Minggu, September 13, 2015

Sakit kepala


Penderita penyakit sakit kepala sebelah migrain ini adalah wanita, jumlahnya mencapai tiga kali lipat penderita pria. Separuh wanita penderita migrain ternyata karena faktor keturunan. Namun, belum jelas apakah keluuhan yang diturunkan ini karena faktor genetis, lingkungan budaya keluarga (misalnya orangttuanya seorang penuntut) atau karena faktor lain.
 
Penyakit sakit kepala sebelah migrain paling umum diderita wanita berusiaq antara 20 tahun dan 30 tahun. Kadang sakit kepala sebelah juga menyerang wanita belasan tahun, meskipun sangat jarang. Namun bukan berarti wanita berusia lebih tua bebas dari ancaman sakit kepala sebelah, karena 10 persen di penderita migrain adalah wanita berusia 40-an tahun.
Apabila migrain atau penyakit sakit kepala sebelah telah menyerang makan Anda dapat mengobatinya dengan merebus akar blustru sebanyak 1 hingga 2 genggam akar blustru. Saring air rebusan tersebut lalu minum selagi hangat.
Sementara untuk mencegah migrain tanpa obat yakni dengan menghindari faktor-faktor pemicu migrain, seperti terganggunya siklus tidur, keadaan puasa, hormon, merokok, cahaya yang terlalu terang, bau yang menyengat, gangguan emosi, alkohol, MSG, keju, kafein, cokelat, makanan yang banyak mengandung nitrat (daging sapi olahan, ham, sosis). Singkatnya, mencegah migrain dapat dilakukan dengan daya hidup sehat.

Salah satu pemicu sakit kepala sebelah adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Setiap individu memiliki reaksi spesifik terhadap jenis bahan makanan pencetus migrain. Artinya bahan makanan tertentu bisa tidak mencetuskan reaksi apapun pada satu orang. padahal pada orang lain menimbulkan mirgain. Bergitu pun dengan berat-ringannya serangan migrain, sangat khas untuk setiap orang.
Hal yang paling berperan mencetuskan migrain adalah lemak, terutama jenis lemak-lemak jahat yang mudah rusak karena proses oksidasi, seperti pemasakan lama dan/ atau  dengan pi besar atau pada suhu tinggi. Di antaranya lemak tak jenuh, kolesterol, lemak trans dan lemak tak jenuh jamak. Belum jelas bagaimana rangkaian sebab-akibat dari migrain, namun diduga radikal bebas yang dihasilkannya mencemari senyawa biokimiawi penyampai pesan saraf dalam serabut otak.

Rasa pusing pada penderita sakit kepala sebelah sampai saat ini belum di ketahui secara pasti penyebabnya, meskipun demikian para ahli neurologi  yang melakukan penelitian mengatakan bahwa penyakit sakit kepala sebelah adah bagian dari penyakit saraf yang terdapat di dalam serabut otak yang dapat mengakibatkan pe,buluh darah otak menegang dan berkerut. Setelah itu, pembuluh darah kepala yang berada di luar otak akan semakin lebar.
Ketika serabut otak tersebut menegang, maka secara otomatis keluarlah aura. Aura adalah gejala yang menandakan akan datangnya penyakit sakit kepala sebelah tersebut. setelah itu penderita akan mengalami penglihatannya mulai kabur, jari-jarinya merasakan kesemutan, badan terasa lemah dan wajah juga menjadi pucat. Terkadang penyakit sakit kepala sebelah akan parah sehingga akan mengakibatkan terganggunya cara berbicara penderita tersebut. rasa sakit akibat sakit kepala sebelah pada penderita umumnya disinyalir akibat dari terjadinya ketika pembuluh darah mulai melebar ke kepala bagian luar otak.

