Jumat, Maret 22, 2019

e-Commerce Lokal Berkonsep Mall Online



Perkembangan Teknologi Internet Pada Bisnis Online
Studi Kasus Tokopedia
BAB I
LATAR BELAKANG
1.1 Latar Belakang
Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi internet, dimana dahulunya internet hanya digunakan untuk keperluan bertukar informasi dan berkomunikasi oleh segelintir atau sekelompok orang. Berbeda dengan dulu, sekarang semua orang bisa menggunakan internet dan teknologi internet pada saat ini lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu bidang yang sekarang sedang banyak diminati dan digeluti oleh masyarakat adalah e-bussines atau bisnis online, bisnis online banyak diminati karena modal yang kecil dengan keuntungan yang lumayan besar dan jangkauannya yang luas. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis online adalah Tokopedia.
Mendengar nama Tokopedia siapa yang belum tahu nama tersebut saat ini. Terlihat sekilas Tokopedia layaknya seperti toko-toko online yang lain, tetapi jika ditelusur lebih dalam Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia. Sejarah Tokopedia dibangun berawal dari mimpi foundernya yang percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar Indonesia diimbangi dengan kerja keras mereka.
Tokopedia merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini akan memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah.

Profil dan Biografi William Tanuwijaya
William Tanuwijaya ia dikenal sebagai pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edision. William Tanuwijaya lahir di Kota Pamatang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.
Setelah lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer. Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran William Tanuwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan internet sendiri. Kemudian pada tahun 2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Ide William Tanuwijaya mengenai Tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia namakan dengan Tokopedia.
Munculnya Ide Mengenai Tokopedia
Ia kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. Untuk membangun Tokopedia tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut, keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehinga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Sadar bahwa idenya pasti berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal). William Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya. Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia, dimana orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalui Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami Indonesia.
Selama dua tahun, ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide Tokopedia nya tersebut. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu tinggi. Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting sebab sangat sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi untuk memulai bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari nol untuk membangun bisnisnya tersebut.
William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia
Hingga kemudian usaha William Tanuwijaya selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil, tepatnya pada tahun 2009, pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia resmi diluncurkan ke public setelah mendapatkan suntikan dana dari para investor dan juga bos ditempat kerjanya. Tokopedia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards. Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor, mengingat perkembangannya sangat baik seperti : East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013. Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014 Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram. William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga kini Tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edision.


1.2  Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas, kami merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.        Bagaimana cara berbelanja di Tokopedia ?
2.        Bagaimana cara menjual produk di Tokopedia ?
3.        Fitur-fitur apa saja yang tersedia dalam Tokopedia ?
4.        Produk-produk apa saja yang dijual di Tokopedia ?
5.        Bagaimana potensi dan peluang pasar di Tokopedia ?
6.        Bagaimana kondisi lingkungan bisnis Tokopedia ?
7.        Bagaimana analisis persaingan Tokopedia ?
8.        Bagaimana Visi dan Misi Tokopedia ?
9.        Penghargaan apa saja yang telah di dapat Tokopedia ?
10.    Apa Kelebihan dan kekurangan Tokopedia ?
11.    Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan oleh penjual di Tokopedia?
12.     Apa saja masalah yang pernah terjadi di Tokopedia?

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian E-Commerce
E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg24OkcZjjBxe5PvIisnsKmRJjQI-o710Sg48YK5jyRtOftYIbEOVqYyUJU0WbHwBPJ0lROPSbVg6oP528eb-45Cy6_Y5-6BkZtj-2_k3vpg1ylR7mxcxLUmFJpMij3KMb81XXIpGzrFw/s1600/003.jpg
E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.
Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.

2.2 Jenis-jenis E-Commerce
Ada beberapa jenis e-commerce yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet seperti di jelaskan di bawah ini.
1.     E-Commerce Business To Business (B2B)
Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis di dalamnya dimana kedua belah pihak biasanya sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.
Biasanya jenis bisnis B2B dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi ini dilakukan karena diantara kedua belah pihak saling menguntungkan dan adanya kepercayaan satu sama lain.
Contoh dari bisnis B2B adalah dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli atau supply barang yang dilakukan melalui transaksi online dari internet, begitu juga dengan payment yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan menggunakan kredit card dari internet.
2.     E-Commerce Business To Consumer (B2C)
Jenis E-Commerce B2C adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
3.    E-Commerce C2C
Jenis E-Commerce Consumen to Consumen dilakukan antara konsumen dengan konsumen, sebagai contoh pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada konsumsen lainnya.
