Minggu, Agustus 14, 2016

analisis pemanfaatan microsoft power point

analisis pemanfaatan microsoft power point
  1. Analisis
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
Menurut para ahli Fatih. Secara linguistik, analisa atau analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Sedangkan pada kegiatan laboratorium, kata analisa atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan.
Menurut Kommaruddin Analisis adalah kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.
Menurut Anne George Analisis adalah langkah pertama dari proses perencanaan. Sedangkan analisis menurut Dwi Prastowo Darminto & Rifka Julianty analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
Dari definisi tadi dapat diimpulkan Analisis adalah penyampaian dalam suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
2. Pemanfaatan
Pemanfaatan berasal dari kata dasar manfaat yang berarti guna, faedah, laba, untung. Sedangkan pemanfaatan mempunyai arti proses, cara, perbuatan memanfaatkan.5 Menurut Seels and Richey, 1994 pengertian dalam pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber belajar.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pemanfaatan adalah proses, cara, atau perbuatan memanfaatkan.
Menurut Yusufhadi, 1994: 45, pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Fungsi pemanfaatan sangat penting karena membicarakan kaitan antara peserta didik dengan bahan atau sistem pembelajaran.
Pemanfaatan mempunyai tanggung jawab untuk mencocokan pembelajaran dengan bahan dan aktivitas yang spesifik, menyiapkan pebelajar agar dapat berinteraksi dengan bahan dan aktivitas yang dipilih, memberikan bimbingan selama kegiatan, memberikan penilaian atas hasil yang dicapai belajar, serta memasukannya ke dalam prosedur organisasi yang berkelanjutan. 6
Jadi, pemanfaatan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran pemanfaatan teknologi dapat membantu proses belajar mengajar, dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar terhadap mahasiswa.
3. Microsoft Power Point
Microsoft power point adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang di kembangkan oleh Microsoft. 7
Microsoft Power point adalah suatu software atau program yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang aktif profesional dan mudah. 8
Microsoft Power Point adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang di kembangkan oleh Microsoft di dalam paket program aplikasi perkantoran mereka seperti Microsoft word, Microsoft Excell, Microsoft Excess dan program lainnya. 9
Microsoft Power Point adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dapat digunakan oleh siswa, para pendidik, perkantoran atau pebisnis dan trainer untuk presentasi atau desain grafis. 10
Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows dan juga Apple Manchitos yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.11 Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007, yang merupakan lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx..Sejarah
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projektor(OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran. Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Office 3.0.
Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi , versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi. Keuntungan Microsoft Power Point antara lain :
  1. Membawa lebih banyak energi dan dampak visual presentasi.
Hemat waktu dan uang dengan menerapkan efek foto yang canggih tanpa menggunakan tambahan software photo-editing program.
Mengubah foto menjadi menarik, bersemangat visual dengan menggunakan gambar yang baru dan fitur pengeditan yang lebih baik seperti saturasi warna dan suhu, kecerahan dan kontras, dan alat potong gambar yang maju, bersama dengan filter artistik seperti kabur, kuas, dan cat air.
  1. Bekerja dengan orang lain tanpa harus menunggu giliran.
PowerPoint 2010 telah mengubah cara orang dapat bekerja sama dalam presentasi. Dengan co-authoring, dapat sekaligus mengedit presentasi yang sama dengan individu-individu di lokasi yang berbeda.
Juga dapat menggunakan Office Communicator atau aplikasi pesan instan untuk melihat ketersediaan orang lain yang authoring presentasi dan mudah memulai percakapan tanpa meninggalkan PowerPoint.
  1. Menambah pengalaman video pribadi.
Embed dan mengedit file video langsung dalam PowerPoint 2010. Mudah memangkas video untuk hanya menampilkan bagian-bagian yang relevan. Bookmark poin kunci dalam sebuah video untuk akses cepat atau memicu animasi untuk memulai secara otomatis ketika mencapai orang yang ditandai. Dapat mengatur video yang akan memudar kedalam dan keluar pada interval tertentu dan menerapkan berbagai gaya dan efek video-seperti refleksi, bevels, dan 3-D putaran-untuk membantu Anda dengan cepat menangkap perhatian audiens.
