1. PROPOSAL PROYEK PERANGKAT LUNAK
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Jalan
Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok
Tlp
: 021-79878956. ext 101
Hal
: Proposal Depok, 10 April 2012
Kepada
Yth,
Bapak
/ Ibu Pimpinan CV. Sukses Sablon
Di
tempat
Dengan
Hormat,
Puji
dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan
hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan
sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada CV. Sukses Sablon yang telah
memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah
sistem informasi yang ada di CV. Sukses Sablon. CV. Sukses Sablon adalah sebuah
percetakan atau advertising dengan banyak customer dan berbagai macam produksi,
untuk pengembangan pelayanan customer yang lebih baik, terintegrasi, cepat dan
menarik banyak customer diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan customer
dalam hal informasi produksi harga, penjualan secara online, dan promosi
produksi yang dipasarkan menjadi lebih luas, efiseien dan tepat sasaran.
Bedasarkan
perkembangan sistem yang ada saat ini di CV. Sukses Sablon terutama pada bagian
promosi dan pemasaran maka, kami akan mengembangan sebuah aplikasi sistem
informasi percetakan berbasis website. Untuk membuat sebuah aplikasi sistem
informasi percetakaan tersebut kami menggunakan bahasa pemograman PHP, dengan
database MySql dan Macromedia Flash.
Demikian
proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu
berminat dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau
ibu melalui email atau telpon yang sudah tertera, hingga 15 hari setelah hari
ini. Dikarnakan kami akan mengerjakan proyek yang lain. Atas perhatiian dan
kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat
Kami
Universitas Gunadarma
DAFTAR ISI
Cover
Cover
Letter
.............................................................................................................................
i
Daftar
Isi
..................................................................................................................................
1
Latar
Belakang
.........................................................................................................................
2
Rumusan
Masalah
....................................................................................................................
3
Ruang Lingkup Proyek Sistem
.................................................................................................
3
Modul
Pengembangan
..............................................................................................................
3
Keuntungan
Pengembangan Sistem .........................................................................................
3
Waktu
Pelaksanaan Proyek
......................................................................................................
4
Rancangan
Biaya Sistem Informasi .........................................................................................
4
Tenaga Pelaksana
.....................................................................................................................
5
Metodologi
...............................................................................................................................
6
Deliverablless
..........................................................................................................................
7
Jaminan
Purna Jual
..................................................................................................................
7
Kelayakan
Hukum
...................................................................................................................
7
Alternatif
.................................................................................................................................
7
Istilah
atau Terminologi
..........................................................................................................
8
Penutup
..................................................................................................................................
10
LATAR
BELAKANG
Perkembangan
dunia informasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan dan
perkembangan. Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin
maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat,
terkini, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal tersebut, penyajian suatu
informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius untuk menarik costumer.
Pada CV. Sukses Sablon adalah suatu usaha yang bergerak
dalam bidang percetakan atau Advertaising. Perusahaan tersebut mendapat
permasalah yang sering timbul diakibatkan promosi atau informasi yang masih
menggunakan brosur dan pamplet yang diberikan kepada masyarakat disekitarnya.
Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam penyampaikan informasi
tentang produk-produk yang dipasarkan. Selain itu transaksi yang dilakukan di
dalam perusahaan juga kurang optimal, dikarenakan custumor tidak bisa datang
langsung karena kurangnya waktu luang Sehingga customer lebih memilih
perusahaan lain.
Bedasarkan permasalahan ini dengan menganalisa gejala-gejala
tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan
sistem informasi percetakan dengan membuat website sebagai media optimalisasi
promosi bagi CV. Sukses Sablon. website ini bukan hanya mempromosikan suatu
produk tetapi website ini juga bisa memesan produk secara online dengan
mengirim data gambar kepada perusahaan. maka kami memberikan solusi dengan
membuat sebuah website secara online pada CV. Sukses Sablon dengan menggunakan,
Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL. Website tersebut
diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta
memudahkan customer untuk memesan secara Online.
Untuk lebih meningkatkan angka penjualan produksi, dan
meningkatkan keuangan pada CV. Sukses Sablon alangkah bijak nya jika di jaman
teknologi ini dilakukan pengembangan aplikasi sistem informasi percetakan. agar
tujuan dan hasil yg diraih CV. Sukses Sablon dapat lebih memuaskan dengan
Pengembangan aplikasi sistem informasi Percetakan yang berbasiskan Website.
Rumusan
Masalah
Aplikasi
ini dibuat untuk memberikan informasi tentang pencetakan barang dan produksi
apa saja yang dapat dipesan, dan disertai dengan harga sub total dari
masing-masing barang serta total dari keseluruhan barang yang dipesan. Dan
customer bisa memesan produk secara online dengan mengirim data gambar kepada
perusahaan. Website ini dapat dilihat melalui computer dengan
menggunakan browser seperti Mozilla Firefox dan dibuat dengan
menggunakan Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL.
Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi percetakan pada CV. Sukses Sablon
yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan
yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis setiap
prosedur-prosedur yang berhubungan dengan contoh-contoh produk, pemesanan,
pembayaran, dan pelaporan costumer.
2. Mendesain sebuah sistem yang
mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
3. Membuat sebuah program yang
mengimplementasikan sistem informasi percetakan
4. Menerapkan serta melakukan
percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem informasi ini
secara memuaskan.
