Jumat, Juni 17, 2016

soal uas sistem basis data



 Pertanyaan :
 Soal          : berdasarkan analisa prosedur dibawah ini, buatlah Flowchart, Diagram kontex, Diagram alur data, E-R, tabel-tabel, normalisasi dan perancanganprogram.
keterangan :
Uraian tugas dan wewenang :
1.    Kepala cabang
*    Mengelola operasional cabang dengan menyalurkan uang pinjaman secara hukum gadai dan melaksanakan usaha lainnya
*    Menetapkan taksiran dan mengkoordinasikan kegiatan penaksiran barang jaminan atau kegiatan pinjaman gadai berdasarkan peraturan yang berlaku
*    Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan masing-masing untuk menghindari penyimpangan
2.    Penaksir
*    Menaksir barang jaminan
*    Menyusun dan menyimpan SBK sesuai golongannya,  bukti kepemilikan, identitas dan formulir permohonan kredit
*    Mencatat data nasabah pada buku nasabah
*    Setiap akhir bulan jumlah kredit yang diberikan dicatat pada buku statistik perkembangan usaha
3.    Kasir
*    Melakukan pembayaran penerimaan dan penyimpanan uang kas
*    Mencatat transaksi pelunasan berdasarkan SBK pada buku pelunasan, buku kas, dan iktisar kredit dan pelunasan
Analisa prosedur
1.    Prosedur pemberian kredit gadai
*    Nasabah datang ke loket penaksir menyerahkan data diri nasabah/copy KTP, barang jaminan dan bukti kepemilikan
*    Penaksir menerima data diri nasabah/copy KTP, barang jaminan dan bukti kepemilikan dan memeriksa apakah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak. Jika  setelah di teliti tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka data diri nasabah/copy KTP, barang jaminan dan bukti kepemilikan di kembalikan ke nasabah.
*    Tapi jika setelah di teliti sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka penaksir menetapkan/menentukan harga taksiran dan uang pinjaman yang akan diberikan pada nasabah serta mengisi formulir permohonan kredit (FPK).
*    Fpk yang telah diisi dan di tandatangani nasabah sebagai bukti tanda persetujuan atas harga taksiran dan uang pinjaman diberikan ke penaksir untuk diinput kedalam komputer dan disimpan dalam database selanjutnya di buatkan Surat bukti kredit (SBK) tiga rangkap.
*    SBK diberikan kepada nasabah untuk di tandatangani. Sbk yang telah ditandatangani nasabah dan penaksir diberikan kepada kasir untuk di tindak lanjuti
*    Kasir menerima sbk, dan memberikan sbk lembar pertama beserta uang pinjaman kepada nasabah, sbk yang kedua  di simpan untuk di arsipkan, sbk lembar ketiga diberikan ke penaksir sebagai dokumen.
2.    Prosedur laporan pemberian kredit gadai
*    Setiap akhir jam kerja penaksir membuat laporan kredit dari database (print out),  laporan tersebut ditandatangani penaksir dan kasir
*    Lalu di berikan ke kepala cabang untuk di periksa dengan seksama dan menandatangani laporan tersebut
*    Lapoan yang telah di tandatangani disimpan untuk di arsipkan penaksir
3.    Prosedur pelunasan kredit gadai
*    Nasabah datang ke loket kasir sambil menyerahkan SBK.
*    Kasir  melakukan pengecekan sbk yang di bawa nasabah, apabila sbk tidak cocokmaka sbk tersebut akan di kembalikan, namun apabila cocok maka kasir akan melakukan proses perhitungan, memasukan data SBK ke dalam database komputer untuk dibuatkan slip pelunasan rangkap 2.
*    Slip pelunasan diberikan ke nasabah untuk di tandatangani
*    Slip pelunasan yang telah di tandatangani nasabah, diberikan ke kasir beserta uang pembayaran/pelunasan yang tercantum pada slip pelunasan
*    Slip pelunasan lembar pertama disimpaan kasir sebagai arsip
*    Slip pelunasan lembar kedua di berikan ke penaksir untuk pengeluaran  barang jaminan dan bukti kepemilikan barang
4.    Prosedur laporan pelunasan kredit gadai
*      Setiap akhir jam kerja kasir membuat laporan kredit dari database (print out),  laporan tersebut ditandatangani penaksir dan kasir
*      Lalu di berikan ke kepala cabang untuk di periksa dengan seksama dan menandatangani laporan tersebut
*         Lapoan yang telah di tandatangani disimpan untuk di arsipkan kasir