Senin, April 01, 2019

PROPOSAL PROYEK PERANGKAT LUNAK



1.      PROPOSAL PROYEK PERANGKAT LUNAK



UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok
Website: www.gunadarma.ac.id email:gunadarma@yahoo.com
Tlp : 021-79878956. ext 101



Hal : Proposal Depok, 10 April 2012
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan CV. Sukses Sablon
Di tempat

Dengan Hormat,

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada CV. Sukses Sablon yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem informasi yang ada di CV. Sukses Sablon. CV. Sukses Sablon adalah sebuah percetakan atau advertising dengan banyak customer dan berbagai macam produksi, untuk pengembangan pelayanan customer yang lebih baik, terintegrasi, cepat dan menarik banyak customer diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan customer dalam hal informasi produksi harga, penjualan secara online, dan promosi produksi yang dipasarkan menjadi lebih luas, efiseien dan tepat sasaran.
Bedasarkan perkembangan sistem yang ada saat ini di CV. Sukses Sablon terutama pada bagian promosi dan pemasaran maka, kami akan mengembangan sebuah aplikasi sistem informasi percetakan berbasis website. Untuk membuat sebuah aplikasi sistem informasi percetakaan tersebut kami menggunakan bahasa pemograman PHP, dengan database MySql dan Macromedia Flash.
Demikian proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui email atau telpon yang sudah tertera, hingga 15 hari setelah hari ini. Dikarnakan kami akan mengerjakan proyek yang lain. Atas perhatiian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Universitas Gunadarma



DAFTAR ISI
Cover
Cover Letter ............................................................................................................................. i
Daftar Isi .................................................................................................................................. 1
Latar Belakang ......................................................................................................................... 2
Rumusan Masalah .................................................................................................................... 3
Ruang Lingkup Proyek Sistem ................................................................................................. 3
Modul Pengembangan .............................................................................................................. 3
Keuntungan Pengembangan Sistem ......................................................................................... 3
Waktu Pelaksanaan Proyek ...................................................................................................... 4
Rancangan Biaya Sistem Informasi ......................................................................................... 4
Tenaga Pelaksana ..................................................................................................................... 5
Metodologi ............................................................................................................................... 6
Deliverablless .......................................................................................................................... 7
Jaminan Purna Jual .................................................................................................................. 7
Kelayakan Hukum ................................................................................................................... 7
Alternatif ................................................................................................................................. 7
Istilah atau Terminologi .......................................................................................................... 8
Penutup .................................................................................................................................. 10




LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia informasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan dan perkembangan. Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat, terkini, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal tersebut, penyajian suatu informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius untuk menarik costumer.
Pada CV. Sukses Sablon adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang percetakan atau Advertaising. Perusahaan tersebut mendapat permasalah yang sering timbul diakibatkan promosi atau informasi yang masih menggunakan brosur dan pamplet yang diberikan kepada masyarakat disekitarnya. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam penyampaikan informasi tentang produk-produk yang dipasarkan. Selain itu transaksi yang dilakukan di dalam perusahaan juga kurang optimal, dikarenakan custumor tidak bisa datang langsung karena kurangnya waktu luang Sehingga customer lebih memilih perusahaan lain.
Bedasarkan permasalahan ini dengan menganalisa gejala-gejala tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sistem informasi percetakan dengan membuat website sebagai media optimalisasi promosi bagi CV. Sukses Sablon. website ini bukan hanya mempromosikan suatu produk tetapi website ini juga bisa memesan produk secara online dengan mengirim data gambar kepada perusahaan. maka kami memberikan solusi dengan membuat sebuah website secara online pada CV. Sukses Sablon dengan menggunakan, Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL. Website tersebut diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta memudahkan customer untuk memesan secara Online.
Untuk lebih meningkatkan angka penjualan produksi, dan meningkatkan keuangan pada CV. Sukses Sablon alangkah bijak nya jika di jaman teknologi ini dilakukan pengembangan aplikasi sistem informasi percetakan. agar tujuan dan hasil yg diraih CV. Sukses Sablon dapat lebih memuaskan dengan Pengembangan aplikasi sistem informasi Percetakan yang berbasiskan Website.
Rumusan Masalah
Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi tentang pencetakan barang dan produksi apa saja yang dapat dipesan, dan disertai dengan harga sub total dari masing-masing barang serta total dari keseluruhan barang yang dipesan. Dan customer bisa memesan produk secara online dengan mengirim data gambar kepada perusahaan. Website ini dapat dilihat melalui computer dengan menggunakan browser seperti Mozilla Firefox dan dibuat dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL.


Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi percetakan pada CV. Sukses Sablon yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan contoh-contoh produk, pemesanan, pembayaran, dan pelaporan costumer.
2. Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
3. Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi percetakan
4. Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan.
Modul Pengembangan
1. Modul barang dan produksi yang dapat dipesan
2. Modul harga dari masing-masing produksi
3. Modul pemesanan secara online
Keuntungan Pengembangan Sistem
Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pelayanan kepada costumer CV. Sukses Sablon
2. Memudahkan pelanggan dalam memesan produk atau order
3. Memudahkan dalam promosi produks CV. Sukses Sablon
4. Memperluas wilayah usaha
5. Meningkatkan laba keuangan pada CV. Sukses Sablon




Waktu Pelaksanaan Proyek
Kegiatan dan waktu pelaksanaan
Mei


1 2 3 4
Juni

1 2 3 4
Juli
1

31

41

21
Analisis Kebutuhan
Design fungsi
Pemograman
Pengujian
Instalasi
Pelatihan
Pemeliharaan
Dokumentasi
Rancangan Biaya Sistem Informasi
Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 50% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan mengerjakan aplikasi sistem informasi percetakan berbasis website. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim pengembang akan langsung melakukan pengistalan aplikasi.






