13 PRINSIP PENJUALAN (SELLING) YG WAJIB
DIKUASAI SELLER, SALES, MARKETING DAN BUSSINESMAN..
1.
SELL YOUR REPUTATION
Ingat,janganlah
anda menjual produk anda sebelum anda berhasil menjual REPUTASI anda.
Misalnya ketika anda ingin membeli komputer, hp, tv, laptop dll tentu pertama-tama yg anda pertimbangkan adalah sebuah nama atau yg lebih dikenal dgn sebutan BRAND (merk).
Tentu saja sebuah merk bukan hanya merupakan kumpulan dari sederetan tulisan ataupun logo,namun lebih dari itu.
Misalnya ketika anda ingin membeli komputer, hp, tv, laptop dll tentu pertama-tama yg anda pertimbangkan adalah sebuah nama atau yg lebih dikenal dgn sebutan BRAND (merk).
Tentu saja sebuah merk bukan hanya merupakan kumpulan dari sederetan tulisan ataupun logo,namun lebih dari itu.
Sebuah
merk lebih identik dgn sebuah komitmen dan dedikasi serta tanggung jawab
perusahaan kepada berbagai pihak terutama para konsumen.
2.
KNOW YOUR TARGET
Jangan
pernah anda menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menawarkan kepada mereka yg
semestinya bukan merupakan target
dari produk anda.
Contohnya
anda menjual mobil dengan harga milyaran rupiah maka anda akan tahu dan harus
tahu kepada siapa menawarkannya.
3.
MAKING APPOINTMENT
Sebuah
transaksi kemungkinan besar tidak akan terjadi sebelum anda berhasil bertemu
dengan konsumen dan kemungkinan besar
anda anda juga tidak akan bs bertemu dgn konsumen sebelum dibuatkan temu
janji,dan tentu saja sebuah temu janji biasanya diawali dengan sebuah
telepon/sms terlebih dahulu. Biasanya warga kaskus seperti ini dikenal dengan
istilah COD (cash on delivery).
4.
LOW BUDGET PROMOTION
Media
promosi yg paling murah dan sederhana pada saat ini mungkin adalah sebuah kartu
nama, stiker, milis, facebook, twitter dll. Terutama dalam era informasi ini,peran promosi
sangatlah penting bagi seorang tenaga penjual terutama apabila bisa
mempraktekkan prinsip yg satu ini. Contoh
dari forum FJB di kaskus,tanpa budget yg besar anda bs mempromosikan produk
anda ke warga kaskus lainnya.
5.
ALL ABOUT RATIO
10:3:1
Adalah
ketika seorang seller pempresentasikan produknya kepada 10 konsumen secara
terpisah dalam kurun waktu tertentu
(misal sebulan) maka bisa di asumsikan bahwa ada 3 konsumen yg tertarik dan
ingin mengetahui lebih lanjut. Dan
dari 3 konsumen tersebut kemungkinan besar 2 diantaranya akan memilih posisi
WAIT n SEE (kalo di kaskus mantau
dulu gan ) dan sisanya diprediksi akan menerima penawaran dari anda. Rasio
10:3:1 ini sering dijumpai dalam asuransi,kredit,maupun MLM.
6.
LET THEM KNOW
Sebagai
seller marketing yang profesionalmaka pertama-tama kepada siapakah anda akan
cerita tentang profesi anda dan produk anda ?? Sederhana saja..anda bs sambil ngobrol dalam keadaan
santai berbicara ttg penjualan anda disertaI
kelebihan dan kekurangannya kepada
Keluarga,tetangga,teman,komunitas dan khalayak ramai yg blm anda kenal. Mulailah usaha anda kepada orang2
terdekat/kerabat terdekat utk mengetahui sejauh mana kualitas produk anda.
7.
WRITE DOWN YOUR SALES PLAN
Setiap
sales/seller DIWAJIBKAN membuat sales plan (rencana penjualan). Misalnya dlm
seminggu minimal harus melakukan :
· berapa kali menelepon konsumen
· berapa kali bertemu konsumen
· berapa kali melakukan presentasi
· berapa banyak penambahan daftar nama baru
Hal
ini sering dijumpai di sales asuransi,MLM dll.
