MATA KULIAH : Metodologi
Penelitian Pendidikan
WAKTU
KEGIATAN : Semester
Ganjil Tahun Akademik 2015/2016
PROGRAM
STUDI : Teknologi Informatika1. Deskripsi Singkat Materi
Mata kuliah Metodologi Penelitian
(Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian dan Pengembangan Research and Development) bertujuan membekali kompetensi mahasiswa tentang
epistimologi keilmuan yang bersifat operasional dalam memperoleh, mengolah,
menarik kesimpulan, dan menyusun pengetahuan ilmiah melalui kegiatan
penelitian. Mata kuliah metodologi penelitian ini membahas tentang:
(1) hakikat dan ruang lingkup penelitian teknologi , (2) etika dalam
penelitian, (3) masalah-masalah penelitian teknologi dan
perumusannya, (4) variabel penelitian dan hubungan antar variabel, (5) kajian
teori dan hipotesis, (6) jenis-jenis metode penelitian yang relevan dalam
kawasan teknologi (7) populasi dan sampel penelitian, (8)
penyusunan instrumen, (9) kalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan
triangulasi, (10) kaidah penulisan dan teknik notasi ilmiah (11) teknik
analisis data dan (12) penyusunan laporan hasil penelitian
2. Kompetensi yang
Dicapai
Setelah mengikuti perkuliahan dengan persyaratan dan jadwal yang telah ditetapkan, diharapkan
mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep dasar penelitian dan berbagai jenis metode penelitian yang relevan dalam kawasan
teknologi serta mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan
menyusun laporan penelitian di bidang teknologi,
3. Tujuan Pembelajaran
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kemampuan:
3.1Menganalisis
hakikat, ruang lingkup dan etika
dalam penelitian teknologi ,
3.2.Menganalisis
masalah-masalah penelitian
teknologi dan perumusannya
3.3.Menentukan
variabel penelitian dan menulis kajian teori dalam penelitian
3.4 Menerapkan
jenis-jenis metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi
3.5 Menyusun instrumen penelitian
3.6. Mengkalibrasi
instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi
3.7. Menganalisis dan menyajikan data hasil penelitian
3.7. Menerapkan kaidah
penulisan dan teknik notasi ilmiah
3.8. Menyusunan proposal dan
laporan hasil penelitian
4. Strategi Pembelajaran
Proses
perkuliahan ini akan difasilitasi oleh dosen pengampu yang telah ditentukan
substansi materi sajian sesuai dengan pendekatan penguasaan atas tujuan pembelajaran dan pokok bahasan. Perkuliahan berlangsung dalam 14 sesi, termasuk untuk Ujian Tengah Semester
(UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Pada setiap pertemuan diharapkan agar mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran yang difasilitasi oleh dosen
pengampu. Untuk mewujudkan
hal tersebut, digunakan strategi
pembelajaran sebagai berikut:
4.1 Mahasiswa dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 3 orang per kelompok. Jumlah kelompok tergantung jumlah mahasiswa. Dalam kelompok
harus ditentukan: Ketua, sekretaris, penyaji, dan pembahas. Kelompok ini bersifat tetap selama waktu perkuliahan.
4.2. Tiap kelompok bertanggung jawab untuk:
a. Menyajikan satu topik dan dibahas dalam kelas. Jadwal penyajian dan pembahasan akan ditentukan kemudian
b. Sebelum penyajian dimulai, kelompok penyaji wajib
memberikan 1 copy makalah kepada dosen pengampu dan seluruh mahasiswa yang
hadir.
c. Bagi kelompok audien, wajib menilai penyajian oleh kelompok penyaji berdasarkan format yang
disediakan oleh dosen, dan menyerahkan hasil penilaiannya kepada kelompok yang dinilai
d. Bagi kelompok penyaji, wajib merangkum penilaian yang dilakukan oleh kelompok lain (audien), dan menyerahkan hasil rangkuman kepada dosen yang dilampiri hasil penilaian dari kelompok lain
(audien) tersebut. Penyerahan rangkuman nilai selambat-lambatnya pada pertemuan perkuliahan berikutnya.