4.     E-Commerce Consumen to Business (C2B)
Jenis E-Commerce Consumen To Businses dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk ataupun jasanya, sebagai contoh konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen, yang kemudian produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.
2.3 Manfaat E-Commerce
Beberapa manfaat E-Commerce dapat kita lihat seperti berikut ini.
1)     Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen
2)     Memperluas jangkauan calon konsumen dengan taget pasar yang tidak terbatas
3)     Mempermudah pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.
4)     Proses e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli.
5)     Pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online.
6)     Penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan
2.4 Perkembangan Tokopedia
Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko daring terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari customer-ke-customer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).
Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan mentransfer uang pembelian kepada penjual.
PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, sedangkan Tokopedia.com dibuka untuk public beta pada tanggal 17 Agustus 2009.
Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama dan setelah kesuksesan awal, Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang.
Dengan ini, Batara Eto (co-founder dan ex-CTO dari Mixi.jp - situs jejaring sosial terbesar di Jepang), Willson Cuaca (pendiri dari XSago, perusahaan aplikasi mobile berbasis di Singapura), Taiga Matsuyama and Chandra Tjan dari East Ventures sekarang diangkat menjadi anggota Board of Directors Tokopedia.
Kemudian pada tanggal 19 April 2011, pihak Tokopedia mengumumkan bahwa CyberAgent Ventures dari Jepang turut melakukan investasi kepada Tokopedia. Menurut sumber yang didapat dari TechCrunch, DailySocial melaporkan bahwa nilai investasi kali ini adalah sebesar US$700,000.- yang ditukar dengan 10% saham Tokopedia. Dengan ini, valuasi nilai perusahaan Tokopedia per bulan April 2011 itu sudah mencapai nilai US$7,000,000.-
Pada awal Maret 2017 situs tokopedia dan bukalapak tumbang. Tidak ketinggalan situs JD.ID juga down. Ternyata mereka memakai satu data center yang sama, yakni Biznet Data Center. Setelah kami coba selidiki, data center biznet ini mengalami kegagalan pada pembangkit listrik cadangan. Tentu hal ini membawa beberapa hal yang perlu kita jadikan studi kasus. Berikut studi kasus atas tumbangya situs tokopedia dan bukalapak.

BAB III
KAJIAN TEORI
            Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.
            Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti : pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importer, dan lembaga bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualannya berada di luar negri.
            Pengguna internet di seluruh dunia berkisar 200 juta, 67 juta diantaranya berada di Amerika Serikat, internet di Indonesia berlipat dua kali setiap 100 hari. Penggunaan internet untuk aplikasi strategi bisnis di Indonesia peluangnya cukup besar, tapi banyak orang tidak menyadari, karena pemain bisnis di Indonesia masih banyak kalangan tua.
            Setiap yang kita ketahui bahwa internet telah menciptakan revolusi yang sangat tidak terduga dalam dunia teknologi, informasi maupun komunikasi. Pengertian internet(interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia         baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.
Fungsi atau Manfaat Internet
Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut bebrapa fungsi atau manfaat dari penggunaan internet :
a.    Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai bebagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka.
b.    Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
Perkembangan internet yang semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan biaya yang relative murah.
Selain itu, sudah banyak jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk berkenalan dan menemukan teman bari di sana. Tidak sedikit juga dari mereka yang ngobrol atau chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial ini.
c.    Mudahnya Belanja di Internet
Dengan meledaknya penggunaan internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena sangat mudah dan efisien.
Salah satu keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli item yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu.
d.    Internet Sebagai Wahana Hiburan
Internet juga berperan sebagai “Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial, mendengarkan musik, menonton video atau main game. 
e.    Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
Dengan adanya internet, kita bisa berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman, tutorial, resep, dan lain sebagainya melalui akun media sosial atau blog pribadi. Saat ini banyak orang yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka punya. Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog gratis, seperti blogger dan wordpress.
f.     Pentingnya Internet Dalam Dunia Bisnis
Ilustrasi internet untuk bisnis mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet demi meunjang bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis online dimana peran internet sebagai bisnis utama.
BAB IV
PEMECAHAN MASALAH
A.   Cara Berbelanja di Tokopedia
1.  Cari Barang
Sebelum mencari barang pastikan ada sudah masuk website Tokopedia atau sudah membuka aplikasi Tokopedia di smartphone anda.
·      Ketik nama barang yang Anda cari pada kolom pencarian.
