BAB
I
Pendidikan
Teknik Informatika dan Komputer
Apa itu jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer?
Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (sering
disingkat menjadi PTIK), adalah
jurusan komputer yang fokusnya untuk melahirkan tenaga pendidik di bidang komputer.
Seperti
yang sudah kita singgung di awal artikel ini, fokus utama dari tamatan jurusan
PTIK adalah menjadi tenaga pengajar di bidang ilmu komputer, terutama menjadi
guru TIK di sekolah-sekolah. Selain itu juga bisa menjadi mentor / trainer/
instruktur di berbagai lembaga pendidikan komputer.
Berikut
cakupan bidang pekerjaan dari sarjana PTIK:
§
Tenaga
Pendidik (guru SMK) dalam bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik
Komputer dan Jaringan, dan Multimedia.
§
Tenaga
Pendidik (instruktur/widyaiswara/trainer) pada diklat industri atau lembaga
pendidikan bidang Teknik Komputer dan Informatika.
§
Tenaga
Kependidikan (Kepala Laboratorium Komputer/Pengelola Laboratorium).
§
Tenaga
pendidik (sebagai Dosen di Perguruan Tinggi/Politeknik) setelah menempuh
pendidikan pascasarjana.
§
Tenaga
profesional yang memiliki jiwa entrepreneurship bidang teknologi informasi baik
sebagai programmer, analis sistem, administrator jaringan maupun desainer
visual/multimedia di perusahaan bidang teknologi informasi (software house)
maupun production house.
Karena
mata kuliah yang diajarkan juga mirip seperti jurusan Teknik Informasi dan Ilmu
Komputer, tidak menutup lulusan PTIK juga berkarir sebagai professional di
bidang IT. Lebih lanjut bisa ke: Prospek Lapangan Kerja Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer.
ETIKA DAN PROFESI DALAM
BIDANG IT
PENGERTIAN
ETIKA
Etika
berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari
kebiasaan" dimana etika adalah bagaimana cabang utama filsafat yang
mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan
penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar,
salah, baik, buruk, dan tanggung jawaba.ada berbagai macam pendapat tentang
pengertian etika anatara lain.
Etika Menurut para ahli ;
Drs. O.P.
SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku
menurut ukuran dan nilai yang baik.
Drs. Sidi
Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku
perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat
ditentukan oleh
Etika dari sudut pandang pengguna ;
Bagi ahli
falsafah,
Bagi
sosiolog,
Bagi
praktisi profesional termasuk dokter dan tenaga kesehatan lainnya,
Bagi
eksekutif puncak rumah sakit,
Bagi
asosiasi profesi,
Etika menurut etika umum dan etika khusus
Etika
Umum, berbicara mengenai kondisi – kondisi dasar bagaimana manusia bertindak
secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori – teori etika
dan prinsip – prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam
bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai
pengertian umum dan teori – teori.
Etika
khusus, merupakan prinsip – prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang
khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan
bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang
didasari oleh cara, teori dan prinsip – prinsip moral dasar. Namun, penerapan
itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain
dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi
yang memungkinkan manusia bertindak etis : Cara bagaimana manusia mengambil
suatu keputusan atau tindakan, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada
dibaliknya.
Etika
Khusus dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu :
Etika
individual, yaitu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya
sendiri.
Etika
sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia
sebagai anggota umat manusia.
PENGERTIAN
PROFESI
Profesi
adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess",
yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna:
"Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara
tetap/permanen". Profesi adalah pekerjaan
yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus.
Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses
sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Berikut
pengertian profesi menurut DE GEORGE :“PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan
sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan
suatu keahlian”.contohnya : artis termasuk dalam bidang profesi kenapa karena
dalam pekerjaan ini seseorang dituntut untuk mempunyai keahlian dalam bidang
seni atau contoh yang lain seperti dalam bidang IT dimana seseorang dituntun
ahli dalam bidang computer.
1.
