Kamis, Oktober 16, 2014

7 tips-tips kesehatan

Inilah 7 Tips Unik Agar Tidur Teratur Setiap Malam

     Sahabat, tips kesehatan. Sudah teraturkah tidur malam anda...???. Tidur cukup dan teratur setiap malam menjadi sebuah keharusan setiap orang untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya. Kurang bersemangat dan terlihat lesu dipagi hari merupakan dua gejala yang terlihat jelas saat jam tidur malam berantakan. Idealnya, delapan jam merupakan waktu yang diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat tiap malamnya. Sehingga keesokan harinya dapat bangun lebih awal dengan semangat baru dan penuh gairah bekerja dan beraktivitas. Berbagai tips unik menjurus aneh dapat anda terapkan untuk tidur teratur setiap malam. Lalu, apa saja tips unik agar tidur teratur setiap malam...???

     Agar tidur teratur setiap malam, kita harusnya juga mengetahui berbagai faktor penyebab jam tidur malam tidak teratur. Asyik menonton televisi hingga larut malam, bermain komputer serta mengakses internet hingga lupa waktu maupun mengobrol dengan seseorang hingga dini hari merupakan beberapa faktor yang merusak jam tidur malam anda. Berbagai tips dapat anda terapkan agar tubuh dan pikiran anda dapat beristirahat total setiap malam hari. Tips kesehatan, berikut ini tips unik agar tidur teratur setiap malam :
  1. Atur timer televisi untuk mematikan televisi secara otomatis. Anda dapat mengatur berapa lama anda harus menonton televisi setiap malamnya. Sehingga ketika televisi mati secara otomatis, maka pertanda jam tidur malam anda dimulai.
  2. Manfaatkan Alarm Waktu Pada Ponsel Anda. Dengan mengatur waktu bunyi di alarm pada ponsel anda, maka dengan mudah pula dapat mengatur jam tidur dan bangun anda setiap hari dengan tepat.
  3. Sigkirkan Gadget Dari Tempat Tidur. Saat merebahkan tubuh untuk tidur, seringkali kita ingin membuka gadget (ponsel, laptop dan lainnya), maka sebaiknya tempatkan gadget jauh dari tempat tidur anda.
  4. Pakailah Penutup Pada Mata Anda. Tidak sedikit dari kita, sulit memejamkan mata meskipun malam telah larut. Oleh karena itulah, tutuplah mata anda dengan kain tipis untuk memaksa mata terpejam. Tips ini akan membuat seseorang tertidur dengan sendirinya.
  5. Tali Pergelangan Tangan Anda. Dengan mengikat pergelangan tangan anda pada tali yang dihubungakan pada kayu ranjang, maka niat untuk meninggalkan ranjangpun tidak akan dilakukan, meskipun ada acara favorit yang sayang untuk dilewatkan. (Tapi jangan mengikat pergelangan tangan dengan tali dengan kuat ).
  6. Jadikan Tidur Malam Sebagai Kegiatan Menabung Energi. Semakin cukup energi yang terisi di tubuh anda, maka aktivitas atau kerja yang dilakukan pada esok harinya akan berjalan optimal dan penuh semangat yang tinggi pula.
  7. Jadikan Tidur Malam Sebagai Pembayar Hutang. Jadikan waktu tidur malam sebagai wujud cinta dan pedulinya pada tubuh yang anda miliki. Sehingga tidur malam yang anda lakukan sebagai pembayar hutang yang sangat adil bagi tubuh, karena sudah menemani anda sepanjang hari.

7 Makanan Murah Untuk Kesehatan Tulang Anda

     Tulang pada tubuh manusia memiliki peran yang begitu penting untuk menunjang segala aktivitas pekerjaan serta melindungi seluruh organ tubuh itu sendiri. Tak dapat dibayangkan, jika tulang yang kita miliki mudah patah maupun rapuh. Semua orang tentu menginginkan agar tulangnya lebih kuat dan sehat setiap waktu. Ada berbagai cara termudah dan relatif murah yaitu dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Lalu, apa saja makanan murah untuk kesehatan tulang tersebut...???

