus kualitas dari hardisk.

Head.

Perangkat ini berfungsi untuk membaca data pada permukaan pelat dan merekam informasi ke dalamnya. Setiap pelat pada hardisk memiliki dua buah head, Satu diatas permukaan dan satunya lagi dibawah permukaan pelat. 
Head ini berupa piranti yang eletromagnetik yang ditempatkan pada permukaan pelat dan menempel pada sebuah slidder, Slidder melekat pada sebuah tangkai yang melekat pada actuator arm, Actuator arm dipasang mati pada poros actuator oleh suatu papan yang disebut dengan logic board. 


Logic Board.

Logic board meruakan papan pengoperasian pada hardisk, Dimana pada logic board terdapat bios hardisk sehingga hardisk pada saat dihubungkan dengan motherboard secara otomatis mengenal hardisk tersebut. Board juga tempat switch atau tempat pendistribusian power supply data daari head hardisk ke motherboard untuk dicontrol oleh prosessor.


Actuator

Di dalam hardisk terdapat magnet, ini terdiri dari magnet alam ( Magnet Permanen ) dan magnet buatan ( terjadi adanya arus listrik ), magnet ini yang mengatur kecepatan pergerakan head saat membaca maupun menulis.




Actual Axis.
Actual axis adalah poros untuk menjadi pegangan atau sebagai tangan robot agar head dapat membaca sektor pada hardisk.













 Ribbon cable.

Ribbon cable adalah penghubung antara head dengan logic board, Dimana setiap document atau data yang dibaca oleh head akan dikirim ke logic board untuk selanjutnya dikirim ke motherboard agar prosessor dapat memproses data tersebut sesuai dengan input yang diterima.

Board.

Sirkuit elektronik yang mengontrol kinerja daripada hardisk, Serta mendeteksi seluruh konfigurasi yang ada pada hardisk untuk menentukan kapasitas hard disk tersebut maupun yang mengatur lalu lintas keluar masuknya informasi / data yang diterima dari atau yang diberikan ke Motherboard.
IDE Connector.
IDE Connector adalah cable penghubung antara hardisk dengan motherboard untuk mengirim dan menerima data.
SATA Connector.
SATA Connector adalah cable penghubung antara hardisk dengan motherboard untuk mengirim dan menerima data.