Selasa, Mei 14, 2019

Quipper School, Moodle, Edmodo


Quipper School, Moodle, Edmodo

Gambaran Umum
Quipper School adalah sebuah platform online GRATIS untuk guru dan siswa. Quipper School terdiri dari dua bagian: LINK untuk guru, dan LEARN untuk siswa.
Quipper School Link adalah tempat dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Di bawah ini adalah hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan guru saat menggunakan Quipper School Link:
·       Mengirim tugas dan ujian - Manfaatkan ribuan materi dan soal yang sesuai dengan kurikulum, untuk dijadikan tugas bagi seluruh siswa Anda di kelas atau beberapa grup siswa.
·       Membuat konten edukasi - Jika ada yang kurang atau hilang, guru dapat mengubah konten yang sudah tersedia atau membuat materi dan soal baru dari awal.
·       Melihat dan mengunduh analisa - Perkembangan siswa tersambung secara langsung antara LEARN dan LINK, sehingga guru dapat mengakses pusat informasi mengenai tingkat pengerjaan, pencapaian, kekuatan dan kelemahan siswa.
·       Bekerja sendiri atau bersama-sama - LINK didesain sehingga memudahkan guru untuk mengelola kelasnya sendiri, atau berkolaborasi dengan dua guru atau lebih, pada kelas atau sekolah yang sama.
Quipper School Learn adalah tempat dimana siswa belajar. Platform ini dipenuhi dengan fitur yang membuat belajar selalu terasa aman dan menyenangkan:
·  Tugas dan pembelajaran umum - Siswa dapat mengerjakan topik tertentu yang dianjurkan oleh guru, atau belajar materi apapun dari kurikulum secara mandiri.
·  Fitur pesan - Siswa dan guru dapat terus berkomunikasi menggunakan layanan pesan kami, yang memudahkan siswa untuk mengemukakan soal atau topik tertentu yang mereka rasa sulit dan perlu pendampingan.
·  Fitur seperti games - LEARN memberikan hadiah kepada siswa berupa koin yang dapat ditukarkan dengan tema, sehingga siswa dapat menyesuaikan lingkunan belajar yang mereka inginkan. Siswa juga dapat melihat bagaimana proses teman sekelasnya pada tampilan Kronologi.

Cara Mendaftar Quipper School untuk Siswa

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mendaftar di Quipper School untuk siswa, artikel ini sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Cara Mendaftar Quipper School untuk Guru, mungkin adik-adik sudah tahu tentang Quipper School dari Bapak/Ibu Guru kalian, Quipper School adalah salah satu media pembelajaran online yang sangat mudah digunakan baik untuk Guru maunpun untuk siswa, layanan pembelajaran online/E-learning Quipper School gratis untuk digunakan, jika kamu belum mendaftar silahkan ikuti petunjuk yang akan saya jelaskan tentang Cara Mendaftar Quipper School untuk Siswa
Untuk mengetahui langkah-langkah dalam mendaftar di Quipper School silahkan simak tutorial berikut ini  :

1. Langkah pertama Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

Buka website Quipper School di tab browsermu silahkan daftar melalui link Quipper School www.quipperschool.com

2. Langkah kedua Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

Jika sudah terbuka seperti gambar dibawah, kemudian pilih " Portal Siswa "

3. Langkah ketiga Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran,
Pada tahap ini ada 2 alternatif yang bisa anda gunakan untuk mendaftar Quipper School yaitu bisa mendaftar langsung dengan akun facebook kamu dengan mengkilik "Daftar dengan Facebook" (pastinya anda sudah login terlebih dahulu dengan akun facebook anda), alternatif kedua jika anda tidak ingin mendaftar dengan akun facebook anda bisa mendaftar langsung dengan mengisi form pendaftarn dengan mengklik "Daftar dengan Akun Quipper School LEARN",
       Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya !

