Perkembangan Teknologi Internet Pada Bisnis Online
Studi Kasus Tokopedia
BAB I
LATAR BELAKANG
1.1 Latar
Belakang
Teknologi semakin
berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologi yang berkembang pesat
adalah teknologi internet, dimana dahulunya internet hanya digunakan untuk
keperluan bertukar informasi dan berkomunikasi oleh segelintir atau sekelompok
orang. Berbeda dengan dulu, sekarang semua orang bisa menggunakan internet dan
teknologi internet pada saat ini lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk
berbagai keperluan. Salah satu bidang yang sekarang sedang banyak diminati dan
digeluti oleh masyarakat adalah e-bussines atau bisnis online,
bisnis online banyak diminati karena modal yang kecil dengan
keuntungan yang lumayan besar dan jangkauannya yang luas. Salah satu perusahaan
yang melakukan bisnis online adalah Tokopedia.
Mendengar nama
Tokopedia siapa yang belum tahu nama tersebut saat ini. Terlihat sekilas
Tokopedia layaknya seperti toko-toko online yang lain, tetapi
jika ditelusur lebih dalam Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang
ada di Indonesia. Sejarah Tokopedia dibangun berawal dari mimpi foundernya yang
percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar Indonesia diimbangi dengan
kerja keras mereka.
Tokopedia
merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang
memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan
mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis,
sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih
aman dan nyaman. Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan
bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang
instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan
barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual,
keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang
ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan
pembayaran baru selain yang sudah ada ini akan memberikan transaksi online yang
lebih cepat dan mudah.
Profil
dan Biografi William Tanuwijaya
William
Tanuwijaya ia dikenal sebagai pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha
Edision. William Tanuwijaya lahir di Kota Pamatang Siantar, Sumatera Utara pada
tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya
tersebut, setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke
ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara
(BINUS) Jakarta. Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk
membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua, ia kemudian bekerja di Warnet
dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.
Setelah lulus
dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak
dibidang pengembangan software komputer. Namun lama kelamaan mulai terbesit ide
dipikiran William Tanuwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana
mimpinya adalah mempunyai perusahaan internet sendiri. Kemudian pada tahun
2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Ide William Tanuwijaya
mengenai Tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online
Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai
terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia
namakan dengan Tokopedia.
Munculnya
Ide Mengenai Tokopedia
Ia kemudian
mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan
Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan
pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. Untuk membangun Tokopedia
tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut,
keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehinga ia menjadi
tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Sadar bahwa idenya pasti
berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk
mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan
melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal). William
Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali
idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya.
Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau
e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia, dimana
orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalui
Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi
penggunanya. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang
dialami Indonesia.
Selama dua tahun,
ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide Tokopedia
nya tersebut. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu tinggi.
Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting sebab sangat
sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi untuk memulai
bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari nol untuk membangun bisnisnya
tersebut.
William
Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia
Hingga kemudian
usaha William Tanuwijaya selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil, tepatnya
pada tahun 2009, pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William
Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17
Agustus 2009, Tokopedia resmi diluncurkan ke public setelah mendapatkan
suntikan dana dari para investor dan juga bos ditempat kerjanya. Tokopedia
bahkan mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari
Bubu Awards. Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun
dari para investor, mengingat perkembangannya sangat baik seperti : East
Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan
Softbank pada tahun 2013. Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus
Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014 Tokopedia
mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank
Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah
memodali Google dan Apple dan Instagram. William Tanuwijaya kemudian sekarang
ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO
Tokopedia. Hingga kini Tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha
pantang menyerah William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edision.
1.2 Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas,
kami merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana cara berbelanja di Tokopedia ?
2.
Bagaimana cara menjual produk di Tokopedia ?
3.
Fitur-fitur apa saja yang tersedia dalam
Tokopedia ?
4.
Produk-produk apa saja yang dijual di
Tokopedia ?
5.
Bagaimana potensi dan peluang pasar di
Tokopedia ?
6.
Bagaimana kondisi lingkungan bisnis Tokopedia
?
7.
Bagaimana analisis persaingan Tokopedia ?
8.
Bagaimana Visi dan Misi Tokopedia ?
9.
Penghargaan apa saja yang telah di dapat
Tokopedia ?
10.
Apa Kelebihan dan kekurangan Tokopedia ?
11.
Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan oleh
penjual di Tokopedia?
12.
Apa saja masalah yang pernah terjadi di
Tokopedia?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian E-Commerce
E-Commerce atau
disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan
pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem
elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.
E-commerce juga
melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik
seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan
data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer ataupun jaringan komputer
dan lain sebagainya.
Dalam teknologi
informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana
e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun
jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.
2.2 Jenis-jenis
E-Commerce
Ada beberapa
jenis e-commerce yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet
seperti di jelaskan di bawah ini.
1. E-Commerce
Business To Business (B2B)
Jenis e-commerce Business to Business
atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling
memiliki kepentingan bisnis di dalamnya dimana kedua belah pihak biasanya sudah
saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu
sama lain.