·      Atau klik pilihan kategori-kategori yang tersedia pada halaman Tokopedia

2. Masukkan Ke Keranjang Belanja
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhClm-W1vOg0akQUMQbqZemBqD4SwfzuA7JcjFrN55tI2MayGrjPhy-PmgKgsa1vWbXoN1MKePuKrO49S2TNMxf9WFrslZ0ERUwsbyNxR-z3tJ82ZRkgB-sTlCWmeNbp1R442jg2DhClg/s1600/004.pngSetelah membuka salah satu produk, Anda akan masuk ke halaman produk. Pada halaman ini, terdapat informasi lengkap mengenai produk dan toko yang Anda pilih, antara lain :
·      Informasi Produk : berisi semua informasi penting yang berhubungan dengan produk yang sedang Anda lihat.
·      Ulasan : berisi ulasan produk dari pengguna Tokopedia yang sudah pernah membeli produk tersebut.
·      Diskusi Produk : tempat bertanya kepada penjual mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk yang Anda pilih. Contohnya bertanya mengenai ketersediaan stok produk.
·      Informasi Penjual : berisi informasi lengkap tentang  penjual.
·      Keterangan harga pas dan harga grosir (jika ada)
Jika sudah yakin dengan produk yang dipilih, klik tombol “ Beli “
3.  Masukkan Alamat dan Jasa Kirim
Langkah berikutnya untuk berbelanja online di Tokopedia adalah mengisi formulir pemesanan. Silahkan mengisi semua formulir yang diperlukan dengan lengkap dan benar.
Langkah selanjutnya, klik tombol “ Beli Produk Ini “
Catatan : jasa pengiriman dapat berbeda antar satu penjual dengan penjual lain di Tokopedia.
4.  Bayar
Untuk memulai proses pembayaran, klik tombol bergambar keranjang padaheader menu, lalu klik produk yang telah dipilih.
Pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, terdapat beberapa pilihan di Tokopedia, seperti :
1)  Mandiri Clickpay
2)  Mandiri e-cash
3)  BCA klikpay
4)  Transfer antar bank
5)  Saldo Tokopedia
Selanjutnya, klik tombol Checkout.
Catatan : jika Anda memiliki saldo Tokopedia namun jumlah tidak cukup untuk membayar total transaksi, Anda tetap bisa membayar sisa pembayaran menggunakan metode pembayaran lain.
6) Sistem escrow 
Skema pembayaran transaksi di Tokopedia yang didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia bekerja sama dengan iPaymu(Transaksi On Line Lebih Mudah). Layanan Escrow  atau Rekening Bersama adalah layanan dari iPaymu, dimana iPaymuberlaku sebagai pihak ketiga independen yang menyediakan sistem atas transaksi dua pihak (penjual-pembeli) yang belum memiliki keyakinan tinggi diantara keduanya.
Syarat Dan Ketentuan Escrow:
 iPaymu hanya menjadi pihak ketiga yang menyediakan sistem Escrow  Segala masalah yang timbul pada saat menggunakan Escrow bukan menjadi tanggung jawab iPaymu. Escrow hanya untuk transaksi jual beli barang (bukan jasa) Jika Anda menggunakan Escrow untuk transaksi jual beli jasa maka segala resiko diluar tanggung jawab iPaymu Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja Escrow dapat dilihat pada flow chart dibawah ini: Alamat : https://ipaymu.com/escrow Keterangan:
a.    Pembeli dan penjual sepakat menggunakan layanan Escrow iPaymu
b.    Pembeli login ke akun iPaymu dan mengirimkan Escrow kepada Penjual. (Pengirim Escrow dikenakan biaya 2% dari jumlah transaksi)
c.     iPaymu mengirimkan notifikasi kepada Penjual bahwa Pembeli telah mengirimkan Escrow. Jika metode Escro kurang diminati oleh konsumen, cara pengiriman lainnya dapat dipilh oleh konsumen. Cukup memilih barang yang diinginkan. Maka akan memunculkan keterangan lebih lanjut tentang barang. Apabila tertarik dengan barang tersebut, cukup anda pilih  maka akan memunculkan daftar pembelian barang. Consumen e-commerse mengisi biodata sesuai yang dibutuhkan Tokopedia. Setelah menyelesaikan biodata maka lanjutkan pembelian. Akan muncul konten : Lalu Pilih Checkout Tokopedia akan mengirimkan no. rek ke nomor consumen. Lalu Konsumen mentransfer uang ke rek. tersebut sesuai biaya yang telah ditetapkan.
5.  Terima Barang
Setelah terima barang, harus konfirmasi jika barang sudah kita terima. Kamu juga disarankan membuat review untuk produk yang habis kamu beli.
