Minggu, November 01, 2015

Mencegah Sakit Alzheimer

Ingin Mencegah Sakit Alzheimer? Yuk Mulai Berolahraga!

Jakarta, Melaksanakan program olahraga dalam jangka waktu yang panjang dalam usia pertengahan mungkin dapat mencegah kerusakan pada struktur otak karena faktor usia.

"Penuaan biasanya diiringi oleh pelemahan dan penurunan kognitif," tulis peneliti dalam jurnal APOE Stabilization by Exercise Prevents Aging Neurovascular Dysfunction and Complement Induction seperti dikutip dari Medical Daily pada Sabtu (31/10/2015).

"Dalam beberapa tahun, banyak bukti yang menyebutkan kurangnya aktivitas fisik dihubungkan dengan meningkatnya perkembangan dari demensia termasuk penyakit alzheimer," tulis peneliti.

Untuk menemukan alasan kenapa olahraga dapat mencegah pelemahan kognitif, peneliti melakukan pengujian kepada tikus. Pada saat tikus berusia setara dengan usia pertengahan manusia (12 bulan), peneliti menguji mereka dengan roda berjalan dan menilai perkembangan otak hingga tikus mencapai usia setara 60 pada manusia (18 bulan).

Selama eksperimen, tikus berlari secepat 2 mil per malam. Saat mereka semakin menua, aktivitas fisik membuat terus berkembangnya motivasi dan kemampuan untuk berpartisipasi pada kebiasaan tertentu, yang biasanya bagian ini terpengaruh oleh penuaan. Peneliti juga meninjau bagaimana olahraga dapat berpengaruh terhadap hilangnya pericyte ada bagian terluar otak yang biasa disebabkan penuaan.

Baca juga: Cedera Saat Main Rugby Diduga Sebabkan John Kena Demensia di Usia 55 Tahun

Pericyte adalah satu dari dua sel yang berinteraksi yang ada di permukaan pembuluh darah. Pericyte membantu dalam sister vaskular serta berperan dalam sawar darah otak, yang berfungsi mencegah masuknya bahan kimia kedalam otak. Saat olahraga, dalam studi yang dilaksanakan, ada peningkatan indikator disfungsi pada sistem vaskular dan sawar darah otak pada tikus.

Peneliti melaporkan hal yang lebih penting lagi, bahwa efek menguntungkan dari olahraga tidak terlihat pada tikus yang kekurangan gen Apoe. Pada varian tertentu, Apoe diketahui sebagai faktor risiko utama pada alzheimer. Biasanya pada tikus, pengaruh Apoe pada bagian terluar otak mereka melemah seiring penuaan pada tikus, dan olahraga mencegah hal ini.

"Lebih dari lima juta orang di Amerika Serikat memiliki alzheimer, dan diperkirakan meningkat 10 juta dalam 20 tahun," tulis peneliti.

Bagi siapapun yang takut mengalami hilang ingatan, lakukan program sederhana seperti aerobik tiap harinya. Mungkin saja hal ini menjadi cara paling sederhana untuk mencegah penyakit alzheimer. Jika tidak terjadi hal lain, Anda akan menyambut usia tua dengan kesehatan yang terbaik.
@http://health.detik.com/