Biasanya jenis bisnis B2B dilakukan
secara berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi ini dilakukan karena
diantara kedua belah pihak saling menguntungkan dan adanya kepercayaan satu
sama lain.
Contoh dari bisnis B2B adalah dua
perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli atau supply barang yang
dilakukan melalui transaksi online dari internet, begitu juga dengan payment
yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan menggunakan kredit card dari
internet.
2. E-Commerce
Business To Consumer (B2C)
Jenis E-Commerce B2C adalah jenis
bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara
produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online.
Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan
produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan
bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau
memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau
pembeli.
3. E-Commerce
C2C
Jenis E-Commerce Consumen to Consumen
dilakukan antara konsumen dengan konsumen, sebagai contoh pelanggan dari sebuah
produsen akan menjual kembali kepada konsumsen lainnya.
4. E-Commerce
Consumen to Business (C2B)
Jenis E-Commerce Consumen To Businses
dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk ataupun
jasanya, sebagai contoh konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa
yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen, yang kemudian
produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa
yang diinginkan oleh konsumen tersebut.
2.3 Manfaat
E-Commerce
Beberapa
manfaat E-Commerce dapat kita lihat seperti berikut ini.
1) Mempermudah
komunikasi antara konsumen dan produsen
2) Memperluas
jangkauan calon konsumen dengan taget pasar yang tidak terbatas
3) Mempermudah
pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.
4) Proses
e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun
membeli.
5) Pembayaran
atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online.
6) Penyebaran
informasi yang begitu mudah untuk dilakukan
2.4 Perkembangan
Tokopedia
Tokopedia.com adalah
salah satu jaringan toko daring terbesar di Indonesia yang dimiliki dan
dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari
customer-ke-customer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani
calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan,
bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas
produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang
sudah ditentukan).
Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem
escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia
akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli.
Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia,
maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu.
Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa
pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman
barang yang sudah dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli
melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan
mentransfer uang pembelian kepada penjual.
PT Tokopedia didirikan oleh William
Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari
2009, sedangkan Tokopedia.com dibuka untuk public beta pada tanggal 17 Agustus
2009.
Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT.
Indonusa Dwitama dan setelah kesuksesan awal, Tokopedia menerima dana
investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di
Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang
berkembang.
Dengan ini, Batara Eto (co-founder dan ex-CTO dari Mixi.jp - situs
jejaring sosial terbesar di Jepang), Willson Cuaca (pendiri dari XSago,
perusahaan aplikasi mobile berbasis di Singapura), Taiga Matsuyama and Chandra
Tjan dari East Ventures sekarang diangkat menjadi anggota Board of Directors
Tokopedia.
Kemudian pada tanggal 19 April 2011, pihak Tokopedia mengumumkan bahwa
CyberAgent Ventures dari Jepang turut melakukan investasi kepada Tokopedia.
Menurut sumber yang didapat dari TechCrunch, DailySocial melaporkan bahwa nilai
investasi kali ini adalah sebesar US$700,000.- yang ditukar dengan 10% saham
Tokopedia. Dengan ini, valuasi nilai perusahaan Tokopedia per bulan April 2011
itu sudah mencapai nilai US$7,000,000.-
Pada awal Maret 2017 situs tokopedia dan bukalapak tumbang. Tidak
ketinggalan situs JD.ID juga down. Ternyata mereka memakai satu data center
yang sama, yakni Biznet Data Center. Setelah kami coba selidiki, data center
biznet ini mengalami kegagalan pada pembangkit listrik cadangan. Tentu hal ini membawa
beberapa hal yang perlu kita jadikan studi kasus. Berikut studi kasus atas
tumbangya situs tokopedia dan bukalapak.
BAB III
KAJIAN TEORI
Kemajuan
di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan
teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami
kesulitan dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas
bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi,
sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan
relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.
Penggunaan
internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran
informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis,
seperti : pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet
cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan
yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam
partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor,
lembaga penjamin, importer, dan lembaga bank. Pemasaran
konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran lewat internet.
Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen
berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualannya berada di luar
negri.
Pengguna
internet di seluruh dunia berkisar 200 juta, 67 juta diantaranya berada di
Amerika Serikat, internet di Indonesia berlipat dua kali setiap 100 hari.
Penggunaan internet untuk aplikasi strategi bisnis di Indonesia peluangnya
cukup besar, tapi banyak orang tidak menyadari, karena pemain bisnis di
Indonesia masih banyak kalangan tua.
Setiap
yang kita ketahui bahwa internet telah menciptakan revolusi yang sangat tidak
terduga dalam dunia teknologi, informasi maupun komunikasi. Pengertian internet(interconnection
networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan
menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan
jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain
sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek
yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk
keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati
oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat
berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah
melahirkan dunia baru yang
memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.
Fungsi atau
Manfaat Internet
Dibalik
kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita
peroleh sebagai pengguna internet. Berikut bebrapa fungsi atau manfaat dari
penggunaan internet :
a. Menambah
Wawasan dan Pengetahuan
Dengan adanya internet, kita jadi
lebih tahu mengenai bebagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari
seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari
informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka.
b. Komunikasi
Menjadi Lebih Cepat
Perkembangan internet yang semakin
menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat.
Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan biaya
yang relative murah.
Selain itu, sudah banyak jejaring
sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk
berkenalan dan menemukan teman bari di sana. Tidak sedikit juga dari mereka
yang ngobrol atau chatting dengan kerabat mereka menggunakan
jejaring sosial ini.
c. Mudahnya
Belanja di Internet
Dengan meledaknya penggunaan internet,
semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat ini, banyak
orang yang lebih suka belanja online karena sangat mudah dan
efisien.
Salah satu keuntungan dari
belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk
membeli item yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau
tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik
untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu.
d. Internet Sebagai
Wahana Hiburan
Internet juga berperan sebagai
“Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Anda
bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial, mendengarkan musik,
menonton video atau main game.
e. Berbagi
Apapun Menjadi Lebih Mudah
Dengan adanya internet, kita bisa
berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman, tutorial, resep, dan lain
sebagainya melalui akun media sosial atau blog pribadi. Saat ini banyak orang
yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka punya.
Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat
blog gratis, seperti blogger dan wordpress.
f. Pentingnya
Internet Dalam Dunia Bisnis
Ilustrasi internet untuk bisnis
mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam bidang
bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet demi meunjang
bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan berbagai manfaat internet
untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis online dimana
peran internet sebagai bisnis utama.
BAB IV
PEMECAHAN MASALAH
A.
Cara Berbelanja di
Tokopedia
1. Cari
Barang
Sebelum mencari barang pastikan ada
sudah masuk website Tokopedia atau sudah membuka aplikasi Tokopedia di
smartphone anda.
· Ketik nama barang
yang Anda cari pada kolom pencarian.
· Atau klik pilihan
kategori-kategori yang tersedia pada halaman Tokopedia
2. Masukkan Ke Keranjang Belanja
Setelah membuka salah satu produk, Anda akan
masuk ke halaman produk. Pada halaman ini, terdapat informasi lengkap mengenai
produk dan toko yang Anda pilih, antara lain :
· Informasi Produk
: berisi semua informasi penting yang berhubungan dengan produk yang sedang
Anda lihat.
· Ulasan : berisi
ulasan produk dari pengguna Tokopedia yang sudah pernah membeli produk
tersebut.
· Diskusi Produk :
tempat bertanya kepada penjual mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk
yang Anda pilih. Contohnya bertanya mengenai ketersediaan stok produk.
·
Informasi Penjual : berisi informasi lengkap
tentang penjual.
· Keterangan harga
pas dan harga grosir (jika ada)
Jika sudah yakin dengan produk yang
dipilih, klik tombol “ Beli “
3. Masukkan Alamat dan Jasa Kirim
Langkah berikutnya untuk berbelanja
online di Tokopedia adalah mengisi formulir pemesanan. Silahkan mengisi semua
formulir yang diperlukan dengan lengkap dan benar.
Langkah selanjutnya, klik tombol
“ Beli Produk Ini “
Catatan : jasa pengiriman dapat
berbeda antar satu penjual dengan penjual lain di Tokopedia.
4. Bayar
Untuk memulai proses pembayaran, klik
tombol bergambar keranjang padaheader menu, lalu klik produk yang
telah dipilih.
Pilih metode pembayaran yang ingin
digunakan, terdapat beberapa pilihan di Tokopedia, seperti :
1) Mandiri
Clickpay
2) Mandiri
e-cash
3) BCA
klikpay
4) Transfer
antar bank
5) Saldo
Tokopedia
Selanjutnya, klik tombol Checkout.
Catatan : jika Anda memiliki saldo
Tokopedia namun jumlah tidak cukup untuk membayar total transaksi, Anda tetap
bisa membayar sisa pembayaran menggunakan metode pembayaran lain.
6) Sistem escrow
Skema pembayaran transaksi di Tokopedia yang didasarkan pada
sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia bekerja
sama dengan iPaymu(Transaksi On Line Lebih Mudah). Layanan Escrow
atau Rekening Bersama adalah layanan dari iPaymu,
dimana iPaymuberlaku sebagai pihak ketiga independen yang menyediakan
sistem atas transaksi dua pihak (penjual-pembeli) yang belum memiliki keyakinan
tinggi diantara keduanya.
Syarat Dan Ketentuan Escrow:
iPaymu hanya menjadi
pihak ketiga yang menyediakan sistem Escrow Segala masalah yang timbul
pada saat menggunakan Escrow bukan menjadi tanggung jawab iPaymu. Escrow hanya
untuk transaksi jual beli barang (bukan jasa) Jika Anda menggunakan Escrow
untuk transaksi jual beli jasa maka segala resiko diluar tanggung jawab iPaymu
Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja Escrow dapat dilihat pada flow chart
dibawah ini: Alamat : https://ipaymu.com/escrow Keterangan:
a.
Pembeli dan penjual sepakat
menggunakan layanan Escrow iPaymu
b.