B.   Cara Menjual Produk di Tokopedia
·           Hal pertama yang dilakukan sebelum membuka toko di situs ini, tentu kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk Anda yang memiliki akun facebook bisa menggunakan akun facebook untuk masuk langsung tanpa harus mendaftar isi email. Lalu masuk ke situswww.tokopedia.com/login.pl
·           Setelah itu pilih pada bagian masuk menggunakan facebook, setelah memilih masuk menggunakan facebook anda harus memberi pengaturan aprove dari facebook, agar akun bisa terhubung karena tanpa memberi perintah hubungkan maka akun tokopedia tidak akan terhubung ke dengan facebook, sehingga sebelum masuk facebook dari tokopedia anda harus terlebih dahulu pastikan di browser anda sudah terhubung atau akun facebook di dalam keadaan log in.
·           Setelah masuk silahkan buat nama toko anda atau bisa menggunakan nama anda pribadi,semua terserah pribadi masing-masing.
·           Setelah toko telah dibuat sekarang saatnya untuk jualan, pastikan situs Anda sudah jadi setelah itu masuk produk baru atau masuk ke urlhttp://www.tokopedia.com/product-add.pl.
C.   Fitur-Fitur Yang Tersedia di Tokopedia
·         Gold Merchant
Banyak sekali fitur-fitur unggulan yang terdapat di dalamnya dan pastinya akan menguntungkanmu. Seperti Gold Badge yang muncul di halaman toko dan produk yang akan menarik perhatian calon pembeli, TopAds yang pastinya akan sangat membantu kamu untuk promosi, Statistik Toko untuk memantau performa tokomu, 1 Slot Admin Toko Gratis yang bisa kamu gunakan untuk menambah admin toko. Semua itu bisa langsung kamu rasakan dengan berlangganan Gold Merchant.
·          Free Returns
Fitur ini memungkinkan pembeli untuk meretur produk secara gratis jika tidak sesuai atau tidak cocok dengan catatan produk masih dalam kondisi layak dijual. Dengan memfasilitasi produkmu menggunakan Free Returnsini, tentunya tokomu akan lebih terlihat terpercaya di mata calon pembeli. Untuk penjual yang ingin menggunakan fitur ini, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali sampai waktu yang ditentukan.
·         Stock Management
Fitur ini akan memudahkanmu melihat sisa produk yang ada di toko, sehingga kamu tidak perlu lagi repot menghitung sisa produk setiap kali ada pesanan masuk. Dan yang paling penting, fitur ini bisa meminimalisircancellation rate di tokomu karena stok produk yang habis akan otomatis masuk ke Stok Kosong, sehingga tidak dapat dipesan pembeli.
·         Mitra Toppers
Mitra Toppers adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman yang memudahkan kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tokopedia bekerja sama dengan beberapa mitra penyedia pinjaman yang bisa kamu pilih seperti : BRI, UOB, Amar Bank, DBS, Bank Sampoerna, Taralite, hingga Modalku. Modal yang kamu dapatkan bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis onlinemu, mulai dari menambah stok dan varian produk, menambah tenaga pekerjaan, sampai mendaftarkan merek dagang.
·         Pre Order
Dengan menggunakan fitur Pre Order, kamu bisa mendapatkan waktu tambahan untuk memproses pesanan sampai 30 hari. Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan jika menerima pesanan dalam jumah banyak. Jadi jika stok pesanan tidak mencukupi, produk tidak perlu digudangkan, kamu hanya cukup mengubahnya menjadi produk Pre Order. Dengan begitu, produk tersebut tetap bisa dilihat dan dibeli namun dengan waktu proses yang lebih lama.
·         Instoped
Fitur yang bisa meng-upload produk langsung ke Instagram, tidak Cuma 1 atau 2 produk saja bahkan bisa meng-upload hingga 20 produk sekaligus.
·         User Manaement
Kamu bisa menambah beberapa orang (maksimal 10 orang) untuk bantu mengelola tokomu di Tokopedia. Tambahan admin ini dibagi menjadi 3 antara lain Admin Toko, Admin Transaksi, dan Admin pesan.
D.   Produk Jasa Yang Dijual
Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi :
·         Pakaian
·         Fashion & Aksesories
·         TokopediaKecantikan
·         Kesehatan
·         Rumah Tangga
·         Dapur
·         Perawatan Bayi
·         Handphone & Tablet
·         Laptop & Aksesoris
·         Komputer & Aksesoris
·         Elektronik
·         Kamera, Foto & Vidio
·         Otomotif
·         Olahraga
·         Office & Statinery
·         Souvenir, Kado & Hadiah
·         Mainan & Hobi
·         Makanan & Minuman
·         Buku
·         Software
·         Film, Musik & Game
Hingga januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia di tokopedia.com.