  1. Mengakses presentasi dari lebih banyak lokasi dan lebih banyak perangkat.
    Postingkan presentasi online dan kemudian akses, lihat, dan edit mereka dari Web3 atau Mobile-smartphone.4 Anda yang berbasis Windows. Dengan PowerPoint 2010, Anda dapat memperoleh hal-hal yang dilakukan sesuai jadwal di beberapa lokasi dan perangkat. Microsoft PowerPoint Web App. Memperluas pengalaman PowerPoint ke Web dan nikmati layar penuh, presentasi dengan kualitas tampilan tinggi. Simpan presentasi online dan edit pekerjaan Anda melalui PowerPoint Web App ketika berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah.
  2. Buat presentasi berkualitas tinggi dengan pemandangan grafis.
Anda tidak perlu menjadi seorang ahli desain untuk menciptakan grafis yang tampak profesional. Gunakan tambahan puluhan SmartArt ® layout untuk menciptakan berbagai jenis grafis seperti bagan organisasi, daftar, dan gambar diagram. Mengubah kata ke visualisasi yang lebih mengesankan untuk menggambarkan ide-ide. Buat diagram semudah mengetik sebuah daftar bullet atau mengkonversi teks dan gambar untuk diagram hanya dalam beberapa klik.
  1. Memikat audiens Anda dengan transisi baru dan peningkatan animasi.
    PowerPoint 2010 penawaran baru, transisi slide yang dinamis dan animasi efek yang terlihat seperti grafik yang lihat di TV. Mudah diakses, dilihat, diterapkan, disesuaikan, dan untuk mengganti animasi. Dapat menggunakan Painter Animasi baru untuk dengan mudah menyalin Animasi dari satu objek yang lain.
  2. Mengatur dan mencetak slide Anda lebih efektif.
Mudah mengatur dan menavigasi melalui slide menggunakan bagian slide. Membagi presentasi ke dalam slide logis kelompok-kelompok, mengubah nama bagian untuk membantu mengelola konten seperti untuk menetapkan slide ke penulis tertentu-atau dengan mudah mencetak hanya satu bagian dari slide.
  1. Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
Microsoft Office Backstage ™ yang baru menggantikan tampilan menu file tradisional untuk membiarkan menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan presentasi hanya dengan beberapa klik. Dan, dengan peningkatan Ribbon, dapat mengakses perintah favorit bahkan lebih cepat dengan customizing tab atau Anda membuatnya sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman gaya kerja.
  1. Bekerja pada beberapa presentasi dan beberapa monitor.
PowerPoint 2010 memberi Anda jendela yang benar-benar terpisah untuk setiap presentasi yang di buka.
Menu dan Ikon
Tampilan awal slide dalam program powerpoint
Microsoft Office Button
Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas jendela kerja PowerPoint 2010 berfungsi untuk membuka menu
Title Bar
Title Bar adalah bagian dari elemen layar PowerPoint yang menampilkan nama program yang sekarang sedang aktif
Tabs
Tabs adalah kumpulan beberapa kelompok perintah
Pada tabs terdiri dari beberapa Groups.
Dialog Box Launchers yang berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap Group pada masing-masing Tab yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog atau task pane.
Tombol View digunakan untuk merubah tampilan jendela kerja Power Point secara cepat. Pilihan tersebut terdiri dari normal, Slide Sorter, dan Slide Show
Groups Home
New Slide : Menyisipkan slide yang baru.
