Senin, April 01, 2019

Lemak Nabati

LEMAK NABATI

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal lemak berbentuk padat dan minyak berbentuk cair pada suhu ruang. Contoh lemak seperti lemak kambing yang digunakan pada pembuatan sate. Contoh minyak seperti minyak goreng. Di tempat yang bersuhu di bawah 200oC, minyak berbentuk setengah padat pada suhu ruang. Para ahli gizi mengelompokkan lemak dan minyak dengan nama Lipida.
            Pada daun hijau tumbuhan, asam lemak diproduksi di kloroplas. Pada bagian lain tumbuhan dan pada sel hewan (dan manusia), asam lemak dibuat di sitosol. Proses esterifikasi (pengikatan menjadi lipida) umumnya terjadi pada sitoplasma, dan minyak (atau lemak) disimpan pada oleosom. Banyak spesies tanaman menyimpan lemak pada bijinya (biasanya pada bagian kotiledon) yang ditransfer dari daun dan organ berkloroplas lain. Beberapa tanaman penghasil lemak terpenting adalah kedelai, kapas, kacang tanah, jarak, raps/kanola, kelapa, kelapa sawit, jagung dan zaitun.
            Lemak dibutuhkan semua orang. Bahkan, pada makanan pertama yang diasup manusia ketika baru lahir, yakni ASI, terdapat lemak di dalamnya. Asam lemak esensial sangat dibutuhkan tubuh semua golongan usia. Namun, kelebihan asam lemak jenuh sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menjadi penyebab penyakit degeneratif.
            Kolesterol yang masuk ke dalam tubuh setelah diserap oleh usus tidak dapat larut di dalam darah. Supaya dapat diangkut oleh darah, kolesterol ini harus menumpang pada suatu zat sehingga merupakan gabungan dari lemak (lipid) dan protein yang disebut lipoprotein. Kolesterol HDL dan LDL harus ada dalam keseimbangan. Bila kolesterol LDL tinggi dan kolesterol HDL rendah, kemungkinan akan terjadi aterosklerosis lebih mudah. Dengan demikian, jelaslah kita tidak dapat menunjukkan makanan yang banyak mengandung kolesterol baik atau kolesterol jahat.

B.       Rumusan Masalah
            Rumusan masalah dalam laporan ini adalah:
1.       Apa itu lemak ?
2.       Apakah fungsi lemak itu sendiri  ?
3.       Apa akibat kekurangan ataupun kelebihan lemak ?
4.       Darimana sumber lemak ?
5.       Apa itu lemak nabati ?
6.       Apa saja sumber dan sifat lemak nabati ?

C.      Tujuan Penulisan
1.       Untuk mengetahui pengertianlemak
2.       Untuk mengetahui fungsi lemak
3.       Untuk mengetahui apa akibat kekurangan ataupun kelebihan lemak
4.       Untuk mengetahui sumber lemak
5.       Untuk mengetahui pengertian lemak nabati
6.       Untuk mengetahui macam-macam sumber lemak nabati

BAB II
LEMAK NABATI
1.       Pengertian lemak
Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri dari atas unsur carbon (C),hidrogen (H),dan oksigen (O),yang mempunyai sifat dapat larut dalam zat-zat pelarut tertentu (zat pelarut lemak),seperti petroleum benzene,ether,lemak yang mempunyai titik lebur rendah,bersifat cair.lemak yang padat pada suhu kamar disebut lemak atau gaji,sedangkan yang cair pada suhu kamar disebut minyak. Lemak merupakan suatu zat yang kaya akan energi . Juga merupakan  sumber kalori  yang tinggi dibandingkan dengan protein dan karbohidrat. Lemak yang dioksidasi secara sempurna dalam tubuh akan menghasilkan 9,3 kalori/gr, sedangkan protein dan karbohidrat hanya menghasilkan 4,1 dan 4,2 kalori untuk 1 gramnya . Lemak secara kimiawi tersusun oleh sekelompok senyawa yang berbeda.

