Selasa, September 10, 2019

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer


BAB I
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Apa itu jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer?

Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (sering disingkat menjadi PTIK), adalah jurusan komputer yang fokusnya untuk melahirkan tenaga pendidik di bidang komputer.
Seperti yang sudah kita singgung di awal artikel ini, fokus utama dari tamatan jurusan PTIK adalah menjadi tenaga pengajar di bidang ilmu komputer, terutama menjadi guru TIK di sekolah-sekolah. Selain itu juga bisa menjadi mentor / trainer/ instruktur di berbagai lembaga pendidikan komputer.
Berikut cakupan bidang pekerjaan dari sarjana PTIK:
§  Tenaga Pendidik (guru SMK) dalam bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Multimedia.
§  Tenaga Pendidik (instruktur/widyaiswara/trainer) pada diklat industri atau lembaga pendidikan bidang Teknik Komputer dan Informatika.
§  Tenaga Kependidikan (Kepala Laboratorium Komputer/Pengelola Laboratorium).
§  Tenaga pendidik (sebagai Dosen di Perguruan Tinggi/Politeknik) setelah menempuh pendidikan pascasarjana.
§  Tenaga profesional yang memiliki jiwa entrepreneurship bidang teknologi informasi baik sebagai programmer, analis sistem, administrator jaringan maupun desainer visual/multimedia di perusahaan bidang teknologi informasi (software house) maupun production house.
Karena mata kuliah yang diajarkan juga mirip seperti jurusan Teknik Informasi dan Ilmu Komputer, tidak menutup lulusan PTIK juga berkarir sebagai professional di bidang IT. Lebih lanjut bisa ke: Prospek Lapangan Kerja Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer.

 

ETIKA DAN PROFESI DALAM BIDANG IT

PENGERTIAN ETIKA
Etika berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan" dimana etika adalah bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawaba.ada berbagai macam pendapat tentang pengertian etika anatara lain.
Etika Menurut para ahli ;
Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh
Etika dari sudut pandang pengguna ;
Bagi ahli falsafah,
Bagi sosiolog,
Bagi praktisi profesional termasuk dokter dan tenaga kesehatan lainnya,
Bagi eksekutif puncak rumah sakit,
Bagi asosiasi profesi,
Etika menurut etika umum dan etika khusus
Etika Umum, berbicara mengenai kondisi – kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori – teori etika dan prinsip – prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori – teori.
Etika khusus, merupakan prinsip – prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip – prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : Cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tindakan, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.
Etika Khusus dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu :
Etika individual, yaitu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
Etika sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
PENGERTIAN PROFESI
Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen". Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Berikut pengertian profesi menurut DE GEORGE :“PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian”.contohnya : artis termasuk dalam bidang profesi kenapa karena dalam pekerjaan ini seseorang dituntut untuk mempunyai keahlian dalam bidang seni atau contoh yang lain seperti dalam bidang IT dimana seseorang dituntun ahli dalam bidang computer.
1.        Lisensi: Profesi menetapkan syarat pendaftaran dan proses sertifikasi sehingga hanya mereka yang memiliki lisensi bisa dianggap bisa dipercaya.
2.        Otonomi kerja: Profesional cenderung mengendalikan kerja dan pengetahuan teoretis mereka agar terhindar adanya intervensi dari luar.
3.        Kode etik: Organisasi profesi biasanya memiliki kode etik bagi para anggotanya dan prosedur pendisiplinan bagi mereka yang melanggar aturan.
4.        Mengatur diri: Organisasi profesi harus bisa mengatur organisasinya sendiri tanpa campur tangan pemerintah. Profesional diatur oleh mereka yang lebih senior, praktisi yang dihormati, atau mereka yang berkualifikasi paling tinggi.
5.        Layanan publik dan altruisme: Diperolehnya penghasilan dari kerja profesinya dapat dipertahankan selama berkaitan dengan kebutuhan publik, seperti layanan dokter berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat.
6.        Status dan imbalan yang tinggi: Profesi yang paling sukses akan meraih status yang tinggi, prestise, dan imbalan yang layak bagi para anggotanya. Hal tersebut bisa dianggap sebagai pengakuan terhadap layanan yang mereka berikan bagi masyarakat.