4. Langkah keempat Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

Selanjutnya akan muncul form pendaftaran yang harus anda isi, Pada  tahap pengisian form hal yang harus diperhatikan adalah:
1.    "Nama Depan" : diisi dengan nama pertama kamu,
2.     "Nama Belakang": diisi dengan nama kedua (misalkan nama kamu Budi Santoso, jadi nama depan diisi dengan Budi sedangkan nama belakang diisi dengan Santoso), selanjutnya 
3.    "Nama Pengguna" : diisi dengan nama unik yang gampang kamu ingat bisa menggunkan nama panggilan atau nama kreen yang sesuai dengan keinginan kamu, Selanjutnya 
4.    "Kata Sandi": diisi dengan password yang mudah kamu ingat, bisa menggunakan angka atau kombinasi dengan angka dan huruf, selanjutnya 
5.    "Tulis Ulang Kata Sandi" : diisi sama dengan kata sandi yang kamu buat diatas.

 5. Langkah kelima Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

Setelah mengisi form pendaftaran tinggal mengisi kode kelas yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu Guru kalian yang terdiri dari 7 karakter kombinasi antara huruf dan angka.

 Selamat kamu sudah selesai melakukan pendaftaran, tinggal mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu guru kalian, selamat belajar semoga tutorial ini bermanfaat untuk adik-adik.
Jika kamu sudah selesai mendaftar saatnya untuk mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu Guru kalian, jika kamu belum mengetahui caranya silahkan dibuka petunjuk tentang 
Cara mengerjakan tugas Quipper School

Penugasan Online Gratis Dengan Quipper School Untuk Guru SMA Kelas X - XII
Internet memang sangat bermanfaat sekali untuk pengembangan media bahan ajar. Guru dapat dengan mudah mencari media yang tepat untuk dijadikan alat atau fasilitas belajar siswa. Ternyata belajar dalam era digital sangat memudahkan, tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi suasana belajar yang menyenangkan, menantang dan mencapai target yang diharapkan sesuai kurikulum.
Dengan smartphone yang murah meriah siswa dapat dengan sigap mengikuti pembelajaran baik di kelas maupun dalam bentuk outing class. Prinsipnya belajar menjadi mudah dengan kemajuan teknologi digital. Tanpa mengenyampingkan peran guru sebagai fasilitator, media berbasis internet ini memberikan kemudahan siswa dalam belajar. Dikemas dengan menu-menu yang lumayan lengkap dan menarik, siswa diharapkan tidak bosan mempelajari materi yang ditugaskan guru. Mengapa?
Ya, mengapa? Belajar melalui smartphone yang luar biasa mudah dibeli saat ini, siswa dengan mudah mempelajari materi yang telah tersedia sesuia dengan kurikulum pendidikan di Indonesia dan terdapat menu pengerjaan tugas step by step. Jika siswa gagal memnuhi kriteria ketuntasan, siswa dapat dengan mudah mengulanginya kembali sampai tuntas. Menarik bukan?
Salah satu media belajar yang memudahkan siswa untuk itu adalah sebuah situs dengan nama Quipper School yang berbasis di Amerika, untuk Asia Tenggara berkantor di Manila, Philipina. Anda bisa mengaksesnya di bawah ini
  1. http://link.quipperschool.com (untuk guru)
  1. http://learn.quipperschool.com  (untuk siswa)
Untuk dapat mengakses website ini tentu saja guru harus mendaftarkan diri, setelah proses pendaftaran selesai, guru bisa membuat kelas sesuai kelasnya mengajar. Proses yang relatif cepat jika layanan internetnya lancar. Guru dapat mencetak kode aktivasi untuk siswa, kode ini diperlukan siswa untuk mengaksesnya seelah melalui proses pendaftaran. Selain membuat kelas, guru juga bisa membuat tugas sesuai materi yang diajarkan. Materi dalam situs ini sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia ( KTSP atau K13 ). Karena guru sudah membuat kelas secara otomatis tugas yang dibuat akan berhubungan langsung dengan kelas tersebut. Oya, dalam membuat tugas untuk siswa harap jangan dilupakan waktu penyelesaian tugas tersebut, serta guru maupun siswa disarankan menggunakan google chrome sebagai browsernya.
Berikut contohnya:
Ruang materi dari kelas X mata pelajaran ekonomi :
Di bawah ini merupakan contoh tugas yang diberikan guru kepada siswa di kelas X IPA 2 :
Report kelas X IPA 2, tugas 1 materi manajemen :
Report tiap siswa untu tugas 1 materi manajemen : 
Kelebihan dari media belajar ini selain materi dan soal sudah lengkap berikut penilaiannya, bagi siswa juga dapat mengerjakannya dengan media smatrphone, komputer di rumah atau di warung telekomunikasi. Selain itu kelebihan situs ini adalah mudahnya mengakses, tidak harus dengan komputer kerja seperti di warnet atau di rumah maupun di laboratorium komputer sekolah, cukup dengan handphone sejenis tablet atau smartphone siswa sudah bisa mengerjakan tugas-tugasnya dimana saja.

