Soal dan jawaban SosioTeknologi Informasi :
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sosioteknologi informasi:
Jawaban :
Sosioteknologi
adalah keilmuan yang merupakan relasi daripada keilmuan sosial (social sciences)
dengan teknologi (engineering) Teknologi
dilihat dari berbagai perpektif, namun intinya adalah berusaha kritis terhadap
keberadaan teknologi yang biasanya dipandang deterministikpositivistik,
khususnya di negara-negara yang “sepertinya” menjadi konsumen abadi dari
teknologi seperti Indonesia. Dalam
keilmuan ini, teknologi dipandang sebagai sebuah produk budaya yang tidak
netral, tidak bebas nilai.
Teknologi
merupakan ungkapan suatu kebudayaan tertentu dimana teknologi itu lahir. Di
dalam produk teknologi itu embedded nilai-nilai, budaya, mistis, moralitas,
hingga kepada pola kerja, pola perilaku maupun pola produksi. Maka
dari itu, dalam transfer teknologi, pilihanpilihan teknologi yang dilakukan
harus mempertimbangkan sangat banyak faktor, terutama dampak-dampak dari
keberadaa barang asing tersebut di lingkungan barunya.•
Sebuah film yang sangat baik mengilustrasikan tentang ranah garapan keilmuan ini
adalah film “God Must Be Crazy”.
•
KAPASITAS sebagai pola pikir membangun sistem yang bertolak dari komponen
organisasi, komponen sosial, komponen sistem informasi dan komponen teknologi
sehingga membangun organisasi yang disebut juga sistem
sosioteknologi
•
Bertitik tolak dari pemikiran sosio-teknologi, maka melahirkan suatu model
menerapkan kerangka berpikir KAPASITAS dalam melaksanakan perubahan yang
berencana dan berkesinambungan.
2. Mengapa informasi menjadi
sumber daya utama bagi suatu organisasi?
Jawab :
Karena tanpa informasi maka tidak akan ada organisasi, informasi melalui komunikasi menjadi perekat bagi suatu organisasi sehingga organisasi tersebut bisa bersatu. Melihat peran yang begitu penting bagi suatu organisasi maka informasi, sebagaimana sumber daya lainnya.
3. Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
Jawab :
- Karena semakin meningkatnya aktifitas bisnis maka akan menyebabkan semakin kompleksnya permasalahan dan komunikasi yang dihadapi oleh suatu organisasi perusahaan sebagai pelaku bisnis.
- Semakin tingginya kemampuan komputer yang melahirkan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi suatu organisasi
4. Sebutkan beberapa faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis?
Jawab :
Faktor-faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis:
1. Berubahnya landasan ekonomi dunia
2. Pengaruh ekonomi internasional
3. Persaingan global
4. Meningkatkan kompleksitas teknologi
5. Menyempitnya ruang dan waktu
6. Masalah sosial
5. Sebutkan beberapa dampak penggunaan komputer bagi organisasi?
Jawab :
- Semakin banyaknya alternatifm pemecahan masalah
- Meningkatnya persaingan
- Meningkatnya disiplin
- Meningkatnya komunikasi data atau informasi secara digital
6. Jelaskan hubungan antara orang, organisasi, konflik manajemen, dan sistem informasi manajemen?
Jawab :
Organisasi terdiri dari sekelompok orang dengan berbagai tingkat keahlian. Informasi merupakan salah satu sumber daya yang paling utama dimiliki oleh organisasi. sebuah organisasi dipimpin oleh seorang manajer yang mampu mengelola informasi dan bertanggung jawab atas segala sesuatu tujuan yang berbeda dalam organisasi. Perbedaan tersebut merupakan konflik manajemen yg merupakan alasan munculnya kebijaksanaan dalam organisasi sehingga antara sekelompok orang, organisasi, konflik manajemen dan sistem informasi tidak dapat dipisahkan yang menjadi satu kesatuan.
7. Apakah yang dimaksud dengan sistem?
Jawab :
Sistem adalah kumpulan/grup dari subsistem/bagian/komponen apapun baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan.
8. Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem?
Jawab :
Ciri-ciri sistem:
a. Tujuan Sistem – merupakan target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem
b. Batas Sistem – merupakan garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya
c. Subsistem – merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem, subsistem ini bisa fisik ataupun abstrak
d. Hubungan Sistem – hubungan yang terjadi antar subsistem dengan subsistem lainnya yang setingkat atau antara subsistem dengan sistem yang lebih besar
e. Khirarki Sistem – pada dasarnya menggambarkan hubungan sistem dengan sistem yang lebih besar yang disebut sebagai super sistem dan hubungan dengan sistem yang lebih kecil yang disebut sebagai sub sistem
f. Input-Proses-Output
Input – merupakan segala sesuatu yang masuk kedalam suatu sistem
Proses – merupakan perubahan dari input menjadi output
Output – merupakan hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem
g. Lingkungan Sistem – faktor-faktor di luar sistem yang mempengaruhi sistem
Model-model Sistem:
a. Model Naratif – penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan
b. Model Grafik – penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol garis atau bentuk lainnya
c. Model Matematika – penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.
9. Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
Jawab :
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat
10. Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
Jawab :
Karena orang banyak terjebak dalam situasi dimana mereka mengumpulkan data terlebih dahulu tanpa tahu informasi apa yang diperlukan
11. Jelaskan tahap-tahap pengambilan keputusan simon dan informasi yang diperlukan?
Jawab :
Ada tiga tahap pengambilan keputusan Simon yaitu:
a. Kecerdasan – sebelum keputusan dibuat, pembuat keputusan harus menyadari perlunya membuat keputusan.
b. Perancangan – selama tahap perancangan pengambil keptusan bersama dengan staff yang membantu membuat outline beberapa alternatif pemecahan masalah yang isinya terdiri dari beberapa tindakan yang harus dilaksanakan.
c. Pemilihan – pada tahap pemilihan pengambil keputusan di hadapkan pada berbagai alternatif dimana salah satu alernatif tersebut harus dipilih dan menjadi keputusan formal dengan konsekuensi dilakukannya suatu tindakan
Informasi sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan, baik tidaknya hasil dari suatu proses pengambilan keputusan adalah tergantung kepada informasi yang diterimanya.