CIRI KHAS PROFESI
1.    Suatu bidang pekerjaan yang terorganisis dan jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas
2.    Suatu teknik intelektual
3.    Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis
4.    Suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi
5.    Beberpa standard an pernyataan tentang etika yang dapat diselenggarakan
6.    Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri
7.    Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang erat dengan kualitas komunikasu yang tinggi antara anggotanya
8.    Pengakuan sebagai profesi
9.    Perhatian yang professional
SYARAT-SYARAT PROFESI
1.    Memiliki spesialisasi ilmu
2.    Memiliki kode etik dalam menjalankan profesi
3.    Memiliki organisasi profesi
4.    Diakui masyarakat
5.    Sebagai panggilan hidup
6.    Dilengkapi kecakapan diagnostik
7.    Mepunyai klien yang jelas
Kode etik seorang programmer adalah sebagai berikut :
·      Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
·      Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
·      Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja  
·      Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta
·      Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua
·      Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
·      Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek
·      Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain
·      Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
·      Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu
·      Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
·      Tidak boleh mempermalukan profesinya.
·      Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi.
·      Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer
·      Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer. Pada umumnya, programmer harus mematuhi “Golden Rule”: Memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Jika semua programmer mematuhi peraturan ini, maka tidak akan ada masalah dalam komunitas.
Adapun yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang dituangkan dalam kode etik (Code of conduct)  profesi adalah:
1.        Standar-standar etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, institusi, dan masyarakat pada umumnya
2.        Standar-standar etika membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat kalau mereka menghadapi dilema-dilema etika dalam pekerjaan
3.        Standar-standar etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi-fungsi profesi dalam masyarakat melawan kelakuan-kelakuan yang jahat dari anggota-anggota tertentu

Komputer
Asal kata : To Compute = menghitung, Komputer adalah alat pengolah data yang bekerja secara elektronis dengan kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi dan mampu mengerjakan berbagai proses dengan keterlibatan manusia yang minimum.
Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. (Kamus Komputer & Istilah TI, Jack Febrian & Farida Andayani, 2002).
Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikendalikan oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. 3 komponen utama Sistem Komputer adalah
A.  Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemanfaatan, pengoprasian serta pengexplorasian hardware dan software komputer.
4 tingkatan brainware adalah :
1.    System analyst   : penanggung jawab dan perencanaan sistem dari sebuah proyek pembangunan dalam sistem informasikhususnya yang memanfaatkan komputer
2.      Programmer      : pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
3.      Administrator   : seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang beralan pada sebuah sistem atau komputer
4.      Operator           : pengguna biasa hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada.
B.  Hardware
Hardware adalah perangkat keras atau komponen pada komputer yang dapat terlihat dan di sentuh secara fisik. Bagian – Bagian Hardware terdiri dari : 
1.      Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU) adalah perangkat utama yang berada dalam komputer yang berfungsi memproses data dan perintah oleh pengguna melalui sistem operasi maupun perangkat lunak.
a.       Motherboard adalah Adalah papan sirkuit utama yang berada dalam sebuah komputer tempat berbagai komponen elektronik dan semua komponen komputer saling berhubungan, berkesinambungan sehingga lalu lintas data di komputer dapat berjalan dengan baik. Motherboard berbentuk sirkuit pcb dan memiliki slot untuk masing-masing komponen perangkat keras komputer, seperti RAM, Sound dan VGA Card, Prosesor, dan memiliki chip BIOS (program penggerak).
b.      Harddisk Drive (HDD) merupakan perangkat penyimpanan data pada CPU. Di dalamnya terdapat bagian yang terbuat dari piringan logam (platter) sebagai media penyimpanan data. Kecepatan putaran piringan pada harddisk menyatakan kecepatan sebuah harddisk menyimpan data, ada yang 5400 rpm sampai 7200rpm. Sedangkan banyaknya kemampuan sebuah harddisk menyimpan data dinyatakan dalam byte.
c.       Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-tJLypna5eYgJ9YAFrJ05QvKX9SpGZ8mj4ReunlX7469EZPBZRuMjCqmi3u9b9j9XA1okcHpliSDnG1Gqgj85m25yw-7nisjBNdO3X4R0enbzaabuCOVLJlztoIRqfxQ0-Z-teoNtoAs/s1600/250px-Floppy_disk_drive_top_(cover_removed).jpgFloppy disk drive adalah Adalah perangkat untuk membaca atau menulis sebuah floppy disket. Pada awal tahun 80an floppy disket berukuran 5 1/4 inchi berkemampuan menyimpan data sampai dengan 700 kilobytes.