Adapun rincian biayanya sebagai berikut :
1. Biaya persiapan
Tipe Requitment
Spesifikasi
Harga Satuan ( Rupiah )
Software
Macromedia dreamweaver CS5
Macromedia flash CS5
My SQL Server
Domain & Hosting
2.000.000
1.150.000
-
200.000/bulan
Hardware
1 Paket Komputer ( PC )
Modem Eksternal
1 Printer
7.000.000
500.000
750.000
JUMLAH
11.600.000
2. Biaya Pengerjaan :
No.
Perincian
Biaya ( Rupiah )
1
Analisis kebutuhan
700.000
2
Design Fungsi
600.000
3
Pemograman
6. 000. 000
4
Pengujian
350.000
5
Instalasi
200.000
6
Pelatihan
350.000
7
Pemeliharaan
400.000
8
Dokumentasi
300.000
9
Transportasi
150.000
Jumlah
9.050.000
3. Biaya Keseluruhan
Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan
= Rp 11. 600. 000 + Rp 9. 050. 000
= Rp 20. 650. 000
Tenaga Pelaksana
Untuk mengembangkan sistem Informati Percetakan berbasis website, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1. Project Manager dan System Analisis : Umar Rizky
2. Database Engineering : Novi Karlina
3. Graphic and Software Engineer : Angelina Vendy Anindita
Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi Percetakan Berbasis Web, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
5. Instalasi
Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
6. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari CV Sukses Sablon yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
Deliverablless
Aplikasi akan kami antarkan kepada CV. Sukses Sablon secara langsung setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang.
Jaminan Purna Jual
Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hiang, maka kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah tidak berlaku lagi.
Kelayakan Hukum
Secara hukum, seluruh perangkat baik software maupun hardware termasuk prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku di negara Indonesia serta ketentuan perusahaan.
Alternatif
Software untuk membuat website :
Framework :
1. Macromedia Dreamweaver ( Rp. 2. 000. 000 )
2. CMS ( JOOMLA, Wordpress) (Open Source)
3. Code Igniter ( Open Source )
4. Ms. Front Page ( Rp. 1. 000. 000)
Pilihan Kami : Macromedia Dreamweaver
Karena, Macromedia Dreamweaver mempunyai banyak fitur dan lebih mudah untuk digunakan.
Database :
1. Oracle (Rp. 5. 000. 000)
2. MYSQL ( Open Source)
3. Ms. Acces (Rp. 1. 000. 000)
Pilihan Kami : MYSQL
Karena software yang digunakan open source
Design :
1. Macromedia Flash (Rp. 1. 150.000)
2. Photoshop (Rp. 1. 500. 000)
3. Coreldraw (Rp. 500. 000)
Pilihan Kami : Macromedia Flash
Karena Fitur lebih lengkap dan mudah digunakan
Istilah atau Terminologi
1. Aplikasi :
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
2. Browser
adalah program aplikasi yang menterjemahkan kode HTML dan merepresentasikan halaman web site.
3. Coding (Penanda)
merupakan unsur yang penting dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Coding yang akan dikupas dalam sajian artikel saat yang menyangkut tentang penelitian kuantiataif.
4. Content diagram
menjelaskan proses pembangunan dan memberikan contoh bagaimana model memungkinkan untuk membuat representasi diakses beberapa grafis khas akan Anda temukan dalam buku teks ilmu pengetahuan.
5. Domain
adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet.
6. Data flow diagram
adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data,baik secara manual maupun komputerisasi.
7. Database enginnering
adalah sebuah struktur data yang berisi informasi penting tentang analisis, desain, kode dan testing.
8. Graphic & software enginner
grafik ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering ap­proach)
9. Hardware
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
10. Hosting
adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
11. Macromedia flash
adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi.
12. Macromedia Dreamwaver
sebuah software web design yang menawarkan cara mendesain website dengan dua langkah sekaligus dalam satu waktu, yaitu mendesain dan memprogram.
13. My SQL
MySQL adalah singkatan "My Structured Query Language". Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database.
14. Online
sambung jaring adalah keadaan saat sesuatu terhubung ke dalam suatu jaringan atau sistem (umumya internet atau ethernet).
15. PHP
adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis.
16. Project manager
adalah seorang profesional di bidang manajemen proyek. Manajer proyek dapat memiliki tanggung jawab pelaksanaan, perencanaan dan penutupan proyek, biasanya berkaitan dengan industri konstruksi, arsitektur, Aerospace dan Pertahanan, jaringan komputer, telekomunikasi atau pengembangan perangkat lunak.
17. Sistem analisis
adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
18. Requitment
suatu proses pencarian dan pengikatan para calon karyawan atau pelamar calon karyawan yang mampu untuk melamar sebagai karyawan proses ini di mulai ketika para pelamar di cari dan berakhir bila lamaran atau aplikasi mereka di serahkan dan hasilnya setelah para calon karyawan di seleksi.
19. Sistem
sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
20. Software
adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
21. Website
suatu kumpulan dokumen Hyper Text Markup Language (HTML) pribadi atau sebuah perusahaan dalam web server.
Penutup
Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan aplikasi sistem informasi percetakan pada CV. Sukses Sablon secara efektif dan efisien. Kami sangat mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai dengan harapan bersama.