2      Mengenal tentang Moodle,
Apa itu Moodle? Moodle adalah sebuah software website elearning yang bersifat Open Source biasa disebut sebagai Course Management System (CMS), juga dikenal sebagai Learning Management System (LMS) atau Virtual Learning Environment (VLE). Hal ini telah menjadi sangat populer di kalangan pendidik di seluruh dunia sebagai alat untuk membuat situs web online yang dinamis bagi siswa mereka. Untuk menggunakannya, Moodle perlu diinstal pada web server di suatu tempat, baik di salah satu komputer Anda sendiri atau salah satu perusahaan web hosting.
Fokus proyek Moodle adalah menyediakan bagi pendidik alat (tool) terbaik untuk mengelola dan mempromosikan kegiatan  belajar, dalam hal tersebut ada banyak cara untuk menggunakan Moodle:
·       Moodle memiliki fitur yang memungkinkan untuk skala penyebaran yang sangat besar dan ratusan ribu mahasiswa, namun juga bisa digunakan untuk sekolah dasar atau kegiatan belajar skala kecil lainnya.
·       Banyak institusi menggunakannya sebagai platform mereka untuk melakukan kursus sepenuhnya online, sementara beberapa menggunakannya hanya untuk menambah kursus tatap muka (dikenal sebagai blended learning).
·       Banyak pengguna Moodle suka menggunakan modul kegiatan (seperti forum, database dan wiki) untuk membangun komunitas kolaboratif untuk belajar intensif sekitar materi pelajaran (dalam tradisi konstruksionis sosial), sementara yang lain lebih suka menggunakan Moodle sebagai cara untuk menyampaikan konten untuk mahasiswa (seperti paket SCORM standar) dan menilai pembelajaran menggunakan tugas atau kuis.
Moodle (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah sebuah platform perangkat lunak pembelajaran elektronik (elearning) yang bersifat gratis dan open source, juga dikenal sebagai Sistem Manajemen Kursus/Kuliah (Course Management Courses), Sistem Manajemen Pembelajaran, Atau Virtual Learning Environment (VLE). Pada Oktober 2010 Moodle memiliki basis pengguna sebanyak 49.952 situs terdaftar dan diverifikasi, melayani 37 juta pengguna untuk 3,7 juta kursus/kuliah.
Moodle pada awalnya dikembangkan oleh Martin Dougiamas untuk membantu pendidik membuat kursus online dengan fokus pada interaksi dan konstruksi kolaboratif isi, dan selanjutnya berevolusi terus-menerus.
Martin Dougiamas, yang merupakan sarjana dalam ilmu komputer dan pendidikan, menulis versi pertama dari Moodle. Awalnya, Dougiamas melakukan sebuah riset Ph.D. yang berjudul "The use of Open Source software to support a social constructionist epistemology of teaching and learning within Internet-based communities of reflective inquiry" . Walaupun bagaimana tepatnya konstruksionisme sosial membuat Moodle berbeda dari platform eLearning lain sulit untuk menunjukkannya, tetapi hal tersebut telah dinyatakan sebagai faktor penting oleh sejumlah adopter (pengadopsi) Moodle. Adopter Moodle lain, seperti Universitas Terbuka di Inggris, telah menunjukkan bahwa Sistem Manajemen Pembelajaran yang sama dapat dilihat sebagai "relatively pedagogy-neutral".