Lisensi:
Profesi menetapkan syarat pendaftaran dan proses sertifikasi sehingga hanya
mereka yang memiliki lisensi bisa dianggap bisa dipercaya.
2.
Otonomi
kerja: Profesional cenderung mengendalikan kerja dan pengetahuan teoretis
mereka agar terhindar adanya intervensi dari luar.
3.
Kode
etik: Organisasi profesi biasanya memiliki kode etik bagi para anggotanya dan
prosedur pendisiplinan bagi mereka yang melanggar aturan.
4.
Mengatur
diri: Organisasi profesi harus bisa mengatur organisasinya sendiri tanpa campur
tangan pemerintah. Profesional diatur oleh mereka yang lebih senior, praktisi
yang dihormati, atau mereka yang berkualifikasi paling tinggi.
5.
Layanan
publik dan altruisme: Diperolehnya penghasilan dari kerja profesinya dapat
dipertahankan selama berkaitan dengan kebutuhan publik, seperti layanan dokter
berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat.
6.
Status
dan imbalan yang tinggi: Profesi yang paling sukses akan meraih status yang
tinggi, prestise, dan imbalan yang layak bagi para anggotanya. Hal tersebut
bisa dianggap sebagai pengakuan terhadap layanan yang mereka berikan bagi
masyarakat.
CIRI KHAS
PROFESI
1. Suatu bidang pekerjaan yang terorganisis dan jenis intelektual
yang terus berkembang dan diperluas
2. Suatu teknik intelektual
3. Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis
4. Suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi
5. Beberpa standard an pernyataan tentang etika yang dapat
diselenggarakan
6. Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri
7. Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang
erat dengan kualitas komunikasu yang tinggi antara anggotanya
8. Pengakuan sebagai profesi
9. Perhatian yang professional
SYARAT-SYARAT
PROFESI
1. Memiliki spesialisasi ilmu
2. Memiliki kode etik dalam menjalankan profesi
3. Memiliki organisasi profesi
4. Diakui masyarakat
5. Sebagai panggilan hidup
6. Dilengkapi kecakapan diagnostik
7. Mepunyai klien yang jelas
Kode etik
seorang programmer adalah sebagai berikut :
· Seorang
programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
· Seorang
programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
· Seorang
programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja
· Seorang
programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta
· Tidak
boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua
· Tidak
boleh mencuri software khususnya development tools.
· Tidak
boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek
· Tidak
boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain
· Tidak
boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
· Tidak
boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu
· Tidak
pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
· Tidak
boleh mempermalukan profesinya.
· Tidak
boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi.
· Tidak
boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer
· Terus
mengikuti pada perkembangan ilmu komputer. Pada umumnya, programmer harus
mematuhi “Golden Rule”: Memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin
diperlakukan. Jika semua programmer mematuhi peraturan ini, maka tidak akan ada
masalah dalam komunitas.
Adapun
yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang dituangkan dalam kode etik
(Code of conduct) profesi adalah:
1.
Standar-standar
etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, institusi, dan
masyarakat pada umumnya
2.
Standar-standar
etika membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka
perbuat kalau mereka menghadapi dilema-dilema etika dalam pekerjaan
3.
Standar-standar
etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi-fungsi profesi
dalam masyarakat melawan kelakuan-kelakuan yang jahat dari anggota-anggota
tertentu
Komputer
Asal
kata : To Compute = menghitung, Komputer adalah alat pengolah data yang bekerja secara elektronis dengan kecepatan dan
ketelitian yang sangat tinggi dan mampu mengerjakan berbagai proses dengan keterlibatan
manusia yang minimum.
Komputer adalah
perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan
program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut.
(Kamus Komputer & Istilah TI, Jack Febrian &
Farida Andayani, 2002).
Komputer adalah
mesin serbaguna yang dapat dikendalikan oleh program, digunakan untuk mengolah
data menjadi informasi. 3 komponen utama Sistem Komputer
adalah
A. Brainware
Brainware adalah setiap
orang yang terlibat dalam pemanfaatan, pengoprasian serta pengexplorasian
hardware dan software komputer.
