Senin, Februari 23, 2015

Soal Sistem Basis Data :


Soal Sistem Basis Data

1.     Apa yang dimaksud dengan Database?
2.     Apakah kepanjangan DBMS dan sebutkan pengertiannya?
3.     Apakah yang dimaksud dengan Sistem Basis Data dan element apa saja yang terdapat di dalamnya ?
4.     Dari sekian DBMS yg ada, DBMS apa yang menjadi pilihan anda dan sebutkan alasannya ?
5.     Menurut anda, pentingkah peng implementasian Sistem Basis Data dalam dunia kerja, sebutkan alasannya !
6.     Siapakah seorang DBA itu ?

Jawaban
1.     Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
2.     DBMS singkatan dari (Database Management Systems)

DBMS adalah perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan database yang mempunyai fasilitas membuat, mengakses, memanipulasi dan memelihara basis data.

3.     Basisdata atau Database adalah kumpulan dari berbagai data/informasi yang saling berhubungan satu sama lain, disimpan di dalam perangkat keras (komputer) secara sistematis sehingga dapat diolah menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system atau disingkat DBMS).
Elemen – Elemen basis data:
·        Entitas
·        Atribut
·        Data Vilue (Nilai Data)
·        File / Tabel
·        Record / Tuple
4.     Oracle
Karena Oracle merupakan salah satu software sistem basis data relasional yang banyak dikenal dan diminati, versi terbaru dari Oracle adalah Oreacle 11g. Sogtware ini bisa digunakan untuk pengaksesan data yang dilakukan secara online.
5.     Menurut saya, implementasi dalam Dunia kerja itu penting. Selain mempermudah pekerjaan implementasi juga di unggulkan untuk mencopy atau mentransfer data dari suatu database ke database lain yang tersimpang pada komputer yang lain.


6.     Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
 selesai