Layout : Menentukan tata letak slide
Font : Memilih jenis huruf
Font size : Memilih ukuran huruf
Grow font : Menaikkan atau memperbesar ukuran huruf (karakter)
Shrink font : Menurunkan nilai ukuran atau nilai karakter
Clear Formatting : Menghapus format yang telah dikenakan pada teks
Bold : Memberikan efek cetak tebal
Italic : Memberikan cetak miring
Underline : Menampilkan cetak garis bawah
Strikethrough : Menampilkan cetak coret dengan garis tunggal
Shadows : Memberi efek bayangan pada huruf atau teks
Character Spacing : Mengatur jarak antar karakter
Change Case : Mengubah huruf dengan fasilitas Case
Font Colour : Memberi warna pada huruf yang dipilih
Quick Styles : Memilih bentik tampilan objek yang telah tersedia
Shape fill : Memberi warna pada objek
Shape Outline : Memberi warna pada bingkai objek
Shape effects : Memberi efek pada objek
Groups insert
Table : Membuat atau menempatkan table pada slide
Picture : Menyisipkan gambar pada slide presentasi
Clip Art : Menyisipkan gambar pada slide presentasi
Shapes :Membuat bentuk, guna melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik dan indah
Smart art : Menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
Chart : Menyisipkan dan menempatkan grafik dalam slide
Hyperlink : Menghubungkan antara satu bagian dengan bagian yang lain
Text box :Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
Header and Footer : Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
Word art : Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
Date and Time : Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide
Movie : Menyisipkan movie pada slide
Sound : Menyisipkan suara pada slide
Groups Design
Page setup : Mengatur ukuran slide
Slide Orientation : Mengatur orientasi slide
Themes : Menampilkan slide presentasi lebih menarik
Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
Groups Animations
Preview :Tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang di berikan untuk slide.
Animations :Memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
Transition to This Slide :Untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang dibuat.
Groups Slide Show
From beginning :Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir
From current slide :Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
Custom slide show :Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
Set up slide show :Mengatur tampilan slide
Hide slide :Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
Rehearse Timings :Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Penjelasan Toolbar dalam Ms.Power Point
Home
Dalam Toolbar ini terdapat berbagai fungsi seperti: Copy, Paste, Cut, Font Size, Font Allignment, WordArt, AutoShapes, dll. Tetapi dalam toolbar file masih dibiarkan original seperti aslinya agar mempermudah menyimpan dan meload data atau sharing file.
Insert
Dalam toolbar ini digunakan untuk memasukkan gambar, video, atau suara kedalam persentasi.
Design
Dalam toolbar ini adalah untuk mengatur desain presentasi secara manual atau otomatis. Anda disini juga bisa membuat background presentasi dengan manual sesuai dengan keinginan.
Slide Show
Toolbar ini digunakan untuk slide show atau presentasi dengan halaman penuh dan bisa berjalan seperti layaknya slide atau berubah-ubah sendiri tanpa kita klik.
View
Toolbar ini digunakan untuk melihat presentasi secara full read (membaca penuh dengan isi teks saja), web layout (tampilan website) dan outline view (Tanpa baris) dengan tujuan mempermudah mengoreksi tamplian presentasi yang sudah jadi.
Manfaat Microsoft Power point
Manfaat Microsoft PowerPoint dalam presentasi adalah sebagai berikut:
-materi yang disampaikan menjadi lebih menarik;
-materi yang disampaikan mudah di mengerti;
-materi yang disampaikan jelas;
-membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang  dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar.
 Fitur-fitur Power Point
PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi:
-Teks
-Gambar dan Grafik
-Foto
-Suara
-Film
PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau  Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint.
Menjalankan Power Point
Tekan tombol start di pojok kiri bawah layar monitor. Pilih Program, kemudian klik Microsoft Power Point.

Menciptakan Presentasi
Slide pertama adalah slide dengan format layout untuk Judul presentasi. Ketikkan langsung saja Judul dan Sub Judul pada slide yang pertama. Misalnya kita akan buat slide tentang Pengenalan Teknik Komputer dan Jaringan maka tampilan slide pertama seperti pada contoh Gambar di bawah ini.