Sampai dengan saat ini floppy disket yang beredar adalah berukuran 3,5 inchi dengan kemampuan menyimpan data 1,4 megabytes.
d.      Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxKa4h-0uSVHrroZs0alC52Ip0MaGDvl9hG09DByy77-Q9LtrQTHCXZqw1XHpcdzwA8rekV6tQYbPaWGIAEMSlSm-gjLcgTUiaH79JicxpS2CiTk3z8sB0YUm0jplsotxqFAYogJrrvdI/s1600/27-249-054-02.jpgSama dengan floppy disk drive, CD/DVD ROM Drive adalah perangkat untuk membaca/menulis/menulis ulang pada media Compact Disc (CD) atau Digital Versatile Disc (DVD) ukuran data yang dapat tersimpan dalam 1 keping CD dapat mencapai 700 megabytes sedangkan DVD dapat mencapai 8 gigabytes.
e.       Memory, Memori yang biasa dikenal dengan RAM (Random Access Memory) berguna untuk menyimpan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Ram berfungsi selama prosesor mengolah data dan selama komputer dalam keadaan on. Kecepatan membaca data RAM lebih cepat dibandingkan dengan harddisk.
f.       Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSG7cKHrtTJLW-7OvvdSURQvpfpjIThy_qvdB39W42mcsmHduH7ag6oXlNTNotdlzl2lN7zr9otggpV6vtCSx-8x93y7uoFePROVQeYtRhsPCHT71svZip5FEgiWuqEO12RTiBmwbSGXk/s1600/download.jpgKartu VGA (Video Graphic Array) berguna untuk mengubah sinyal digital dan menerjemahkan output komputer ke monitor. Semakin tinggi memori yang ada dalam adapter ini semakin baik pula output yang ditampilkan di monitor. Pabrikan terkenal saat ini yang merajai pasar VGA card adalah nVidia, ATI Radeon, dan intel.
g.      Kartu suara (sound card). Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengubah input dan mengeluarkan output berbentuk suara. Soundcard memiliki prosesor audio, dan juga line in dan line out.
h.      Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn_Ob_UR6xTWQETWPwdo52pFNKu8bV381PCrmU-KYCnmmHgzvzTnzZNrutzn7g-Ucsp6CQCCNgt4mvvjiPO2rzHWn4g4Nc0W31rHrd-H1jRxbjsT4mbb9QosxxaRTVRoLPjNKxEdY5YoI/s200/120916_apple_a61-279x300.jpgProcessor merupakan otak dari sebuah komputer karena fungsinya adalah untuk memproses semua perhitungan yang dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosessor diukur dari kecepatan mengolah data atau informasi dan menyelesaikannya. Dalam processor terdapat sebuah chip yang disebut mikroprocessor yang kekuatannya sampai saat ini mencapai 3,3 gigahertz.
2.      Media Penyimpanan Data.
Media penyimpanan data pada computer terdiri dari  harddisk,  CD/DVD drive, floppy drive, dan USB flash drive (flashdisk). Perangkat penyimpanan ini memiliki kapasitas tampung yang dihitung dalam satuan byte. Perhitungannya atau pengukurannya sebagai berikut :
      1 byte            = 8 bit (sama dengan satu karakter)
      1 kilo byte     = 1024 byte
      1 mega byte  = 1024 kilo byte
      1 giga byte    = 1024 mega byte
      1 terra byte    = 1024 giga byte
      1 peta byte    = 1024 terra byte
Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing perangkat tersebut.
a.       Description: HarddiskHarddisk merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan semua data maupun informasi. Tidak hanya untuk menyimpan data dan informasi, perangkat ini juga digunakan untuk menyimpan file dan folder yang telah kamu buat, software pendukung, dan lain sebagainya. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuahharddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya, harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil, namun memiliki daya tampung data yang semakin besar. Kini, harddisk tidak hanya dapat terpasang di dalam CPU (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar CPU (eksternal) dengan menggunakan kabel USB.
b.      CD/DVD drive merupakan komponen CPU yang berfungsi pada proses pembacaan dan penyimpanan data. CD drive dapat membaca dan menyimpan data dari komputer pada CD-R dan CD-RW, sedangkan DVD drive dapat membaca dan menyimpan data pada CD-R, CD-RW, DVD-R, dan DVD-RW.
