PENGENALAN KOMPUTER
Definisi Komputer
Istilah Komputer (Computer)
diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung ( to Computer ).
Beberapa definisi tentang
komputer :
- Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)
Komputer
adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai
berikut:
·
Menerima input
·
Memproses input tadi sesuai dengan programnya
·
Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari
pengolahan
·
Menyediakan output dalam bentuk informasi
- Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders) :
Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah
instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
- Menurut buku Computer Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input
digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya
(stored program) dan menghasilkan output informasi.
- Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori) :
Komputer
adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan
yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi
logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Dari beberapa definisi yang
tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
1.
Alat elektronik
2.
Dapat menerima input data
3.
Dapat mengolah data
4.
Dapat memberikan informasi
5.
Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori
komputer (stored program).
6.
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.
Bekerja secara otomatis
Program adalah kumpulan dari
instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer
dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan Data Elektronik (PDE)
atau Electronic Data Processing (EDP) adalah pengolahan data dengan menggunakan
komputer.
Data adalah kumpulan kejadian
yang diangkat dari suatu kenyataan.
Data dapat berupa angka-angka,
huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.
Pengolahan data (data processing)
adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih
berarti berupa informasi.
Informasi (information) adalah
hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti
dari suatu kejadian.
Jadi PDE atau EDP adalah
manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi
dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data
terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data (data
processing cycle), yaitu input, processing dan output.
SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah jaringan daripada
elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk
melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer
adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, supaya tujuan pokok tersebut
terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari
sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.
Hardware (perangkat keras/piranti
keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat
dijamah.
Software (perangkat lunak/piranti
lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan
data.
Brainware adalah manusia yang
terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan komputer yang paling
menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar,
seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang
sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau
picosecond.
Kemampuan komputer lain yang
menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh
yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Sebaliknya karena
komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah maka komputer tidak
akan mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami
kesalahan, bilamana
- komponennya rusak
- Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah.
Suatu istilah
komputer yang cukup populer, yaitu GIGO (Garbage In Garbage Out) yang berarti
sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukkan
salah, maka hasilnya akan salah. Sebaliknya bila data yang dimasukkan benar,
maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out), emas yang masuk, emas pula yang
keluar.
Disamping komputer yang mempunyai
kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan
yang lain, yaitu mempunyai ingatan (memori) yang besar.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN MANUSIA DENGAN KOMPUTER
Hal yang dibandingkan
|
Manusia
|
Komputer
|
Kecepatan
|
Relatif lambat
|
Sangat cepat
|
Ketepatan
|
Mudah salah
|
Tepat
|
Daya tahan memproses
|
Cepat lelah
|
Tidak kenal lelah
|
Kemampuan mengingat
|
Kurang akurat
|
Akurat
|
Kemampuan mengikuti perintah
|
Kurang baik
|
Baik
|
Kemampuan berinisiatif dan
beradaptasi
|
Sangat baik
|
Jelek
|
Kemampuan membuat pertimbangan
dan peramalan
|
Sangat baik
|
Jelek
|
CARA MENGUASAI KOMPUTER
Ada 3 tahapan seseorang dapat
menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil, yaitu :
- Membaca buku-buku komputer.
Membaca adalah
cara yang terbaik supaya anda dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia
komputer. Anda dapat membaca buku-buku teks tentang komputer.
- Mencoba langsung pada suatu komputer.
Dengan mencoba
langsung pada suatu komputer, anda akan mempunyai pengalaman dan lebih tahu
tentang apakah komputer itu sesungguhnya.
- Menulis Suatu program komputer
Setelah anda
membaca buku-buku tentang komputer dan telah mencobanya langsung sehingga sudah
terbiasa dengan komputer, maka anda akan lebih tertarik ke tingkat yang lebih
tinggi, yaitu ingin menulis suatu program aplikasi sendiri.
SEJARAH KOMPUTER
- Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Ciri-ciri
Sebagai berikut :
- Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacumm Tube) untuk sirkuitnya.
- Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language)
- Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
- Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
- Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin
- Prosesnya kurang cepat
- Simpanannya kecil
- Membutuhkan daya listrik yang besar
- Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis
Contoh :
·
IBM – 650
- Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Ciri-ciri sebagai
berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah transistor untuk
sirkuitnya
·
Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
(High Level Language)
·
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan
magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
·
Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan
dengan komputer generasi pertama
·
Proses operasi sudah cepat, dapat memproses
jutaan operasi per-detik
·
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
·
Oriesntasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis,
tetapi juga ke aplikasi teknis
Contoh :
·
IBM – 1620
·
IBM – 1401
3. Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Ciri-ciri
sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated
Circuit)
·
Peningkatan dari softwarenya
·
Lebih cepat dan lebih cepat
·
Kapasitas memori komputer lebih besar, dapat
menyimpan ratusan ribu karakter
·
Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random
access
·
Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan
komputer generasi sebelumnya
·
Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing dan
multiprogramming
·
Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer
generasi sebelumnya
·
Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu
komputer dengan komputer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi telepon
Contoh :
·
IBM – S/370
·
UNIVAC 1106
- Komputer Generasi Keempat (1970 – 1980)
Ciri-ciri
sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah CHIP dan
Microprosesor.
·
Semua kemampuan lebih baik dari generasi
sebelum-sebelumnya.
Contoh :
·
IBM – 370
- Komputer Generasi Kelima (1980 – sekarang)
Cirinya adalah
komputer sistem window dan menggunakan mouse pada personal computer (PC).
PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER
PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI
Kegiatan pengolahan data sudah
dimulai sejak dahulu sejalan dengan perkembangan sistem catat mencatat, yaitu
disaat kegiatan manusia sudah semakin banyak sehingga sukar bagi manusia untuk
mengingatnya. Kegiatan catat mencatat ini dilakukan diberbagai bidang pekerjaan
baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan. Dengan semakin bertambahnya
jumlah dan arti Data bagi manusia maka mereka berusaha untuk membuat alat yang
dapat menggantikan manusia dalam hal catat-mencatat atau administrasi ini.
Hal ini terjawab oleh kemajuan
teknologi manusia dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti
tersebut. Kegiatan catat-mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan
istilah DATA PROCESSING. Pada saat ini kegiatan Data Processing ini sudah makin
luas, baik dalam kegiatan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan,
komersil/bisnis maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan
bermacam-macam jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Data yang
diolah di sini bisa berupa dokumen, surat, kata, bagan, grafik, kondisi,
situasi, ide, objek dll yang bisa kita tata. Jadi data tersebut bisa berupa kartu pegawai,
daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, catatan pemakai listrik, daftar
penjualan barang, absensi murid dan lain sebagainya.
Dari keterangan diatas dapat
diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi
suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi
adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari data tersebut.
Setelah dilakukan pengolahan,
maka sifat data akan berubah sehingga bertambah kegunaannya yang dapat dipakai
untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisis dan pengambilan keputusan.
Biasanya informasi terdiri dari “Selected Data” yaitu data yang terpilih,
tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan dari pemakai data, masalah waktu,
tempat dan fungsinya.
Proses perubahan dari data
menjadi informasi merupakan fungsi utama dari pengolahan data.
PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER
Komputer adalah mesin pengolah
data yang diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi
produktivitas.
Produktivitas dapat ditingkatkan
dalam pengertian :
- Dengan mempergunakan komputer kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu yang lebih baik.
- Dengan mempergunakan komputer sebagai pengolah data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat terselesaikan
- Dengan mempergunakan komputer, pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan lebih efektif.
Jika ditinjau dari segi
fungsionil, komputer itu bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas, agar
pekerjaan bisa diselesaikan secara baik dan effisien, maka pengolah data harus
ada paling sedikit 3 persyaratan :
- Kumpulan data atau INPUT yang akan diolah.
- Prosedur pengolahan atau prosessing yang telah direncanakan.
- Hasil atau OUTPUT yang diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya.
Mesin komputer sebagai pelaksana
tugas tidak jauh berbeda dengan manusia yang juga sebagai pelaksana tugas.
Marilah kita tinjau pelaksanaan
tugas yang dilakukan oleh manusia dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh komputer.
- PROBLEMA DAN DATA
Proses
pelaksanaan tugas baru timbul, jika ada tugas atau ada persoalan yang
dikerjakan atau dipecahkan. Untuk pemecahan masalah tersebut haruslah tersedia
datanya.
- INSTRUKSI ATAU PROGRAM
Bagaimana
pemecahan persoalan, hendak diapakan data tersebut harus dijelaskan pada
pelaksanaan tugas. Dengan perkataan lain harus ada instruksi yang menegaskan
tentang hendak diapakan data tersebut, dan bagaimana pelaksanaan tugas
pemecahan problemanya supaya diperoleh hasil yang diinginkan.
Jika si
pelaksana tugas tersebut adalah komputer, maka instruksi tersebut harus kita
susun menjadi suatu PROGRAM yang disebut dalam suatu bahasa yang dapat
diterjemahkan oleh Kompilator ke dalam bahasa mesin sehingga komputer dapat
mengerti.