4 tingkatan brainware
adalah :
1. System
analyst : penanggung jawab dan
perencanaan sistem dari sebuah proyek pembangunan dalam sistem
informasikhususnya yang memanfaatkan komputer
2. Programmer : pembuat dan petugas yang mempersiapkan
program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
3. Administrator : seseorang yang bertugas mengelola suatu
sistem operasi dan program-program yang beralan pada sebuah sistem atau
komputer
4. Operator : pengguna biasa hanya memanfaatkan
sistem komputer yang sudah ada.
B. Hardware
Hardware adalah perangkat keras atau komponen pada komputer
yang dapat terlihat dan di sentuh secara fisik. Bagian – Bagian Hardware
terdiri dari :
1.
Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU)
adalah perangkat
utama yang berada dalam komputer yang berfungsi memproses data dan perintah
oleh pengguna melalui sistem operasi maupun perangkat lunak.
a. Motherboard
adalah Adalah papan sirkuit utama yang berada dalam sebuah
komputer tempat berbagai komponen elektronik dan semua komponen komputer saling
berhubungan, berkesinambungan sehingga lalu lintas data di komputer dapat
berjalan dengan baik. Motherboard berbentuk sirkuit pcb dan memiliki slot untuk
masing-masing komponen perangkat keras komputer, seperti RAM, Sound dan VGA
Card, Prosesor, dan memiliki chip BIOS (program penggerak).
b. Harddisk Drive (HDD) merupakan perangkat penyimpanan
data pada CPU. Di dalamnya terdapat bagian yang terbuat dari piringan logam
(platter) sebagai media penyimpanan data. Kecepatan putaran piringan pada
harddisk menyatakan kecepatan sebuah harddisk menyimpan data, ada yang 5400 rpm
sampai 7200rpm. Sedangkan banyaknya kemampuan sebuah harddisk menyimpan data
dinyatakan dalam byte.
c. Floppy disk drive
adalah Adalah perangkat untuk membaca atau menulis sebuah
floppy disket. Pada awal tahun 80an floppy disket berukuran 5 1/4 inchi
berkemampuan menyimpan data sampai dengan 700 kilobytes.
Sampai
dengan saat ini floppy disket yang beredar adalah berukuran 3,5 inchi dengan
kemampuan menyimpan data 1,4 megabytes.
d. Sama
dengan floppy disk drive, CD/DVD ROM Drive adalah perangkat untuk
membaca/menulis/menulis ulang pada media Compact Disc (CD) atau Digital
Versatile Disc (DVD) ukuran data yang dapat tersimpan dalam 1 keping CD dapat
mencapai 700 megabytes sedangkan DVD dapat mencapai 8 gigabytes.
e. Memory,
Memori yang biasa dikenal dengan RAM (Random Access
Memory) berguna untuk menyimpan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor.
Ram berfungsi selama prosesor mengolah data dan selama komputer dalam keadaan
on. Kecepatan membaca data RAM lebih cepat dibandingkan dengan harddisk.
f. Kartu VGA
(Video Graphic Array) berguna untuk mengubah sinyal digital dan menerjemahkan
output komputer ke monitor. Semakin tinggi memori yang ada dalam adapter ini
semakin baik pula output yang ditampilkan di monitor. Pabrikan terkenal saat
ini yang merajai pasar VGA card adalah nVidia, ATI Radeon, dan intel.
g. Kartu
suara (sound card). Perangkat ini memiliki
fungsi untuk mengubah input dan mengeluarkan output berbentuk suara. Soundcard
memiliki prosesor audio, dan juga line in dan line out.
h. Processor
merupakan otak dari sebuah komputer karena fungsinya adalah untuk memproses
semua perhitungan yang dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosessor diukur dari
kecepatan mengolah data atau informasi dan menyelesaikannya. Dalam processor
terdapat sebuah chip yang disebut mikroprocessor yang kekuatannya sampai saat
ini mencapai 3,3 gigahertz.
2. Media
Penyimpanan Data.