2.       Fungsi lemak
Pembicaraan mengenai lemak sering memberikan kesan seolah- olah lemak merupakan zat yang berbahaya. Orang yang menjaga kestabilan berat badannya atau orang yang ingin langsing menghindari makanan berlemak seperti yang digoreng atau yang dimasak dengan santan. Orang yang mewaspadai penyakit jantung selalu memperhatikan kadar kolesterol di dalam makanan. Kehati-hatian tentu baik, tetapi tidak perlu takut terhadap lemak. Lemak di dalam makanan maupun di dalam tubuh mempunyai banyak fungsi.
v  Lemak di dalam makanan berfungsi:
·         Memberi rasa gurih, sedap, sehingga makanan menjadi lebih enak. Pada waktu dimasak pun makanan berlemak lebih beraroma.
·         Menghasilkan kekenyangan lebih lama dari pada karbohidrat dan protein karena waktu untuk mencernanya paling lama.
·         Memperkecil volume makanan sumber energi karena kandungan energi di dalam lemak lebih dari dua kali kandungan di dalam karbohidrat dan protein. Hal ini sangat penting dalam pembuatan makanan bayi dan anak. Kapasitas lambung bayi dan anak terbatas, karena itu makanan mereka harus padat energi.
·         Sebagai sumber zat yang diperlukan oleh tubuh, terutama asam lemak esensial dan pelarut vitamin A, D, E, K .
·         Menghasilkan penampilan dan tekstur makanan yang disukai. Es krim yang mengandung lemak tampil beda dari es loli yang dibuat dari larutan gula saja. Tekstur makanan dipengaruhi oleh jenis dan jumlah lemak yang digunakan pada pembuatannya. Bandingkan tekstur roti, kue bolu dan cake.
v  Lemak di dalam tubuh mempunyai berbagai fungsi :
·         Lemak merupakan sumber energi tinggi. Kebutuhan energi tubuh hendaknya dipenuhi oleh konsumsi karbohidrat dan lemak agar protein dapat menjalankan fungsinya sebagai zat pembangun. Sebagai sumber energi, lemak dapat menghemat protein yaitu mengurangi jumlah protein yang digunakan sebagai sumber energi.
·         Lemak dapat disimpan sebagai cadangan energi berupa jaringan lemak.
·         Lapisan lemak di bawah kulit merupakan insulator sehingga tubuh dapat mempertahankan suhu normal. Apabila lapisan lemak terlalu tebal, karena terlalu gemuk, pada cuaca panas orang akan kegerahan. Sebaliknya pada orang kurus, lapisan lemak dibawah kulit sangat tipis, pada cuaca dingin orang kurus akan kedinginan.
·         Lemak sebagai pelindung organ-organ vital.
3.       Akibat Kekurangan dan Kelebihan Lemak
Makanan sumber lemak biasanya lebih mahal dari pada makanan sumber karbohidrat. Bandingkan misalnya, harga 1 kg beras dan harga 1 kg minyak goreng. Karena itu mengkonsumsi lemak biasanya dipengaruhi oleh tingkat penghasilan. Apabila penghasilan bertambah, konsumsi lemak meningkat, dan sebaliknya.
Kenyataan di Indonesia, masyarakat berpenghasilan rendah mengkonsumsi lemak kurang dari 10% konsumsi energi. Golongan masyarakat ini perlu meningkatkan konsumsi lemak. Sebaliknya masyarakat berpenghasilan tinggi cenderung mengkonsumsi lemak berlebihan sehingga harus mengurangi konsumsi lemak.
Akibat apa yang ditimbulkan oleh konsumsi rendah lemak? Kekurangan asam lemak esensial (Omega -3 dan Omega -6) pada masa janin mengakibatkan penurunan pada pertumbuhan otak. Pertumbuhan otak yang terganggu akan mengakibatkan penurunan fungsi otak, yaitu kemampuan kognitif rendah, yang tidak dapat diperbaiki kemudian.
Kekurangan asam linoleat pada anak-anak dan orang dewasa mengakibatkan kelainan pada kulit yaitu ekzema. Pada ekzema kulit mengalami inflamasi yaitu radang disertai panas kering dan bersisik. Ekzema terjadi pada bayi yang mendapat makanan Ekzema terjadi pada bayi yang mendapat makanan mengandung asam linoleat kurang dari 0,1% energi makanan. Pada orang dewasa ekzema terjadi jika makanan tidak mengandung lemak. Untuk memenuhi kecukupan asam lemak esensial, susu formula bayi sekarang ditambah asam linolenat sehingga rasio asam linoleat terhadap asam linolenat mendekati 5 : 1.
Akibat kekurangan asam lemak esensial pertama kali ditemukan pada anak-anak yang mendapat makanan yang dapat dikatakan tanpa lemak. 400 bayi yang diberi makanan yang mengandung asam linoleat dalam jumlah yang berbeda. Anak-anak yang mendapat makanan dengan kandungan asam linoleat kurang dari 0,1% energi makanan menunjukkan gejala kekurangan asam lemak esensial.
Akibat kekurangan asam lemak esensial pada orang dewasa diamati pada seorang pria yang ususnya dibuang, disisakan sepanjang 60 cm. Kemudian dia mendapat makanan tanpa lemak melalui vena saja. Setelah 100 hari dia menderita radang kulit bersisik.
              Kekurangan lemak mengakibatkan perubahan pada komposisi asam lemak di berbagai jaringan, terutama membran sel. Selain itu terjadi penurunan efisiensi produksi energi di dalam sel.
4.       Sumber Lemak
Menurut sumbernya lemak di bedakan menjadi dua:
1.       Lemak hewani, yaitu lemak hewani yang berasal dari hewan, termasuk ikan, telur dan susu. Lemak hewani mengandung terutama lemak jenuh, khususnya mempunyai rantai karbon panjang yang mengakibatkan dalam suhu kamar terbentuk padat. Lemak berbentuk padat inilah yang biasanya disebut lemak atau gaji.
2.       Lemak nabati, yaitu lemak yang berasal dari tumbuhan, Lemak nabati mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh,yang disebabkan titik cair yang lebih rendah dalam suhu kamar terbentuk cair disebut minyak.
                        Kedua jenis lemak ini berbeda  dalam jenis asam lemak yang menyusunnya. Dalam pangan di Indonesia, terutama hidangan masyarakat yang kurang mampu, kwantum lemak di dalam hidangan sangat rendah dan terutama berasal dari nabati minyak kelapa. Dekade terakhir ini minyak kelapa sawit (red palm oil) semakin mengambil peran sebagai minyak makanan di samping minyak kelapa. Di indonesia red palm oil di murnikan lagi menjadi minyak makan(minyak goreng) yang bening dan tidak berwarna merah. Minyak kacang tanah semakin berkurang di pergunakan di dalam hidangan atau mengolah(menggoreng) makanan Indonesia. Di negara-negara maju, banyak minyak yang di konsumsi berasal dari biji-bijian, seperti kacang tanah, biji jagung, biji kacang kedelai, biji kapas dan sebagainya. Sedangkan lemak hewani berasal dari timbunan cadangan esensi pada babi, sapi dan hewan ternak lainnya .
                  Lemak yang kita gunakan dalam hidangan makanan ada 2 yaitu yang jelas tampak dan tidak tampak. Lemak  yang jelas tampak seperti minyak goreng,margarin, mentega, lemak pada sate, lemak diantara otot daging, dan lapisan lemak di bawah kulit ayam. Sedangkan lemak yang tidak jelas tampak seperti lemak dalam telur, ikan, susu, dan makanan berlemak.
Ø  Sumber Lemak Nabati
a.       Lemak biji-bijian/kacang-kacangan
Contoh: biji kapas, jarak, tengkawang, kelapa, kemiri, coklst, inti sawit, biji bunga matahari, wijen dan lain-lain . Kacang-kacangan yang banyak digunakan dalam pembuatan makanan bayi dan anak ialah kacang hijau dan kacang kedelai berupa tempe. Lemak kacang kedelai sebagian besar terdiri atas asam lemak tak jenuh majemuk (62%), asam lemak tak jenuh tunggal (22%) dan sisanya asam lemak jenuh.
                          Contoh hasil olahan dari kacang-kacangan :
v  Tempe

