Jumat, Desember 15, 2023

Latihan Penelitian Tindakan Kelas

 Latihan PTK

1. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....

A. wawancara

B. studi dokumen kelas

C. pengisian kuesioner

D. survai

 

Jawab:

B. Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi

 

2. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....

A. sebelum menyusun proposal

B. sesudah mengidentifikasi masalah

C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan

D. sesudah melakukan upaya perbaikan

 

Jawab:

D. benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.

 

3. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....

A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya

B. merevisi pedoman observasi

C. menyusun proposal PTK

D. menentukan metode yang akan digunakan

 

Jawab:

A. benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya.

 

4. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....

A. kenakalan remaja

B. disiplin belajar

C. interaksi belajar

D. prestasi belajar

 

Jawab:

B. benar, karena malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar

 

5. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....

A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa

B. guru mampu untuk melaksanakannya

C. relevan dengan pengembangan sekolah

D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.

 

Jawab:

B. benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.

 

6. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....

A. melakukan kajian dokumen kelas

B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas

C. mewawancarai siswa

D. memberikan tes formatif

 

Jawab:

B. benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.

 

7. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....

A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan

B. mempelajari hasil penelitian yang relevan

C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini

D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat

 

Jawab:

A. benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.

 

8. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....

A. tujuan perbaikan

B. TIU

C. TIK

D. Kegiatan pembelajaran

 

Jawab:

A. benar. Tujuan PTK adalah perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan

 

9. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....

A. mempelajari proposal PTK

B. melakukan simulasi perbaikan

C. berdiskusi dengan rekan sejawat

D. memvalidasi RPP

 

Jawab:

B. benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.

 

10. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....

A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah

B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian

C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya

D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru

 

Jawab:

C. benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang perbaikan pembelajaran di kelas

 

11. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....

A. relasi antar-guru kelas

B. kerjasama antar pihak-pihak terkait

C. persamaan persepsi

D. citra guru sebagai peneliti

 

Jawab:

B. benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnyA. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.

 

12. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....

A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan

B. sudah berhasil

C. belum menunjukkan perbaikan

D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan

 

Jawab:

C. benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.

 

13. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....

A. ordinal

B. kuantitatif

C. kualitatif

D. numerik

 

Jawab:

C. Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.

 

14. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....

A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian

B. grafik histogram

C. narasi tentang perilaku siswa

D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan

 

Jawab:

A. benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.

 

15. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....

A. urutan identifikasi masalah

B. pertanyaan penelitian

C. temuan penelitian

D. hasil analisis data

 

Jawab:

B. benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.

 

16. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....

A. mempertinggi akurasi

B. memperoleh hasil yang valid

C. memperoleh perbaikan yang optimal

D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian

 

Jawab:

C. benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yangoptimal.

 

17. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....

A. temuan penelitian

B. kesimpulan hasil penelitian

C. rekomendasi

D. saran-saran perbaikan pembelajaran

 

Jawab:

D. benar. Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran

 

18. Judul PTK harus menggambarkan ....

A. upaya perbaikan pembelajaran

B. masalah pembelajaran

C. masalah pendidikan

D. perbaikan sistem persekolahan

 

Jawab:

A. benar. PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum, masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.

 

19. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....

A. difokuskan pada saripasi penelitian

B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian

C. disajikan secararuntut, singkatdan padat

D. merupakan ringkasan penelitian

 

Jawab:

D. benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.

 

20. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....

A. identifikasi masalah

B. perumusan masalah

C. pendahuluan

D. Kesimpulan

 

Jawab:

C. benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di bagian pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.

 

21. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....

A. estetika

B. logika

C. kejujuran

D. ke-konsistenan (keajegan)

 

Jawab:

C. benar. Peneliti sudah berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik peneliti.

 

22. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....

A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti

B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran

C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru

D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

 

Jawab:

C. benar. Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yangdimulai dengan baris baru

 

23. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustakA. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....

A. teori-teori yang elevan

B. kerangka berpikir

C. metodologi

D. pertanyaan penelitian atau hipotesis

 

Jawab:

C. benar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka

 

24. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....

A. proses sosialisasi laporan ilmiah

B. penyebarluasan hasil penelitian

C. publikasi temuan ilmiah

D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.

 

Jawab:

D. Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi masalah pembelajaran yangsama.

 

25. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....

A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah

B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas

C. meningkatnya kredibilitas sekolah.

D. meningkatnya intelektualitas staf guru.

 

Jawab:

C. Benar. laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.

 

26. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....

A. estetika

B. logika

C. kejujuran

D. keajegan


Jawab:

C. benar, karena peneliti telah melanggar kode etik peneliti

 

 ))))))))))))))))))))))))))))