12. Sebutkan empat hal yang menentukan kualitas informasi?
Jawab :
Menurut Mc Leod, empat hal yang menentukan kualitas informasi yaitu:
a. Akurat – informasi yang diterima harus sesuai dengan yang dibutuhkan
b. Tepat waktu – informasi harus tersedia pada saat diperlukan
c. Relevan – informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya
d. Lengkap – informasi yang diberikan tidak sepotong-sepotong dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Jawab :
Karena tanpa informasi maka tidak akan ada organisasi, informasi melalui komunikasi menjadi perekat bagi suatu organisasi sehingga organisasi tersebut bisa bersatu. Melihat peran yang begitu penting bagi suatu organisasi maka informasi, sebagaimana sumber daya lainnya.
3. Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
Jawab :
- Karena semakin meningkatnya aktifitas bisnis maka akan menyebabkan semakin kompleksnya permasalahan dan komunikasi yang dihadapi oleh suatu organisasi perusahaan sebagai pelaku bisnis.
- Semakin tingginya kemampuan komputer yang melahirkan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi suatu organisasi
4. Sebutkan beberapa faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis?
Jawab :
Faktor-faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis:
1. Berubahnya landasan ekonomi dunia
2. Pengaruh ekonomi internasional
3. Persaingan global
4. Meningkatkan kompleksitas teknologi
5. Menyempitnya ruang dan waktu
6. Masalah sosial
5. Sebutkan beberapa dampak penggunaan komputer bagi organisasi?
Jawab :
- Semakin banyaknya alternatifm pemecahan masalah
- Meningkatnya persaingan
- Meningkatnya disiplin
- Meningkatnya komunikasi data atau informasi secara digital
6. Jelaskan hubungan antara orang, organisasi, konflik manajemen, dan sistem informasi manajemen?
Jawab :
Organisasi terdiri dari sekelompok orang dengan berbagai tingkat keahlian. Informasi merupakan salah satu sumber daya yang paling utama dimiliki oleh organisasi. sebuah organisasi dipimpin oleh seorang manajer yang mampu mengelola informasi dan bertanggung jawab atas segala sesuatu tujuan yang berbeda dalam organisasi. Perbedaan tersebut merupakan konflik manajemen yg merupakan alasan munculnya kebijaksanaan dalam organisasi sehingga antara sekelompok orang, organisasi, konflik manajemen dan sistem informasi tidak dapat dipisahkan yang menjadi satu kesatuan.
7. Apakah yang dimaksud dengan sistem?
Jawab :
Sistem adalah kumpulan/grup dari subsistem/bagian/komponen apapun baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan.
8. Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem?
Jawab :
Ciri-ciri sistem:
a. Tujuan Sistem – merupakan target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem
b. Batas Sistem – merupakan garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya
c. Subsistem – merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem, subsistem ini bisa fisik ataupun abstrak
d. Hubungan Sistem – hubungan yang terjadi antar subsistem dengan subsistem lainnya yang setingkat atau antara subsistem dengan sistem yang lebih besar
e. Khirarki Sistem – pada dasarnya menggambarkan hubungan sistem dengan sistem yang lebih besar yang disebut sebagai super sistem dan hubungan dengan sistem yang lebih kecil yang disebut sebagai sub sistem
f. Input-Proses-Output
Input – merupakan segala sesuatu yang masuk kedalam suatu sistem
Proses – merupakan perubahan dari input menjadi output
Output – merupakan hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem
g. Lingkungan Sistem – faktor-faktor di luar sistem yang mempengaruhi sistem
Model-model Sistem:
a. Model Naratif – penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan
b. Model Grafik – penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol garis atau bentuk lainnya
c. Model Matematika – penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.
9. Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
Jawab :
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat
10. Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
Jawab :
Karena orang banyak terjebak dalam situasi dimana mereka mengumpulkan data terlebih dahulu tanpa tahu informasi apa yang diperlukan
11. Jelaskan tahap-tahap pengambilan keputusan simon dan informasi yang diperlukan?
Jawab :
Ada tiga tahap pengambilan keputusan Simon yaitu:
a. Kecerdasan – sebelum keputusan dibuat, pembuat keputusan harus menyadari perlunya membuat keputusan.
b. Perancangan – selama tahap perancangan pengambil keptusan bersama dengan staff yang membantu membuat outline beberapa alternatif pemecahan masalah yang isinya terdiri dari beberapa tindakan yang harus dilaksanakan.
c. Pemilihan – pada tahap pemilihan pengambil keputusan di hadapkan pada berbagai alternatif dimana salah satu alernatif tersebut harus dipilih dan menjadi keputusan formal dengan konsekuensi dilakukannya suatu tindakan
Informasi sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan, baik tidaknya hasil dari suatu proses pengambilan keputusan adalah tergantung kepada informasi yang diterimanya.
12. Sebutkan empat hal yang menentukan kualitas informasi?
Jawab :
Menurut Mc Leod, empat hal yang menentukan kualitas informasi yaitu:
a. Akurat – informasi yang diterima harus sesuai dengan yang dibutuhkan
b. Tepat waktu – informasi harus tersedia pada saat diperlukan
c. Relevan – informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya
d. Lengkap – informasi yang diberikan tidak sepotong-sepotong dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
selesai