Media penyimpanan data pada computer terdiri
dari harddisk, CD/DVD drive, floppy
drive, dan USB flash drive (flashdisk).
Perangkat penyimpanan ini memiliki kapasitas tampung
yang dihitung dalam satuan byte. Perhitungannya atau pengukurannya sebagai berikut :
–
1
byte = 8 bit
(sama dengan satu karakter)
–
1 kilo
byte = 1024 byte
–
1 mega byte = 1024 kilo byte
–
1 giga
byte = 1024 mega byte
–
1 terra
byte = 1024 giga byte
–
1 peta
byte = 1024 terra byte
Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing
perangkat tersebut.
a. Harddisk merupakan
perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan semua data maupun informasi.
Tidak hanya untuk menyimpan data dan informasi, perangkat ini juga digunakan
untuk menyimpan file dan folder yang telah
kamu buat, software pendukung, dan lain sebagainya.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak
akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuahharddisk, biasanya
terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat
ditampung.
Dalam perkembangannya, harddisk secara
fisik menjadi semakin tipis dan kecil, namun memiliki daya tampung data yang
semakin besar. Kini, harddisk tidak hanya dapat terpasang di
dalam CPU (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar CPU (eksternal) dengan
menggunakan kabel USB.
b. CD/DVD drive merupakan komponen CPU
yang berfungsi pada proses pembacaan dan penyimpanan data. CD drive dapat
membaca dan menyimpan data dari komputer pada CD-R dan CD-RW, sedangkan
DVD drive dapat membaca dan menyimpan data pada CD-R, CD-RW,
DVD-R, dan DVD-RW.
CD-R atau
CD-RW adalah sebuah piringan dari jenis piringan optik (optical disc)
yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan pada CD-R atau CD-RW
dapat mencapai 700 MB atau 700 jutabyte. CD-R bersifat read
only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi), sedangkan CD-RW
bersifatrewrite (dapat ditulisi berulang-ulang).
DVD-R atau
DVD-RW pada prinsipnya sama dengan CD-R atau CD-RW, tetapi DVD-R atau DVD-RW
dapat menyimpan data lebih banyak, yaitu dapat mencapai 4 GB (giga byte).
c. Floppy drive adalah
perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dari disket (floppy
disk). Disket atau floppy disk adalah perangkat
penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat
yang tipis dan lentur dan dilapisi dengan lapisan plastik berbentuk persegi
atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti
yang tertera pada disket), tetapi kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
d. USB flash drive (flashdisk) sama
seperti floppy disk atau CD-R/CD-RW yang dapat digunakan untuk
menyimpan data, tetapi flashdisk memiliki banyak kelebihan
dibanding dengan floppy disk atau CD-R/CD-RW, antara lain:
memiliki kapasitas yang lebih besar (64 MB – 16 GB), kecepatan yang lebih
tinggi, dan sangat praktis karena berukuran kecil sehingga bisa dibawa
kemana-mana.
3.
Macam Input Device (Perangkat Masukan) Komputer
a. Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang
penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa
fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard
(alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili
nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk
menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk
memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C
yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada
komputer.
b. Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah
digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya
untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk
menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik
kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu
mengikuti arah perpindahan mouse.
c. Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang
biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan
video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di
depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.
d. Barcode
scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk
memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode
garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang
perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan
dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
e. Joystick adalah perangkat
keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi
joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox
bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan
Microsoft.
f. Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk
mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan
dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya
berupa gambar atau file PDF.
g. Mikrofon atau microphone
adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital.
Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat
konferensi atau saat melakukan video call.
h. Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah
perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer.
Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau
sebagai salah satu mesin absensi.
i.
Kinect adalah
salah satu merek dagang Microsoft berupa sensor gerakan. Bentuknya mirip seperti webcam namun memiliki fungsi
yang lebih canggih lagi. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain game.
j.
Flashdisk/CD
ROM/DVD ROM/Harddisk External merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat
masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung
digunakan tanpa software tertentu.
4.