Untuk menambahkan slide baru, klik tombol New Slide maka akan muncul window Office Theme yang berisi beberapa format layout slide yang dapat kita pilih. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar berikut ini.
Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
  Teks Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
  Content Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.
  Text and Contents Layout
Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, dan dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
  Other Layout
Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya.
Misalnya kita akan memilih layout Title and Content, maka akan muncul tampilan seperti pada di bawah ini. Dan bisa menambahkan tulisan presentasi pada slide kedua misalnya seperti pada gambar ini :
Sekarang mari kita membuat slide ketiga dengan bentuk yang berbeda, misalnya bentuk layout Title and 2 Content. Kemudian tambahkan tulisan pada slide ketiga tersebut sebagai berikut.
  • Pada bagian Click to add title ketikkan: Materi yang dipelajari
  Komputer Dasar dan Elektronika Dasar 
  Instalasi Perawatan dan Perbaikan Komputer
  • Klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kanan.
  Local Area Network
  Wide Area Network
  • Lalu klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kiri dan Tuliskan:
Hasil langkah di atas sebagai berikut :
Lalu kita akan Membuat Slide dengan gambar, clipart, tabel, grafik atau obyek lainnya
  Klik tombol Insert New Slide kemudian pilih layout Title and Two Content.
  Pada Title ketikkan “Topologi Jaringan”.
  Pada Content yang pertama ketikkan:
Topologi Ring
Topologi Star
  Pada Content yang kedua, jika ingin menambahkan gambar dengan cara klik picture pada content, kemudian akan muncul kotak dialog Insert Picture dan pilih file gambar yang akan dimasukkan ke silde.

Jika ingin menambahkan clipart, maka klik icon clipart pada slide di content 2 kemudian akan muncul 
kotak dialog Insert Clip Art sebagai berikut
Jika ingin menambahkan grafik maka akan muncul Kotak dialog grafik seperti pada materi di Microsoft Excel.
Mengenal Tombol-Tombol Pengatur Pandangan.
Di bagian kanan bawah terdapat tiga buah tombol yang berguna untuk mengatur pandangan terhadap       slide. Ketiga tombol tersebut diperlihatkan pada gambar berikut.
a. Normal View 
   Pada keadaan normal, pandangan inilah yang ditampilkan. Pada pandangan ini, bidang yang berisi  wujud slide lebih ditonjolkan daripada bidang-bidang lainnya.
b. Slide Sorter View 
  Pada pandangan ini, semua slide akan ditampilkan dalam ukuran kecil dan disusun dalam format baris    dan kolom.
c. Slide Show View
   Tombol ini berguna untuk menampilkan slide-slide yang telah dibentuk, dimulai dari slide pertama.  Caranya : Aktifkan slide pertama, lalu Klik tombol Slide Show View.
Untuk menampilkan slide berikutnya tekanlah tombol Page Down, jika slide sebelumnya tekanlah tombol Page Up. Tombol Home dapat digunakan untk menuju slide pertama dan End untuk menuju slide terakhir. Untuk mengakhiri presentasi tekanlah tombol Esc. Anda juga bisa mengakhiri dengan cara klik kanan mouse kemudian pilihlah End Show.
Menghapus Slide
Penghapusan slide dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contoh berikut menunjukkan cara  penghapusan slide kelima.
-Klik ikon slide milik slide kelima;
-Tekan tombol Delete;
-Slide kelima akan terhapus.
Memberi Animasi
Langkahnya sebagai berikut :
-Klik kanan text atau objeknya
-Klik Custom Animation
-Pilih effects untuk memberikan animasi pada text atau objek yang diinginkan.
Menambahkan Slide Transition
Langkahnya sebagai berikut :
  • Klik bagian slide di luar textbox lalu klik kanan pilih Slide Transition atau klik Slide Show pada Menu  Bar lalu pilih Slide Transition.
  • Lalu pilih jenis yang diinginkan pada tiap slide;-Sesuaikan komponen lainnya seperti pada pemberian animasi.
