TUGAS
MANAJEMEN INDUSTRI :
1. Jelaskan apa hubungannya antara
Proses Manajemen (Fungsi Manajemen) dengan Manajemen!
2.
Jelaskan bahwa ada hubungan yang tidak terpisahkan antara mutu dengan
produktivitas!
3.
Sebutkan dan jelaskan jenis/tipe pengendalian?
4. Sebutkan permasalahan dalam pengendalian yang
efektif?
5. Gambarkan proses perencanaan strategic?
6. Jelaskan pengertian
pengorganisasian?
7. Sebutkan tahapan-tahapan pengorganisasian?
8. Sebutkan kebaikan dan kelemahan departementasi
fungsional?
9. Sebutkan kebaikan dan kelemahan struktur
divisional?
10. Jelaskan apa yang dimaksud
struktur organisasi matrik? Sebutkan kelebihan dan
kelemahan dari struktur organisasi matrik?
11. Sebutkan fungsi organisasi informal?
12. Jelaskan apa yang di maksud dengan kerja
dan apa tujuan orang bekerja?
13. Sebutkan fungsi utama perusahaan indrustri?
14. Apa yang di maksud budaya organisasi?
15. Sebutkan dan jelaskan factor-faktor
lingkungan external?
16. Jelaskan apa yang di maksud dengan
perencanaan?
17. Sebutkan tahap-tahapan perencanaan?
18. Sebutkan manfaat dan kelemahan perencanaan?
19. Gambarkan hirarki perencanaan?
20. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi
manajemen?
21. Sebutkan dan jelaskan manajemen skill?
22. Sebutkan dan jelaskan 5 rantai manajemen
perusahaan/indrustri?
23. Sebutkan dan jelaskan wewenang dan delegasi?
Sosioteknologi informasi
4.
Jelaskan menurut pendapat anda
Sistem SosioTeknis?
5.
Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu organisasi?
6.
Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
7.
Sebutkan beberapa faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis?
8.
Sebutkan beberapa dampak penggunaan komputer bagi organisasi?
9.
Jelaskan hubungan antara orang, organisasi, konflik manajemen, dan sistem
informasi manajemen?
10.
Apakah yang dimaksud dengan sistem?
11.
Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem?
12.
Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
13.
Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
14.
Jelaskan tahap-tahap pengambilan keputusan simon dan informasi yang
diperlukan?
15.
Sebutkan empat hal yang menentukan kualitas informasi?
16.
Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi?
17.
Sebutkan ciri/kriteria informasi berkualitas?
18.
Sebutkan berbagai jenis sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi?
19.
Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan input/output?
20.
Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan Komunikasi?
21.
Apakah yang dimaksud dengan bus dan apa fungsinya, kemudian sebutkan tiga
subkelompok bus dan fungsinya?
22.
Apa beda fungsi memori utama dan tambahan?
23.
Apa yang di maksud dengan Situs
jejaring social?
24.
Jelaskan hubungan teknologi informasi komunikasi (TIK) di bidang social?
....
Sosio teknologi informasi jawaban
1.
Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu organisasi?
Jawab :
Karena tanpa informasi maka tidak akan ada organisasi, informasi melalui komunikasi menjadi perekat bagi suatu organisasi sehingga organisasi tersebut bisa bersatu. Melihat peran yang begitu penting bagi suatu organisasi maka informasi, sebagaimana sumber daya lainnya.
2. Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
Jawab :
- Karena semakin meningkatnya aktifitas bisnis maka akan menyebabkan semakin kompleksnya permasalahan dan komunikasi yang dihadapi oleh suatu organisasi perusahaan sebagai pelaku bisnis.
- Semakin tingginya kemampuan komputer yang melahirkan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi suatu organisasi
3. Sebutkan beberapa faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis?
Jawab :
Faktor-faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis:
1. Berubahnya landasan ekonomi dunia
2. Pengaruh ekonomi internasional
3. Persaingan global
4. Meningkatkan kompleksitas teknologi
5. Menyempitnya ruang dan waktu
6. Masalah sosial
4. Sebutkan beberapa dampak penggunaan komputer bagi organisasi?
Jawab :
- Semakin banyaknya alternatifm pemecahan masalah
- Meningkatnya persaingan
- Meningkatnya disiplin
- Meningkatnya komunikasi data atau informasi secara digital
5. Jelaskan hubungan antara orang, organisasi, konflik manajemen, dan sistem informasi manajemen?
Jawab :
Organisasi terdiri dari sekelompok orang dengan berbagai tingkat keahlian. Informasi merupakan salah satu sumber daya yang paling utama dimiliki oleh organisasi. sebuah organisasi dipimpin oleh seorang manajer yang mampu mengelola informasi dan bertanggung jawab atas segala sesuatu tujuan yang berbeda dalam organisasi. Perbedaan tersebut merupakan konflik manajemen yg merupakan alasan munculnya kebijaksanaan dalam organisasi sehingga antara sekelompok orang, organisasi, konflik manajemen dan sistem informasi tidak dapat dipisahkan yang menjadi satu kesatuan.
6. Apakah yang dimaksud dengan sistem?
Jawab :
Sistem adalah kumpulan/grup dari subsistem/bagian/komponen apapun baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan.
7. Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem?
Jawab :
Ciri-ciri sistem:
a. Tujuan Sistem – merupakan target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem
b. Batas Sistem – merupakan garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya
c. Subsistem – merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem, subsistem ini bisa fisik ataupun abstrak
d. Hubungan Sistem – hubungan yang terjadi antar subsistem dengan subsistem lainnya yang setingkat atau antara subsistem dengan sistem yang lebih besar
e. Khirarki Sistem – pada dasarnya menggambarkan hubungan sistem dengan sistem yang lebih besar yang disebut sebagai super sistem dan hubungan dengan sistem yang lebih kecil yang disebut sebagai sub sistem
f. Input-Proses-Output
Input – merupakan segala sesuatu yang masuk kedalam suatu sistem
Proses – merupakan perubahan dari input menjadi output
Output – merupakan hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem
g. Lingkungan Sistem – faktor-faktor di luar sistem yang mempengaruhi sistem
Model-model Sistem:
a. Model Naratif – penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan
b. Model Grafik – penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol garis atau bentuk lainnya
c. Model Matematika – penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.
8. Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
Jawab :
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat
9. Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
Jawab :
Karena orang banyak terjebak dalam situasi dimana mereka mengumpulkan data terlebih dahulu tanpa tahu informasi apa yang diperlukan
10. Jelaskan tahap-tahap pengambilan keputusan simon dan informasi yang diperlukan?
Jawab :
Ada tiga tahap pengambilan keputusan Simon yaitu:
a. Kecerdasan – sebelum keputusan dibuat, pembuat keputusan harus menyadari perlunya membuat keputusan.
b. Perancangan – selama tahap perancangan pengambil keptusan bersama dengan staff yang membantu membuat outline beberapa alternatif pemecahan masalah yang isinya terdiri dari beberapa tindakan yang harus dilaksanakan.
c. Pemilihan – pada tahap pemilihan pengambil keputusan di hadapkan pada berbagai alternatif dimana salah satu alernatif tersebut harus dipilih dan menjadi keputusan formal dengan konsekuensi dilakukannya suatu tindakan
Informasi sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan, baik tidaknya hasil dari suatu proses pengambilan keputusan adalah tergantung kepada informasi yang diterimanya.
11. Sebutkan empat hal yang menentukan kualitas informasi?
Jawab :
Menurut Mc Leod, empat hal yang menentukan kualitas informasi yaitu:
a. Akurat – informasi yang diterima harus sesuai dengan yang dibutuhkan
b. Tepat waktu – informasi harus tersedia pada saat diperlukan
c. Relevan – informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya
d. Lengkap – informasi yang diberikan tidak sepotong-sepotong dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
12. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi?
Jawab :
Faktor yang mempengaruhi persepsi adalah:
a. Pengenalan Pola – meliputi aktivitas pengidentifikasian susunan yang komplek dari berbagai macam rangsangan yang diterima oleh indra
b. Perhatian – upaya seseorang untuk menghilangkan rangsangan lain
13. Sebutkan ciri/kriteria informasi berkualitas?
Jawab :
Kriteria informasi berkualitas:
a. Relevan
b. Tepat waktu
c. Akurat
d. Lengkap
14. Sebutkan berbagai jenis sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi?
Jawab :
Sistem informasi eksekutif:
- Sistem informasi pemasaran (manajemen pemasaran)
- Sistem informasi produksi (manajemen produksi)
- Sistem informasi keuangan (manajemen keuangan)
- Sistem informasi SDM (manajemen SDM)
15. Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan input/output?
Jawab :
a. Keyboard – digunakan untuk memasukan data dalam bentuk teks (ASCII) ke komputer.
b. Mouse – digunakan sebagai pointer untuk mempercepat perpindahan kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard.
c. Scanner – digunakan untuk memasukan data dalam bentuk image (gambar).
d. Kamera Digital – digunakan untuk menyimpan data gambar.
e. Kamera Video – digunakan untuk menyimpan data gambar yang dapat bergerak juga bersuara.
f. Optical Code Recognition (OCR) – digunakan untuk membaca suatu item persediaan (barang) dapat dibaca dengan lebih cepat dan lebih akurat.
g. Touch Screen – tidak berbedan dengan layar monitor biasa, yang membedakannya adalah touch screen dapat menggunakan telunjuk untuk memilih sesuatu yang ada dilayar.
h. Floppy Disk (1.44 – 120MB), Tape Backup (50GB), dan Removeable Disk (100MB-10GB) – dapat menyimpan data, memasukan data kedalam komputer, dan sebagai peralatan input, alat-alat ini digunakan untuk memasukan data backup dalam suatu sistem informasi manajemen.
i. Hardisk, NAS 300G, Driver CD ROM/RW (650MB), DVD ROM/RW (4.7-50GB), C/DVD R/RW – alat lain yang dapat digunakan sebagai alat untuk memasukan data backup adalah hardisk, CD ROM, dan DVD ROM.
j. Digitizer – alat yang digunakan untuk mengambar langsung ke komputer.