8.
BUILD A NETWORK
Sebuah
LEAD (daftar nama calon konsumen baru) sangatlah penting bagi seorang tenaga
penjual dan salah satu cara memperbanyak lead dengan mengikuti kegiatan seperti menghadiri
seminar,bergabung dalam milis,gathering,semua ini sangat membantu utk
memperluas Net Work anda.
9.
FOCUS ON PARETO PRINCIPLE
Vilfredo
Pareto mengemukakan Prinsip PARETO atau yg lebih dikenal dengan istilah hukum
pareto asumsinya adalah “bahwa dalam total
pendapatan anda apabila diperhatikan dgn seksama maka kontribusinya dari
konsumen yg jumlahnya hanya sebesar 20% akan
memberikan kontribusi sebesar 80% dari total pendaptan anda dan begitu jg sebaliknya”.
Pandangan
Vilfredo Pareto sampai detik ini masih digunakan dalam hal investasi,sales dan
marketing.
Jadi
seorang seller harus lebih banyak menghabiskan waktu buat berbicara dgn konsumen
yg mayoritas menghuni di kuadran 20% namun menyumbangkan 80% dr total
pendapatan anda.
Contoh
: dr 10 org mgkin cm 2 org yg rutin menggunakan produk anda.
10.
DON’T BEG
Alias
tidak boleh mengemis / memohon kepada konsumen untuk membeli.
Contoh : dengan adanya target penjualan terkadang sales memohon kepada buyer dengan memberikan cash back (yg dipotong dr komisinya sendiri).Ini tentu saja akan merusak citra profesi tenaga penjual dan juga menimbulkan persaingan yg tidak sehat antar sesama tenaga penjual. Namun hal ini sering dilakukan oleh pihak dealer2 kendaraan.
Contoh : dengan adanya target penjualan terkadang sales memohon kepada buyer dengan memberikan cash back (yg dipotong dr komisinya sendiri).Ini tentu saja akan merusak citra profesi tenaga penjual dan juga menimbulkan persaingan yg tidak sehat antar sesama tenaga penjual. Namun hal ini sering dilakukan oleh pihak dealer2 kendaraan.
11.
FIND OUT WHAT CONSUMER EXPEXTATIONS ARE
SELL THE SOLUTIONS
Sebenarnya
yg dijual seller adaalah SOLUSI. Contoh
: apa yg konsumen beli adalah bukan laptop dengan kecepatan tinggi namun
konsumen membeli solusi untuk mempermudah pekerjaan mereka. Ada konsumen membeli baju bermerk mahal
agar bisa mendukung kepercayaan dirinya,untuk menjaga prestise / image nya.
12.
USING GOLDEN RULE
The
Golden Rule : perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.
Penjabarannya adalah apabila anda tidak suka dipaksa untuk membeli maka hendaklah jangan pernah anda memaksa konsumen anda untuk membeli apa pun yg sedang anda tawarkan.
Penjabarannya adalah apabila anda tidak suka dipaksa untuk membeli maka hendaklah jangan pernah anda memaksa konsumen anda untuk membeli apa pun yg sedang anda tawarkan.
13.
BE PROUD AND PROFESSIONAL
Seorang
tenaga penjual harus bangga dan profesional atas profesinya.
Sebagai gambaran apabila anda sebagai agen asuransi,berbanggalah karena yg anda tawarkan adalah sebuah solusi perencanaan keuangan,kesehatan,kesejahteraan orang banyak dimasa depan dan anda turut andil dalam kesejahteraan klien anda.
Sebagai gambaran apabila anda sebagai agen asuransi,berbanggalah karena yg anda tawarkan adalah sebuah solusi perencanaan keuangan,kesehatan,kesejahteraan orang banyak dimasa depan dan anda turut andil dalam kesejahteraan klien anda.
Sebagai
penutup KEY POINT nya: “Ketika anda memiliki sikap yang benar dan
tepat,dapat dikatakan bahwa setidaknya anda telah SUKSES setengahnya”