Membuat tabel
Langkahnya sebagai berikut :
  • Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih table;
  • Isikan jumlah baris dan kolom tabel yang akan dibuat pada kotak dialog yang muncul
  • Untuk melakukan pengesetan lebih lanjut terhadap tabel yang ada dapat dilakukan dengan men-“double click” tabel tersebut atau mengklik kanan pada bagian garis tabel tersebut dan memiliki “Borders and Fill”.
Membuat Hyperlink
Langkahnya sebagai berikut :
- Klik kanan bagian yang ingin di Hyperlink lalu pilih Hyperlink
- Isikan alamat tujuan yang ingin dituju
Menduplikasi Slide
Adakalanya kita perlu menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:
- Klik pada ikon slide milik slide keempat;
- Pilih menu Edit lalu klik Duplicate.
Menambahkan Latar Belakang Slide
Sejauh ini anda membuat slide dengan tampilan latar belakang yang polos. Pada bab ini anda akan mempelajari berbagai cara untuk membuat latar belakang sehingga presentasi menjadi lebih menarik.
a. Menggunakan Template
Pemberian latar belakang pada semua slide dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menerapkan template. Anda bisa memilih salah satu dari template yang disediakan oleh PowerPoint.
Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Klik menu Design, kemudian pada panel theme pilih salah satu design yang kita inginkan. Untuk melihat pilihan design lainnya klik vertikal scrollbar sebelah kanan pada panel theme. Berikut adalah tampilan panel theme.
  • Pilihlah template yang anda kehendaki misalnya Metro, maka hasilnya adalah seperti pada  Gambar    berikut ini
b. Mengatur Skema Warna untuk semua Slide
Template background yang telah anda pilih bisa diganti warnanya dengan cara:
  Klik Colors pada toolbar kiri atas kemudian pilih komposisi warna yang diinginkan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar berikut ini.
  Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang sudah disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar berikut ini.
  Untuk merubah format backgroud style dapat juga menggunakan template font yang sudah disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudian klik tombol Background Styles pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar berikut ini.12
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi sebagai media dalam presentasi memberi nilai tambah dan dibutuhkan. Memberi nilai tambah berarti terdapat dalam transfer informasi dari pengirim ke penerima. Dibutuhkan berarti kehadirannya diperlukan untuk menyampaikan informasi baik berupa lisan atau tulisan. Memperhatikan desain tampilan, latar belakang serta memperhatikan susunan warna dalam presentasi dapat menimbulkan ketertarikan tersendiri dalam proses penyampaiansuatu informasi, sehingga didapatkan hasil yang maksimal.
3. Pengertian media pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin medio? Dalam bahasa Latin, media dimaknai sebagai antara. Media merupakan bentuk jamak dari medium, yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar.13
Secara khusus, kata tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi dari satu sumber kepada penerima.
Dikaitkan dengan pembelajaran, media dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.14 
Satu hal yang perlu diingat bahwa peranan media tidak akan terlihat apabila penggunaannya tidak sejalan dengan isi dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Secanggih apa pun media tersebut, tidak dapat dikatakan menunjang pembelajaran apabila keberadaannya menyimpang dari isi dan tujuan pembelajarannya. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian pelajar sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.15 Hamidjojo dan Latuheru(2011:4), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara pengaja dan mahasiswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.
Miarso (2004) berpendapat bahwa “Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar”. Selanjutnya Schramm (2011: 20) media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian media pembelajaran adalah media menggunakan Microsoft Power Point sebagai medianya dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan mahasiswa dalam proses pendidikan dan pengajaran.
Media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan mahasiswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian mahasiswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar mahasiswa.
4 . Prestasi Belajar
Jika berdasarkan istilah atau tata bahasa yang benar atau EYD atauMenurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (2010:186) “ Pengertian Definisi Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya”.
Menurut Nasrun Harahap berpendapat bahwa prestasi belajar adalah penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan siswa yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang disajikan kepada siswa.