- BAHASA PEMROGRAMAN (PROGRAMMING LANGUAGE)
Dalam
memberikan instruksi ini haruslah disampaikan dalam suatu bahasa. Untuk manusia
sebagai pelaksana tugas, instruksi tersebut bisa kita sampaikan dengan lisan
atau dengan suatu tulisan yang bisa dimengerti oleh pelaksana tugas tersebut.Komputer
sebagai pelaksana tugas dapat menerima instruksi dengan bahasa yang dapat
dimengerti olehnya.
- ALAT PERANTARA ATAU INPUT MEDIA
Instruksi yang
sudah dinyatakan dalam bahasa tersebut diatas, haruslah disampaikan kepada
pelaksana tugas melalui alat perantara (media). Alat perantara untuk
menyampaikan instruksi tersebut kepada pelaksana tugas inilah yang dimaksud
dengan MEDIA. Jika instruksi kita tuliskan pada kertas, maka kertas tersebut
kita sebut sebagai input.
- PENTERJEMAH ATAU KOMPILATOR (COMPILER)
Instruksi yang
telah dinyatakan dalam bahasa dan disampaikan melalui media input tersebut
haruslah dimengerti oleh pelaksana tugas. Jika instruksi tersebut tidak
dimengerti oleh pelaksana tugas, haruslah dicarikan penterjemahnya. Dalam
bahasa komputer penterjemah ini disebut Kompilator. Dengan adanya kompilator
inilah komputer bisa mengerti akan instruksi yang kita berikan padanya.
- LOGIKA & ARITMATIKA
Dalam
memecahkan suatu problema atau masalah, maka perlu dicarikan cara dan bagaimana
jalan yang terbaik agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Dalam pemecahan
masalah ini biasanya diperlukan suatu logika (logic) dan suatu
perhitungan-perhitungan (arithmatic) yang diperlukan.
- DAYA INGAT (MEMORY)
Logika dan
perhitungan aritmatika tersebut baru dapat dimanfaatkan dalam pemecahan masalah
jika disertai dengan INGATAN yang kuat. Cara berfikir yang logis dan daya ingat
yang kuat sangat membantu dan mempermudah dalam penyelesaian suatu tugas. Dalam
bahasa komputer daya ingat ini kita sebut MEMORI dari komputer tersebut.
- PENGALAMAN/LIBRARY
Berhasil atau
tidaknya pelaksanaan tugas biasanya tergantung dari pengalaman yang dimiliki.
Pengalaman yang banyak sangat berguna dalam penyelesaian tugas-tugas tersebut.
Dalam komputer, pengalaman tersebut dinamakan LIBRARY PROGRAM. Bagi manusia
sebagai pelaksana tugas, kesanggupan otak ini sangat terbatas, tetapi manusia
dapat memanfaatkan buku-buku yang berisikan teori yang berguna dan bermanfaat.
Begitu juga dengan komputer Library program yang besar, sangat membantu
kesanggupannya dalam memecahkan masalah.
- MEDIA OUTPUT SERTA HASIL PEMROSESAN
Hasil yang
diperoleh tergantung dari data yang tersedia untuk diolah. Prinsip “GARBAGE IN
GARBAGE OUT” berlaku, yaitu jika data yang diolah tidak sempurna atau salah,
maka hasil yang diperoleh juga tidak akan baik. Jenis dan bentuk dari hasil ini
tergantung dari keinginan si pemakai (user). Untuk penyampaian hasil ini kepada
si pemakai maka diperlukan suatu alat perantara yaitu OUTPUT MEDIA. Output
media dalam komputer bisa berupa : kertas printer.
- KEMAMPUAN MENGKOORDINASI DAN SISTEM OPERASI
Seperti kita
ketahui bahwa kita sebagai unit pelaksana tugas, tidaklah bisa mengerjakan
seluruh tugas tersebut dengan sendiri-sendiri. Biasanya pekerjaan tugas
tersebut terbagi-bagi dengan unit lain yang berhubungan satu dengan lainnya.
Jika kita tidak bisa mengkoordinasikan seluruh unit ini dengan baik, maka kita
tidak bisa mengharapkan suatu hasil yang baik pula. Jadi dalam pelaksanaan
tugas tersebut atau tidaknya kita dalam pemecahan suatu masalah adalah
tergantung dari kemampuan kita dalam mengkoordinasikan baik petugas pelaksana,
peralatan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan tersebut.
