Soal dan jawaban Penelitian Tindakan Kelas
1. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
Jawaban:
D
2.
Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK,
kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
Jawaban:D
3.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi.
Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar
peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah
dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan
pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu
Jawaban:A
4. Latar
belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari
PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
Jawaban:C
5. Persiapan
awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
Jawaban: C
6.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi.
Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta
didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam
pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang
tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat
dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
Jawaban:B
7. Di
bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki
kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
Jawaban:B
8. Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
memadai?
D. mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan
pembelajaran yang kita lakukan
Jawaban:
D
9. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
Jawaban:B
10. Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk
perbaikan pembelajaran
Jawaban:
C
11.
Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
Jawaban:D
12.
Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar
untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
Jawaban:B
13.
Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
Jawaban:C
14.
Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran.
Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk
perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir
pembelajaran
Jawaban:D
15. Tujuan
PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
Jawaban:A
16. Yang bukan termasuk komponen dari Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran adalah...
A. Metode pembelajaran
B. Kompetensi dasar
C. Materi ajar
D. Silabus
E. Alokasi waktu
Jawaban: D
17. Biasanya guru akan melakukan penelitian
tindakan kelas. Hal tersebut bertujuan untuk...
A. Mengevaluasi kinerja guru agar lebih baik
B. Mengetahui karakteristik siswa di kelas
C. Agar guru dapat mendapatkan poin
D. Untuk pemeringkatan sekolah
E. Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
Jawaban: E
18. Berikut yang bukan merupakan teknik penilaian
siswa sesuai Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) adalah...
A. Observasi
B. Wawancara
C. Penilaian diri
D. Tes tertulis
E. Penilaian kelompok
Jawaban: E
19. Yang termasuk ke dalam kode etik profesi guru
di bawah ini adalah...
A. Berbakti membimbing siswa sehingga berjiwa
Pancasila
B. Menjalankan hak dan wewenang dari sekolah
C. Menjunjung integritas antara guru dan siswa
D. Mengabdi untuk masyarakat
E. Berperilaku sebagai warga negara
Jawaban: A
20. Perangkat mata pelajaran dan program
pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang
berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam
satu periode disebut...
A. Kurikulum
B. Silabus
C. Rancangan pembelajaran
D. Standar kompetensi
E. Kompetensi dasar
Jawaban: A
21. Dorongan bersifat alamiah yang melekat pada
diri tiap manusia termasuk siswa disebut..
A. Kodrat
B. Takdir
C. Naluri
D. Perangai
E. Bakat
Jawaban: C
22. Prinsip dalam penyusunan kurikulum yang harus
menitikberatkan pada kesinambungan aspek, materi, dan bahan kajian dinamakan...
A. Efektivitas
B. Efisiensi
C. Kontinuitas
D. Relevansi
E. Fleksibilitas
Jawaban: C
23. Yang bukan komponen dari silabus adalah..
A. Kompetensi dasar
B. Indikator
C. Pembelajaran dan penilaian
D. Tujuan pembelajaran
E. Sumber belajar
Jawaban: D
24. Penyampaian materi lewat ceramah guru termasuk
jenis komunikasi..
A. Satu arah
B. Dua arah
C. Bilateral
D. Multilateral
E. Timbal balik
Jawaban: A
25. Guru dapat meminta siswa untuk
mempresentasikan proses pembentukan ikatan kimia, hingga membuat kesimpulan.
Kegiatan tersebut merupakan...
A. Eksplorasi
B. Elaborasi
C. Evakuasi
D. Konfirmasi
E. Penutup
Jawaban: D
26. Penilaian siswa yang berdasarkan pada
psikomotor menggunakan metode...
A. Soal jawaban singkat
B. Soal pilihan ganda
C. Soal uraian objektif
D. Kriteria
E. Tes performa
Jawaban: E
27. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam 18
karakter dalam pendidikan karakter adalah..
A. Religius
B. Toleransi
C. Hidup penuh rasa syukur
D. Mandiri
E. Kreatif
Jawaban: C
28. Kemampuan guru dalam bergaul dan berkomunikasi
dengan guru lain maupun siswa disebut kompetensi..
A. Pedagogik
B. Andagogi
C. Profesional
D. Sosial
E. Kepribadian
Jawaban: D
29. Yang tidak boleh menjadi komite sekolah
adalah...