Berikut peralatan output :
a. Printer – peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan informasi hasil pengolahan data ke kertas atau transparansi.
b. Layar Monitor – alat yang digunakan untuk menayangkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk visual.
c. Head Mount Display (HMD) – alat yang digunakan untuk menayangkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk visual pada monitor yang ditempelkan di depan mata.
d. LCD (Liquid Crystal Display Projector) – alat yang digunakan untuk menayangkan hasil pengolahan data atau informasi dengan cara memancarkannya atau memproyeksikan ke dinding atau bidang lainnya yang vertikal.
e. Speaker – alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk suara.
16. Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan Komunikasi?
Jawab :
Peralatan komunikasi adalah peralatan yang harus digunakan agar komunikasi data bisa berjalan dengan baik. Beberapa peralatan komunikasi:
a. Network Card untuk LAN dan Wireless LAN
b. HUB/Switching dan Acces Point Wireless LAN
c. Fiber Optik dan Router dan Range Extender
d. Berbagai Macam Modem (Internal, Eksternal, PCMIA) dan Wireless Cardbus Adapter
e. Pemancar dan Penerima
f. Very Small Apertur Satelite (VSAT) dan Satelit
17. Apa beda fungsi memori utama dan tambahan?
Jawab :
Memori Utama disamping digunakan untuk menyimpan program yang sedang dijalankan dan data yang diperlukan oleh progam tersebut, memori juga menyimpan hasil pengolahannya.
Memori Tambahan hanya digunakan untuk menyimpan data yang jumlahnya sangat banyak.
18. Apakah yang dimaksud dengan bus dan apa fungsinya, kemudian sebutkan tiga subkelompok bus dan fungsinya?
Jawab :
Bus merupakan kabel-kabel yang tersusun dengan rapih sekali dan digunakan sebagai menghubungkan antara CPU dengan primary storage.
Fungsinya untuk mentransfer data atau informasi dari memori ke berbagai macam peralatan input, output atau dengan kata lain Bus merupakan suatu sirkuti yang digunakansebagai jalur transformasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer.
Bus dibagi menjadi 3 subkelompok yaitu:
a. Addres Line – membawa sinyal yang menunjukkan lokasi memori mana yang akan dibaca atau akan direkam
b. Data Lines – membawa instruksi dan data dari dan ke memori
c. Control Lines – jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu alat ke alat yang lain.
19. Sebutkan komponen dari CPU dan fungsinya masing-masing?
Jawab :
Secara konseptual CPU memiliki 3 komponen penting yaitu:
a. Arithmetic and Logical Unit (ALU) – melaksanakan semua perhitungan aritmatika atau matematika dan melaksanakan operasi logika sesuai berdasarkan instuksi program. Perhitungan yang dilakukan ALU biasanya hanya melibatkan empat elemen aritmatika, yaitu: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pertambahan.
b. Control Unit – mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
c. Register – tempat penyimpanan untuk data-data yang akan diproses oleh CPU, kapasitas penyimpanannya sangat kecil tapi memiliki kecepatan tinggi.
20. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai SDM sistem informasi?
Jawab :
a. Manajer sistem informasi
b. Analis sistem
c. Administrator jaringan
d. Administrator database
e. Administrator database
f. Operator
g. Operator
21. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai pemilik sistem informasi manajemen?
Jawab :
a. Untuk sistem informasi multi user yang medium sampai besar pemilik sistem bisa manajer tingkat menengah atau tingkat atas, sedangkan untuk sistem informasi multi user yang lebih kecil pemilik sistem bisa manajer tingkat menengah atau supervisor.
b. Sistem informasi individu. Sistem informasi ini dimiliki oleh individu atau perseorangan. Pemakai dan pemilik sistem informasi individu adalah orang yang sama.
22. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai pemakai sistem informasi manajemen?
Jawab :
a. Kelompok executive dan staff – Manager Komunikasi Data, Database Administrator, Manager Keamanan, Manager Pendidikan dan Pelatihan.
b. Fungsi yang berorientasi kepada pemakai – Manager Project Sistem Informasi, Analis Sistem Informasi Bisnis, Programer Aplikasi, Programer Pemelihara, Manager Pusat Informasi.
c. Pengendalian intern dan efisiensi – Manager Operasi, Kepala Pengendalian Produksi, Kepala Operator, Manager Sistem.
23. Apa perbedaan pemikiran antara pemilik dan pemakai sistem informasi?
Jawab :
Pemilik sistem informasi cenderung berfikir sangat general, tidak detail. Sedangkan para pemakai sistem informasi cenderung berfikir lebih detail. Para pemilik tidak peduli dengan teknologi apa yang digunakan sedang para pemakai lebih menitik beratkan kepada tuagas yang harus diselesaikan.
24. Apakah SDM sistem informasi harus memahami konsep sistem informasi?
Jawab :
Sejalan dengan persepsi kita bahwa brainware atau sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dari komponen sistem informasi. Komponen sumber daya manusia ini dengan komponen lainnya merupakan bagian yang tak terpisahkan didalam suatu sistem informasi.