Pada komputer kemampuan untuk mengkoordinasikan ini kita sebut dengan OPERATING
SYSTEM.
Operating
system inilah yang akan mengkoordinasikan seluruh peralatan atau device yang
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu sistem komputer.
CARA KERJA DARI SUATU SISTEM KOMPUTER
Suatu sistem komputer adalah
merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan
terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai
dengan instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui Bahasa Pemrograman
yang dikenalnya. Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk
menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini kita sebut INPUT DEVICE.
Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu
peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam
storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central
Processing Unit). CPU ini terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical
Unit.
Proses data serta
perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan
instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan
perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE.
MENGENAL PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
KOMPUTER
Sebagaimana kita ketahui bahwa
komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang bergabung/terpadu dan
bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.
Seperangkat alat-alat elektronika
ini adalah berupa mesin-mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa
dilihat, peralatan-peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan
‘COMPUTER HEARD-WERE’.
Pada umumnya suatu kesatuan
peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu :
·
Input device
·
Storage Unit
·
CPU (Central Processing Unit)
·
Output device
Akhir-akhir ini kemajuan
teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan orang akan informasi juga
bertambah terutama dalam hal kecepatan penyampaian informasi maka diperlukan
suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari
komputer kepada si pemohon secara cepat pula.
Alat ini kita sebut dengan CCU
(Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk
memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat
lain atau dari suatu komputer ke komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.
Dengan adanya alat ini maka
umumnya komputer-komputer sekarang inipun selalu melengkapi alat ini sebagai
sesatuan sistem komputernya.
Jadi komponen yang membentuk
suatu sistem komputer sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu :
- Input Device
- Storage Unit
- CPU
- Output device
- CCU (Communication Control Unit)
KONFIGURASI SISTEM KOMPUTER
Seperti telah disebutkan diatas,
ke 5 komponen atau peralatan itulah yang merupakan konfigurasi dari sistem komputer.
Konfigurasi sistem komputer
tersebut kita bisa gambarkan sebagai berikut :
KETERANGAN
Data/perintah akan masuk melalui
peralatan input (input device). Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung
ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan
ke dalam memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan
dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke
memori. Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai
output/hasil melalui media output (Output Device) atau disimpan saja di memori
untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
Seluruh kegiatan pemindahan data,
perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device
komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control
Unit.
INPUT & OUTPUT DEVICE
Input Device adalah suatu
bagian/komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita
memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.
Data maupun instruksi yang kita
masukkan ke dalam komputer adalah data/instruksi yang masih dalam bahasa
ataupun kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal data/instruksi
tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode binar (bit), jadi agar komputer bisa
mengenal data/instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan
terjemahan/konversinya.
Alat-alat Input (Input Device)
ini antara lain adalah
- Card Reader
- Magnetic Ink Character Reader (M.I.C.R)
- Optical Character Reader (O.C.R)
Output Device adalah suatu
komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan
hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.
Semula hasil pengolahan komputer
ini juga merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode binar (bit), maka
agar kita sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol binar itu harus
dikonversikan lagi ke dalam bentuk bahasa yang kita kenal. Output device inilah
yang berfungsi melakukan tugas tersebut.
Alat-alat output ini antara lain
adalah :
- Printer
- Plotter
- Card Punch
- Dll.
Device-device yang kita sebutkan
diatas adalah device-device yang hanya berfungsi sebagai input saja ataupun
sebagai outpu saja. Ada juga device-device lain yang bisa berfungsi sebagai
input dan sekaligus berfungsi sebagai outpu, antara lain :
- Magnetic Tape Unit
- Magnetic Disk Unit
- Paper Tape Unit
- Console
- Display Unit
- Card Read Punch
- Dll
MEDIA PENYIMPANAN
Media penyimpanan atau storage
atau memori dapat dibedakan atas 2 bagian, yaitu :
-
Internal Storage ( Primary Storage )
-
External Storage ( Secondary Storage )
INTERNAL STORAGE
Internal Storage adalah storage
yang terletak di dalam atau berhubungan langsung dengan Control Processing
Unit.
Storage ini terdiri dari :
- Main Storage
- General Storage
- Control Register
- Floating Point Register
- Relocatable Control Storage
- Buffer
EXTERNAL STORAGE
External Storage adalah storage
yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan CPU misalnya Magnetic Tape
dan Magnetic Disk.
MEDIA PENYIMPANAN YANG MUTAKHIR
MEMORI DAN MEDIA
Pada tahap pertama memori
komputer berwujud ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).