A. Pendidikan dan tenaga pendidik di sekolah
B. Penyelenggara sekolah
C. Pemerintah desa
D. Forum koordinasi pimpinan kecamatan
E. Orang tua wali murid
Jawaban: E
30. Pendidikan anak usia dini (PAUD) termasuk
jalur pendidikan...
A. Semi formal
B. Formal
C. Nonformal
D. Dasar
E. Informal
Jawaban: C
31. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi,
sikap, dan derajat penerimaan terhadap sesuatu pada siswa disebut aspek...
A. Afektif
B. Kognitif
C. Emotif
D. Psikomotorik
E. Kepribadian
Jawaban: A
32. SKL yang mencakup kompetensi lulusan secara
holistik dengan mengacu pada pribadi yang berkemampuan dan tindakan kreatif
termasuk ke dalam dimensi...
A. Sikap
B. Pengetahuan
C. Keterampilan
D. Pendidikan
E. Ilmu
Jawaban: C
33. Berikut adalah kelebihan guru mengajar
menggunakan teori behavioristik, kecuali...
A. Guru terbiasa teliti dan peka
B. Guru dapat membiasakan siswanya belajar mandiri
C. Guru dapat mengganti cara mengajar stimulus
sehingga mudah mendapat respon siswa
D. Dapat melihat kecepatan, spontanitas, dan daya
tahan siswa
E. Cocok diterapkan bagi guru yang pemalu
Jawaban: E
34. Perkembangan kognitif di mana siswa mampu
mengkoordinasikan pengalaman sensoriknya terjadi pada tahapan..
A. Sensorimotor
B. Praoperasional
C. Operasional konkret
D. Operasional formal
E. Operasional non formal
Jawaban: A
35. Berikut yang bukan merupakan bentuk
pembelajaran inovatif abad 21 adalah..
A. Kolaborasi siswa dan guru
B. Berorientasi HOTS
C. Penguatan pendidikan karakter
D. Mengintegrasikan teknologi informasi dan
komunikasi
E. Mengutamakan kemampuan STEAM
Jawaban: E
36. Guru
mengadakan penilaian dengan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan
mencakup berbagai aspek kompetensi, baik afektif, kognitif, dan psikomotorik.
Hal itu adalah prinsip penilaian...
A.
Beracuan kriteria dan menyeluruh
B.
Beracuan kriteria dan Sistematis
C.
akuntabel dan menyeluruh
D.
objektif dan menyeluruh
Jawaban:
A
37.
Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa dalam membuat beragam jenis
produk teknologi dan seni adalah....
A.
Penilaian sikap
B.
Penilaian produk
C.
Penilaian praktik
D.
Penilaian proyek
Jawaban:
B
38.
Perhatikan teknik-teknik penilaian berikut!
(1)
Observasi
(2)
Pertanyaan langsung
(3)
Laporan tertulis
(4)
Laporan diri
(5) Tes
tertulis
Teknik
penilaian sikap yang tepat adalah.....
A. 1, 2,
3
B. 1 ,
3, 5
C. 1, 2,
4
D. 1, 2,
5
Jawaban:
C
39.
Ketika menyusun instrumen penilaian tertulis, guru harus memperhatikan berbagai
hal sebagai berikut, kecuali.....
A.
Materi
B.
Bahasa
C.
Relevansi
D.
Kaidah penulisan
Jawaban:
C
40.
Seorang orang tua peserta didik, yaitu Pak Darto, mendatangi sekolah untuk
klarifikasi terkait nilai anaknya yang tidak sesuai harapan. Anak Pak Darto
terkenal sebagai siswa cerdas sejak kecil, tetapi nilainya kali ini justru
rendah. Sambil marah, Darto mendatangi Dina yang menjadi guru wali kelas
anaknya. Lalu, Dina sebagai wali kelas memperlihatkan semua data perolehan
nilai dari siswa di kelasnya, termasuk anak Darto. Setelah melihat dengan mata
kepala sendiri, barulah Pak Darto paham dan meminta maaf pada Dina.
Dengan
demikian, guru yang bernama Dina itu telah menerapkan prinsip penilaian......
A.
Terbuka
B.
Akuntabel
C.
Sistematis
D. Adil
Jawaban:
B
41. Saat
melakukan penilaian harian, guru membagi kelas ke dalam 2 kelompok. Kelompok
pertama mengerjakan soal nomor 1- 10, sedangkan kelompok kedua mengerjakan
nomor soal 11-20. Praktik seperti ini bertentangan dengan prinsip penilaian....
A. Adil
B.
Obyektif
C.
Terpadu
D.