Pembeli login ke akun iPaymu
dan mengirimkan Escrow kepada Penjual. (Pengirim Escrow dikenakan biaya 2% dari
jumlah transaksi)
c.
iPaymu mengirimkan notifikasi
kepada Penjual bahwa Pembeli telah mengirimkan Escrow. Jika metode Escro kurang
diminati oleh konsumen, cara pengiriman lainnya dapat dipilh oleh konsumen.
Cukup memilih barang yang diinginkan. Maka akan memunculkan keterangan lebih
lanjut tentang barang. Apabila tertarik dengan barang tersebut, cukup anda
pilih maka akan memunculkan daftar pembelian barang. Consumen
e-commerse mengisi biodata sesuai yang dibutuhkan Tokopedia. Setelah menyelesaikan
biodata maka lanjutkan pembelian. Akan muncul konten : Lalu Pilih Checkout
Tokopedia akan mengirimkan no. rek ke nomor consumen. Lalu Konsumen mentransfer
uang ke rek. tersebut sesuai biaya yang telah ditetapkan.
5. Terima Barang
Setelah terima barang, harus
konfirmasi jika barang sudah kita terima. Kamu juga disarankan membuat review untuk
produk yang habis kamu beli.
B.
Cara Menjual
Produk di Tokopedia
·
Hal pertama yang dilakukan sebelum membuka
toko di situs ini, tentu kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
Untuk Anda yang memiliki akun facebook bisa menggunakan akun facebook untuk
masuk langsung tanpa harus mendaftar isi email. Lalu masuk ke situswww.tokopedia.com/login.pl
·
Setelah itu pilih pada bagian masuk
menggunakan facebook, setelah memilih masuk menggunakan facebook anda
harus memberi pengaturan aprove dari facebook,
agar akun bisa terhubung karena tanpa memberi perintah hubungkan maka akun
tokopedia tidak akan terhubung ke dengan facebook, sehingga sebelum
masuk facebook dari tokopedia anda harus terlebih dahulu
pastikan di browser anda sudah terhubung atau akun facebook di
dalam keadaan log in.
·
Setelah masuk silahkan buat nama toko anda
atau bisa menggunakan nama anda pribadi,semua terserah pribadi masing-masing.
·
Setelah toko telah dibuat sekarang saatnya
untuk jualan, pastikan situs Anda sudah jadi setelah itu masuk produk baru atau
masuk ke urlhttp://www.tokopedia.com/product-add.pl.
C.
Fitur-Fitur Yang
Tersedia di Tokopedia
·
Gold Merchant
Banyak sekali fitur-fitur unggulan yang
terdapat di dalamnya dan pastinya akan menguntungkanmu. Seperti Gold
Badge yang muncul di halaman toko dan produk yang akan menarik
perhatian calon pembeli, TopAds yang pastinya akan sangat membantu kamu untuk
promosi, Statistik Toko untuk memantau performa tokomu, 1 Slot Admin Toko
Gratis yang bisa kamu gunakan untuk menambah admin toko. Semua itu bisa
langsung kamu rasakan dengan berlangganan Gold Merchant.
·
Free Returns
Fitur ini memungkinkan pembeli untuk meretur
produk secara gratis jika tidak sesuai atau tidak cocok dengan catatan produk
masih dalam kondisi layak dijual. Dengan memfasilitasi produkmu
menggunakan Free Returnsini, tentunya tokomu akan lebih terlihat
terpercaya di mata calon pembeli. Untuk penjual yang ingin menggunakan fitur
ini, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali sampai waktu yang ditentukan.
·
Stock Management
Fitur ini akan memudahkanmu melihat sisa
produk yang ada di toko, sehingga kamu tidak perlu lagi repot menghitung sisa
produk setiap kali ada pesanan masuk. Dan yang paling penting, fitur ini bisa
meminimalisircancellation rate di tokomu karena stok produk yang
habis akan otomatis masuk ke Stok Kosong, sehingga tidak dapat dipesan pembeli.
·
Mitra Toppers
Mitra Toppers adalah
program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman yang memudahkan
kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tokopedia bekerja sama dengan
beberapa mitra penyedia pinjaman yang bisa kamu pilih seperti : BRI, UOB, Amar
Bank, DBS, Bank Sampoerna, Taralite, hingga Modalku. Modal yang kamu dapatkan
bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis onlinemu, mulai dari menambah
stok dan varian produk, menambah tenaga pekerjaan, sampai mendaftarkan merek
dagang.
·
Pre Order
Dengan menggunakan fitur Pre Order,
kamu bisa mendapatkan waktu tambahan untuk memproses pesanan sampai 30 hari.
Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan jika menerima pesanan dalam jumah banyak.
Jadi jika stok pesanan tidak mencukupi, produk tidak perlu digudangkan, kamu
hanya cukup mengubahnya menjadi produk Pre Order. Dengan begitu,
produk tersebut tetap bisa dilihat dan dibeli namun dengan waktu proses yang
lebih lama.
·
Instoped
Fitur yang bisa meng-upload produk langsung
ke Instagram, tidak Cuma 1 atau 2 produk saja bahkan bisa
meng-upload hingga 20 produk sekaligus.