25. Apa yang dimaksud dengan prosedur?
Jawab :
Prosedur adalah rangkaian operasi klerikal (tulis menulis), yang melibatkan beberapa orang yang didalam satu atau lebih departemen yang digunakan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
26. Apa yang dimaksud dengan aktifitas?
Jawab :
Aktivitas adalah melakukan suatu kegiatan berdasarkan informasi yang masuk da persepsi yang dimiliki tentang informasi tersebut karena itu aktivitas merupakan fungsi dari sistem informasi.
27. Sebutkan dua macam aktifitas dalam suatu organisasi? Dan sebutkan pula aktifitas apa mendukung apa?
Jawab :
2 macam aktivitas dalam suatu organisasi serta aktivitas apa mendukung apa yaitu:
a. Aktivitas bisnis (perusahaan)
Organisasi perusahaan menyusun sendiri kegiatan-kegiatan (aktivitas) yang harus dilakukan perusahaannya. Penyusunan kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung fungsi-fungsi seperti pemasaran, penjualan, penyimpanan, pengiriman, dan penerimaan pegawai.
b. Aktivitas sistem informasi
Aktivitasnya meliputi:
- Memberikan informasi hasil pegolahan data.
- Memperbaiki aktivitas bisnis baik melalui software atau melalui SDM
Aktivitas tersebut mendukung jalannya bisnis perusahaan agar dapat berjalan lebih baik
28. Apa yang dimaksud dengan fungsi?
Jawab :
Fungsi adalah kumpulan aktivitas yang mendukung operasi bisnis perusahaan.
29. Apakah prosedur dapat diprogram sehingga menjadi software?
Jawab :
Dapat diprogram. Karena prosedur penting dimiliki bagi suatu organisasi agar segala sesuatu dapat dilakukan secara seragam. Jika prosedur telah diterima oleh pemakai sistem informasi maka prosedur akan menjadi pedoman bagaimana fungsi sistem informasi tersebut harus dioperasikan. Dengan adanya prosedur yang memadai maka pengendalian dapat dilakukan dengan baik.
30. Apa yang dimaksud dengan database dan jelaskan pengertian data base secara luas dan sempit?
Jawab :
Database adalah kumpulan dari data-data.
Database dalam arti luas adalah kumpulan data-data yang tersimpan didalam media penyimpanan disuatu perusahaan.
Database dalam arti sempit adalah kumpulan data-data yang tersimpan di dalam komputer.
31. Coba jelaskan dan beri contoh tentang hirarki data?
Jawab :
Hirarki data merupakan bagian dari organisasi database. Dalam konsep database, data memiliki tingkatan yang dikenal sebagai hirarki data yang terdiri dari:
- Bit
- Byte
- Field/Element data
- Record
- File
- Database
32. Sebutkan berbagai cara menentukan alamat record untuk menyimpan data?
Jawab :
Ada empat cara dalam menentukan alamat record, yaitu:
- sequential (ngurut)
- Direct/Random (secara langsung)
- Hashing (pakai rumus)
- Indexed Sequential (diurut berdasarkan index)
33. Jelaskan masalah dalam organisasi/susunan data tradisional?
Jawab :
Masalah pada organisasi data tradisional adalah:
a. Data rangkap dan tidak konsisten – terjadi karena file-file dan program dibuat oleh programer yang berbeda selama beberapa waktu, file seringkali memiliki format yang berbeda dan program mungkin dibuat dalam bahasa pemrograman yang berbeda.
b. Kesulitan dalam akses data – sistem pencarian data harus dibuat untuk penggunaan yang umum dilakukan.
c. Data terisolasi – data tidak bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan aplikasi yang berhubungan karena tidak ada kepastian format mana yang akan dipakai.
d. Data sulit diakses secara bersamaan – untuk memperbaiki semua kinerja dan respon yang cepat dari suatu sistem dilakukan dengan memberikan kemungkinan beberapa pemakai untuk mengupdate data secara bersamaan. Akibatnya, perubahan data didalam database begitu cepat dan sulit untuk diawasi
e. Masalah keamanan data – karena tidak semua pemakai database dapat mengakses semua data.
f. Masalah integritas – nilai data yang disimpan didalam database perusahaan harus sesuai dengan cara batasan-batasan tertentu yang telah ditetapkan.
34. Sebutkan dan jelaskan kegiatan manajemen data dan organisasi datanya?
Jawab :
Kegiatan manajemen data:
a. Mengumpulkan data – data-data yang diperlukan dikumpulkan dari berbagai fakta dan selanjutnya dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber.
b. Menjaga dan mengadakan pengujian terhadap integritas data – data yang akan diolah diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu aturan dan batasan yang telah ditentukan sebelumnya.
c. Menyimpan data – pemeliharaan data meliputi aktivitas-aktivitas penambahan data baru, mengubah data yang ada, dan menghapus data yang tidak lagi diperlukan agar data atau informasi yang ada tetap mutakhir.
d. Mengamankan data – aktivitas ini merupakan upaya untuk menjaga agar data terhindar dari penghancuran, kerusakan, atau penyalahgunaan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.
e. Mengorganisasikan data – merupakan kegiatan menyusun data sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
f. Mencari data – data yang tersimpan didalam media penyimpanan harus dicari sedemikian rupa sehingga tersedia pada saat diperlukan.
