Minggu, Juni 14, 2015

SILABUS PERKULIAHAN METODOLOGI PENELITIAN




MATA KULIAH               :    Metodologi Penelitian Pendidikan
WAKTU KEGIATAN       :    Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016
PROGRAM STUDI         :    Teknologi Informatika

1.  Deskripsi Singkat Materi

Mata kuliah Metodologi Penelitian  (Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian dan Pengembangan Research and Development) bertujuan membekali kompetensi mahasiswa tentang epistimologi keilmuan yang bersifat operasional dalam memperoleh, mengolah, menarik kesimpulan, dan menyusun pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian. Mata kuliah metodologi penelitian  ini membahas tentang: (1) hakikat dan ruang lingkup penelitian teknologi , (2) etika dalam penelitian, (3) masalah-masalah penelitian teknologi  dan perumusannya, (4) variabel penelitian dan hubungan antar variabel, (5) kajian teori dan hipotesis, (6) jenis-jenis metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi  (7) populasi dan sampel penelitian, (8) penyusunan instrumen, (9) kalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi, (10) kaidah penulisan dan teknik notasi ilmiah (11) teknik analisis data dan (12) penyusunan laporan hasil penelitian 
2.  Kompetensi yang Dicapai
     Setelah mengikuti perkuliahan dengan persyaratan dan jadwal yang telah ditetapkan, diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep dasar penelitian  dan berbagai jenis metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi serta mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan penelitian di bidang teknologi,
3.  Tujuan Pembelajaran
     Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kemampuan:
3.1Menganalisis hakikat, ruang lingkup dan etika dalam penelitian teknologi ,
3.2.Menganalisis masalah-masalah penelitian teknologi  dan   perumusannya
3.3.Menentukan variabel penelitian dan menulis kajian teori dalam penelitian
3.4 Menerapkan jenis-jenis metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi
3.5  Menyusun instrumen penelitian
3.6. Mengkalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi
3.7. Menganalisis dan menyajikan data hasil penelitian
3.7. Menerapkan kaidah penulisan dan teknik notasi ilmiah
3.8. Menyusunan proposal dan laporan hasil penelitian

4. Strategi  Pembelajaran

            Proses perkuliahan ini akan difasilitasi oleh dosen pengampu yang telah ditentukan substansi materi sajian sesuai dengan pendekatan penguasaan atas tujuan pembelajaran dan pokok bahasan. Perkuliahan berlangsung dalam 14 sesi, termasuk untuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Pada setiap pertemuan diharapkan agar mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran yang difasilitasi oleh dosen pengampu. Untuk mewujudkan hal tersebut, digunakan strategi pembelajaran sebagai berikut:
4.1 Mahasiswa dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 3 orang per kelompok. Jumlah kelompok tergantung jumlah mahasiswa. Dalam          kelompok harus ditentukan: Ketua, sekretaris, penyaji, dan pembahas.            Kelompok ini bersifat tetap selama waktu perkuliahan.
4.2. Tiap kelompok bertanggung jawab untuk:
a. Menyajikan satu topik dan dibahas dalam kelas. Jadwal penyajian dan pembahasan akan ditentukan kemudian
b. Sebelum penyajian dimulai, kelompok penyaji wajib memberikan 1 copy makalah kepada dosen pengampu dan seluruh mahasiswa yang hadir.
c.  Bagi kelompok audien, wajib menilai penyajian oleh kelompok penyaji berdasarkan format yang disediakan oleh dosen, dan menyerahkan hasil penilaiannya kepada kelompok yang dinilai
d.  Bagi kelompok penyaji, wajib merangkum penilaian yang dilakukan oleh kelompok lain (audien), dan menyerahkan hasil rangkuman kepada dosen yang dilampiri hasil penilaian dari kelompok lain (audien) tersebut. Penyerahan rangkuman nilai selambat-lambatnya pada pertemuan perkuliahan berikutnya. Nilai rangkuman merupakan Nilai Tugas Kelompok.
4.3.Topik kuliah yang dipilih akan ditawarkan oleh dosen dan disepakati bersama            pada pertemuan awal. Bahan diskusi mengenai topik yang bersangkutan harus         diusahakan sendiri oleh mahasiswa dengan bantuan dari dosen bilamana      diperlukan.
4.4.Dosen mendampingi proses diskusi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi terhadap materi yang dibahas serta memberikan bimbingan bilamana mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembahasan.
4.5.Mahasiswa yang karena alasan tertentu tidak dapat datang dalam kesempatan pembahasan, harus membuktikan penguasaannya atas topik yang bersangkutan dengan membuat ulasan sebanyak maksimal tiga lembar ketik. Lembar ulasan harus diserahkan kepada dosen selambatnya dua minggu setelah jadwal pembahasan, kecuali ada alasan khusus yang diajukan secara tertulis kepada dosen.
4.6.Mahasiswa secara perseorangan harus:
     a. mempelajari bahan yang diberikan atau ditugaskan dosen, sebelum        kegiatan perkuliahan.
     b. membuat tugas/latihan-latihan soal yang sesuai dengan pokok bahasan
4.7.  Pada akhir perkuliahan mahasiswa diwajibkan menyusun proposal penelitian sebagai pengganti Ujian Akhir Semester. Proposal dimaksud selambat-lambatnya dikumpulkan 1 minggu setelah berakhirnya semua sesi perkuliahan.  
5.  Penilaian Proses dan Hasil Belajar

     Penilaian proses dan hasil belajar difokuskan terhadap komponen penilaian dan proporsi pembobotan berikut: (a) Tugas Individual  25%, (b) Tugas Kelompok 25%, (c) Ujian Akhir Semester: 40%, dan (d). Partisipasi dan Kehadiran: 10%. Penilaian akhir terhadap tingkat penguasaan diberikan dalam bentuk huruf (A, B, C, dan D atau BL) dengan rentang nilai 1 s.d. 4,
6.   

Jadwal dan Rincian Topik Pembahasan
Pertemuan
              Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan              
1
Introduksi dan Orientasi
a. Rasionalisasi perkuliahan
b. Tujuan perkuliahan
c. Strategi perkuliahan
d. Penilaian proses dan hasil
e. Referensi
f.  Orientasi Materi
2
Hakikat dan ruang lingkup penelitian teknologi, Etika dalam penelitian
3
Masalah-masalah  penelitian teknologi  dan perumusannya,
4
Variabel penelitian dan hubungan antar variable
5
Kajian teori  dan hipotesis dalam penelitian dan Introduksi berbagai metode penelitian
6 – 7

Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi:Korelasi dan Eksperimen
8
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi : Kualitatif
9
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi : R&D
10
Populasi dan sampel penelitian,
11
Ujian Tengah Semester
12
Penyusunan berbagai instrumen penelitian
13
Kalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi,
14
Teknik analisis dan penyajian data
15
Penyusunan proposal penelitian dan Kaidah Penulisan serta teknik notasi ilmiah
16
Review Perkuliahan dan Ujian Akhir Semester (UAS) Take home examination



























7. KRITERIA EVALUASI HASIL BELAJAR
>85           = A
70 – 84     = B
55 – 69     = C
40 – 54     = D
< 39          = E
8. DAFTAR PUSTAKA
     
Frankel Jack, R. How to Design and Evaluate Research  Instrumen Evaluation. Mc.     Graw Hill Publishing and Co, 1990
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta, Bandung, 2008.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, 2005.
Dr. Kadir, M. Pd. Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta, 2010.
Hamzah B. Uno, dkk,  Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian, Jakarta, 2001.

                                   Jakarta, Maret 2015