·
User Manaement
Kamu bisa menambah beberapa orang (maksimal 10
orang) untuk bantu mengelola tokomu di Tokopedia. Tambahan admin ini dibagi
menjadi 3 antara lain Admin Toko, Admin Transaksi, dan Admin pesan.
D.
Produk Jasa Yang
Dijual
Tokopedia.com
menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi :
·
Pakaian
·
Fashion & Aksesories
·
Kecantikan
·
Kesehatan
·
Rumah Tangga
·
Dapur
·
Perawatan Bayi
·
Handphone & Tablet
·
Laptop & Aksesoris
·
Komputer & Aksesoris
·
Elektronik
·
Kamera, Foto & Vidio
·
Otomotif
·
Olahraga
·
Office & Statinery
·
Souvenir, Kado & Hadiah
·
Mainan & Hobi
·
Makanan & Minuman
·
Buku
·
Software
·
Film, Musik & Game
Hingga januari 2015, terhitung lebih
dari 1.200 kategori produk tersedia di tokopedia.com.
E.
Potensi Dan
Peluang Pasar Di Tokopedia
Seiring
berjalannya waktu, Tokopedia.com pun berhasil merangkak naik menjadi sebuah
perusahaan yang memiliki reputasi sangat baik dimata para investornya dan
kalangan masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya investor yang menjalin
kerja sama dengan Tokopedia.com sejak tahun 2009-2013. Tokopedia.com merupakan
online market place yang menjadi tempat bertemunya
penjual dan pembeli. Sehingga setiap dari mereka yang mengunjungi Tokopedia.com
dapat melakukan transaksi yang aman karena dana pembayaran baru diberikan
kepada penjual setelah pembeli menerima barang dan juga nyaman secara mudah
serta juga bebas biaya. Tokopedia.com memiliki banyak investor besar dari
Softbank Internet dan Sequoia Capital sebesar 100 juta USD setara dengan 1.2
triliun rupiah.
F.
Kondisi
Lingkungan Bisnis Tokopedia
Analisis
matriks SWOT
· Strength Threat
(kekuatan ancaman)
Adanya
situs online yang mudah diakses oleh pengguna internet, adanya rekening
bersama, memberikan kenyamanan serta keamanan dalam belanja online, menyediakan
pelapak yang terpercaya.
· Strength
Opportunity (kekuatan peluang)
Selalu
memberikan pelayanan yang aman utuk berbelanja karena dengan akun-akun yang
disediakan oleh Tokopedia.com seperti akun saat pembayaran yang baru diberikan
kepada penjual setelah pembeli menerima barang, menyediakan pelapak yang
memiliki harga miring namun tetap berkualitas agar tidak kalah saing dengan
pesaing.
· Weakness
Opportunity (kelemahan peluang)
Adanya
fitur untuk pelapak meskipun cukup mahal bisa melakukan proses yang cepat yaitu
1x24 jam dari waktu pemesanan memakai jasa pengiriman yang aman seperti JNE.
· Weakness Threat
(kelemahan ancaman)
Adanya
hak cipta yang dilindungi oleh hokum jadi meminimalisasi adanya plagiat atau
penipuan.
G.
Analisis
Persaingan Tokopedia
Dalam persaingan
berbisnis harus memiliki kekuatan tersendiri dalam berbisnis. Dilihat dari
kelengkapan mutu, tokopedia.com memiliki mutu dalam berbelanja online yang
maksimal. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berbelanja dan barang
yang berkualitas. Untuk harga yang ditawarkan oleh pelapak dalam tokopedia.com
merupakan harga umum yang ada didalam pasaran. Sehingga tidak menurunkan minat
pembeli untuk berbelanja di Tokopedia.com. untuk memperkenalkan bisnis ini,
tokopedia.com memanfaatkan jasa iklan seperti iklan diberbagai website,
Tokopedia.com memilih ambassador untuk bisa lebih memperkenalkan produknya atau
bisnisnya seperti Chealsea Islan yang terpilih menjadi ambassador dan
menayangkan iklan dimedia-media elektronik seperti TV dan radio, serta adanya
aplikasi Tokopedia.com yang tersedia dalam iOS, play store untuk lebih menambah
minat masyarakat dalam berbelanja didalam Tokopedia.com selalu memberikan hal
baru dalam dunia berbisnisnya, seperti memperbarui tampilan dalam website atau
aplikasinya agar tidak kalah menarik dengan aplikasi milik bisnis online
lainnya yang menjadi pesaingnya.
H. Visi dan Misi
Tokopedia
Visi Tokopedia
a.
Membangun Indonesia yang lebih baik lewat
internet.
b.
Menjadi penyedia sarana transaksi online yang
terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di Indonesia.
Misi Tokopedia
a.
Menggunakan teknologi dari web dan internet
secara tepat.
b.
Memperkuat produk dan layanan dari Tokopedia
baik yang dilakukan secara online maupun offline.
I. Penghargaan Yang
Telah di Dapat Tokopedia
a.
