Minggu, Juni 14, 2015

Evaluasi pembelajaran, bagian 4....



PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS TES
·      Tes berasal dari bahasa perancis yaitu testum
·      Istilah tes diadopsi dari psikologi dan pendidikan
·      Dalam perkembangan tes dilihat dari
1.    Jumlah peserta didik
a.    Tes individu
b.    Tes kelompok
2.    Kajian psikologi tes
a.       Tes intelegensia umum
b.      Tes kemampuan khusus
c.       Tes prestasi belajar
d.      Tes kepribadian
3.    Cara penyusunan
a.       Tes buatan guru
b.      Tes standar
4.    Bentuk jawaban peserta didik
a.       Tes tertulis
b.      Tes lisan
c.       Tes tindakan
5.    Tes
a.       Tes kemampuan
b.      Tes,  kecepatan
·      Penggunaan tes :
Guru               : banyak menggunakan bentuk obyektif, karena tes uraian sulit melakukan penskoran
Siswa              : lebih sulit bentuk tes uraian

Pengertian TES
*      Teknik atau cara
*      Kegiatan pengukuran
*      Pertanyaan, pernyataan atau serangkaian tugas
*      Dikerjakan dan dijawab siswa
*      Mengukur prilaku siswa
Empat unsur penting dalam TES
1.       Sistematis
2.       Pertanyaan/pernyataan
3.       Mengukur aspek prilaku siswa
4.       Skor dan nilai
Pembagian tes menurut jenis :
1.       Heaton :
a.       Tes prestasi belajar
b.      Tes penguasaan
c.       Tes bakat
d.      Tes diagnostik
2.       Briwn : yaitu menambahkan dari tes heaton yaitu tes penempatan
3.       Psikologi:
a.       Tes intelegensi umum
b.      Tes kemampuan khusus
c.       Tes prestasi
d.      Tes kepribadian
4.       Tes buatan guru yaitu tes yang disusun oleh guru untuk ulangan harian, formatif dan ulangan umum (sumatif)
Perbedaan tes baku dengan tes buatan guru
Tes baku
Tes buatan guru
1.       Berdasarkan isi dan tujuan yang bersifat umum
2.       Mencakup pengetahuan dan kecakapan luas
3.       Dikembangkan oleh tenaga yang kompeten dan profesional
4.       Item yang sudah di ujicobakan dianalisis, direvisi
5.       Memiliki derajat kesahihan dan kehandalan yang tinggi
6.       Memiliki ukuran bermacam-macam kelompok secara luas
1.       Berdasarkan isi dan tujuan yang bersifat khusus
2.       Mencakup pengetahuan dan kecakapan khusus
3.       Dikembangkan oleh guru tanpa bantuan dari luar
4.       Item yang di uji cobakan sebelum menjadi bagian tes
5.       Memiliki derajat kesahihan dan kehandalan yang rendah
6.       Terbatas pada kelas

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS TES
1.       Pengembangan tes bentuk uraian
a.       Bentuk uraian obyektif
b.      Bentuk uraian non obyektif
c.       Metode pengkoreksian soal bentuk uraian
d.      Analisis soal bentuk uraian
e.      Daya pembeda soal
f.        Tingkat kesukaran soal
2.       Pengembangan tes bentuk obyektif
a.       Benar-salah
b.      Pilihan ganda
c.       Menjodohkan
d.      Jawaban singkat dan melengkapi
3.       Pengembangan tes bentuk lisan
Pengertian tes lisan : tes yang menuntut jawaban siswa dalam bentuk lisan. Siswa akan mengucapkan jawaban dengan kata-kata sendiri sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan.
Tes lisan dapat berbentuk
1.       Seorang  guru menilai seorang siswa
2.       Seorang guru menilai sekelompok siswa
3.       Sekelompok guru nenilai seorang siswa
4.       Sekelompok guru menilai sekelompok siswa
4.       Pengembangan tes perbuatan
Pengertian tes perbuatan : suatu bentuk tes yang siswa diminta untuk melakukan kegiatan khusus di bawah pengawasan penguji dan mengobservasi penampilan dan membuat keputusan tentang kualitas hasil belajar yang di demonstrasikan. Siswa bertindak sesuai dengan apa yang diperintahkan dan di tanyakan.

FORMAT PENILAIAN TINDAKAN DALAM PRAKTIK KOMPUTER

1.       Nama sekolah                             : .....................................
2.       Mata pelajaran                           : .....................................
3.       Nama siswa                                  : .....................................
4.       Kelas                                               : .....................................
5.       Semester                                      : .....................................
6.       Hari/tgl                                           : .....................................
7.       Tujuan                                            .....................................

PETUNJUK PENGISIAN LEMBARAN PENILAIAN
·      Berilah penilaian dengan menggunakan tanda cek (V) pada setiap aspek yang tertera di bawah ini sesuai dengan tingkat penugasan siswa :
SB: SANGAT BAIK
B  : BAIK
C  : CUKUP
K  : KURANG
SK:SANGAT KURANG

NO
ASPEK-ASPEK YANG DI AMATI
SB
B
C
K
KS
1
MENGHIDUPKAN KOMPUTER





2
MENGGUNAKAN MOUSE





3
MENGGUNAKAN OBYEK PADA MOUSE





4
MEMINDAHKAN LETAK OBYEK





5
MENGETIK DENGAN 10 JARI





6
POSISI DUDUK DEPAN KOMPUTER





7
CARA MENCETAK DATA





8
MEMATIKAN KOMPUTER