Menurut Mas’ud Khasan Abdul Qohar prestasi belajar adalah apa yang telah dapat diciptakan hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan cara keuletan kerja. Prestasi dapat bersifat tetap dalam sejarah kehidupan manusia karena sepasang kehidupannya selalu mengejar prestasi menurut bidang dan kemampuan masing-masing. Prestasi belajar dapat memberikan kepuasan kepada orang yang bersangkutan, khususnya orang yang sedang menuntut ilmu di sekolah/perguruan tinggi. Prestasi meliputi segenap ranah kejiwaan yang berubah sebagai akibat dari pengalaman dan proses belajar siswa yang bersangkutan. Sedangkan Menurut Sardiman A.M (2001:46) “Prestasi belajar adalah kemampuan nyata yang merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi baik dari dalam maupun dari luar individu dalam belajar”.
Prestasi belajar menurut A. Tabrani (1991:22) “Prestasi belajar adalah kemampuan nyata (actual ability) yang dicapai individu dari satu kegiatan belajar atau usaha”.
Sedangkan menurut W.S Winkel (1996:165) “Prestasi belajar adalah bukti usaha yang telah dicapai.
Dari beberapa pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengertian Definisi Prestasi belajar  adalah suatu hasil yang telah dicapai sebagai bukti usaha belajar yang telah dilakukan.
B. Hipotesis Penelitian
Hipotesis
Berdasarkan pembahasan maka hipotesis dirumuskan sebagai berikut:
H1 : Pemanfaatan Microsoft power point sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar.
H2 : Penerapan Microsoft power point sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap kinerja mahasiswa
H3 : Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar pengajar dan mahasiswa
H4 : Kesiapan berpengaruh positif terhadap hasil belajar.
H5 : Penerapan Microsoft power point sebagai media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa
Rumusan hipotesis
Berdasarkan uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa :
  1. Terdapat pengaruh aktifitas mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Microsoft power point dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa
  2. Terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diajarkan dengan media berbasis Microsoft power point dalam perkuliahan dengan mahasiswa yang diajarkan tanpa menggunakan media berbasis Microsoft power point.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
  1. DESAIN PENELITIAN
1. Jenis Penelitian
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development).
  1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Timbul Nusantara (STIE-IBEK).
3. Tempat dan waktu penelitian
Penelitian ini bertempat di Universitas Timbul Nusantara (STIE-IBEK), di laksanakan mulai bulan Januari-Mei 2015.
4.Variabel Penelitian
Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel bebas, yaitu : Faktor-Faktor Pendukung Microsoft power point.
5. Model Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development).
1)  Research and information collecting; termasuk dalam langkah ini antara lain studi literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji, dan persiapan untuk merumuskan kerangka kerja penelitian;
2) Planning; termasuk dalam langkah ini merumuskan kecakapan dan keahlian yang berkaitan dengan permasalahan, menentukan tujuan yang akan dicapai pada setiap tahapan, dan jika mungkin/diperlukan melaksanakan studi kelayakan secara terbatas;
3) Develop preliminary form of product, yaitu mengembangkan bentuk permulaan dari produk yang akan dihasilkan. Termasuk dalam langkah ini adalah persiapan komponen pendukung, menyiapkan pedoman dan buku petunjuk, dan melakukan evaluasi terhadap keyakan alat-alat pendukung;
4) Preliminary field testing, yaitu melakukan ujicoba lapangan awal dalam skala terbatas, Pada langkah ini pengumpulan dan analisis data dapat dilakukan dengan cara wawancara, observasi atau angket;
6. Teknik dan alat pengumpulan data
1)   Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.
2)   Pengembangan model pembelajaran Microsoft power point
3)   Tes
Hasil belajar untuk mendapat gambaran hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual dan kelompok mahasiswa yang diajar tanpa menggunakan media audiobisual.
4) Angket
Untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar siswa.