Tokopedia berhasil menyabet penghargaan Best
Company In Customer Industry dalam ajang Indonesia Digital
Economy.
b.
Mendapat penghargaan Campaign terbaik
dari Majalah Marketing.
c.
Tokopedia raih penghargaan Top 50 Most
Valuable pada Ajang Indonesian Brands 2016.
J.
Kelebihan dan
Kekurangan Tokopedia
Kelebihan
Tokopedia
· Selain itu, situs
ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
· Loading site terhitung
ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
· Bagian daftar
produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, serta adanya fitur harga grosir.
· Adanya fitur pre-order untuk
produk yang harus di import, karena proses ini biasanya akan
memakan waktu yang lebih lama.
· Adanya fitur
estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga
produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang
tersedia.
· Transfer dana
yang relative cepat dengan rata-rata 2 hingga 3 jam, dan maksimum mencapai
waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
· Waktu proses
pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari
semenjak invoice masuk.
· Keamanan cukup
baik karena adanya penggunaan kode OTP.
· Memiliki blog
yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan
dan optimal toko online milik kita.
Kekurangan
Tokopedia
· Website dan aplikasi
Tokopedia kerap mengalami eror.
· Terlalu
sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa
kesal.
· Error pasca maintenance, efeknya
bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
· Tidak adanya
fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
· Sering terjadi
perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah.
Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan
kisaran harga yang relative tinggi.
· Peluang barang
lebih banyak lalu pada member Gold Marchant masih tidak
optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit
berbeda dari member biasa.
· Fitur pengelola
stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah
menunggu pembayaran, stok produk tidak secara optimal berkurang.
· Tidak memiliki
fitur diskon yang terbatas waktu.
K.
Hal-hal yang harus diperhatikan Penjual di
Tokopedia agar toko tidak sepi pembeli
·
Respon yang lambat
Respon pemilik
toko yang sangat lambat, bahkan terkesan seperti sombong membuat toko tersebut
terlihat negatif di mata calon pembeli. Jika seorang pemilik toko memang tidak
berniat jualan, maka sebaiknya tokonya di tutup saja daripada lambat dan
cenderung malas membalas pertanyaan calon pembeli. Saya pernah menemui beberapa
toko yang terkesan seperti ‘tidak mau jualan’. Tokopedia menyediakan fitur Diskusi agar calon
pembeli bisa berdiskusi kepada penjual / pemilik toko tersebut sebelum membeli.
Namun ketika pemilik toko tidak memberikan balasan diskusi entah itu sibuk atau
karena malas, maka hal tersebut akan membuat pembeli juga malas membeli.
Fitur Diskusi ini
juga berguna mengukur seberapa cepat respon dari toko. Saya pernah membuat
kesalahan dengan membeli pada toko yang bahkan balas diskusi saja sangat lama.
Apa yang terjadi pada akhirnya adalah toko tersebut tidak merespon orderan saya
sampai akhirnya order saya batal sendiri. Jika Anda memiliki toko di
tokopedia.com maka jangan pernah malas membalas diskusi. Ketika respon Anda
cepat, maka orang-orang akan lebih melirik toko Anda.
·
Menjual Barang Tanpa Deskripsi
Banyak toko-toko
offline yang sudah ramai pengunjung mencoba berjualan secara online. Namun
karena keterbatasan karyawan yang bekerja, maka toko onlinenya akan tidak
begitu terurus. Anda bisa melihat hal ini dari toko-toko yang menjual barang
tanpa adanya deskripsi barang tersebut. Bahkan terkadang ada toko yang
deskripsi barangnya hanya copy-paste dari situs berbahasa inggris.Ketika saya
menemukan toko-toko seperti ini, maka terlihat jumlah barang terjual sangat
kecil sekali. Apalagi toko yang selain barangnya tidak ada deskripsi juga tidak
pernah membalas diskusi dari calon pembeli.
Memasang
deskripsi barang adalah hal yang krusial pada toko marketplace sekelas
tokopedia. Jika Anda berjualan dengan memanfaatkan blog, maka tanpa adanya
deskripsi produk Anda tidak akan ada orang yang akan datang ke blog tersebut.
Bahkan jika orang datang, tidak akan mau membeli karena mereka tidak mengetahui
sebenarnya apa fungsi dari barang yang Anda tawarkan. Jika Anda pemilik toko
online di tokopedia / marketplace lain, maka pastikan produk yang Anda jual
punya deskripsi yang jelas dan mendetail.
Calon pembeli
akan lebih mudah mempertimbangkan hendak membeli barang Anda atau tidak ketika
melihat deskripsi barang tersebut. Calon pembeli tidak akan mempertimbangkan
apa-apa dan langsung menutup halaman barang Anda ketika barang yang Anda
tawarkan tidak ada deskripsinya.
·
Menjual Barang dengan Deskripsi yang
Menyesatkan
Anda pernah
membeli ‘kucing dalam karung’? Jika Anda seorang online shopper aktif,
terkadang bisa terjebak dan membeli ‘kucing dalam karung’. Ada saja ulah
oknum-oknum tak bertanggung-jawab yang melakukan hal ini. Mereka menulis sebuah
barang dengan deskripsi yang WOW.