Filosofi Moodle (pendekatan pedagogis) mencakup sebuah pendekatan konstruktivis dan konstruksionis sosial (a constructivist and social constructionist approach) pada pendidikan, menekankan bahwa peserta didik (dan bukan hanya guru) dapat memberikan kontribusi pengalaman pendidikan. Moodle mendukung lingkungan belajar berorientasi hasil (outcomes-oriented learning environment).
Saat ini, Moodle memiliki beberapa fitur yang merupakan fitur khusus untuk platform e-learning, ditambah beberapa inovasi khas Moodle (seperti, sistem penyaringan). Moodle sangat mirip dengan sistem manajemen pembelajaran. Moodle dapat digunakan dalam berbagai jenis lingkungan seperti di bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan, dan pengaturan bisnis.
Beberapa fitur khas Moodle
·       Pengajuan tugas (Assignment Submission)
·       Forum diskusi
·       Download (unduh) File
·       Penilaian (grading)
·       Pesan Instant Moodle
·       Kalender Online
·       Berita dan pengumuman online (Tingkat Program Kursus/Kuliah dan Lembaga Pengelola)
·       Kuis online
·       Wiki
Pengembang dapat mengembangkan konstruksi modular Moodle dengan menciptakan plugin untuk fungsi baru yang spesifik. Infrastruktur Moodle mendukung berbagai jenis plug-in:
·       Kegiatan (termasuk permainan/games kata dan matematika)
·       Jenis sumber daya.
·       Jenis pertanyaan (pilihan ganda, benar dan salah, isi yang kosong dll)
·       Tipe data field (untuk kegiatan database)
·       Tema-tema (themes) grafis
·       Metode otentikasi (dapat dengan aksesibilitas yang memerlukan username dan password)
·       Metode pendaftaran
·       Filter konten
Banyak tersedia Plugin gratis dari pihak ketiga yang memanfaatkan infrastruktur Moodle. Pengguna Moodle dapat menggunakan PHP untuk membuat modul baru. Pengembangan Moodle telah didukung oleh karya para programmer open source. Hal ini telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan yang pesat dan perbaikan bug yang cepat. Secara default dalam Moodle terdapat TCPDF library yang memungkinkan dibuatnya dokumen PDF dari halaman.
Cara Mudah Install LMS Moodle Terbaru dari Cpanel Hosting, dan Bagi yang belum punya hosting silahkan beli dulu yah,, atau manfaatkan penyedia hosting-hosting gratis untuk sekedar buat belajar.
Nah, untuk langkah-langkah Instalasinya sangat mudah aja,
1. Silahkan sobat login ke cPanelnya masing-masing.