Gejala Sakit Kepala Sebelah
Sakit kepala yang beralngsung selama 2 hingga 3 jam setiap hari secara terus-menerusMuncul secara tiba-tibaSelaput lendir hidung dan mata menjadi bengkak jika menderita penyakitmigran parah dan menyebabkan hidung tersumbat yang disertai dengan pilek.Selain itu mata menjadi terasa sangat berat ketika menundukkan kepala.Ditambah dengan rasa mual dan ingin muntah, badan terasa bergetar, sering buang air kecil dan mengeluarkan keringat.
Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah
Cara mengatasi sakit kepala sebelah secara alami tanpa harus menggunakan obat :
Istirahatkan badan, Penderita sakit kepala peka terhadap cahaya, sangat dianjurkan untuk beristirahat di tempat gelap dan tenang. Jauhilah sumber-sumber keramaian dan usahalan untuk tidurKompres kepala dengan air dingin atau es untuk membantu menyempitkan pembuluh darahHangatkan bagian leher. Istirahatkan tulang leher karena kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala sebelah. Ketika istirahat, coba hangatkan leher dan berikan pijatan lembutMinumlah obat pereda rasa sakit. Ada banyak obat pereda rasa sakit seperti analgesik, antipiretik dan antiaspirin. Sekedar mengingatkan, jangan sembarang minum obat. Harap konsultasikan dengan dokter.

Pencegahan Sakit Kepala Sebelah
Selain cara mengatasi sakit kepala sebelah adapula upaya pencegahan yang harus dilakukan ketika sakit kepala menyerang kembali, diantaranya adalah :
Jauhi faktor-faktor pencetus sakit kepala sebelah. Selain jumlah faktor yang sudaj disebutkan diatas. Penderita sakit kepala sebelah juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Ada bebreapa makanan yang daapat memicu munculnya migrain, tentunya tergantung dari sensitivitas masing-masing individu. Hindari makanan yang mengandug alkohol, kafein, keju, dan penguat rasa.Konsumsilah makanan yang mengandung bubur gandum, kacang-kacangan, jahe, air putihHindari benda yang menimbulkan bau yang cukup tajam seperti parfum, aroma body spray, bau asap rokok, bau bahan bakar minyak.Jangan terlalu lama berdiri atau duduk terlalu lamaJangan terlalu berada diluar dengan paparan sinar matahari yang berlangsnug Ciptakan lingkungan yang bersih dan perubahan kebiasaan yang mulai ditinggalkanMengatur waktu tidur dengan baikMengkonsumi sukplemen tambahkan unutk meningatkan nafsu makan.
Ada banyak obat pereda rasa sakit seperti analgesik, antipiretik dan antiaspirin. Sekedar mengingatkan, jangan sembarang minum obat. Harap konsultasikan dengan dokter.


Sakit kepala sebelah adalaa salah satu masalah sakit kepala yang paling sering di rasakan oleh masyarakat, sakit kepala sebelah atau sering di katakan sebagai sakit kepala migran merupakan nyeri yang terasa di bagian satu sisi kepala, sakit tersebut akan terasa berdenyut dan kerap kali di sertai dengan rasa mual bahkan muntah-muntah. Biasanya orang yang menderita sakit kepala sebelah ini sensitif terhadap suara, cahaya bahkan aroma bau-bauan.
Sakit kepala sebelah umumnya menyerang satu sisi bagian kepala saja, namun sakit tersebut bisa berpindah-pindah, dan juga dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus. Sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang paling sulit untuk di kenali karena sakit ini memiliki gejala yang sama dengan sakit kepala lainnya, dan terkadang sakit kepala sebelah atau migran ini timbul bersamaa dengan penyakit lain seperti asma dan depresi. Jadi untuk mengetahui penyakit sakit kepala sebelah atau migran cukup sulit, untuk cara mudah menghilangkan sakit kepala sebelah penderita biasanya cukup dengan mengkonsumsi obat sakit kepala sebelah yang terdapat di toko sekitar rumah.
Obat Sakit Kepala Sebelah
Penyebab sakit kepala sebelah dapat di perkiran karena adanya Hiperaktifitas impuls listrik otak yang dapat meningkatkan aliran darah di otak manusia, sehingga akibatnya terjadilah pelebaranpembuluh darah otak serta salah satu protes inflamasi. Inflamasi dan pelebaran inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya rasa nyeri dan gejalan penyakit lainnya sepertu rasa mual seperti ingin muntah. Ketika tingkat inflamasi tersebut semakin berat, maka semakin berat juga sakit kepala yang akan di derita oleh penderita tersebut, dan faktor genetiklah yang sangat berperan terhadap timbulnya sakit kepala tersebut.
Gejala sakit kepala sebelah biasanya terjadi selama satu hingga dua hari sebelum muncul sakit kepala sebalah tersebut, dan biasanya penderita akan mengalami gejala awal  seperti menguap berlebihan, mudah tersinggung, tubuh merasa lemah, sangat menginginkan suatu jenis makanan dan penderita akan merasa gelisah. Penderita sakit kepala sebelah akan merasakan nyeri berdenyut pada bagian satu sisi kepala, dan rasa nyeri tersebut sering terjadi de belakang mata. Namun rasa nyeri tersebut dapat berpindah-pindah pada bagian sisi sebalahnya pada serangan sakit kepala selanjutnya sakit kepala tersebut bisa menyerang dua sisi kepala sekaligus. Gejala lain yang sering menyertai sakit kepala sebelah yaitu seperti kepekaan terhadap sinar, rasa mual dan muntah, suara bising dan juga gejala semakin berat apabila penderita melakukan aktifitas fisik.