     Sahabat, tips kesehatan. Gejala osteoporosis atau pengeroposan tulang menjadi salah satu hal yang ditakuti oleh setiap orang. Jika kita tak menghiraukan kesehatan tulang sejak dini, bukan tidak mungkin gejala pengeroposan tulang akan menghampiri anda. Berbagai cara dapat dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, salah satunya dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Tips kesehatan, berikut ini 7 makanan yang relatif murah untuk kesehatan tulang anda :
  1. Sayur Bayam. Inilah salah satu jenis sayuran yang berperan besar menjaga kesehatan tulang pada tubuh. Ini dikarenakan, bayam mengandung sejumlah besar kalsium untuk menutrisi tulang anda. Dalam satu cangkir bayam masak terkandung hampir 25 persen dari kebutuhan kalsium harian anda.
  2. Telur. Telur merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk menyuplai kebutuhan nutrisi tulang anda. Ini dikarenakan, kuning pada telur mengandung sejumlah 6 persen kebutuhan vitamin D harian anda.
  3. Bawang Merah Dan Bawang Putih. Kedua bumbu dapur tersebut tidak hanya membuat masakan anda lebih nikmat dan enak. Kandungan zat belerang di dua bumbu dapur tersebut juga ikut membantu menjaga kesehatan tulang anda.
  4. Sarden. Suka makan sarden...???. Ikan sarden mengandung sejumlah besar vitamin D serta kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang dari waktu ke waktu.
  5. Susu. Meskipun digolongkan ke dalam salah satu minuman yang menyehatkan. Susu ternyata mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang anda. Nutrisi yang dimaksud yaitu kalsium, vitamin D, protein, kalum serta fosfor.
  6. Sawi Dan Brokoli. Kedua sayuran tersebut ternyata juga sangat besar perannya untuk kesehatan tulang pada tubuh anda. Ini dikarenakan, kedua sayuran tersebut mengandung sejumlah besar kalsium untuk tulang anda.
  7. Aneka Buah-Buahan. Buah-buahan yang dimaksud yaitu tomat, pepaya, jeruk serta pisang merupakan berbagai makanan yang mengandung potassium. Potassium juga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang anda.

7 Makanan Alami Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah Anda

      Sahabat, tips kesehatan. Tubuh yang senantiasa sehat menjadi harapan semua orang di planet bumi ini. Berbagai pola hidup sehat menjadi hal yang wajib dilakukan dalam rutinitas harian setiap individu di semua usia. Gaya hidup sehat sebenarnya terbilang mudah, jika seseorang rajin berolahraga serta mengkonsumsi aneka makanan sehat, maka tubuh akan mengalami peningkatan kesehatan yang lebih baik pula. Berbicara tentang makanan yang sehat, ternyata ada berbagai jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang mengalir keseluruh tubuh anda. Lalu, makanan alami apa saja yang dapat memperlancar sirkulasi darah tersebut....???