Kegiatan organisasi data yaitu mengolah data yang tersimpan dalam file-file komputer sehingga pemakai akan dengan mudah mengakses informasi yang akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap sesuai dengan informasi-informasi yang diperlukan.
Jawab :
Karena tanpa informasi maka tidak akan ada organisasi, informasi melalui komunikasi menjadi perekat bagi suatu organisasi sehingga organisasi tersebut bisa bersatu. Melihat peran yang begitu penting bagi suatu organisasi maka informasi, sebagaimana sumber daya lainnya.
2. Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
Jawab :
- Karena semakin meningkatnya aktifitas bisnis maka akan menyebabkan semakin kompleksnya permasalahan dan komunikasi yang dihadapi oleh suatu organisasi perusahaan sebagai pelaku bisnis.
- Semakin tingginya kemampuan komputer yang melahirkan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi suatu organisasi
3. Sebutkan beberapa faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis?
Jawab :
Faktor-faktor yang menambah kompleksitas aktivitas bisnis:
1. Berubahnya landasan ekonomi dunia
2. Pengaruh ekonomi internasional
3. Persaingan global
4. Meningkatkan kompleksitas teknologi
5. Menyempitnya ruang dan waktu
6. Masalah sosial
4. Sebutkan beberapa dampak penggunaan komputer bagi organisasi?
Jawab :
- Semakin banyaknya alternatifm pemecahan masalah
- Meningkatnya persaingan
- Meningkatnya disiplin
- Meningkatnya komunikasi data atau informasi secara digital
5. Jelaskan hubungan antara orang, organisasi, konflik manajemen, dan sistem informasi manajemen?
Jawab :
Organisasi terdiri dari sekelompok orang dengan berbagai tingkat keahlian. Informasi merupakan salah satu sumber daya yang paling utama dimiliki oleh organisasi. sebuah organisasi dipimpin oleh seorang manajer yang mampu mengelola informasi dan bertanggung jawab atas segala sesuatu tujuan yang berbeda dalam organisasi. Perbedaan tersebut merupakan konflik manajemen yg merupakan alasan munculnya kebijaksanaan dalam organisasi sehingga antara sekelompok orang, organisasi, konflik manajemen dan sistem informasi tidak dapat dipisahkan yang menjadi satu kesatuan.
6. Apakah yang dimaksud dengan sistem?
Jawab :
Sistem adalah kumpulan/grup dari subsistem/bagian/komponen apapun baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan.
7. Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem?
Jawab :
Ciri-ciri sistem:
a. Tujuan Sistem – merupakan target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem
b. Batas Sistem – merupakan garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya
c. Subsistem – merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem, subsistem ini bisa fisik ataupun abstrak
d. Hubungan Sistem – hubungan yang terjadi antar subsistem dengan subsistem lainnya yang setingkat atau antara subsistem dengan sistem yang lebih besar
e. Khirarki Sistem – pada dasarnya menggambarkan hubungan sistem dengan sistem yang lebih besar yang disebut sebagai super sistem dan hubungan dengan sistem yang lebih kecil yang disebut sebagai sub sistem
f. Input-Proses-Output
Input – merupakan segala sesuatu yang masuk kedalam suatu sistem
Proses – merupakan perubahan dari input menjadi output
Output – merupakan hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem
g. Lingkungan Sistem – faktor-faktor di luar sistem yang mempengaruhi sistem
Model-model Sistem:
a. Model Naratif – penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan
b. Model Grafik – penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol garis atau bentuk lainnya
c. Model Matematika – penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.
8. Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
Jawab :
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat
9. Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
Jawab :
Karena orang banyak terjebak dalam situasi dimana mereka mengumpulkan data terlebih dahulu tanpa tahu informasi apa yang diperlukan
10. Jelaskan tahap-tahap pengambilan keputusan simon dan informasi yang diperlukan?
Jawab :
Ada tiga tahap pengambilan keputusan Simon yaitu:
a. Kecerdasan – sebelum keputusan dibuat, pembuat keputusan harus menyadari perlunya membuat keputusan.
b. Perancangan – selama tahap perancangan pengambil keptusan bersama dengan staff yang membantu membuat outline beberapa alternatif pemecahan masalah yang isinya terdiri dari beberapa tindakan yang harus dilaksanakan.
c. Pemilihan – pada tahap pemilihan pengambil keputusan di hadapkan pada berbagai alternatif dimana salah satu alernatif tersebut harus dipilih dan menjadi keputusan formal dengan konsekuensi dilakukannya suatu tindakan
Informasi sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan, baik tidaknya hasil dari suatu proses pengambilan keputusan adalah tergantung kepada informasi yang diterimanya.
11. Sebutkan empat hal yang menentukan kualitas informasi?
Jawab :
Menurut Mc Leod, empat hal yang menentukan kualitas informasi yaitu:
a. Akurat – informasi yang diterima harus sesuai dengan yang dibutuhkan
b. Tepat waktu – informasi harus tersedia pada saat diperlukan
c. Relevan – informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya
d. Lengkap – informasi yang diberikan tidak sepotong-sepotong dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
12. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi?