CD-R atau CD-RW adalah sebuah piringan dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan pada CD-R atau CD-RW dapat mencapai 700 MB atau 700 jutabyte. CD-R bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi), sedangkan CD-RW bersifatrewrite (dapat ditulisi berulang-ulang).
DVD-R atau DVD-RW pada prinsipnya sama dengan CD-R atau CD-RW, tetapi DVD-R atau DVD-RW dapat menyimpan data lebih banyak, yaitu dapat mencapai 4 GB (giga byte).
c.       Description: Floppy Disk dan Floppy DriveFloppy drive adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dari disket (floppy disk). Disket atau floppy disk adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi dengan lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), tetapi kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
d.      USB flash drive (flashdisk) sama seperti floppy disk atau CD-R/CD-RW yang dapat digunakan untuk menyimpan data, tetapi flashdisk memiliki banyak kelebihan dibanding dengan floppy disk atau CD-R/CD-RW, antara lain: memiliki kapasitas yang lebih besar (64 MB – 16 GB), kecepatan yang lebih tinggi, dan sangat praktis karena berukuran kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana.
3.      Macam Input Device (Perangkat Masukan) Komputer
a.       Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.
b.      Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.
c.       Description: perangkat komputer webcamWebcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.
d.      Description: perangkat komputer barcode scannerBarcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
e.       Description: perangkat komputer joystickJoystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.
f.       Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
g.      Mikrofon atau microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.
h.      Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi.
i.        Kinect adalah salah satu merek dagang Microsoft berupa sensor gerakan. Bentuknya mirip seperti webcam namun memiliki fungsi yang lebih canggih lagi. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain game.
j.        Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.
4.      Macam-Macam Output Device (Perangkat  Keluaran) Pada Komputer
Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.
a.       Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYHvlPLlyWp6N1xW95kMROy_XPfbtH2cZARgax5lmhLIQUTgPXOiy6t8-gYte6eoQWa4s_VU0Z3MMq8yO70HCHaZ0f-6bDVFEuOg-RzQ-wFm92TBOj_IeYzOrQqOP7RjTTJDBLJJbjLm93/s1600/Printer.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgs-gcrFzVO0bSPlFcqLqSUbZCWO33kQ2DGYdeIyeXbo-7-dqg4t9X2CBYnsAH2LEcduU4ClMIIGoaHM_XQNWV-_CmcJWZ8lVGH2m3mYansfaKaw-dbkIkvQB3vrVfSAzKwL5B1-r87_Esg/s1600/Monitor.jpgMonitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
b.      Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
c.       Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQqh4DmSWGKP3F6rRXm9JK3z3n-bPuduKMYAehv24j9njl3PZwLriZ6nz43g_mBnvf0DVZP-rDcuk_ZSNf-Tvr7Jvodl0axiEJv88TBtt4-E1msUoNFCCjTmg8K2WS-9wO38y0qkPdzlIE/s1600/Speaker.jpgSpeaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
d.      Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibphUjH95E8X_1Gjydh_OuOrHUQ0Lso64cxUPNHIt9pKltEpuelh8Fo3vXkSgiNSVQtV6wwKz-LCs2t1SAUoUwOX2I4iHa0V-y511R2peUS8qeiCBrpoti-NuRqvIzlJa1W5Na4Hoy4qyn/s1600/Projector.jpgProjector adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
e.       Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
f.       Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.
g.      Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.
h.      Headset / Headphone  adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.

5.      Komponen Pendukung Komunikasi Dalam jaringan
Komponen pendukung komikasi daring (Dalam Jaringan) antara lain adalah Modem, Hub, Witch, Reapter, Brigde, Router. Dan penjelasan dari komponen pendukung daring (Dalam Jaringan) antara lain :
a.       Modem merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringan internet melalui jaringan telepon standar. Modem merupakan kependekan dari modulator/demodulator. Ini berarti modem bekerja mengkonversi sinyal digital dari komputer menjadi bentuk sinyal analog agar dapat ditransmisikan melalui jalur telepon. Kemudian modem ini juga mengkonversi ulang sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital agar dapat diterima oleh komputer.