Macam-Macam Output Device (Perangkat Keluaran) Pada Komputer
Output Device atau biasa
disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan
pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.
a. Monitor
adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil
pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh
orang yang memakai komputer.
b. Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan
untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
c. Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil
pemerosesan berupa suara dari komputer.
d. Projector
adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic
elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke
dinding atau layar.
e. Network Card adalah perangkat keras yang digunakan
sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
f. Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat
menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone
ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara
yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.
g. Sound Card adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang
menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti
microphone) ke dalam komputer.
h. Headset / Headphone
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media
pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.
5.
Komponen Pendukung Komunikasi Dalam jaringan
Komponen pendukung komikasi daring (Dalam Jaringan)
antara lain adalah Modem, Hub, Witch, Reapter, Brigde, Router. Dan
penjelasan dari komponen pendukung daring (Dalam Jaringan) antara lain :
a. Modem merupakan
suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringan
internet melalui jaringan telepon standar. Modem merupakan
kependekan dari modulator/demodulator. Ini berarti modem bekerja
mengkonversi sinyal digital dari komputer menjadi bentuk sinyal analog agar
dapat ditransmisikan melalui jalur telepon. Kemudian modem ini
juga mengkonversi ulang sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital agar
dapat diterima oleh komputer.
b. Hub merupakan
komponen yang digunakan untuk membangun jaringan dengan topologi star. Biasanya
kabel yang digunakan untuk menghubungkan hub dengan komputer
adalah kabel dengan jenis twisted pair, dengan konektor RJ-45.
c. Switch, fungsi komponen ini sama dengan hub,
tetapi switch umumnya lebih "cerdas" dan memiliki
performa tinggi dibanding hub (harganya pun lebih mahal).
d. Repeater komponen ini berfungsi sebagai penguat sinyal pada
jaringan yang menggunakan topologi bus. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.
e. Bridge, komponen ini lebih simpel dan murah dibanding router. Bridge hanya
menyampaikan paket, namun tidak bisa memilah paket-paket mana yang akan
disampaikan ke segmen yang lain. Bridge dapat
meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeliminasitraffic yang
tidak dibutuhkan, sehingga dapat mengurangi peluang terjadinya collision.
f. Router, komponen ini lebih kompleks dan mahal dibandingkan
dengan komponen yang lain. Router dapat melakukan routing dari
satu LAN ke LAN yang lain, artinya router dapat menentukan
rute terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan.
g. Transmitter / Receiver,
seperti telah dijelaskan sebelumnya, transmitter dan
receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat
berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem
maupun WLAN-adapter.
h. Wireless Access Point (WAP) merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat
nirkabel (wireless) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar
WiFi maupun standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari
koneksi jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang
disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah penyebaran
akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot.
i.
Local Area
Network (LAN) – card, pada jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui
media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah
LAN-card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau
Ethernet-card.
j.
Wireless LAN
(WLAN) – Adaptor. Dengan
semakin pesatnya perkembangan teknologi sambungan nirkabel, perangkat
WLAN-adaptor semakin banyak ditemui,
Perangkat
inilah yang memungkinkan pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di
suatu area yang biasa disebut “Hot Spot”. Pada perangkat-perangkat mobile
terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone, maupun
Ultra-Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN-adaptor merupakan perangkat wajib
yang biasanya sudah terintegrasi.
C.
Software
Software komputer adalah
sekumpulan data elektronik
yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh
komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu
perintah.
Teori pertama tentang Software Komputer
diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan
aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem. “Software” istilah
pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958.
1. Sejarah Perkembangan
Software Komputer.
a. Era Pioneer
Pada Era Pioneer ini
bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar
bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer dengan sebuah program yang
digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini
software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
b. Era Stabil
Pada Era ini software
komputer yang dijalankan bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di
lakukan secara bersamaan (multi tasking).
