PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS TES
·
Tes berasal dari bahasa perancis yaitu testum
·
Istilah tes diadopsi dari psikologi dan
pendidikan
·
Dalam perkembangan tes dilihat dari
1.
Jumlah peserta didik
a.
Tes individu
b.
Tes kelompok
2.
Kajian psikologi tes
a.
Tes intelegensia umum
b.
Tes kemampuan khusus
c.
Tes prestasi belajar
d.
Tes kepribadian
3.
Cara penyusunan
a.
Tes buatan guru
b.
Tes standar
4.
Bentuk jawaban peserta didik
a.
Tes tertulis
b.
Tes lisan
c.
Tes tindakan
5.
Tes
a.
Tes kemampuan
b.
Tes, kecepatan
·
Penggunaan tes :
Guru : banyak
menggunakan bentuk obyektif, karena tes uraian sulit melakukan penskoran
Siswa : lebih sulit
bentuk tes uraian
Pengertian TES
*
Teknik atau cara
*
Kegiatan pengukuran
*
Pertanyaan, pernyataan atau serangkaian tugas
*
Dikerjakan dan dijawab siswa
*
Mengukur prilaku siswa
Empat unsur penting dalam TES
1.
Sistematis
2.
Pertanyaan/pernyataan
3.
Mengukur aspek prilaku siswa
4.
Skor dan nilai
Pembagian tes menurut jenis :
1.
Heaton :
a.
Tes prestasi belajar
b.
Tes penguasaan
c.
Tes bakat
d.
Tes diagnostik
2.
Briwn : yaitu menambahkan dari tes heaton yaitu
tes penempatan
3.
Psikologi:
a.
Tes intelegensi umum
b.
Tes kemampuan khusus
c.
Tes prestasi
d.
Tes kepribadian
4.
Tes buatan guru yaitu tes yang disusun oleh guru
untuk ulangan harian, formatif dan ulangan umum (sumatif)
Perbedaan tes baku dengan tes
buatan guru
Tes
baku
|
Tes
buatan guru
|
1.
Berdasarkan isi dan tujuan yang bersifat umum
2.
Mencakup pengetahuan dan kecakapan luas
3.
Dikembangkan oleh tenaga yang kompeten dan
profesional
4.
Item yang sudah di ujicobakan dianalisis,
direvisi
5.
Memiliki derajat kesahihan dan kehandalan yang
tinggi
6.
Memiliki ukuran bermacam-macam kelompok secara
luas
|
1.
Berdasarkan isi dan tujuan yang bersifat
khusus
2.
Mencakup pengetahuan dan kecakapan khusus
3.
Dikembangkan oleh guru tanpa bantuan dari luar
4.
Item yang di uji cobakan sebelum menjadi
bagian tes
5.
Memiliki derajat kesahihan dan kehandalan yang
rendah
6.
Terbatas pada kelas
|
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS TES
1.
Pengembangan tes bentuk uraian
a.
Bentuk uraian obyektif
b.
Bentuk uraian non obyektif
c.
Metode pengkoreksian soal bentuk uraian
d.
Analisis soal bentuk uraian
e.
Daya pembeda soal
f.
Tingkat kesukaran soal
2.
Pengembangan tes bentuk obyektif
a.
Benar-salah
b.
Pilihan ganda
c.
Menjodohkan
d.
Jawaban singkat dan melengkapi
3.
Pengembangan tes bentuk lisan
Pengertian tes lisan : tes yang menuntut jawaban siswa
dalam bentuk lisan. Siswa akan mengucapkan jawaban dengan kata-kata sendiri
sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan.
Tes lisan dapat berbentuk
1.
Seorang guru menilai seorang siswa
2.
Seorang guru menilai sekelompok siswa
3.
Sekelompok guru nenilai seorang siswa
4.
Sekelompok guru menilai sekelompok siswa
4.
Pengembangan tes perbuatan
Pengertian tes perbuatan : suatu bentuk tes yang siswa
diminta untuk melakukan kegiatan khusus di bawah pengawasan penguji dan
mengobservasi penampilan dan membuat keputusan tentang kualitas hasil belajar
yang di demonstrasikan. Siswa bertindak sesuai dengan apa yang diperintahkan
dan di tanyakan.
FORMAT
PENILAIAN TINDAKAN DALAM PRAKTIK KOMPUTER
1.
Nama sekolah :
.....................................
2.
Mata pelajaran :
.....................................
3.
Nama siswa :
.....................................
4.
Kelas : .....................................
5.
Semester : .....................................
6.
Hari/tgl :
.....................................
7.
Tujuan .....................................
PETUNJUK PENGISIAN LEMBARAN PENILAIAN
·
Berilah penilaian dengan menggunakan tanda cek
(V) pada setiap aspek yang tertera di bawah ini sesuai dengan tingkat penugasan
siswa :
SB: SANGAT BAIK
B : BAIK
C : CUKUP
K : KURANG
SK:SANGAT KURANG
NO
|
ASPEK-ASPEK YANG DI
AMATI
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
KS
|
1
|
MENGHIDUPKAN
KOMPUTER
|
|
|
|
|
|
2
|
MENGGUNAKAN MOUSE
|
|
|
|
|
|
3
|
MENGGUNAKAN OBYEK
PADA MOUSE
|
|
|
|
|
|
4
|
MEMINDAHKAN LETAK
OBYEK
|
|
|
|
|
|
5
|
MENGETIK DENGAN 10
JARI
|
|
|
|
|
|
6
|
POSISI DUDUK DEPAN
KOMPUTER
|
|
|
|
|
|
7
|
CARA MENCETAK DATA
|
|
|
|
|
|
8
|
MEMATIKAN KOMPUTER
|
|
|
|
|
|