     Darah menjadi salah satu cairan yang memiliki fungsi vital dalam tubuh setiap mahkluk hidup termasuk manusia. Darah yang mengalir didalam tubuh membawa oksigen serta sari-sari makanan keseluruh organ-organ dalam tubuh. Agar cairan yang bernama darah dapat mengalir mulus keseluruh bagian tubuh, kita harus menjaga agar proses sirkulasi darah dapat berlangsung lancar dan baik. Faktanya, ada berbagai jenis makanan yang membantu melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh, Tips kesehatan, berikut ini 7 makanan alami melancarkan sirkulasi darah anda :
  1. Buah Jeruk. Tentu buah ini tidak asing dilidah setiap orang. Buah yang menjadi sumber vitamin C tersebut dapat mencegah pengumpalan darah, membantu memperkuat dinding kapiler serta mencegah plak pada arteri.
  2. Bawang Putih. Bawang Putih menjadi salah satu rempah-rempahan yang juga merupakan salah satu bumbu dapur untuk melezatkan berbagai masakan. Selain itu, bawang putih juga mampu membersihkan darah serta berperan penting untuk pencegahan plak pada dinding arteri.
  3. Aneka Buah Merah. Buah merah tersebut antara lain semangka, tomat serta apel merah. Kandungan likopen dalam ketiga buah tersebut bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah yang berlangsung ditubuh anda.
  4. Ikan Salmon. Jenis ikan ini memililki kandungan asam lemak omega 3 yang berperan besar dalam meningkatkan sirkulasi darah yang akan dialirkan keseluruh bagian tubuh.
  5. Buah Alpukat. Selain kaya akan kandungan serat yang dibutuhkan tubuh, ternyata alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang juga memiliki fungsi untuk membantu memperlancar aliran sirkulasi darah di tubuh.
  6. Cokelat Hitam. Makanan ini kaya akan kandungan flavanoid yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Salah satu fnngsi flavonoid yaitu membantu memperlancar sirkulasi darah yang akan didistribusikan ke seluruh bagian organ tubuh.
  7. Jahe. Jahe merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang sudah dipercaya sejak lama memiliki khasiat yang luar biasa dalam alternatif obat alami. Ternyata, salah satu manfaat jahe juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh.

7 Manfaat Tersembunyi Teh Bagi Kesehatan Tubuh Anda

     Teh merupakan salah satu minuman yang nikmat dan disukai oleh banyak orang. Minuman ini biasanya di nikmati saat sore hari untuk merilekskan tubuh seseorang. Meski begitu, minuman ini sebaiknya diminum lebih sering atau minimal tiga kali dalam sehari. Ini dikarenakan, rutin minum teh dalam kehidupan anda, akan berdampak luar biasa dalam peningkatan kesehatan tubuh. Mungkin sulit dipercaya, namun setelah membaca berbagai manfaat tersembunyi dalam teh, maka diharapkan teh menjadi salah satu minuman favorit anda. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh tersebut...???
      Sahabat, tips kesehatan. Gaya hidup sehat dapat diterapkan dalam berbagai kebiasaan hidup sehari-hari. Dengan menerapkan berbagai gaya hidup sehat, diharapkan tubuh tidak mudah sakit atau terserang berbagai penyakit. Sehingga berbagai rutinitas dan pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan. Minum teh merupakan salah satu kebiasaan menyehatkan yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat yang dapat diperoleh seseorang dari minum teh dalam meningkatkan kesehatan tubuhnya sepanjang hari. Berikut ini 7 manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Teh Menangkal Dari Kanker. Kandungan antioksidan dalam teh sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam menghambat proses penuaan pada kulit.
  2. Teh Sangat Efektif Menangkal Serangan Jantung Maupun Stroke. Minum teh secara rutin dapat menyehatkan arteri dan menghilangkan berbagai plak yang menempel pada arteri. Selain itu, minum teh dapat mencegah pembekuan pada darah.
  3. Teh Untuk Kesehatan Tulang Anda. Meningkatkan kesehatan tulang harusnya menjadi prioritas yang wajib dilakukan setiap orang. Sebuah studi mengungkapkan, minum terh rutin selama 10 atau lebih dapat meningkatkan kesehatan tulang serta memperkuat massa tulang anda.
  4. Teh Membantu Menyehatkan Gigi Anda. Kandungan fluoride dan tanin dalam teh berperan mengurangi timbunan plak pada gigi anda. Kedua bahan tersebut juga sangat baik untuk menguatkan gigi agar tidak mudah keropos.
  5. Teh Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh. Membiasakan diri untuk minum teh setiap hari berpengaruh sangat besar dalam meningkatkan sistem kebalan atau imun dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.
  6. Teh Efekti Membantu Program Penurunan Berat Badan Anda. Ini dikarenakan, dengan rutin minum teh akan meningkatkan sistem kerja metabolisme dalam tubuh anda. Sehingga pembakaran kalori dalam tubuh juga akan mengalami peningkatan secara significan.
  7. Teh Tidak Membahayakan Kesehatan Tubuh Anda. Ini dikarenakan, selain tidak mengandung kalori, teh juga dapat menjadi salah satu minuman untuk mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh anda. Sehingga resiko kekurangan cairan tubuh dapat dihilangkan dengan minum teh lebih sering.