b.      Hub merupakan komponen yang digunakan untuk membangun jaringan dengan topologi star. Biasanya kabel yang digunakan untuk menghubungkan hub dengan komputer adalah kabel dengan jenis twisted pair, dengan konektor RJ-45.
c.       Switch, fungsi komponen ini sama dengan hub, tetapi switch umumnya lebih "cerdas" dan memiliki performa tinggi dibanding hub (harganya pun lebih mahal). 
d.      Repeater komponen ini berfungsi sebagai penguat sinyal pada jaringan yang menggunakan topologi bus. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.
e.       Bridge, komponen ini lebih simpel dan murah dibanding routerBridge hanya menyampaikan paket, namun tidak bisa memilah paket-paket mana yang akan disampaikan ke segmen yang lain.  Bridge dapat meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeliminasitraffic yang tidak dibutuhkan, sehingga dapat mengurangi peluang terjadinya collision.  
f.       Router, komponen ini lebih kompleks dan mahal dibandingkan dengan komponen yang lain. Router dapat melakukan routing dari satu LAN ke LAN yang lain, artinya router dapat menentukan rute terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan.
g.      Transmitter / Receiver, seperti telah dijelaskan sebelumnya, transmitter dan receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun WLAN-adapter. 
h.      Wireless Access Point (WAP) merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel (wireless) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari koneksi jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot. 
i.         Local Area Network (LAN) – card, pada jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN-card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card.
j.        Wireless LAN (WLAN) – Adaptor. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sambungan nirkabel, perangkat WLAN-adaptor semakin banyak ditemui,
Perangkat inilah yang memungkinkan pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di suatu area yang biasa disebut “Hot Spot”. Pada perangkat-perangkat mobile terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone, maupun Ultra-Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN-adaptor merupakan perangkat wajib yang biasanya sudah terintegrasi.
C.  Software
Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
Teori pertama tentang Software Komputer diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem. “Software” istilah pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958.
1.      Sejarah Perkembangan Software Komputer.
a.    Era Pioneer
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer dengan sebuah program yang digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
b.    Era Stabil
Pada Era ini software komputer yang dijalankan bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking).
Software Komputer pada era stabil ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
c.    Era Mikro
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
d.   Era Modern
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
2.      Jenis-jenis software beserta kelebihan dan kekurangannya
a.     OS (Operating System)
OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.
·         Windows
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjfmqbdAPCyk2RLiv5yv08FTn1nIoYMdUT-BDBURyObtOw6_h68ymnXNdewXYAlFxev2MG4AjTOI21aIPyD7vg-L2Vo47z-jvIjO60lql2zjmJpvQ4EevvwQYKx20b3bmr6KqNImeoAgEd/s200/windows.jpgMicrosoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Kelebihan Windows:
a)   User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
b)   Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
c)   Dukungan driver yang lebih banyak
d)  Banyak orang yang menggunakan Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
e)   Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows.
Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
f)    Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
g)   Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
h)   Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
Kekurangan Windows:
a)   Harga licensi mahal 
b)   Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
c)   Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
d)  Sistem yang kurang stabil
·         Linux
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiK6k232_LZOyKpS1o7fuGu2Pe6pqNIIrinJxr8fWHH8lQPmPDJUjhOAsdUOsnI5EO9wW7WMSUvSiviBKc9b7IzCcsfRy7SGGdwmi46gY2jcgV2xWV0RJtgBHrXhBS5pEGscRggjlBQQgqB/s320/linux.jpgLinux sebagai sistem operasi dengan menyusul pembangunan sebagai 'bebas' perangkat lunak open source, yang telah meningkatkan popularitas dan permintaan antara rumah dan perusahaan perangkat lunak komputer user.
Kelebihan Linux:
a)   Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
b)   Linux mudah digunakan.  Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker.
Namun, kini Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
c)   Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux
Kekurangan Linux:
a)   Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
b)   Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linux hardware.org.
c)   Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
·         Dos
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4lqv5qkrHz_J0YXZ_QfD4ZsnLfInztA0YnBDboz6eHIYO6qr1KHSkI6HeSY7Gh11dvpdrYFH2-tDOBUDVI9HGddLY7NwQDdCTFArclvH6JbVXjN-foXXry2oMAHelJy-ApdZ-kDpioW0M/s200/Dos.pngDOS adalah sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an.