Jawab :
Faktor yang mempengaruhi persepsi adalah:
a. Pengenalan Pola – meliputi aktivitas pengidentifikasian susunan yang komplek dari berbagai macam rangsangan yang diterima oleh indra
b. Perhatian – upaya seseorang untuk menghilangkan rangsangan lain
13. Sebutkan ciri/kriteria informasi berkualitas?
Jawab :
Kriteria informasi berkualitas:
a. Relevan
b. Tepat waktu
c. Akurat
d. Lengkap
14. Sebutkan berbagai jenis sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi?
Jawab :
Sistem informasi eksekutif:
- Sistem informasi pemasaran (manajemen pemasaran)
- Sistem informasi produksi (manajemen produksi)
- Sistem informasi keuangan (manajemen keuangan)
- Sistem informasi SDM (manajemen SDM)
15. Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan input/output?
Jawab :
a. Keyboard – digunakan untuk memasukan data dalam bentuk teks (ASCII) ke komputer.
b. Mouse – digunakan sebagai pointer untuk mempercepat perpindahan kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard.
c. Scanner – digunakan untuk memasukan data dalam bentuk image (gambar).
d. Kamera Digital – digunakan untuk menyimpan data gambar.
e. Kamera Video – digunakan untuk menyimpan data gambar yang dapat bergerak juga bersuara.
f. Optical Code Recognition (OCR) – digunakan untuk membaca suatu item persediaan (barang) dapat dibaca dengan lebih cepat dan lebih akurat.
g. Touch Screen – tidak berbedan dengan layar monitor biasa, yang membedakannya adalah touch screen dapat menggunakan telunjuk untuk memilih sesuatu yang ada dilayar.
h. Floppy Disk (1.44 – 120MB), Tape Backup (50GB), dan Removeable Disk (100MB-10GB) – dapat menyimpan data, memasukan data kedalam komputer, dan sebagai peralatan input, alat-alat ini digunakan untuk memasukan data backup dalam suatu sistem informasi manajemen.
i. Hardisk, NAS 300G, Driver CD ROM/RW (650MB), DVD ROM/RW (4.7-50GB), C/DVD R/RW – alat lain yang dapat digunakan sebagai alat untuk memasukan data backup adalah hardisk, CD ROM, dan DVD ROM.
j. Digitizer – alat yang digunakan untuk mengambar langsung ke komputer.
Berikut peralatan output :
a. Printer – peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan informasi hasil pengolahan data ke kertas atau transparansi.
b. Layar Monitor – alat yang digunakan untuk menayangkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk visual.
c. Head Mount Display (HMD) – alat yang digunakan untuk menayangkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk visual pada monitor yang ditempelkan di depan mata.
d. LCD (Liquid Crystal Display Projector) – alat yang digunakan untuk menayangkan hasil pengolahan data atau informasi dengan cara memancarkannya atau memproyeksikan ke dinding atau bidang lainnya yang vertikal.
e. Speaker – alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk suara.
16. Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan Komunikasi?
Jawab :
Peralatan komunikasi adalah peralatan yang harus digunakan agar komunikasi data bisa berjalan dengan baik. Beberapa peralatan komunikasi:
a. Network Card untuk LAN dan Wireless LAN
b. HUB/Switching dan Acces Point Wireless LAN
c. Fiber Optik dan Router dan Range Extender
d. Berbagai Macam Modem (Internal, Eksternal, PCMIA) dan Wireless Cardbus Adapter
e. Pemancar dan Penerima
f. Very Small Apertur Satelite (VSAT) dan Satelit
17. Apa beda fungsi memori utama dan tambahan?
Jawab :
Memori Utama disamping digunakan untuk menyimpan program yang sedang dijalankan dan data yang diperlukan oleh progam tersebut, memori juga menyimpan hasil pengolahannya.
Memori Tambahan hanya digunakan untuk menyimpan data yang jumlahnya sangat banyak.
18. Apakah yang dimaksud dengan bus dan apa fungsinya, kemudian sebutkan tiga subkelompok bus dan fungsinya?
Jawab :
Bus merupakan kabel-kabel yang tersusun dengan rapih sekali dan digunakan sebagai menghubungkan antara CPU dengan primary storage.
Fungsinya untuk mentransfer data atau informasi dari memori ke berbagai macam peralatan input, output atau dengan kata lain Bus merupakan suatu sirkuti yang digunakansebagai jalur transformasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer.
Bus dibagi menjadi 3 subkelompok yaitu:
a. Addres Line – membawa sinyal yang menunjukkan lokasi memori mana yang akan dibaca atau akan direkam
b. Data Lines – membawa instruksi dan data dari dan ke memori
c. Control Lines – jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu alat ke alat yang lain.
19. Sebutkan komponen dari CPU dan fungsinya masing-masing?
Jawab :
Secara konseptual CPU memiliki 3 komponen penting yaitu:
a. Arithmetic and Logical Unit (ALU) – melaksanakan semua perhitungan aritmatika atau matematika dan melaksanakan operasi logika sesuai berdasarkan instuksi program. Perhitungan yang dilakukan ALU biasanya hanya melibatkan empat elemen aritmatika, yaitu: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pertambahan.
b. Control Unit – mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
c. Register – tempat penyimpanan untuk data-data yang akan diproses oleh CPU, kapasitas penyimpanannya sangat kecil tapi memiliki kecepatan tinggi.
20. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai SDM sistem informasi?
Jawab :
a. Manajer sistem informasi
b. Analis sistem
c. Administrator jaringan
d. Administrator database
e. Administrator database
f. Operator
g. Operator
21. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai pemilik sistem informasi manajemen?
Jawab :
a. Untuk sistem informasi multi user yang medium sampai besar pemilik sistem bisa manajer tingkat menengah atau tingkat atas, sedangkan untuk sistem informasi multi user yang lebih kecil pemilik sistem bisa manajer tingkat menengah atau supervisor.
b. Sistem informasi individu. Sistem informasi ini dimiliki oleh individu atau perseorangan. Pemakai dan pemilik sistem informasi individu adalah orang yang sama.
22. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai pemakai sistem informasi manajemen?
Jawab :
a. Kelompok executive dan staff – Manager Komunikasi Data, Database Administrator, Manager Keamanan, Manager Pendidikan dan Pelatihan.
b. Fungsi yang berorientasi kepada pemakai – Manager Project Sistem Informasi, Analis Sistem Informasi Bisnis, Programer Aplikasi, Programer Pemelihara, Manager Pusat Informasi.
c. Pengendalian intern dan efisiensi – Manager Operasi, Kepala Pengendalian Produksi, Kepala Operator, Manager Sistem.
23. Apa perbedaan pemikiran antara pemilik dan pemakai sistem informasi?
Jawab :
Pemilik sistem informasi cenderung berfikir sangat general, tidak detail. Sedangkan para pemakai sistem informasi cenderung berfikir lebih detail. Para pemilik tidak peduli dengan teknologi apa yang digunakan sedang para pemakai lebih menitik beratkan kepada tuagas yang harus diselesaikan.
24. Apakah SDM sistem informasi harus memahami konsep sistem informasi?
Jawab :
Sejalan dengan persepsi kita bahwa brainware atau sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dari komponen sistem informasi. Komponen sumber daya manusia ini dengan komponen lainnya merupakan bagian yang tak terpisahkan didalam suatu sistem informasi.
25. Apa yang dimaksud dengan prosedur?
Jawab :
Prosedur adalah rangkaian operasi klerikal (tulis menulis), yang melibatkan beberapa orang yang didalam satu atau lebih departemen yang digunakan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
26. Apa yang dimaksud dengan aktifitas?
Jawab :
Aktivitas adalah melakukan suatu kegiatan berdasarkan informasi yang masuk da persepsi yang dimiliki tentang informasi tersebut karena itu aktivitas merupakan fungsi dari sistem informasi.
27. Sebutkan dua macam aktifitas dalam suatu organisasi? Dan sebutkan pula aktifitas apa mendukung apa?
Jawab :
2 macam aktivitas dalam suatu organisasi serta aktivitas apa mendukung apa yaitu:
a. Aktivitas bisnis (perusahaan)
Organisasi perusahaan menyusun sendiri kegiatan-kegiatan (aktivitas) yang harus dilakukan perusahaannya. Penyusunan kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung fungsi-fungsi seperti pemasaran, penjualan, penyimpanan, pengiriman, dan penerimaan pegawai.
b. Aktivitas sistem informasi
Aktivitasnya meliputi:
- Memberikan informasi hasil pegolahan data.
- Memperbaiki aktivitas bisnis baik melalui software atau melalui SDM
Aktivitas tersebut mendukung jalannya bisnis perusahaan agar dapat berjalan lebih baik
28. Apa yang dimaksud dengan fungsi?
Jawab :
Fungsi adalah kumpulan aktivitas yang mendukung operasi bisnis perusahaan.
29. Apakah prosedur dapat diprogram sehingga menjadi software?
Jawab :
Dapat diprogram. Karena prosedur penting dimiliki bagi suatu organisasi agar segala sesuatu dapat dilakukan secara seragam. Jika prosedur telah diterima oleh pemakai sistem informasi maka prosedur akan menjadi pedoman bagaimana fungsi sistem informasi tersebut harus dioperasikan. Dengan adanya prosedur yang memadai maka pengendalian dapat dilakukan dengan baik.
30. Apa yang dimaksud dengan database dan jelaskan pengertian data base secara luas dan sempit?
Jawab :
Database adalah kumpulan dari data-data.
Database dalam arti luas adalah kumpulan data-data yang tersimpan didalam media penyimpanan disuatu perusahaan.
Database dalam arti sempit adalah kumpulan data-data yang tersimpan di dalam komputer.