7 Aktivitas Fisik Termudah Untuk Memperpanjang Usia Anda

     Kesehatan fisik seharusnya menjadi prioritas atau hal yang paling utama yang tidak boleh dinomer duakan dalam dunia yang serba canggih pada abad seiarang ini. Dengan bermunculannya aneka gadget seperti smartphone, tablet maupun laptop akan membuat semua pekerjaan manusia modern menjadi lebih cepat. Itulah sisi positifnya, namun ada juga sisi negatifnya yaitu berbagai aktivitas pekerjaan hanya dilakukan dengan duduk. Padahal duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan tubuh bahkan mengancam jiwa anda. Lalu adakah jenis aktiviitas fisik untuk memperpanjang usia tersebut...???

    Sahabat, tips kesehatan. Melakukan berbagai aktivitas fisik yang menyehatkan berkaitan erat dengan bertambahnya usia harapan hidup seseorang. Menurut The Diabetes Group at the University of Leicester terkuat fakta mengejutkan bahwa seseorang yang banyak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan hanya duduk yang terlalu lama akan memiliki resiko besar terserang penyakit diabetes, jantung dan bahkan memperpendek usia. Oleh karena itulah, diperlukan berbagai aktivitas fisik yang menyehatkan untuk memperpanjang usia dan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 aktivitas fisik yaang dapat membantu memperpanjang usia anda :
  1. Lakukanlah Aktivitas Berjalan Kaki Di Pagi Hari. Mudah, menyenangkan dan sehat, mungkin tiga kata itulah yang dapat menggambarkan aktivitas berjalan kaki di pagi hari. Mulailah berjalan kaki dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda.
  2. Lari Santai Di Pagi Hari. Setelah berjalan kaki yang lumayan jauh, ada baiknya melanjutkannya dengan lari santai. Manfaatnya tentu akan berlipat bagi peningkatan kesehatan tubuh, jika dapat menggabungkan dua aktivitas berjalan dan berlari tersebut.
  3. Bersepeda Santai Di Pagi Hari Atau Ke Tempat Kerja. Lakukan aktivitas bersepeda pada waktu libur kerja yang biasanyla jatuh pada hari sabtu dan minggu atau memilih bersepeda bagi mereka yang jaraknya dari rumah tidak terlampau jauh dari tempat kerja.
  4. Berkebun Saat Libur Kerja. Sebagian besar dari kita memanfaatkan waktu libur kerja hanya sekadar duduk-duduk santai sambil melihat televisi. Bukankah lebih baik menanam berbagai tanaman (berkebun) di pekarangan rumah, agar kita lebih aktif bergerak dan dapat menyehatkan udara di sekitar rumah anda.
  5. Ikut Kegiantan Dalam Komunitas Senam Sehat. Jika disekitar lingkungan rumah anda, terdapat komunitas atau perkumpulan yang selalu mengadakan senam pagi sehat, bukankah sebaiknya anda ikut serta menjadi anggotanya.
  6. Meluangkan Waktu Untuk Bersih-Bersih Rumah. Menyapu maupun mengepel lantai tentu pekerjaan yang mudah yang juga termasuk aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh anda. Serta dapat menghindarkan rumah dari tumpukan debu yang bisa membahayakan pernafasan anda berserta seluruh keluarga anda.
  7. Lakukan Aktifitas Fisik Ringan Di Sela-Sela Pekerjaan Anda. Jika pekerjaan anda mengharuskan duduk dalam waktu yang relatif lama, maka sebaiknya melakukana aktivitas berjalan atau olahraga ringan lainnya di sekitar ruangan kerja selama kurang lebih 14 menit setelah bekerja selama satu jam penuh. 
Demikianlah tips-tips kesehatan yang mengulas 7 aktivitas fisik termudah untuk memperpanjang usia anda.

  Sumber : intips-kesehatan. Image courtesy of tiverylucky / FreeDigitalPhotos.net