Software Komputer
pada era stabil ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan
secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem
basis data, yang memisahkan antara program dan data .
c. Era Mikro
Pada Era Mikro ini
software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem
(Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice,
dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi,
dll)
d. Era Modern
Pada Era Modern ini
software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun
telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll.
Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin
meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai
bisa mengenal suara dan gambar.
2.
Jenis-jenis
software beserta kelebihan dan kekurangannya
a.
OS (Operating System)
OS adalah software yang
pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu
mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan
berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita
memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut
akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke
hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft
Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS
disampaikan ke Printer.
·
Windows
Microsoft Windows atau
yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang
dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Kelebihan Windows:
a)
User friendly
dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
b)
Instalasi software
masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
c)
Dukungan driver yang
lebih banyak
d)
Banyak orang yang
menggunakan Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan
dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS
yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
e)
Karena systemnya sudah
dishare untuk bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software
untuk dijalankan di Mircosoft Windows.
Terutama dunia usaha
yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
f)
Perkembangan paling
cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang
konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
g)
Banyak gratisan GPL dan
Freeware ditawarkan untuk Windows.
h)
Kalau ada masalah mudah
menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak
sulit disekitar kita.
Kekurangan
Windows:
a) Harga
licensi mahal
b) Komunitas
terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
c) Banyaknya
virus yang sering menyerang Windows
d) Sistem
yang kurang stabil
·
Linux
Linux sebagai sistem
operasi dengan menyusul pembangunan sebagai 'bebas' perangkat lunak open
source, yang telah meningkatkan popularitas dan permintaan antara rumah dan
perusahaan perangkat lunak komputer user.
Kelebihan Linux:
a)
Linux merupakan sistem
operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya
lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
b)
Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi
yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker.
Namun, kini Linux mudah
digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
c)
Hampir semua aplikasi
yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux
Kekurangan Linux:
a)
Banyak pengguna yang
belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi
dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa
dengan Linux.
b)
Dukungan perangkat keras
dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari
daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di
Linux-Drivers.org atau linux hardware.org.
c)
Proses instalasi
software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux,
akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD /
DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu
package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
·
Dos
DOS adalah sistem
operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna
komputer pada dekade tahun 1980-an.
Kelebihan program DOS:
DOS menampilkan program
yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command
dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk
menyembunyikan attribut)
Kekurangan Ms DOS:
a)
DOS tidak memiliki GUI
sehingga membuat lebih ribet, karena menggunakan Command Line Interface
b)
Windows yang sekarang
(NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS
b. Aplikasi
atau Program
Software
ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah
untuk mempermudah pekerjaan manusia.
a) Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan
untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya.
Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
Microsoft Word adalah
sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk
membuat laporan, membuat dokumen
Kelebihan Microsoft office
word
Word
dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
Fasilitas
lebih lengkap dari versi sebelumnya.
Pada
tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll. yang membuat tampilannya
kelihatan lebih menarik.
Terdapat
menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003.
Terdapat
‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar
gunanyauntuk menggantikan fungsi menu file.
Loading
lebih cepat , Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil, Gaya tulisan yang lebih
banyak dan terbaru. Dapat membaca semua file dari semua versi office
yang ada.
Terdapat
smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan
Kekurangan microsoft
office word :
Perubahan
design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi
dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
Minimal
OS Windows XP dengan SP2.
Sedikit
lebih sulit bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word
2003.
File
yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat
dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
b) Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam
bentuk tabel dagrafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open
Office Org. Calc, Lotus dsb. Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk
mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan
fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.
Kelebihan microsoft
excell
Mempunyai
kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom
dalam 1 sheet.
Microsoft
excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel
Microsoft
excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap.
Kekurangan microsoft
excell
Software
pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
Aplikasi ini
memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text.
c) Pengolah presentasi
Aplikasi
ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain;
Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
Microsoft Power Point adalah nama
dari proprietary komersial program presentasi yang
dikembangkan oleh Microsoft . Secara
resmi diluncurkan pada 22 Mei 1990 sebagai bagian dari Microsoft Office suite,
dan berjalan pada Microsoft Windows dan Apple ’s Mac OS Xsistem operasi.
