7 Langkah
Belajar SEO Untuk Pebisnis Online Pemula
Bila Anda saat ini sudah mantap untuk mulai berbisnis online, maka
langkah penting yang pertama harus Anda lakukan selanjutnya adalah
memilih kata kunci.
Kata kunci (keyword) adalah elemen penting yang harus
dimiliki oleh website ataupun blog toko online Anda. Mengapa?
Ibarat sebuah papan penunjuk arah, kata kunci sama dengan penunjuk
arah tersebut. Sangat penting dalam mengarahkan traffic/kunjungan
ke website milik Anda. Kata kunci yang dimasukkan oleh calon konsumen di mesin
pencari seperti Google atau Yahoo-lah, yang akan mengarahkannya pada suatu
situs tertentu.
Sayangnya…yang memiliki bisnis toko online tentunya tidak hanya Anda
sendiri. Ada ribuan bahkan jutaan orang lain yang juga berebut agar “papan
penunjuk arahnya” mudah ditemukan oleh calon konsumen di search engine.
Membuat persaingan antar kata kunci menjadi sangat ketat.
Di sinilah aktivitas memilih kata kunci yang tepat menjadi krusial.
Dalam internet marketing, aktivitas ini dikenal sebagai Search
Engine Optimization (SEO). Sudah banyak bermunculan ahli-ahli SEO
saat ini di seluruh dunia. Namun bagi para pemula janganlah
berkecil hati. Ada beberapa langkah yang mudah untuk Anda belajar SEO,
sekalipun belum ada pengetahuan dalam hal SEO itu
sendiri. Jika dilakukan dengan baik, tidak menutup kemungkinan untuk membuat
website Anda, minimal masuk ke 5 halaman teratas di pencarian Google.
1. Pahamilah Kata Kunci
Yang Mampu Mewakili Bisnis Anda
Pertama Anda bisa
memanfaatkan layanan gratis Google Adwords, yaitu fitur Keyword Planner untuk
mengetahui, apakah kata kunci yang Anda inginkan memiliki volume pencarian yang
besar. Setelah pada kolom Targetting, bagian location dan language diubah
ke Indonesia, Anda bisa mulai riset keyword. Pilih kata kunci
yang benar-benar mewakili produk/jasa yang Anda tawarkan.
2. Berpikirlah Seperti Calon Konsumen Anda
Pedagang yang baik
adalah yang memahami kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu dalam pemilihan
kata kunci, akan lebih baik jika Anda menggunakan sudut pandang konsumen.
“Kira-kira, jika saya mau mencari produk Jilbab, kata kunci apa yang kan saya
cari di Google?” Itu adalah salah satu contohnya.
3. Pilih Kata Kunci Dengan Level Medium – Low
Pada bagian keyword
ideas, ada kolom yang menunjukan tingkat kompetisi suatu kata kunci.
Dari level Low, Medium dan High. High menunjukan bahwa persaingan atau jumlah
website yang menggunakan suatu kata kunci, sangatlah ketat. Contoh, kata
“Busana” memiliki jumlah pencarian 4,400/bulan dengan tingkat kompetisi yang
tinggi. Jika sudah begini, tentu jika Anda memakai kata kunci “Busana”, website
Anda akan sulit peluangnya masuk jajaran 10 besar pencarian di Google untuk keyword tersebut.
Jadi jika Anda ingin
toko online Anda punya peluang besar masuk jajaran atas pencarian, silahkan
pilih kata yang levelnya Medium atau Low. Ada
juga loh beberapa kata yang tingkat kompetisinya Low, namun
dicari hingga 4.400/bulan seperti kata “Herbal”.
4. Cek Kata Kunci
Tersebut
Setelah Anda menentukan
kata kunci yang pas, jangan buru-buru untuk memasangnya di toko online Anda.
Cobalah untuk cek terlebih dahulu dengan mengetikannya di mesin pencarian
Google. Contoh, jika Anda menginginkan keyword “Herbal”,
coba ketik di Google dan lihat website apa yang muncul di halaman pertama. Buka
dan coba periksa desain, isi maupun tulisan yang dipakai oleh website-website
tersebut. Amati dan coba aplikasikan pada toko online Anda. Aktivitas ini akan
bermanfaat untuk membantu Anda mengkira-kira, seperti apa tampilan website yang
disukai Google unuk ditampilkan di halaman pertama pencarian mereka.
5. Lakukan Penyesuaian
Langkah selanjutnya,
cobalah lakukan penyesuaian lagi. Kembali ke tujuan Anda berbisnis online,
yaitu penjualan. Maka bukan hanya sekedar ramai akan pengunjung saja, toko
online Anda pun harus bisa mengkonversi para pengunjung tersebut
menjadi pembeli. Oleh karenannya, penyesuaian pada keyword pun
diperlukan karena keyword yang spsesifik, memiliki peluang lebih besar untuk
mengkonversi traffic menjadi pembelian. Contoh, bila Anda
sudah memutuskan menggunakan kata kunci “Herbal”, Anda bisa membuatnya lebih
spesifik menjadi “Herbal Murah Berkhasiat”.
6. Cek Lagi
Setelah Anda
menentukan kata kunci yang telah dimodifikasi, cobalah cek lagi dengan
mengetikannya kembali di mesin pencarian Google. Contoh, jika Anda
menginginkan keyword “Herbal”, coba ketik di Google dan
lihat website apa yang muncul di halaman pertama. Buka dan coba periksa lagi
desain, isi maupun tulisan yang dipakai oleh website-website tersebut.
7. Implementasikan
Kini, Anda bisa
mulai mengimplementasikan keyword yang sudah Anda pilih
untuk dipasang sebagai judul produk, meta tittle maupun meta
description. Jangan lupa untuk melihat perkembangan peringkat toko online
Anda di mesin pencarian Google secara berkala. Rata-rata Google butuh
mengindeks suatu halamanbaru di mesin pencariannya antara 3-7 hari paling
cepat. Jika peringkatnya belum memuaskan, Anda bisa memodifikasi kembali keyword tersebut
atau menggantinya dengan yang lain.
Itulah sedikit
tips yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar mengenai SEO untuk mengoptimalkan
pencarian toko online Anda di mesin pencari. Semoga bermanfaat.
SUMBER :
yukbisnis.com