31. Coba jelaskan dan beri contoh tentang hirarki data?
Jawab :
Hirarki data merupakan bagian dari organisasi database. Dalam konsep database, data memiliki tingkatan yang dikenal sebagai hirarki data yang terdiri dari:
- Bit
- Byte
- Field/Element data
- Record
- File
- Database
32. Sebutkan berbagai cara menentukan alamat record untuk menyimpan data?
Jawab :
Ada empat cara dalam menentukan alamat record, yaitu:
- sequential (ngurut)
- Direct/Random (secara langsung)
- Hashing (pakai rumus)
- Indexed Sequential (diurut berdasarkan index)
33. Jelaskan masalah dalam organisasi/susunan data tradisional?
Jawab :
Masalah pada organisasi data tradisional adalah:
a. Data rangkap dan tidak konsisten – terjadi karena file-file dan program dibuat oleh programer yang berbeda selama beberapa waktu, file seringkali memiliki format yang berbeda dan program mungkin dibuat dalam bahasa pemrograman yang berbeda.
b. Kesulitan dalam akses data – sistem pencarian data harus dibuat untuk penggunaan yang umum dilakukan.
c. Data terisolasi – data tidak bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan aplikasi yang berhubungan karena tidak ada kepastian format mana yang akan dipakai.
d. Data sulit diakses secara bersamaan – untuk memperbaiki semua kinerja dan respon yang cepat dari suatu sistem dilakukan dengan memberikan kemungkinan beberapa pemakai untuk mengupdate data secara bersamaan. Akibatnya, perubahan data didalam database begitu cepat dan sulit untuk diawasi
e. Masalah keamanan data – karena tidak semua pemakai database dapat mengakses semua data.
f. Masalah integritas – nilai data yang disimpan didalam database perusahaan harus sesuai dengan cara batasan-batasan tertentu yang telah ditetapkan.
34. Sebutkan dan jelaskan kegiatan manajemen data dan organisasi datanya?
Jawab :
Kegiatan manajemen data:
a. Mengumpulkan data – data-data yang diperlukan dikumpulkan dari berbagai fakta dan selanjutnya dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber.
b. Menjaga dan mengadakan pengujian terhadap integritas data – data yang akan diolah diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu aturan dan batasan yang telah ditentukan sebelumnya.
c. Menyimpan data – pemeliharaan data meliputi aktivitas-aktivitas penambahan data baru, mengubah data yang ada, dan menghapus data yang tidak lagi diperlukan agar data atau informasi yang ada tetap mutakhir.
d. Mengamankan data – aktivitas ini merupakan upaya untuk menjaga agar data terhindar dari penghancuran, kerusakan, atau penyalahgunaan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.
e. Mengorganisasikan data – merupakan kegiatan menyusun data sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
f. Mencari data – data yang tersimpan didalam media penyimpanan harus dicari sedemikian rupa sehingga tersedia pada saat diperlukan.
Kegiatan organisasi data yaitu mengolah data yang tersimpan dalam file-file komputer sehingga pemakai akan dengan mudah mengakses informasi yang akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap sesuai dengan informasi-informasi yang diperlukan.
35.
Sebutkan komponen sistem telekomunikasi?
Jawab :
a. Komputer (host) untuk mengolah informasi
b. Terminal yang memantau peralatan input/output untuk mengirim dan menerima data
c. Saluran komunikasi (kabel, telepon, udara)
d. Pengolah komunikasi yang membantu mengirimkan dan menerima data
e. Software komunikasi yang mengontrol aktivitas input, output, dan mengelola fungsi lainnya dalam jaringan komunikasi
Jawab :
a. Komputer (host) untuk mengolah informasi
b. Terminal yang memantau peralatan input/output untuk mengirim dan menerima data
c. Saluran komunikasi (kabel, telepon, udara)
d. Pengolah komunikasi yang membantu mengirimkan dan menerima data
e. Software komunikasi yang mengontrol aktivitas input, output, dan mengelola fungsi lainnya dalam jaringan komunikasi
Soal Sistem Basis Data
1.
Apa yang dimaksud dengan Database?
2.
Apakah kepanjangan DBMS dan sebutkan pengertiannya?
3. Apakah yang dimaksud dengan Sistem Basis Data
dan element apa saja yang terdapat di dalamnya ?
4. Dari sekian DBMS yg ada, DBMS apa yang menjadi
pilihan anda dan sebutkan alasannya ?
5. Menurut anda, pentingkah peng implementasian
Sistem Basis Data dalam dunia kerja, sebutkan alasannya !
6. Siapakah seorang DBA itu ?
Jawaban
1.
Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga
dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi
dari basis data tersebut.
2. DBMS singkatan dari (Database Management Systems)
DBMS adalah perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan database yang
mempunyai fasilitas membuat, mengakses, memanipulasi dan memelihara basis data.
3. Basisdata atau Database adalah kumpulan dari
berbagai data/informasi yang saling berhubungan satu sama lain, disimpan di
dalam perangkat keras (komputer) secara sistematis sehingga dapat diolah
menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan
memanggil kueri basis data disebut sistem manajemen basis data (database
management system atau disingkat DBMS).
Elemen –
Elemen basis data:
Entitas
Atribut
Data Vilue
(Nilai Data)
File / Tabel
Record /
Tuple
4.
Oracle
Karena Oracle merupakan salah satu
software sistem basis data relasional yang banyak dikenal dan diminati, versi
terbaru dari Oracle adalah Oreacle 11g. Sogtware ini bisa digunakan untuk
pengaksesan data yang dilakukan secara online.
5.
Menurut saya, implementasi dalam Dunia kerja itu penting. Selain mempermudah
pekerjaan implementasi juga di unggulkan untuk mencopy atau mentransfer data
dari suatu database ke database lain yang tersimpang pada komputer yang lain.
6.
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara
keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan
mengaturnya.