E.        Potensi Dan Peluang Pasar Di Tokopedia
Seiring berjalannya waktu, Tokopedia.com pun berhasil merangkak naik menjadi sebuah perusahaan yang memiliki reputasi sangat baik dimata para investornya dan kalangan masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya investor yang menjalin kerja sama dengan Tokopedia.com sejak tahun 2009-2013. Tokopedia.com merupakan online market place yang menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sehingga setiap dari mereka yang mengunjungi Tokopedia.com dapat melakukan transaksi yang aman karena dana pembayaran baru diberikan kepada penjual setelah pembeli menerima barang dan juga nyaman secara mudah serta juga bebas biaya. Tokopedia.com memiliki banyak investor besar dari Softbank Internet dan Sequoia Capital sebesar 100 juta USD setara dengan 1.2 triliun rupiah.
F.         Kondisi Lingkungan Bisnis Tokopedia
Analisis matriks SWOT
·      Strength Threat (kekuatan ancaman)
Adanya situs online yang mudah diakses oleh pengguna internet, adanya rekening bersama, memberikan kenyamanan serta keamanan dalam belanja online, menyediakan pelapak yang terpercaya.
·      Strength Opportunity (kekuatan peluang)
Selalu memberikan pelayanan yang aman utuk berbelanja karena dengan akun-akun yang disediakan oleh Tokopedia.com seperti akun saat pembayaran yang baru diberikan kepada penjual setelah pembeli menerima barang, menyediakan pelapak yang memiliki harga miring namun tetap berkualitas agar tidak kalah saing dengan pesaing.
·      Weakness Opportunity (kelemahan peluang)
Adanya fitur untuk pelapak meskipun cukup mahal bisa melakukan proses yang cepat yaitu 1x24 jam dari waktu pemesanan memakai jasa pengiriman yang aman seperti JNE.
·      Weakness Threat (kelemahan ancaman)
Adanya hak cipta yang dilindungi oleh hokum jadi meminimalisasi adanya plagiat atau penipuan.
G.       Analisis Persaingan Tokopedia
Dalam persaingan berbisnis harus memiliki kekuatan tersendiri dalam berbisnis. Dilihat dari kelengkapan mutu, tokopedia.com memiliki mutu dalam berbelanja online yang maksimal. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berbelanja dan barang yang berkualitas. Untuk harga yang ditawarkan oleh pelapak dalam tokopedia.com merupakan harga umum yang ada didalam pasaran. Sehingga tidak menurunkan minat pembeli untuk berbelanja di Tokopedia.com. untuk memperkenalkan bisnis ini, tokopedia.com memanfaatkan jasa iklan seperti iklan diberbagai website, Tokopedia.com memilih ambassador untuk bisa lebih memperkenalkan produknya atau bisnisnya seperti Chealsea Islan yang terpilih menjadi ambassador dan menayangkan iklan dimedia-media elektronik seperti TV dan radio, serta adanya aplikasi Tokopedia.com yang tersedia dalam iOS, play store untuk lebih menambah minat masyarakat dalam berbelanja didalam Tokopedia.com selalu memberikan hal baru dalam dunia berbisnisnya, seperti memperbarui tampilan dalam website atau aplikasinya agar tidak kalah menarik dengan aplikasi milik bisnis online lainnya yang menjadi pesaingnya.
H. Visi dan Misi Tokopedia
Visi Tokopedia
a.        Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet.
b.        Menjadi penyedia sarana transaksi online yang terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di Indonesia.
Misi Tokopedia
a.         Menggunakan teknologi dari web dan internet secara tepat.
b.         Memperkuat produk dan layanan dari Tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.
I. Penghargaan Yang Telah di Dapat Tokopedia
a.        Tokopedia berhasil menyabet penghargaan Best Company In Customer Industry dalam ajang Indonesia Digital Economy.
b.        Mendapat penghargaan Campaign terbaik dari Majalah Marketing.
c.         Tokopedia raih penghargaan Top 50 Most Valuable pada Ajang Indonesian Brands 2016.
J.     Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia
Kelebihan Tokopedia
·      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgdzPHm86JIfZK3FkNJA19CMgrwyy6aYybAOlPSFOZFY7oW17wT_mNA9QdsEerwkm1Z7uOXQPq_HA_Ul_LJwMG5er_YP3AH_nQ1OH9_cSM3baSyEXZrRjInk1PxM5LaySQR3dM2FlayQ/s1600/005.jpgKelebihan pertama yang dimiliki Tokopedia adalah penampilannya yang ringan dan segar.