Obat Sakit Kepala Sebelah
Untuk mengatasi sakit kepala kita dapat memberikan obat sakit kepala sebelah yang terdapat di apotik atau toko obat lainnya yang sudah terkenal dengan khasiat obat-obatnya, jangan sekali-kali membeli obat sakit kepala sebelah di sembarang toko. Karena banyak obat sakit kepala sebelah yang akan mengakibatkan penderita menjadi ketergantungan dengan obat sakit kepala sebelah tersebut. berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat di gunakan sebagai obat sakit kepala sebelah.
Obat Sakit Kepala Sebelah

Obat Sakit Kepala Sebelah Alami
Teh Jahe
Obat sakit kepala sebelah alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala sebalah yaitu  teh hangat jahe. Minuman ini sudah banyak digunakan untuk mengobati sakit kepala sebelah atau migran. Karena jahe berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat bekerja dengan cara membantu dan menghambat sintesis prostaglandin adalah senyawa kimia yang bisa memicu terjadinya migran.  Cara pembuatan obat sakit kepala sebelah dengan jahe ini yaitu dengan mengupas kulit jahe dan masukkan ke dalam panci yang terisi air dan masukkan satu kantong teh, selanjutnya saring dan air teh jahe siap di minum. Untuk hasil lebih maksimal dapat ditambahkan dengan madu, lemon atau susu.
Kafein
Pasti banyak yang mengira bahwa minuman yang mengandung kafein merupakan penyebab sakit kepala sebelah, buang jauh-jauh dulu yah persepsi seperti itu. Karena minuman yang mengandung kafein seperti coklat, kopi dan teh tidak hanya dapat menghilangkan rasa kantuk, namun semua minuman tersebut dapat kita gunakan sebagai obat sakit kepala sebalah yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Tapi jangan sampai berlebihan, karena justru akan memperparah sakit kepala sebalah tersebut. cukup dengan mengkonsumsi 1-2 gelas saja untuk meringankan rasa sakit.
Hidroterapi
Hidroterapi adalah salah satu teknik terapi yang menggunakan air, dan untuk mengobati sakit kepala sebelah cobalah untuk memasukkan kaki ke dalam air dingin dan letakkan kain hangat di bagian leher. Cara terapi seperti ini dapat membantu untuk melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki, selain cara tersebut kuta juga dapat mandi dengan menggunakan air hangat yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan pada bagian leher dan punggung.
Selain obat sakit kepala  sebelah tersebut di atas kita juga dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, karena kekurangan magnesium merupakan salah satu penyebab timbulnya sakit kepala sebelah. Maka dari itu konsumsilah makanan yang mengandung kaya akan magnesium untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit pada migran yang dapat muncul secara tiba-tiba.