Nilai rangkuman merupakan Nilai Tugas Kelompok.
4.3.Topik kuliah yang dipilih akan ditawarkan oleh dosen dan disepakati bersama pada pertemuan awal. Bahan diskusi mengenai topik yang bersangkutan harus diusahakan sendiri oleh mahasiswa dengan bantuan dari dosen bilamana diperlukan.
4.4.Dosen mendampingi proses diskusi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi terhadap materi yang
dibahas serta memberikan bimbingan bilamana mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembahasan.
4.5.Mahasiswa
yang karena alasan tertentu tidak dapat datang dalam kesempatan pembahasan, harus membuktikan penguasaannya atas topik yang bersangkutan dengan membuat ulasan sebanyak maksimal tiga lembar ketik. Lembar ulasan harus diserahkan kepada dosen selambatnya dua minggu setelah jadwal pembahasan, kecuali ada alasan khusus yang diajukan secara tertulis kepada dosen.
4.6.Mahasiswa secara perseorangan harus:
a. mempelajari bahan
yang diberikan atau ditugaskan dosen, sebelum kegiatan perkuliahan.
b. membuat tugas/latihan-latihan soal yang sesuai dengan pokok
bahasan
4.7. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diwajibkan
menyusun proposal penelitian sebagai pengganti Ujian Akhir Semester. Proposal
dimaksud selambat-lambatnya dikumpulkan 1 minggu setelah berakhirnya semua sesi
perkuliahan.
5. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian
proses dan hasil belajar difokuskan terhadap komponen penilaian dan proporsi pembobotan
berikut: (a)
Tugas Individual 25%, (b) Tugas Kelompok 25%, (c) Ujian Akhir Semester: 40%, dan (d). Partisipasi dan Kehadiran: 10%. Penilaian akhir terhadap tingkat penguasaan
diberikan dalam bentuk huruf (A, B, C, dan D atau BL) dengan rentang nilai 1 s.d.
4,
6.
Jadwal dan Rincian Topik
Pembahasan
Pertemuan
|
Pokok Bahasan/Sub Pokok
Bahasan
|
1
|
Introduksi
dan Orientasi
a.
Rasionalisasi perkuliahan
b.
Tujuan perkuliahan
c.
Strategi perkuliahan
d.
Penilaian proses dan hasil
e.
Referensi
f. Orientasi Materi
|
2
|
Hakikat dan
ruang lingkup penelitian teknologi, Etika dalam penelitian
|
3
|
Masalah-masalah penelitian teknologi dan
perumusannya,
|
4
|
Variabel
penelitian dan hubungan antar variable
|
5
|
Kajian teori dan hipotesis dalam penelitian
dan Introduksi berbagai metode penelitian
|
6 – 7
|
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi:Korelasi dan Eksperimen
|
8
|
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi : Kualitatif
|
9
|
Metode penelitian yang relevan dalam kawasan teknologi : R&D
|
10
|
Populasi dan sampel penelitian,
|
11
|
Ujian Tengah Semester
|
12
|
Penyusunan
berbagai instrumen penelitian
|
13
|
Kalibrasi instrumen: validitas, reliabilitas dan triangulasi,
|
14
|
Teknik analisis dan penyajian data
|
15
|
Penyusunan proposal penelitian dan Kaidah Penulisan serta teknik
notasi ilmiah
|
16
|
Review
Perkuliahan dan Ujian
Akhir Semester (UAS) Take home examination
|
7. KRITERIA EVALUASI HASIL
BELAJAR
>85 = A
70 – 84 = B
55 – 69 = C
40 – 54 = D
< 39 = E
8.
DAFTAR PUSTAKA
Frankel
Jack, R. How to Design and Evaluate
Research Instrumen Evaluation. Mc. Graw Hill Publishing and Co, 1990
Sugiyono, Metode
Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta:
Alfabeta, Bandung, 2008.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan
Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, 2005.
Dr.
Kadir, M. Pd. Statistika Untuk Penelitian
Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta, 2010.
Hamzah
B. Uno, dkk, Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian, Jakarta, 2001.
Jakarta, Maret 2015