·      Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
·      Loading site terhitung ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
·      Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, serta adanya fitur harga grosir.
·      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvUV8r9X2nqsLBRYia_41ikTlFpBQCmj4yOI6_yAGF7rSQMvxZg8FonZv4tgyEkUUqT3ueMVDK87fO-dtSyRja-7I8xpQ2WPvI4114xqTHTDlyMuPb__nr39QVNXRHk6aN1foGxdcSbg/s1600/006.jpgAdanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import, karena proses ini biasanya akan memakan waktu yang lebih lama.
·      Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang tersedia.
·      Transfer dana yang relative cepat dengan rata-rata 2 hingga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
·      Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk.
·      Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
·      Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimal toko online milik kita.
Kekurangan Tokopedia
·      Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami eror.
·      Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
·      Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
·      Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
·      Sering terjadi perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relative tinggi.
·      Peluang barang lebih banyak lalu pada member Gold Marchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
·      Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara optimal berkurang.
·      Tidak memiliki fitur diskon yang terbatas waktu.

K.    Hal-hal yang harus diperhatikan Penjual di Tokopedia agar toko tidak sepi pembeli
·         Respon yang lambat
Respon pemilik toko yang sangat lambat, bahkan terkesan seperti sombong membuat toko tersebut terlihat negatif di mata calon pembeli. Jika seorang pemilik toko memang tidak berniat jualan, maka sebaiknya tokonya di tutup saja daripada lambat dan cenderung malas membalas pertanyaan calon pembeli. Saya pernah menemui beberapa toko yang terkesan seperti ‘tidak mau jualan’.  Tokopedia menyediakan fitur Diskusi agar calon pembeli bisa berdiskusi kepada penjual / pemilik toko tersebut sebelum membeli. Namun ketika pemilik toko tidak memberikan balasan diskusi entah itu sibuk atau karena malas, maka hal tersebut akan membuat pembeli juga malas membeli.
Fitur Diskusi ini juga berguna mengukur seberapa cepat respon dari toko. Saya pernah membuat kesalahan dengan membeli pada toko yang bahkan balas diskusi saja sangat lama. Apa yang terjadi pada akhirnya adalah toko tersebut tidak merespon orderan saya sampai akhirnya order saya batal sendiri. Jika Anda memiliki toko di tokopedia.com maka jangan pernah malas membalas diskusi. Ketika respon Anda cepat, maka orang-orang akan lebih melirik toko Anda.
·         Menjual Barang Tanpa Deskripsi
Banyak toko-toko offline yang sudah ramai pengunjung mencoba berjualan secara online. Namun karena keterbatasan karyawan yang bekerja, maka toko onlinenya akan tidak begitu terurus. Anda bisa melihat hal ini dari toko-toko yang menjual barang tanpa adanya deskripsi barang tersebut. Bahkan terkadang ada toko yang deskripsi barangnya hanya copy-paste dari situs berbahasa inggris.Ketika saya menemukan toko-toko seperti ini, maka terlihat jumlah barang terjual sangat kecil sekali. Apalagi toko yang selain barangnya tidak ada deskripsi juga tidak pernah membalas diskusi dari calon pembeli.
Memasang deskripsi barang adalah hal yang krusial pada toko marketplace sekelas tokopedia. Jika Anda berjualan dengan memanfaatkan blog, maka tanpa adanya deskripsi produk Anda tidak akan ada orang yang akan datang ke blog tersebut. Bahkan jika orang datang, tidak akan mau membeli karena mereka tidak mengetahui sebenarnya apa fungsi dari barang yang Anda tawarkan. Jika Anda pemilik toko online di tokopedia / marketplace lain, maka pastikan produk yang Anda jual punya deskripsi yang jelas dan mendetail.
Calon pembeli akan lebih mudah mempertimbangkan hendak membeli barang Anda atau tidak ketika melihat deskripsi barang tersebut. Calon pembeli tidak akan mempertimbangkan apa-apa dan langsung menutup halaman barang Anda ketika barang yang Anda tawarkan tidak ada deskripsinya.
·         Menjual Barang dengan Deskripsi yang Menyesatkan
Anda pernah membeli ‘kucing dalam karung’? Jika Anda seorang online shopper aktif, terkadang bisa terjebak dan membeli ‘kucing dalam karung’. Ada saja ulah oknum-oknum tak bertanggung-jawab yang melakukan hal ini. Mereka menulis sebuah barang dengan deskripsi yang WOW.
Namun ketika barang sampai di tangan Anda, barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang dituliskan. Salah satu alasan yang sering digunakan ketika terjadi kasus ini adalah si pemilik toko menyalahkan kurir yang mengantar.