Namun ketika
barang sampai di tangan Anda, barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang
dituliskan. Salah satu alasan yang sering digunakan ketika terjadi kasus ini
adalah si pemilik toko menyalahkan kurir yang mengantar.
Untunglah
tokopedia menyediakan fitur komplain ketika menerima barang sehingga bisa
dilakukan proses lebih lanjut karena hal ini. Jika Anda memang ingin membangun
toko online yang sukses maka hindarilah hal ini. Satu-dua kali saja Anda
melakukan hal ini maka toko Anda akan di cap tidak bagus.
Pembeli yang
terkena masalah tersebut bisa saja menulis ulasan yang jelek sehingga nantinya
calon pembeli lainnya tidak akan mau lagi membeli barang tersebut karena
terdapat ulasan yang jelek.
·
Perang Harga yang Keterlaluan dengan Toko Lain
Tahukah Anda,
bahwa toko yang melakukan perang harga sampai pada tahap yang ‘keterlaluan’
akan membuat toko tersebut berada pada mode moderasi. Terkadang ada saja seller
yang menurunkan harga barang sampai melebihi batas wajar harga barang tersebut.
Hal ini tentunya menguntungkan pembeli barang, namun sangat merugikan toko
lain. Berdasar ketentuan penjualan di situs resmi tokopedia mengutip isi
Peraturan No 1. pada TRANSAKSI PENJUALAN yaitu : Penjual dilarang memanipulasi
harga Barang dengan tujuan apapun.Orang pastinya akan hanya membeli barang
jenis tertentu tersebut hanya di toko dengan harga paling murah. Hal ini akan
membuat seller lain komplain dan merasa toko tersebut telah melakukan monopoli
harga.
Salah satu jenis
perang harga keterlaluan yang sering terjadi adalah toko menjual barang satuan
dengan harga grosiran terendah. Padahal harga satuan terendah barang tersebut
hanya bisa di dapat ketika membeli dengan jumlah tertentu. Ketika hal itu
terjadi maka kecenderungan pembeli barang hanya akan membeli dari toko
tersebut.Bahkan toko-toko yang menggelontorkan dana untuk promosi akan kalah
saing ketika ada toko yang berani menjual barang dibawah harga pasaran!
·
Mengganti Kurir Tanpa Konfirmasi
Sering sekali
kejadian ketika seller mengganti kurir pengiriman barang tanpa melakukan
konfirmasi terlebih dahulu. Salah satu alasan pergantian kurir adalah kurir
yang Anda pilih tidak buka! Tetapi kecenderungan pergantian kurir ini adalah
karena harga ongkir menjadi lebih murah. Dan bagi seller nakal, kelebihan
ongkir karena pergantian kurir ini akan menjadi ‘ uang masuk sampingan ‘
mereka. Seller yang menerapkan cara ini tentu saja akan membuat pembeli merasa
tertipu dan kecewa besar. Karena setiap kurir punya estimasi lamanya pengiriman
yang berbeda-beda. Pergantian kurir seharusnya melalui konfirmasi terlebih
dahulu.
Jika Anda harus
mengganti kurir pengiriman ketika terjadi suatu permasalahan, maka sebaiknya
hubungi pembeli terlebih dahulu. Katakan juga bahwa Anda akan mengembalikan
kelebihan ongkir ( jika ada ) dengan menyelipkannya pada paket yang hendak Anda
kirim.
L.
Masalah yang terjadi pada Tokopedia
·
(Masalah pada status penjualan, konfirmasi
pengiriman barang dan penerimaan barang)
Saya sebagai
penjual di Tokopedia dirugikan karena masalah sistem di Tokopedia. Pada tanggal
15 Februari 2017 saya menerima pesanan speaker JBL2. Pesanan saya terima dan
barang saya kirim di hari yang sama. Setelah kirim barang saya input no resi
dan melakukan konfirmasi pengiriman. Keesokan harinya pada saat saya cek status
penjualan, status penjualan hilang. Saya langsung menghubungi customer care
Tokopedia dan info dari CS, pihak penjual yang menolak order. Sudah saya
tegaskan beberapa kali bahwa saya tidak pernah membatalkan/menolak order.
Bagaimana mungkin saya sebagai pihak penjual menolak/membatalkan order setelah
barang dikirim? Yang bermasalah adalah sistem dari Tokopedia.
Pihak Tokopedia
pun sudah menghubungi pembeli dan pembeli sudah konfirmasi bahwa barang pesanan
sudah diterima. Saya minta pihak Tokopedia untuk mengaktifkan lagi status
penjualan saya tapi pihak Tokopedia menolak dan menyarankan pembeli untuk
transfer langsung ke saya atau melakukan order ulang. Pembayaran dari pihak
pembeli mengunakan cicilan kartu kredit. Masalahnya pihak pembeli sudah di-
charge kartu kreditnya dan baru mau untuk order ulang setelah dananya kembali.
Info dari Tokopedia dana akan dikembalikan setelah 14 hari kerja dan saya
disuruh menunggu sampai billing tagihan kartu kredit diterima. Pihak pembeli
pun disuruh untuk membayarkan tagihan kartu kredit yang sudah tertagih.