A description...

            Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain). Selain itu tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain. Komposisi gizi tempe baik kadar protein, lemak, dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. Namun, karena adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe, maka protein, lemak, dan karbohidrat pada tempe menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga bisa disebut sebagai makanan semua umur.
v  Susu kedelai
A description...
Susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan manfaat di dalamya, selain sebagai pengganti susu sapi, bahkan jauh lebih kaya akan gizi dibandingkan susu sapi, susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti susu formula yang kencenderungan mengandung bakteri jahat yang membahayakan kesehatan balita dan anak-anak. Kandungan lemak nabati didalamnya  angat baik untuk tubuh manusia.

v  Ice cream susu kedelai                                 
A description...      
Susu sapi yang menjadi bahan utama dalam pembuatan es krim dapat digantikan dengan susu kedelai. Proses pembuatannya masih tetap sama hanya bahan utamanya saja yang berbeda. Tekstur es krimnya sendiri cukup lembut tidak jauh berbeda dengan es krim pada aumumnya yang terbuat dari susu sapi, tapi yang membedakan adalah aroma dan rasa kedelainya masih cukup terasa. Selain itu, es krim kedelai ini cocok buat mereka yang alergi susu sapi terutama anak-anak, juga buat mereka yang harus berdiet lemak. Bisa tetap makan es krim, tapi tetap sehat. Penggunaan lemak dapat memperindah penampilan.
v  Kue susu kedelai
        A description...
            Kedelai tinggi akan protein dan rendah kolesterol.  Kandungan gizi yang cukup tinggi, bahkan sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mencegah timbulnya penyakit jantung. Melihat manfaat dari suatu kedelai untuk kesehatan, ada baiknya kita mulai membiasakan dan mengenal susu kedelai bukan sekadar untuk minuman, tetapi dapat dijadikan bahan utama sebagai pengganti fungsi santan yang sarat akan kandungan lemak. Misalnya dibuat aneka jajanan pasar atau kue basah yang banyak menggunakan bahan utama santan.
v  Tahu
A description...
           
            Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.Tahu yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi:) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han. Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedangdan tahu Kediri.Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.
v  Kecap
A description...
                  Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun adapula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu.
b.      Lemak Kulit Buah
A description...
Jika jumlah masukkan asam lemak esensial dari makanan tersebut diatas tidak mencapai jumlah yang dinjurkan ke dalam makanan bayi dan anak, dapat ditambahkan pula minyak nabati. Minyak kedelai dan minyak kacang tanah merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat) dan asam linoleat. Minyak kelapa dan minyak kelapa sawit merupakan sumber asam lemak jenuh berantai sedang (C-8-C-14) yang mudah dimanfaatkan tubuh. Inilah keunikan minyak kelapa dan minyak kelapa sawit, karena makanan lain yang mengandung asam lemak jenuh berantai sedang hanyalah susu.
c.       Margarin
A description...
Margarin ialah mentega buatan. Bisa dibuat dari minyak nabati, atau minyak hewani. Bisa juga mengandung susu saringan, garam dan pengemulsi. Margarin mengandung lebih sedikit lemakdaripada mentega, sehingga margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega. Ada juga margarin rendah kalori, yang mengandung lemak lebih sedikit.
Ø  Sifat-sifat Lemak Nabati
·         Tidak berbau
·         Kandungan asam lemak tak jenuh tinggi
·         Kerapatan lebih rendah daripada air
·         Tidak berasa
·         Lemak murni berwarna putih.

BAB III
PENUTUP

A.      Simpulan

Lemak merupakan sesuatu yang esensial bagi tubuh kita yang menghasilkan sumber energi  tinggi . Lemak adalah bahan bakar utama dalam tubuh dan dipergunakan pertama dalam pembakaran untuk dijadikan tenaga yang dibutuhkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lemak berasal dari makanan yang mengandung minyak/lemak yang diserap oleh usus. Sisa lemak yang tidak dipergunakan disimpan dalam tubuh terutama di bawah kulit sehingga menjadikan tubuh menjadi gemuk. Kelebihan lemak ini dipandang berbahaya karena bisa menjadi kolesterol,  jika sudah menumpuk dalam dinding pembuluh darah mengakibatkan plak Atheroseclerosis sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah yang berakibat tekanan darah akan naik (Hipertensi) bahkan bisa terjadi Stroke.

B.       Saran

a)   Konsumsilah makanan yang mengndung lemak nabati,karena tubuh kita memerlukan asupan lemak yang berguna untuk kelangsungan hidup di dalam tubuh.
b)   Mengkonsumsi lemak nabati seperti tempe dan tahu dapat mencegah penyakit jantung,meningkatkan produksi energi, bermanfaat bagi wanita,khususnya wanita menopause,dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.
c)    Jangan terlalu banyak mengkonsumsi lemak dari minyak goreng,jangan terlalu sering mengolah makanan menggunakan minyak karena dapat menyebabkan kolesterol.


DAFTAR PUSTAKA
Djaeni ahmad . ilmu gizi jilid 1. Dian rakyat : jakarta
Kus Irianto. Struktur dan fungsi tubuh manusia untuk paramedis. Yrama widya : Bandung 
Soekardjo. 2006. Sains Kimia. Sinar grafika : Jakarta
http://id.wikipedia.org/wiki/Tempe (Hari kamis,pukul 19.30 tgl 25 Maret 2019)
http://id.wikipedia.org/wiki/Minyak (Hari kamis.pukul 19.30 tgl 25 Maret 2019)
http://id.wikipedia.org/wiki/susu kedelai (Hari kamis,pukul 10.35 25 Maret 2019)
http://id.wikipedia.org/wiki/Tahu (Hari selasa,pukul 18.15 tgl 25 Maret 2019)
http://id.wikipedia.org/wiki/Kecap (hari selasa,pukul 18.20 tgl 25 Maret 2019)
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Margarine.jpg (Hari selasa,pukul 18.15 tgl 25 Maret 2019)