Untunglah tokopedia menyediakan fitur komplain ketika menerima barang sehingga bisa dilakukan proses lebih lanjut karena hal ini. Jika Anda memang ingin membangun toko online yang sukses maka hindarilah hal ini. Satu-dua kali saja Anda melakukan hal ini maka toko Anda akan di cap tidak bagus.
Pembeli yang terkena masalah tersebut bisa saja menulis ulasan yang jelek sehingga nantinya calon pembeli lainnya tidak akan mau lagi membeli barang tersebut karena terdapat ulasan yang jelek.
·         Perang Harga yang Keterlaluan dengan Toko Lain
Tahukah Anda, bahwa toko yang melakukan perang harga sampai pada tahap yang ‘keterlaluan’ akan membuat toko tersebut berada pada mode moderasi. Terkadang ada saja seller yang menurunkan harga barang sampai melebihi batas wajar harga barang tersebut. Hal ini tentunya menguntungkan pembeli barang, namun sangat merugikan toko lain. Berdasar ketentuan penjualan di situs resmi tokopedia mengutip isi Peraturan No 1. pada TRANSAKSI PENJUALAN yaitu : Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.Orang pastinya akan hanya membeli barang jenis tertentu tersebut hanya di toko dengan harga paling murah. Hal ini akan membuat seller lain komplain dan merasa toko tersebut telah melakukan monopoli harga.
Salah satu jenis perang harga keterlaluan yang sering terjadi adalah toko menjual barang satuan dengan harga grosiran terendah. Padahal harga satuan terendah barang tersebut hanya bisa di dapat ketika membeli dengan jumlah tertentu. Ketika hal itu terjadi maka kecenderungan pembeli barang hanya akan membeli dari toko tersebut.Bahkan toko-toko yang menggelontorkan dana untuk promosi akan kalah saing ketika ada toko yang berani menjual barang dibawah harga pasaran!
·         Mengganti Kurir Tanpa Konfirmasi
Sering sekali kejadian ketika seller mengganti kurir pengiriman barang tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Salah satu alasan pergantian kurir adalah kurir yang Anda pilih tidak buka! Tetapi kecenderungan pergantian kurir ini adalah karena harga ongkir menjadi lebih murah. Dan bagi seller nakal, kelebihan ongkir karena pergantian kurir ini akan menjadi ‘ uang masuk sampingan ‘ mereka. Seller yang menerapkan cara ini tentu saja akan membuat pembeli merasa tertipu dan kecewa besar. Karena setiap kurir punya estimasi lamanya pengiriman yang berbeda-beda. Pergantian kurir seharusnya melalui konfirmasi terlebih dahulu.
Jika Anda harus mengganti kurir pengiriman ketika terjadi suatu permasalahan, maka sebaiknya hubungi pembeli terlebih dahulu. Katakan juga bahwa Anda akan mengembalikan kelebihan ongkir ( jika ada ) dengan menyelipkannya pada paket yang hendak Anda kirim.
L.    Masalah yang terjadi pada Tokopedia
·         (Masalah pada status penjualan, konfirmasi pengiriman barang dan penerimaan barang)
Saya sebagai penjual di Tokopedia dirugikan karena masalah sistem di Tokopedia. Pada tanggal 15 Februari 2017 saya menerima pesanan speaker JBL2. Pesanan saya terima dan barang saya kirim di hari yang sama. Setelah kirim barang saya input no resi dan melakukan konfirmasi pengiriman. Keesokan harinya pada saat saya cek status penjualan, status penjualan hilang. Saya langsung menghubungi customer care Tokopedia dan info dari CS, pihak penjual yang menolak order. Sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa saya tidak pernah membatalkan/menolak order. Bagaimana mungkin saya sebagai pihak penjual menolak/membatalkan order setelah barang dikirim? Yang bermasalah adalah sistem dari Tokopedia.
Pihak Tokopedia pun sudah menghubungi pembeli dan pembeli sudah konfirmasi bahwa barang pesanan sudah diterima. Saya minta pihak Tokopedia untuk mengaktifkan lagi status penjualan saya tapi pihak Tokopedia menolak dan menyarankan pembeli untuk transfer langsung ke saya atau melakukan order ulang. Pembayaran dari pihak pembeli mengunakan cicilan kartu kredit. Masalahnya pihak pembeli sudah di- charge kartu kreditnya dan baru mau untuk order ulang setelah dananya kembali. Info dari Tokopedia dana akan dikembalikan setelah 14 hari kerja dan saya disuruh menunggu sampai billing tagihan kartu kredit diterima. Pihak pembeli pun disuruh untuk membayarkan tagihan kartu kredit yang sudah tertagih.