Setelah saya
tunggu 1 bulan dan konfirmasi ke pihak pembeli, dana yang sudah tertagih masih
belum kembali. Berdasarkan hasil checking dengan CS Tokopedia info yang
didapatkan mengenai pengembalian dana juga tidak sesuai. Nilai transaksi
Rp680.050 via kartu kedit tapi info Tokopedia dana yang dikembalikan Rp697.000
dan metode pembayaran via transfer, bukan kartu kredit. Dari jumlah nilai uang
dan metode pembayaran saja pihak Tokopedia sudah tidak konsisten. Setelah saya
telepon ke CS Tokopedia, mereka baru mengirimkan screenshots sistem mereka
untuk jumlah uang yang benar sebesar Rp680.050. Info yg saya dapat dari CS via
telepon pengembalian dana ke pembeli gagal.
·
Solusi dari Masalah (Status Penjualan)
Tentu saja ini
kesalahan pada sistem Tokopedia terutama untuk status penjualan, konfirmasi
barang yang telah dikirim ataupun diterima oleh pembeli. Dan membuat penjualan
merasa dirugikan. Meskipun Tokopedia sendiri akan mengembalikan dana yang
dirugikan oleh penjual, tetapi ternyata Tokopedia tidak sepenuhnya
mengembalikan dana yang sesuai dengan totalan harga. Seharusnya Tokopedia bisa
lebih bertanggungjawab terhadap kesalahan yang terjadi dan membuat penjual atau
pembeli tidak merasa dirugikan. Jika sudah terjadi seperti, mungkin saja
pembeli atau penjual tidak ingin mendapatkan kejadian seperti ini lagi dan
memutuskan untuk pindah lapak karena pelayanan dari Tokopedia ini tidak nyaman
dan tidak bertanggungjawab. Diharapkan Tokopedia bias adil dan lebih
bertanggungjawab kepada semua penjual dan pembeli. Dan untuk pembeli harus
lebih berhati-hatilah saat berbelanja pada toko online dimana pun.
·
Masalah pada Kurir Pengiriman Tokopedia
(GO-SEND)
Pengalaman
belanja di TOKOPEDIA via kurir GOSEND ini sudah yg kesekian kalinya saya
dapat kendala kalau beli barang di Tokopedia terus pake Gosend, masalah yang
susah cari kurirnya, terus akhirnya barang bisa baru tiba 2-3 hari padahal saya
bayar ongkos kirim Gosend (same day) dihari yg sama sampe tapi kenyataannya
tidak sesuai, kalau memang lagi dibutuhin cepat kecewa pastinya
karena barang tidak sampai-sampai.
·
Solusi dari Masalah (Kurir Pengiriman)
Barang yang
hilang pada kurir pengiriman Go-Send yang mempunyai kerjasama dengan Tokopedia
ini akan membuat citra pelayanan dan pengiriman pada Tokopedia dinilai buruk
oleh masyarakat. Untuk memproses barang yang hilang atau dana yang hilang pada
toko online memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi tentunya saja
ini membuat pembeli kecewa dengan Tokopedia yang tidak bertanggungjawab dan
memantau kurir pengiriman dengan baik. Meskipun tidak semua kurir pengiriman
seperti itu, tapi mayoritas beberapa kurir pengiriman pernah mengalami kendala
seperti itu. Kami pikir mungkin Tokopedia perlu membuat kurir khusus seperti
Ladaza meskipun tidak secepat pengiriman yang dilakukan oleh Go-Send tetapi
bisa lebih aman dan terpercaya karena mudah untuk dipantau atau dilihat proses
pengirimannya. Dan untuk pembeli harus lebih berhati-hatilah saat berbelanja
pada toko online dimana pun.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Tokopedia ini merupakan
bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta
fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis
pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online.
Adanya pesaing
merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan
kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga,
pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta
keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa
meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan
hal yang sangat penting dalam menembus pasar.
3.2 Saran
Adapun saran yang
dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah
sebagai berikut :
·
Agar selalu di percaya oleh pelanggan ataupun
calon pembeli maka hendaknya pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan
tepat dalam memberikan informasi dan layanan yang diberikan.
·
Selain itu, sebaiknya produk yang di dapat
oleh para konsumen sama dengan apa yang mereka lihat di website.
·
Selalu memperbanyak event dan promo sehingga
para pelanggan tertarik untuk selalu membeli.
DAFTAR PUSTAKA
1.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/tokopedia
2.
https://m.tokopedia.com
3.
http://www.biografiku.com/2019/03/biografi-william-tanuwijaya-pendiri-tokopedia.html
4.
http://materikuliahkublog.blogspot.com/2019/03/makalah-studi-kasus-tokopedia.html?m=1
5.
http://tamarizka.blogspot.in/2019/03/studi-kasus-tokopediacom.html?m=1
6.
https://m.kaskus.co.id/thread/59e9970ca2c06e61348b4567/masalah-kurir-gosend-di-tokopedia/