Sakit Kepala Sebelah Kanan – Sakit kepala sebelah dapat terjadi pada kepala bagian kanan, kiri dan belakang. salah satu penyakit yang paling sering di rasakan oleh kebanyakan orang adalah penyakit sakit kepala sebelah. Namun pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang sakit kepala sebelah kanan, sehingga mungkin dapat membantu anda untuk dapat memahami sakit kepala sebelah kanan dan penyebabnya selain itu juga kami akan memberikan informasi cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan tersebut.
Sakit Kepala sebelah merupakan sakit kepala yang dapat berlangsung selama berjam-jam dan sering disertai dengan pusing kepala. Migran atau sakit kepala sebelah kanan merupakan sakit kepala yang terasa di bagian sebelah kanan kepala. Dan jika anda mengalami sakit kepala sebelah kanan secara berulang-ulang maka sebaiknya anda segera melakukan perubahan pada pola hidup, seperti tidak banyak stress serta mengkonsumsi obat sakit kepala yang cocok.
Sakit Kepala Sebelah Kanan

Penyebab Sakit Kepala Sebelah
Sudah banyak ahli kesehatan yang melakukan penelitian dan mengasosiakan bahwa penyakit sakit kepala sebelah berhubungan dengan masalah gangguan penglihatan. Rasa sakit ini biasanya terjadi pada bagian kanan kepala, dan dengan berjalannya waktu dapat menyebar  dan bergeser pada sisi kepala bagian lain serta dapat ke bagian kepala belakang. salah satu penyebab utama sakit kepala sebelah kanan ini adalah stress yang di akibatkan dari beban kerja yang disertai dengan kecemasan dan rasa lapar. Pada saat anda mengalami stress, maka secara otomatis akan membuat otot-otot pada bagian bahu, leher, pundak menjadi tegang atau kencang maka dengan demikian akan menyebabkan rasa sakit pada salah satu bagian kepala.
Selain itu ada beberapa kegiatan yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah antara lain dengan kebiasaan merokok. Tentunya hal ini merupakan salah satu penyebab utama pada jenis penyakit sakit kepala, karena rokok hanya akan menambah rasa sakit serta hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh lainnya. Dan sebagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui penyebab sakit kepala sebelah secara pasti yaitu dengan mengingat makanan atau minuman apa saja setiap hari. Selain itu, perasaan bosan dapat menjadi faktor penyebab sakit kepala sebelah kanan  pada masa kehamilan, di tambah lagi jika sering mengalami muntah.
Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebalah Kanan
Untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan anda dapat melakukan beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala sebelah yang saat ini sedang anda rasakan.  Yang mungkin dapat meringakan sakit kepala sebelah yang anda alami.
Sakit Kepala Sebelah Kanan
Obat dan Penghilang Rasa Sakit
Obat dan penghilang rasa sakit dapat di gunakan untuk meredakan sakit kepala namun obat ini juga dapat membawa efek samping tertentu. Akan tetapi jangan asal memilih obat yang akan anda konsumsi, apalagi jika obat tersebut merupakan tergolong obat keras. Dan jika sakit kepala terasa lebih parah dari sebelumnya, maka konsultasikan ke dokter maka dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan keadaan tubuh anda.
Makanan Yang Sehat
Kebiasaan buruk dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat adalah penyebab sakit kepala yang paling sering ditemuka, dan ketika anda mulai beralih pada gaya hidup yang lebih sehat, maka secara otomatis sakit kepala akan berkurang drastis. Dan intinya, anda harus mulai mengontrol makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut sudah tepat dan sehat. Karena hal tersebut merupakan cara mengatasi sakit kepala sebelah yang paling efektif dan juga murah.
Sakit kepala sebelah kanan umumnya dapat di alami oleh siapa saja baik itu pria ataupun wanita terlepas dari faktor usia mereka. Pencegahan merupakan hal yang paling baik dan tepat yang dapat anda lakukan di bandingankan dengan pengobatan, karena bagaimanapun pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Dan gaya hidup sehat akan menjauhkan anda dari berbagai jenis penyakit yang akan dapat menyerang kesehatan tubuh manusia.
Selain itu penyebab sakit kepala sebelah juga dapat di akibatkan dari duduk terlalu lama di depan layar monitor komputer secara terus-menerus dan juga dapat mengakibatkan sakit kepala yang parah.  dan jika anda merupakan salah satu orang yang di wajibkan untuk bekerja di depan kompute, maka luangkanlah waktu untuk mengistirahatkan mata dengan cara menjauh dari komputer dan menutup mata dalam waktu sekitar setengah jam ( 30 menit ). Dan cobalah untuk menerapkan metode tersebut guna membuat mata anda menjadi lebih rileks dan lega, seperti halnya melakukan meditasi atau relaksasi. Solusi ini dapat anda lakukan sebagai pengobatan sakit kepala sebelah kanan yang sangat efektif.
Adapun cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan dengan mengistirahatkan badan pada tempat yang gelap dan tenang karena sakit kepala bagian kanan peka terhadap cahaya, dan jauhi sumber kebisingan dan usahan untuk tidur, mengompres kepala kanan dengan menggunakan air dingin atau es sehingga dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, hangatkan juga bagian leher anda dan lakukan pemijatan secara lembut dan yang terakhir dengan mengkonsumsi obat pereda sakit kepala tentunya dengan anjuran dokter.

Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala. Salah satu penyakit kepala yang sering menyerang banyak orang adalah migrain. Ada kemungkinan bahwa penyakit-penyakit tersebut adalah pertanda dari suatu penyakit serius, misalnyatekanan darah tinggi, penyakit mata, hingga tumor, sehingga penyebabnya perlu dicari dan diobati. Migrain berasal dari bahasa Yunani, hemocrrania yang artinya sakit kepala sebelah. Lebih dari separuh penderita migrain memiliki keluarga dekat yang juga menderita migrain sehingga diduga ada kecenderyngan bahwa penyakit ini diturunkan secara genetika. Umumnya, usia rata-rata penderita migrain kepala sebelah tercatat antara 10-30 tahun, ada juga yang mengalami migrain setelah berusia 40 tahun.
Uniknya lagi, kaum wanita lebih berbakat terkena migrain. Penderita migrain pada wanita kira-kira tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Penyebabnya terutama adalah perubahan hormonal. Migrain sudah ada sejak 200 tahun yang lalu.
Penyakit sistem saraf migrain merupakan nyeri pada satu sisi yang masih dibagi lagi menjadi migrain dengan aura, tanpa aura, opthalmoplegik, retina, sindrom periodik kanak-kanak yang menjadi pemicu atau berhubngan dengan mihrain, dan migrain yang tidak memenuhi kriteria yang disebutkan sebelumnya.
Penyakit sistem saraf migrain kadangkala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lainnya. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain.
Penyakit sistem saraf mirain yang bisa timbul bersama dengan penyakit lainnya misalnya adalah penyakit asma dan depresi. Penyakit yang sangat berat, misalnya tumor atau infeksi, dapat juga menimbulkan gejala yang mirip migrain. Namun kejadin ini sangat jarang.
Untuk pencegahan serangan penyakit sistem saraf migrain, perlu diketahu terlebih dahulu apa pemicunya yang bisa saja berupa makanan misalnya seperti keju, minuman yang beralkohol, atau stress, depresi atau kurang tidur, cahaya tajam atau menyilaukan dan sebagainya. Pastikan Anda cukup istirahat. Jangan sepelekan jika migrain menyerang. Orang yang biasanya terserang penyakit migrain cenderung terkena serangan jantung.