2. Buka auto installer Softaculous dan cari bagian script Moodle

3. Lalu klik auto installer dari Moodle, Klik "Install"
3        Lengkapi dan isi sesuai kebutuhan sobat sekalian
Software Setup
Choose Protocol
         : Pilihlan protokol yang akan digunakan Http/https
Choose Domain
         : Pilihan untuk domain yang digunakan
In Directory
               : Kosongkan jika ingin menginstall moodle di domain utama misal di http://idca.or.id
Data Directory
                        : Biarkan default dari installernya
Database Name
          : Biarkan default dari installernya
Cron Job
                     : Biarkan deault dari installernya
Site Setting
Site Name                      : Nama situs sobat nantinya
Site Description             : Tulis juga deskripsi tentang situsnya
Database Settings
Table Prefix                   : Biarkan default

Admin Account
Admin Username
       : Tulis nama user admin untuk situs moodle ini
Admin Password
        : Tulis juga passwordnya
First Name
                  : Nama depan Admin
Last Name
                  : Nama belakang untuk admin
Admin email
               : Masukkan juga email admin
Choose Language
Select Language
          : Pilihan bahasa yang akan digunakan
Jika semuanya sudah dilengkapi dengan benar, selanjutnya klik "Install"
5. Kemudian tinggal menunggu proses installasi LMS Moodle hingga selesai.
6. Nah, jika tidak ada masalah dalam proses installnya, maka LMS moodle sudah berhasil di install dan digunakan.
7. Akses domain sobat untuk melihat hasilnya, dan untuk masuk ke panel admin dashboard silahkan menuju http://domainsobat.com/admin

Saya rasa hanya segitu saja bahasan kali ini tentang Cara Mudah Install LMS Moodle Terbaru dari Cpanel Hosting, Semoga berhasil!
:D

3.Edmodo
Edmodo adalah situs pembelajaran online yang didirikan tahun 2008 untuk memberi fasilitas untuk siswa, guru, dan orang tua dengan tertutup, jaringan pembelajaran pribadi yang bisa mereka gunakan untuk terhubung dan berkolaborasi satu sama lain. Telah banyak sekolah yang mendaftarkan guru, siswa, dan orang tua dari seluruh dunia untuk menggunakan Edmodo sebagai platform belajar online mereka.
Cara membuat akun Edmodo
Cara membuat akun edmodo untuk siswa
·         Kunjungi http://www.edmodo.com
·         Pilih jenis akun Students
·         Isi data inputan pembuatan akun sesuai dengan data diri anda dengan benar kemudian klik Sign Up
Keterangan
·         Pada kolom inputan Group Kode diisi sesuai dengan kode group yang telah diberikan oleh guru yang telah mendaftar dan membuat grup mata pelajaran
·         Pastikan alamat email anda sesuai dan bisa login di web mail masing-masing. Jika terjadi lupa password ataupun user name bisa dipulihkan melalui email yang diinputkan pada waktu mendaftar pertama kalinya
·         Jika salah satu kolom inputaan tidak sesuai maka proses tidak bisa di lanjutkan, pastikan username anda tidak sama dengan username orang lain
Cara membuat Akun Edmodo untuk Guru
·         https://edmodo.com
·         pilih jenis akun Theachers
·         Isi data inputan pembuatan akun sesuai dengan data diri anda dengan benar kemudian klik Sign Up
Cara membuat akun edmodo untuk orang tua
·         https://www.edmodo.com
·         pilih jenis akun Parents
·         isi data inputaan pembuatan akun sesuai dengan data diri anda dengan benar keamudian klik Sign Up
ketrerangan
·         pada kolom inputan parents kode diisi sesuai dengan kode orang tua yang telah diberikan oleh guru/siswa yang telah mendaftar mata pelajaran
·         pastikan alamat email anda sudah sesuai dan bisa login di web mail masing-masing. Jika terjadi lupa password bisa dipulihkan melalui email yang diinputkan waktu mendaftar pertama kalinya
·         jka salah satu kolom inputan tidak sesuai maka proses tidak bisa dilanjutkan, pastikan username anda tidak sama dengan username orang lain

Kelebihan & Kekurangan EDMODO

Hasil diklat media ajar berbasis digital selama tiga hari, mendapatkan ilmu tentang penggunaan media sosial berorientasi pendidikan yaitu EDMODO. Merupakan social network yang memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran. Seperti halnya social network lain, akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan mengakses www.edmodo.com. Hanya saja, Edmodo didesain untuk penggunaan pembelajaran dan berbasis sekolah. Hal ini terlihat jelas pada tampilan halaman awal Edmodo, akan terlihat bahwa login pengguna dibedakan apakah user adalah guru, siswa, atau orang tua siswa. Beberapa fitur yang terdapat pada Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian pun terdapat diEdmodo.
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Edmodo
Kelebihan;
  1. User Interface.  Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
  3. Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.
Kekurangan;
  1. Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
  2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
  3. Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
Kesimpulan
Edmodo merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan agenda yang diberikan kepada siswa. Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec. Aplikasi ini memerlukan jaringan internet yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

*************