Terbuka
Jawaban:
A
42.
Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah adalah sebagai
berikut, kecuali....
A.
Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, semester, kegiatan
rutin membaca 15 menit sebelum pembelajaran
B.
Menyediakan ruang baca untuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan
C.
Mendorong terbentuknya ruang baca outdoor yang nyaman
D.
Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu isu yang terkait kemampuan
literasi pendidik dan peserta didik.
Jawaban:
D
43.
Perilaku peserta didik yang dapat diukur untuk menunjukkan ketercapaian
kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran
adalah.......
A.
Kompetensi Inti
B.
Standar kompetensi lulusan
C.
Indikator
D.
Standar Isi
Jawaban:
C
44.
Salah satu tahapan dalam siklus PTK (Penilaian Tindakan Kelas) adalah menyusun
langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang mungkin dihadapi
pada saat pembelajaran dilaksanakan. Tahapan ini mencakup segala hal yang
diperlukan pada pelaksanaan PTK, mulai dari materi ajar, rencana pengajaran,
metode atau teknik mengajar, serta instrumen observasi. Tahapan ini adalah...
A.
Planning
B.
Actuating
C.
Controling
D.
Observing
Jawaban:
A
45.
Setiap guru akan menghadapi permasalahan di kelas saat pembelajaran. Maka dari
itu sudah seharusnya setiap guru mampu memecahkan permasalahan pembelajaran
yang terjadi di kelas. Salah satu cara paling tepat yang bisa dilakukan guru
dalam menghadapi permasalahan dalam pembelajaran adalah....
A.
Meminta solusi dari kepala sekolah
B.
Mendatangkan konsultan pendidikan
C.
Melakukan classroom action research
D.
Menemui orang tua siswa
Jawaban:
C
46.
Contoh perilaku guru yang berwibawa dan adil dalam pembelajaran adalah......
A.
Membuat tata tertib kelas bersama peserta didik
B.
Mengusir peserta didik yang ramai di kelas
C.
Menyerahkan peserta didik yang membolos ke guru BK
D.
Memberi sanksi fisik yang tidak mencederai peserta didik
Jawaban:
A
47. Cara
membantu peserta didik SD yang suka terhadap hal baru dan praktis adalah......
A.
Mengemas materi pembelajaran ke dalam topik-topik kecil
B.
Mengganti buku cetak dengan buku elektronik
C.
Menambah bacaan untuk peserta didik
D.
Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka
Jawaban:
A
48.
Berikut cara yang dapat dilakukan guru untuk membangun hubungan yang baik
dengan peserta didik dan orang tua peserta didik. kecuali....
A.
Memastikan semua peserta didik selalu bisa mengerjakan PR
B.
Menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik dan orang tua peserta didik
C.
Menghargai perbedaan dan keunikan setiap peserta didik
D.
Menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan peserta didik dan orang tua peserta
didik
Jawaban:
A
49.
Sebagai guru mata pelajaran, Anda diharapkan mampu memberikan materi yang dapat
dengan mudah dipahami peserta didik. Di sekolah, Anda dinilai sebagai guru yang
kompeten mengajar. Namun, tahun ini, nilai peserta didik untuk mata pelajaran
yang Anda ampu mengalami kemerosotan. Apa langkah yang Anda lakukan sebagai
guru?
A.
mengevaluasi pokok pembahasan yang diberikan kepada peserta didik apakah sesuai
modul ajar atau belum
B.
meminta peserta didik yang memiliki nilai tinggi untuk membantu temannya yang
masih memiliki nilai rendah
C.
menganggap hal tersebut bukan suatu masalah karena Anda sudah mengajar sesuai
dengan prosedur
D.
mengusulkan jam tambahan kepada pihak sekolah agar peserta didik dapat
melakukan pendalaman materi
Jawaban:
A
50.
Berdasarkan hasil evaluasi yang diisi oleh peserta didik, banyak yang
mengeluhkan sikap Anda dalam mengajar, yaitu terlalu sering memberikan tugas.
Meskipun demikian, banyak pula peserta didik yang lebih memahami materi setelah
mengerjakan tugas yang Anda berikan. Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah....
A.
memperbanyak tugas agar peserta didik lebih memahami materi
B.
memberikan tugas secara acak tanpa memperhatikan kemampuan peserta didik
C.
memberikan tugas hanya pada peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi
D.
mengevaluasi kembali cara memberikan tugas dan memperbaikinya agar lebih
efektif
Jawaban:
D