Kamis, September 10, 2015

Tips Ajarkan Kebaikan Berkurban Untuk Buah Hati

Tips Ajarkan Kebaikan Berkurban Untuk Buah Hati

Vemale.com - Hari raya kurban merupakan waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya arti dari berkurban dan berbagi dengan sesama. Di hari raya ini, mungkin si kecil bertanya-tanya ,”Mengapa kambing, sapi dan domba harus disembelih kemudian dimakan? Kasihan kan mereka.”

Lucu memang bila mendengarkan pertanyaannya. Namun, jelaskan padanya bahwa membiasakan berkurban sangatlah penting untuk berbagi kepada sesama manusia. Tips di bawah ini akan memberikan informasi tentang ajarkan berkurban untuk buah hati. Baca, yuk!

Mengajarkan Anak Berbagi
Meskipun uang yang digunakan untuk membeli hewan kurban adalah pemberian orang tuanya, tapi beritahukan kepadanya bahwa bisa saja orang tua membelikan barang apa saja yang ia inginkan, seperti sepeda, mainan, dan lain sebagainya. Namun, hewan kurban dipilih sebagai salah satu cara untuk berbagi terhadap sesama, dan menunaikan perintah dari Sang Pencipta.

Ceritakan Tentang Kisah Nabi
Bila sering kali si kecil bertanya mengapa kambing dan sapi harus disembelih? Maka, sebaiknya ceritakanlah kisah Nabi Ibrahim dan Ismail yang merupakan cikal bakal dari adanya hari raya kurban ini. Si kecil tentu sangat menyukai cerita-cerita yang erat kaitannya dengan kebaikan, sehingga tidak ada salahnya bila ceritakan kisah nabi ini untuk mendalami pemahamannya tentang hari raya kurban.

Ungkapan Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta
Ajarkan anak untuk selalu bersyukur atas apapun yang diperolehnya. Katakan padanya bahwa semua rizki dan kenikmatan yang selama ini ia dapatkan berasal dari Sang Pencipta, sehingga pada Hari Raya Idul Adha, setiap umat muslim yang mampu diwajibkan untuk berkurban sebagai bentuk rasa syukur.

Tanamkanlah nilai-nilai agama pada buah hari sejak dini sebagai bekal hidupnya. Memilih hewan kurban yang baik, dan sehat merupakan kewajiban. Oleh sebab itu, ajak si kecil untuk memilih sendiri hewan kurban yang sesuai dengan kemampuan Anda sebagai orang tua. Yuk ajarkan nikmatnya berbagi dengan sesama mulai sejak dini.

(vem/ind/aik)

sumber http://www.vemale.com/