Kelemahannya, memori ini berbentuk chip, dan terbatas kapasitasnya. Isi ROM
memang tidak akan terhapus oleh matinya arus listrik. Tetapi isi RAM akan
terhapus bila listrik mati.
Sementara itu, dalam
mengoperasikan komputer yang ingin agar program, data dan hasil kerja komputer
dapat direkam dan dapat diambil lagi sewaktu-waktu. Oleh sebab itu muncul
pemikiran perlunya dibuat media penyimpanan, sebagai perpanjangan dari fungsi
memori.
Media penyimpanan kini banyak
jenisnya, contohnya adalah floppy disk, hard disk , CD-ROM.
FLOPPY DISK
Floppy disk adalah media
penyimpanan yang terbuat dari plastik mylar. Plastik tipis ini dilapisi bahan
magnetik dan dibungkus dalam sebuah jaket plastik pula. Terdapat beberapa ukuran disket, yaitu 8 inci, 5¼ inci
dan 3½ inci.
HARD DISK
Hard disk disebut juga fixed
disk. Tetapi istilah Fixed Disk menjadi tidak tepat, karena kini sudah muncul
Removable Hard Disk. Kata hard disk menunjuk pada bahan disknya yang memang
keras. Kalau floopy disk dibuat dari plastik mylar, maka hard disk dibuat dari
alumunium dan dilapisi bahan magnetik.
Hard disk merupakan media
penyimpanan yang paling handal. Keunggulan hard disk dibanding floopy disk
adalah pada kecepatann dan kapasitasnya. Dengan bahan dasar yang kuat, maka
hard disk dapat diputar lebih cepat. Demikian pula lapisan magnetik lebih
kompak dan padat.
CD-ROM
CD-ROM ( Compact Disk Read Only
Media ) merupakan salah satu terobosan baru dalam bidang media penyimpanan.
Bahan piringan CD-ROM adalah plat alumunium yang dilapisi bahan semacam chrome
yang mengkilat. Disini tidak dipakan bahan magnetik, melainkan bahan yang
memantulkan cahaya.
Dibandingkan dengan hard disk, kecepatan
kerja CD-ROM lebih lambat lima kali. Hal ini karena cara pengalamatannya yang
mirip dengan cara sekuensial.
CD-ROM tepat untuk digunakan
dalam penyimpanan data yang sifatnya permanen, misalnya data base perpustakaan,
bank data dan lain-lain data yang tidak terlalu sering di-update.
MENGENAL STRUKTUR DATA DAN PENYAJIAN DATA DALAM KOMPUTER
Salah satu hal penting yang tidak
dapat ditinggalkan dalam pemakaian komputer adalah data. Data dapat diperoleh
dari berbagai sumber. Ia dapat diperoleh sebagai hasil pengukuran di
laboratorium, dari hasil survei, angket dan lain-lain. Dengan berbagai macam
cara, data ditransformasi menghasilkan informasi.
Informasi sangat penting, karena
memberikan dasar bagi pembuatan keputusan yang mantap dan ilmiah.
Dalam lembaga dan organisasi,
baik bersifat komersial ataupun industrial, bahkan organisasi yang bagaimanapun
bentuknya, data dipandang sebagai suatu kekayaan yang penting dan mahal.
Memang, kadang-kadang data sulit diperoleh.
Data yang kita miliki, terdiri
dari berbagai jenis. Untuk mengelola data yang bermacam-macam jenis tersebut
secara baik guna menghasilkan informasi pengetahuan mengenai struktur data.
STRUKTUR DATA
Struktur data adalah suatu
koleksi/kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta
operasi yang didefinisikan terhadapnya.
Struktur data sangat penting
dalam sistem komputer. Terhadap setiap variabel dalam program, secara eksplisit
atau implisit, didefinisikan struktur data yang akan menentukan operasi-operasi
yang berlaku terhadap variabel tersebut.
Struktur data yang dibicarakan
ini merupakan struktru data logik. Bukan penyajian secara fisik pada storage.
Pada garis besarnya, data dapat
kita kategorikan menjadi :
- Data Type :
- Tunggal, misalnya : Integer, Boolean serta karakter
- Majemuk, misalnya : String (untai).
Data type ini dengan berbagai
cara tertentu dapat diorganisasikan menjadi struktur data.
-
Struktur Data.
·
Sederhana, misalnya : Array dan Record
·
Majemuk, terdiri atas :
-
Linier, misalnya : Stack, Queue, Linear Linked List
-
Nonlinier, misalnya : Binary Tree, Binary Search Tree,
M-way Search Tree, General Tree, Graph.