Pernah merasakan pusing berdenyut dan menusuk-nusuk dibagian tengah kepala? Biasanya berawal pada daerah mata dan pelipis, kadang disertai mual hingga muntah-muntah. Kalau Anda penderita migrain, teliti kembali pola makan Anda, karena itulah salah satu penyebab sekaligus obatnya.
Migrain merupakan penyakit kepala yang sangat mengganggu. Sekalipun bisa menyerang seluruh kepala, gejala paling umum adalah rasa sakit di separuh kepala. Berdenyut-denyut, disertai rasa seperti ditusuk-tusuk, awalnya muncul di sekitar daerah mata atau pelipis di atas ujung alis. Meskipun, menurut para ahli kesehatan, tidak semua sakit kepala sebelah berarti migrain.
Lama-lama rasa sakit setempat di sekitar mata atau pelipis ini akan menjalar, hingga mencengkram sekujur separuh kepala, kanan atau kiri. Bila gangguannya berat, mata akan terasa sakit jika bola mata digerakkan. Apalagi bila kita menundukkan kepala, menbungkukkan badan, bekerja berat, atau silau terkena cahaya yang cukup terang.
Kebanyakan penderita migrain adalah wanita. Uniknya wanita pengidap migrain umumnya memiliki stereotipe tertentu. Yakni bertubuh langsing, sangat peduli tehadap penampilan bahkan cenderung ingin tampil sempurna, perasaannya mudah tergugah, berkepribadian kompulsif cenderung ambisius, haus tantangan. Namun sebaliknya, kemarahannya mudah meledak (tempramental), sulit mengendalikan emosi-baik kemarahan maupun kegembiraan atau justru sangat tertutup. Jika bekerja mereka berambisi sukses di kantor maupun di rumah.
Gempuran rasa sakit akibat migrain bisa berlangsung ‘Cuma” 2 jam, bisa juga sampai 72 jam alias tiga hari tiga malam tanpa henti! 
Ada migrain yang munculnya tidak kenal waktu; kapan saja. Adapula migrain yang muncul secara rutin dan berkala, misalnya 2 kali sebulan. 
Yang rutin antara lain disebabkan oleh faktor hormonal, misalnya migrain yang muncul di saat haid, masa subur (ovulasi), pelonjakan kadar hormon estrogen akibat suntik KB atau minum obat KB.
Serangan migrain yang hebat bisa membuat selaput lendir hidung dan mata menbengkak, sehingga hidung tersumbat. Biasanya hidung lalu buntu seperti menderita pilek berat, dibarengi mata sakit serasa bola mata mau copot, terutama kalau menunduk. Muka pucat, kaki tangan berkeringat dingin, tubuh gemetar, kadang banyak menguap, diare, mual, bahkan muntah-muntah dan sering buang air kecil.
Migrain tidak datang tiba-tiba. Ketika serabut otak mulai menegang, timbul gejala khas yang menandai akan datangnya serangan migrain yang sesungguhnya yang disebut aura. Yakni penglihatan kabur, mata berkunang-kunang, kesemutan pada jari-jari disertai rasa lemah yang akan menjalar ke seluruh lengan, terus ke kepala. Pada migrain berat, serangannya ditandai gangguan bicara, misalnya sulit memilih kata-kata yang akan diucapkan atau berbicara berbeda dari yang dipikirkan. Ketika gangguan pembuluh darah melebar ke bagian kepala di luar otak, mulailah serangan pusing sebelah yang sesungguhnya.
Kemudian rasa nyeri pada bagian muka berupa nyeri di sebelah atau di seluruh muka yang menurut perkiraan juga disebabkan oleh pelebaran pembuluh. Sering kali nyeri di rasakan terus-menerus dan sewaktu-waktu diperhebat oleh serangan-serangan, seperti tertusuk-tusuk jarum. Di samping itu masih dikenal nyeri pada muka yang jarang sekali terjadi, antara lain radang saraf tertentu (trigeminus neuralgia) yang sebaiknya tiak diobati sendiri, seperti halnya dengan nyeri kepala cluster dan migrain hebat.


Sakit kepala jenis ini memang jarang terjadi, sehingga tidak begitu dikenal. Sama seperti migrain, sakit kepala jenis ini tergolong sakit kepala vaskuler, yaitu melibatkan pembuluh darah sekitar kepala. Uniknya, sakit kepala ini lebih terpusat pada sekitar salah satu mara sampai berair.
Untuk semua jenis sakit kepala, jika memang tidak tertahankan, bisa diredakan dengan pereda nyeri (analgesik). Setidaknya bisa mengurangi rasa sakitnya.
Macam-macam analgesik bisa digunakan, tapi analgesik yang reatif aman dan bnayak dipakai adalah parasetamol yang tersedia dalam berbagai nama paten. Namun sebelum memutuskan menggunakan obat pereda nyeri, ada baiknya melakukan tindakan-tindakan non obat untuk meredakan sakit kepala.
Khusus untuk migrain dan sakit kepala klaster, jika pereda nyeri saja tidak cukup dan nyerinya sangat mengganggu, memang diperlukan obat lain yang bisa mengkontraksi pembuluh darah sekitar kepala. 
Jenis obatnya adalah ergotamin dan golongan triptan (sumatriptan) yang bisa dijumpai dalam beberapa nama paten. Tetapi obat-obat ini harus diperoleh dengan resep dokter. Jika kejadiannya cukup sering, misalnya sampai 2-3 kali sebulan, mungkin perlu menggunakan obat untuk pencegahan migrain yang akan membantu mengontrol aliran darah dan aktivitas sistem saraf. Obat untuk pencegahan migrain antara lain adalah golongan beta bloker (propanolol, atenolol), antidepresan trisiklik (contoh : amitritilin, imipramin). Namun obat-obatan ini harus diperoleh dengan resep dokter.

