Latihan PTK
1. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang
dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A. wawancara
B. studi dokumen kelas
C. pengisian kuesioner
D. survai
Jawab:
B. Studi dokumen kelas dapat
dilakukan guru disamping observasi
2. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat
....
A. sebelum menyusun proposal
B. sesudah mengidentifikasi masalah
C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D. sesudah melakukan upaya perbaikan
Jawab:
D. benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya
perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah
diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan
sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.
3. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK
adalah ....
B. merevisi pedoman observasi
C. menyusun proposal PTK
D. menentukan metode yang akan digunakan
Jawab:
A. benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat
rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus
berikutnya.
4. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan
tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat
dikategorikan ke dalam domein ....
A. kenakalan remaja
B. disiplin belajar
C. interaksi belajar
D. prestasi belajar
Jawab:
B. benar, karena malas tidak
mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
5. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum
menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak,
kecuali ....
B. guru mampu untuk melaksanakannya
C. relevan dengan pengembangan sekolah
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
Jawab:
B. benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu
melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
6. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis
masalah adalah ....
A. melakukan kajian dokumen kelas
B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
C. mewawancarai siswa
D. memberikan tes formatif
Jawab:
B. benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi
alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
7. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan
alternatif tindakan, kecuali ....
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat
Jawab:
A. benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah
satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan
tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.
8. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan
Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A. tujuan perbaikan
B. TIU
C. TIK
D. Kegiatan pembelajaran
Jawab:
A. benar. Tujuan PTK adalah
perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
9. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan
hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan
tindakan perbaikan adalah ....
A. mempelajari proposal PTK
B. melakukan simulasi perbaikan
C. berdiskusi dengan rekan sejawat
D. memvalidasi RPP
Jawab:
B. benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan
konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi
kesalahan tindakan.
10. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat
melakukan penelitian
C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki
pembelajaran dikelasnya
D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru
Jawab:
C. benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang
perbaikan pembelajaran di kelas
11. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A. relasi antar-guru kelas
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait
C. persamaan persepsi
D. citra guru sebagai peneliti
Jawab:
B. benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan
benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang
berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2
orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar
belakangnyA. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.
12. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1
....
B. sudah berhasil
C. belum menunjukkan perbaikan
D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan
Jawab:
C. benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum
terjadi perbaikan.
13. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya
berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di
depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara
membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak
Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan,
ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A. ordinal
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. numerik
Jawab:
C. Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan
tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa
angka-angka.
14. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data
hasil PTK, kecuali ....
B. grafik histogram
C. narasi tentang perilaku siswa
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan
Jawab:
A. benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian
bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil
pengumpulan data.
15. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan
penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A. urutan identifikasi masalah
B. pertanyaan penelitian
C. temuan penelitian
D. hasil analisis data
Jawab:
B. benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas
permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana
hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan
penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat
diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan
penelitian.
16. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A. mempertinggi akurasi
B. memperoleh hasil yang valid
C. memperoleh perbaikan yang optimal
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian
Jawab:
C. benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan
secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yangoptimal.
17. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
A. temuan penelitian
B. kesimpulan hasil penelitian
C. rekomendasi
D. saran-saran perbaikan
pembelajaran
Jawab:
D. benar. Laporan PTK secara
spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran
18. Judul PTK harus menggambarkan ....
A. upaya perbaikan pembelajaran
B. masalah pembelajaran
C. masalah pendidikan
D. perbaikan sistem persekolahan
Jawab:
A. benar. PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada
perbaikan pembelajaran di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum,
masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya
perbaikan pembelajaran.
19. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004)
harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak
penelitian, kecuali ....
A. difokuskan pada saripasi penelitian
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat
D. merupakan ringkasan penelitian
Jawab:
D. benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi
merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting.
Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.
20. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian
ditulis/disajikan di bagian ....
A. identifikasi masalah
B. perumusan masalah
C. pendahuluan
D. Kesimpulan
Jawab:
C. benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di
bagian pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.
21. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih
harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur
2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya
sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan
telah mengabaikan ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. ke-konsistenan (keajegan)
Jawab:
C. benar. Peneliti sudah
berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik peneliti.
22. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan
paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran
C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman
yangdimulai dengan barisbaru
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis
Jawab:
C. benar. Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak
setengah halaman yangdimulai dengan baris baru
23. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustakA. Salah
satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
A. teori-teori yang elevan
B. kerangka berpikir
C. metodologi
D. pertanyaan penelitian atau
hipotesis
Jawab:
C. benar. Metodologi tidak sesuai
sebagai salah satu aspek kajian pustaka
24. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
A. proses sosialisasi laporan ilmiah
B. penyebarluasan hasil penelitian
C. publikasi temuan ilmiah
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.
Jawab:
D. Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan
dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi
masalah pembelajaran yangsama.
25. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C. meningkatnya kredibilitas sekolah.
D. meningkatnya intelektualitas staf guru.
Jawab:
C. Benar. laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah.
menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan
akademik.
26. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih
harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia
kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah
menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah
mengabaikan unsur ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. keajegan
Jawab:
C. benar, karena peneliti telah melanggar kode etik peneliti