Setelah saya tunggu 1 bulan dan konfirmasi ke pihak pembeli, dana yang sudah tertagih masih belum kembali. Berdasarkan hasil checking dengan CS Tokopedia info yang didapatkan mengenai pengembalian dana juga tidak sesuai. Nilai transaksi Rp680.050 via kartu kedit tapi info Tokopedia dana yang dikembalikan Rp697.000 dan metode pembayaran via transfer, bukan kartu kredit. Dari jumlah nilai uang dan metode pembayaran saja pihak Tokopedia sudah tidak konsisten. Setelah saya telepon ke CS Tokopedia, mereka baru mengirimkan screenshots sistem mereka untuk jumlah uang yang benar sebesar Rp680.050. Info yg saya dapat dari CS via telepon pengembalian dana ke pembeli gagal.
·         Solusi dari Masalah (Status Penjualan)
Tentu saja ini kesalahan pada sistem Tokopedia terutama untuk status penjualan, konfirmasi barang yang telah dikirim ataupun diterima oleh pembeli. Dan membuat penjualan merasa dirugikan. Meskipun Tokopedia sendiri akan mengembalikan dana yang dirugikan oleh penjual, tetapi ternyata Tokopedia tidak sepenuhnya mengembalikan dana yang sesuai dengan totalan harga. Seharusnya Tokopedia bisa lebih bertanggungjawab terhadap kesalahan yang terjadi dan membuat penjual atau pembeli tidak merasa dirugikan. Jika sudah terjadi seperti, mungkin saja pembeli atau penjual tidak ingin mendapatkan kejadian seperti ini lagi dan memutuskan untuk pindah lapak karena pelayanan dari Tokopedia ini tidak nyaman dan tidak bertanggungjawab. Diharapkan Tokopedia bias adil dan lebih bertanggungjawab kepada semua penjual dan pembeli. Dan untuk pembeli harus lebih berhati-hatilah saat berbelanja pada toko online dimana pun.
·         Masalah pada Kurir Pengiriman Tokopedia (GO-SEND)
Pengalaman belanja di TOKOPEDIA via kurir GOSEND ini sudah yg kesekian kalinya saya  dapat kendala kalau beli barang di Tokopedia terus pake Gosend, masalah yang susah cari kurirnya, terus akhirnya barang bisa baru tiba 2-3 hari padahal saya bayar ongkos kirim Gosend (same day) dihari yg sama sampe tapi kenyataannya tidak sesuai,  kalau  memang lagi dibutuhin cepat kecewa pastinya karena barang tidak sampai-sampai.
·         Solusi dari Masalah (Kurir Pengiriman)
Barang yang hilang pada kurir pengiriman Go-Send yang mempunyai kerjasama dengan Tokopedia ini akan membuat citra pelayanan dan pengiriman pada Tokopedia dinilai buruk oleh masyarakat. Untuk memproses barang yang hilang atau dana yang hilang pada toko online memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi tentunya saja ini membuat pembeli kecewa dengan Tokopedia yang tidak bertanggungjawab dan memantau kurir pengiriman dengan baik. Meskipun tidak semua kurir pengiriman seperti itu, tapi mayoritas beberapa kurir pengiriman pernah mengalami kendala seperti itu. Kami pikir mungkin Tokopedia perlu membuat kurir khusus seperti Ladaza meskipun tidak secepat pengiriman yang dilakukan oleh Go-Send tetapi bisa lebih aman dan terpercaya karena mudah untuk dipantau atau dilihat proses pengirimannya. Dan untuk pembeli harus lebih berhati-hatilah saat berbelanja pada toko online dimana pun.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Tokopedia ini merupakan bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online.
Adanya pesaing merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga, pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menembus pasar.
3.2 Saran
Adapun saran yang dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah sebagai berikut :
·         Agar selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi dan layanan yang diberikan.
·         Selain itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang mereka lihat di website.
·         Selalu memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk selalu membeli.

DAFTAR PUSTAKA
1.    https://id.m.wikipedia.org/wiki/tokopedia
2.    https://m.tokopedia.com
3.    http://www.biografiku.com/2019/03/biografi-william-tanuwijaya-pendiri-tokopedia.html
4.    http://materikuliahkublog.blogspot.com/2019/03/makalah-studi-kasus-tokopedia.html?m=1
5.    http://tamarizka.blogspot.in/2019/03/studi-kasus-tokopediacom.html?m=1
6.    https://m.kaskus.co.id/thread/59e9970ca2c06e61348b4567/masalah-kurir-gosend-di-tokopedia/