Migrain atau yang lebih dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Sakit kepala yang hanya terjadi di sebelah sisi kepala saja. Migrain terjadinya akibat pembuluh darah di sekitar kepala dalam patofisiologinya, makanya rasanya berdenyut-denyut. Pada awalnya pembuluh darah  berkontraksi (vasokonstriksi), tapi kemudian diikuti dengan pelebaran pembuluh darah (vasodilatsi). 

Ada tahapan-tahapan pada kejadian migrain atau sakit kepala sebelah. Secara umum terjadi seperti berikut ini :
1. Fase prodrome, yakni suatu rangkaian “peringatan’ sebelum terjadi serangan yang meliputi perubahan mood, perubahan perasaan atau sensasi (bau atau rasa) atau lelah dan ketegangan otot.
2. Aura, yakni gangguan visual yang mendahului serangan sakit kepala. Tidak semua migrain diawali dengan aura, Aura adalah gangguan penglihatan seperti melihat sinar yang berpendar atau warna-warna yang berbaur dsb.
3. Sakit kepala. Umumnya satu sisi, berdenyut-denyut, disertai mual dan pada beberapa orang mungkin bisa sampai muntah, menjadi sensitif terhadap cahaya dan suara. Sakit kepala ini terjadi selama sekitar 4-72 jam.
4. Berhentinya sakit kepala. Sebenarnya meskipun tidak diobati, nyeri biasanya akan menghilang dengan sendirinya, misalnya dibawa tidur.
5. Postdrome. Tanda-tanda lain migrain seperti tidak bisa makan, idak konsentrasi dan kelelahan.
Serangan sakit kepala sebelah dapat dipicu oleh berbagai hal, antara lain adalah kepanasan, bau-bauan yang menyengat, jenis makanan tertentu, terlalu lelah, stress pikiran, faktor hormonal dll. Pemicunya bervariasi antar individu. Bahkan wanita pun mengalami migrain dan migrain paling sering dialami wanita ketika menjelang dan dalam masa menstruasi. Migrain sebenarnya akan reda dengan sendirinya, tetapi kadang penderita tidak cukup kuat mentoleransi sakit kepalanya, apalagi jika harus tetap beraktivitas, maka diperlukan pengobatan.


Sakit kepala sebelah atau yang lebih dikenal dengan migrain dapat menimpa siapa saja. Tentu sangat menjengkelkan bila itu terjadi saat Anda tengah sibuk bekerja atau belajar. Keseringan mengkonsumsi cokelat dan kopi dituding dapat memicu timbulnya migrain atau sakit kepala sebelah. Salah satu langkah pencegahan agar tak terserang migran yakni istirahat dan tidur yang cukup.
Darah kotor serta urat-urat saraf yang kurang sehat karena kurang lengkapnya gizi makanan dapat menimbulkan sakit kepala yang luar biasa. Sakit kepala ini biasanya hanya menyerang sebelah bagian kepala. Penderita migraine perlu mengikuti porgram three day cleansing dan makan-makanan yang segar.
Migrain berasal dari bahasa Yunani yakni hemicrania (hemi yang artinya setengah, cranium artinya tengkorak kepala). Serangan sakit kepala migrain atau sebelah dapat terjadi beberapa kali dalam setahun atau sampai beberapa kali seminggu dengan lamanya serangan biasanya 1-2 jam