Kelebihan microsoft
power point
Penyajiannya
menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi,baik animasi teks maupun
animasi gambar atau foto.
Lebih
merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentangbahan ajar yang
tersaji.
Pesan
informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
Tenaga
pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yangsedangdisajikan.
Dapat
diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secaraberulang-ulang.
Dapat
disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD / Disket/Flashdisk),
sehingga paraktis untuk di bawa ke mana-mana.
Kekurangan microsoft
power point
Para pendidik harus memiliki cukup
kemampuan untuk mengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak
banyak hambatan
d) Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan
untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw,
Adobe Potoshop dsb. CorelDRAW adalah suatu aplikasi desain
grafis yang berguna untuk membuat desain vector, logo, dan layout halaman.
Kelebihan corel draw :
Tool-toolnya
yang lebih bersifat freehand, karenanya coreldraw pada dasarnya sebagai
software grafis coreldraw bisa berdiri sendiri, Karena berbasic vektor dan
bersifat freehand
Coreldraw
juga memiliki kemampuan untuk dipadupadankan dengan editing foto
Dapat
menghasilkan suatu gambar dari foto dengan penambahan atau editing tulisan dan
karakter-karakter tertentu.
Coreldraw
juga mampu untuk mengimpor atau ekspor file menjadi file jpg, bmp atau lainnya.
Kekurangan corel draw
Memakan
memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat
mempunyai detail yang banyak
Semakin
kompleks filenya maka semakin besar file
Warna
yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa
jenis printer
Pembuatan
objek table tidak semudah membuat table dalam aplikasi pengolah angka maupun
kata, pada corel pembuatan tabel dibuat dengan cara manual
Saat
penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang
memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
c.
Bahasa
pemrograman
Software
ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut
dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly,
Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa pemograman yang digunakan
saat ini adalah bahasa tingkat tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa
jenis ini lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti
bahasa inggis. Contoh software ini, al; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.
a) Microsoft
visual basic
Microsoft Visual Basic
(sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang
menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat
program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan
menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa
pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputergrafik
dengan cepat.
Kelebihan visual basic
Bahasa
yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan
bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan
menggunakan Visual basic.
Karena
Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita
gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web
site dll.
Kita
bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan
sangat membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.
Kekurangan
visual basic
Visual
Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu
bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
b) Java
Java adalah bahasa
pemograman yang dapat dijalankan baik di komputer ataupun ponsel dan merupakan
bahasa pemograman yang bersifat umum.
Kelebihan java
•
Dapat dijalankan di
beberapa sistem operasi komputer biasa disebut multiplatform, sehingga pengguna
cukup menuliskan sebuah program Java untuk kemudian digunakan pada
beberapa sistem operasi komputer yang berbeda.
•
Bahasa pemrograman yang
digunakan tidak rumit dan banyak fitur yang dulunya manual telah dikerjakan
secara otomatis, jadi memudahkan programer.
•
Pemrograman
berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris Object Oriented Programming
•
Lengkapnya perpustakan
(library) yang akan sangat memudahkan pengguna untuk
membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
•
Bergaya C++ sehingga
menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk hijrah ke Java.
•
Pengumpulan ‘sampah’
secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan memori
secara langsung.
Kekurangan java
Slogan
java adalah ‘tulis sekali, jalankan di mana saja’, slogan tersebut tidak
sepenuhnya bisa berjalan dengan lancar, karena masih ada beberapa hal yang
tidak kompatibel antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya.
Mudah
didekompilasi, dekompilasi adalah proses membalikan kode jadi menjadi kode
sumber.
Hal
ini mungkin disebabkan oleh kode yang digunakan pada Java merupkan bytekode yang
menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi. Dan akibatnya akan ada orang
yang tidak bertanggung jawab memplagiat kode sumber buatan orang lain.
Pengunaan
memori yang banyak, lebih banyak dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang
muncul sebelum Java, seperti C/C++ dan Pascal.