Minggu, September 06, 2015

Ternyata Duduk Lama Mantengin Komputer Bisa Menimbun Penyakit Loh!

Siapa bilang hanya duduk diam didepan komputer tidak terhindar dari bahaya?. Justru bermacam penyakit berbahaya bisa saja mengincarmu karena paparan komputer. Ada baiknya mulai sekarang kamu lebih memperhatikan tubuhmu. Terlalu lama di depan komputer, ini bahayanya!

1. Nyeri Tulang dan Sendi
Agar terhindar dari risiko nyeri tulang dan sendi, setiap tiga hingga empat jam sekali harus melakukan stretchingdan jauhi komputer agar rileks sepanjang hari.

2. Infeksi Saluran Kemih
Seseorang yang duduk berjam-jam di kursi wajib minum air putih sebanyak-banyaknya. Jika kurang minum air putih maka akan mengalami infeksi saluran kemih.
Coba perhatikan setiap hari, bila tiba-tiba mengalami anyang-anyangan gara-gara duduk lama, mungkin itu jadi salah satu tandanya.

3. Mata Rabun Jauh
Saat mengoperasikan komputer, mata kita terbiasa melihat dekat. Selain itu, radiasi sinar x, ultraviolet, gelombang mikro dan radiasi elektromagnetik frekuensi rendah yang dipaparkan komputer secara terus menerus pada mata, dapat berakibat mata merah dan bergetar.

4. Obesitas
Menggunakan sebagian besar waktu di depan komputer untuk bermain dan belajar, sama dengan  menghambat aktifitas fisik yang penting untuk mengubah kalori menjadi energi.

5. Radiasi ke Tubuh, Gangguan Otot dan Darah
Sebuah komponen dalam komputer yang disebut cathode-ray tube (CRT) pada layar monitor menghasilkan radiasi tinggi hingga jarak 30 cm. Tingkat radiasi sebesar 3 miligaus (mG) memancar dalam jarak 30 cm dari arah depan, dan 4 mG dari arah samping, dalam jarak yang sama. Paparan yang terlalu lama mengakibatkan pengguna komputer jadi lebih mudah sakit.