Kelebihan program DOS:
DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)
Kekurangan Ms DOS:
a)   DOS tidak memiliki GUI sehingga membuat lebih ribet, karena menggunakan Command Line Interface
b)   Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS
b.    Aplikasi atau Program
Description: GambarSoftware ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.
a)      Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen
Kelebihan Microsoft office word
  Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
  Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
  Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll. yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
  Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003.
  Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanyauntuk menggantikan fungsi menu file.
  Loading lebih cepat , Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil, Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.  Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
  Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan
Kekurangan microsoft office word :
  Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
  Minimal OS Windows XP dengan SP2.
  Sedikit lebih sulit bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
  File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
b)      Pengolah angka
Description: GambarAplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dagrafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb. Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. 
Kelebihan microsoft excell
  Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. 
  Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel
  Microsoft excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap.
Kekurangan microsoft excell
  Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text.
c)      Pengolah presentasi
Description: GambarAplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
Microsoft Power Point adalah nama dari proprietary komersial program presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft . Secara resmi diluncurkan pada 22 Mei 1990 sebagai bagian dari Microsoft Office suite, dan berjalan pada Microsoft Windows dan Apple ’s Mac OS Xsistem operasi.
Kelebihan microsoft power point
  Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi,baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto. 
  Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentangbahan ajar yang tersaji.
  Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
  Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yangsedangdisajikan.
  Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secaraberulang-ulang.
  Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD / Disket/Flashdisk), sehingga paraktis untuk di bawa ke mana-mana.
Kekurangan microsoft power point
Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untuk mengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak banyak hambatan
d)     Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb. CorelDRAW adalah suatu aplikasi desain grafis yang berguna untuk membuat desain vector, logo, dan layout halaman.
Kelebihan corel draw :
  Tool-toolnya yang lebih bersifat freehand, karenanya coreldraw pada dasarnya sebagai software grafis coreldraw bisa berdiri sendiri, Karena berbasic vektor dan bersifat freehand
  Coreldraw juga memiliki kemampuan untuk dipadupadankan dengan editing foto
  Dapat menghasilkan suatu gambar dari foto dengan penambahan atau editing tulisan dan karakter-karakter tertentu.
  Coreldraw juga mampu untuk mengimpor atau ekspor file menjadi file jpg, bmp atau lainnya.
Kekurangan corel draw
  Memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak
  Semakin kompleks filenya maka semakin besar file
  Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer
  Pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam aplikasi pengolah angka maupun kata, pada corel pembuatan tabel dibuat dengan cara manual
  Saat penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
c.       Bahasa pemrograman
Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa pemograman yang digunakan saat ini adalah bahasa tingkat tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis. Contoh software ini, al; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.
a)   Microsoft visual basic
Description: 1200px-Visual_Basic_for_Applications_logo_and_wordmark.svg.pngMicrosoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputergrafik dengan cepat.
Kelebihan visual basic
  Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
  Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll.
  Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.
Kekurangan visual basic
Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
b)   Java
Java adalah bahasa pemograman yang dapat dijalankan baik di komputer ataupun ponsel dan merupakan bahasa pemograman yang bersifat umum.
Kelebihan java
       Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer biasa disebut multiplatform, sehingga pengguna cukup menuliskan sebuah program Java untuk kemudian digunakan pada beberapa sistem operasi komputer yang berbeda.
       Bahasa pemrograman yang digunakan tidak rumit dan banyak fitur yang dulunya manual telah dikerjakan secara otomatis, jadi memudahkan programer.
       Pemrograman berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris Object Oriented Programming
       Lengkapnya perpustakan (library) yang akan sangat memudahkan pengguna untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
       Bergaya C++ sehingga menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk hijrah ke Java.
       Pengumpulan ‘sampah’ secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.
Kekurangan java
  Slogan java adalah ‘tulis sekali, jalankan di mana saja’, slogan tersebut tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan lancar, karena masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya.
  Mudah didekompilasi, dekompilasi adalah proses membalikan kode jadi menjadi kode sumber.
  Hal ini mungkin disebabkan oleh kode yang digunakan pada Java merupkan bytekode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi. Dan akibatnya akan ada orang yang tidak bertanggung jawab memplagiat kode sumber buatan orang lain.
  Pengunaan memori yang banyak, lebih banyak dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang muncul sebelum Java, seperti C/C++ dan Pascal.