Modul
Pengembangan
1. Modul barang dan produksi yang
dapat dipesan
2. Modul harga dari masing-masing
produksi
3. Modul pemesanan secara online
Keuntungan
Pengembangan Sistem
Manfaat
dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pelayanan kepada
costumer CV. Sukses Sablon
2. Memudahkan pelanggan dalam
memesan produk atau order
3. Memudahkan dalam promosi produks
CV. Sukses Sablon
4. Memperluas wilayah usaha
5. Meningkatkan laba keuangan pada
CV. Sukses Sablon
Waktu
Pelaksanaan Proyek
Kegiatan dan waktu pelaksanaan
|
1
2 3 4
|
Juni
1 2 3 4
|
Juli
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Analisis Kebutuhan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Design fungsi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemograman
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengujian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Instalasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelatihan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemeliharaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dokumentasi
|
Rancangan
Biaya Sistem Informasi
Proses
pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 50% dari harga yang sudah
dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan
mengerjakan aplikasi sistem informasi percetakan berbasis website. Setelah
aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim
pengembang akan langsung melakukan pengistalan aplikasi.
Adapun
rincian biayanya sebagai berikut :
1. Biaya persiapan
Tipe
Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga
Satuan ( Rupiah )
|
Software
|
Macromedia
dreamweaver CS5
Macromedia
flash CS5
My
SQL Server
Domain
& Hosting
|
2.000.000
1.150.000
-
200.000/bulan
|
Hardware
|
1
Paket Komputer ( PC )
Modem
Eksternal
1
Printer
|
7.000.000
500.000
750.000
|
JUMLAH
|
11.600.000
|
2. Biaya Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya
( Rupiah )
|
1
|
Analisis
kebutuhan
|
700.000
|
2
|
Design
Fungsi
|
600.000
|
3
|
Pemograman
|
6. 000.
000
|
4
|
Pengujian
|
350.000
|
5
|
Instalasi
|
200.000
|
6
|
Pelatihan
|
350.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
400.000
|
8
|
Dokumentasi
|
300.000
|
9
|
Transportasi
|
150.000
|
Jumlah
|
9.050.000
|
3. Biaya Keseluruhan
Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan
+ Biaya Pengerjaan
= Rp 11. 600. 000 + Rp 9. 050. 000
= Rp 20. 650. 000
Tenaga Pelaksana
Untuk
mengembangkan sistem Informati Percetakan berbasis website, maka dibutuhkan tim
pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1. Project Manager dan System
Analisis : Umar Rizky
2. Database Engineering : Novi
Karlina
3. Graphic and Software Engineer :
Angelina Vendy Anindita
Metodologi
Metodologi
merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini
adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi
Percetakan Berbasis Web, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan
indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi
informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan
kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara
detail, mulai dari Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD),
desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga
membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemograman
Melakukan coding untuk
merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah
baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang
dibuat.
4. Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan
uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing
terhadap fungsionalitas sistem.
5. Instalasi
Mengganti dan menempatkan sistem
atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil
dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
6. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/
kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab
melatih costumer atau eksekutif dari CV Sukses Sablon yang hendak
mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga
berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak
menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa
selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga
tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang
telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala
yang berarti.
8. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri
dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang
dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai
pedoman operasional dan sebagainya.
Deliverablless
Aplikasi
akan kami antarkan kepada CV. Sukses Sablon secara langsung setelah terjadinya
pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan berdasarkan kesepakatan
bersama antara user dengan tim pengembang.
Jaminan
Purna Jual
Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah
melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hiang, maka
kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun.
Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah
tidak berlaku lagi.
Kelayakan
Hukum
Secara
hukum, seluruh perangkat baik software maupun hardware termasuk
prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku di
negara Indonesia serta ketentuan perusahaan.
Alternatif
Software
untuk membuat website :
Framework
:
1. Macromedia Dreamweaver ( Rp. 2.
000. 000 )
2. CMS ( JOOMLA, Wordpress) (Open
Source)
3. Code Igniter ( Open Source )
4. Ms. Front Page ( Rp. 1. 000. 000)
Pilihan Kami : Macromedia Dreamweaver
Karena, Macromedia Dreamweaver mempunyai banyak fitur dan
lebih mudah untuk digunakan.
Database
:
1. Oracle (Rp. 5. 000. 000)
2. MYSQL ( Open Source)
3. Ms. Acces (Rp. 1. 000. 000)
Pilihan Kami : MYSQL
Karena software yang digunakan open source
Design :
1. Macromedia Flash (Rp. 1. 150.000)
2. Photoshop (Rp. 1. 500. 000)
3. Coreldraw (Rp. 500. 000)
Pilihan Kami : Macromedia Flash
Karena Fitur lebih lengkap dan mudah digunakan
Istilah
atau Terminologi
1.
Aplikasi :
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
2.
Browser
3.
Coding (Penanda)
merupakan unsur yang penting dalam
penelitian kuantitatif dan kualitatif. Coding yang akan dikupas dalam sajian
artikel saat yang menyangkut tentang penelitian kuantiataif.
4.
Content diagram
menjelaskan proses pembangunan dan
memberikan contoh bagaimana model memungkinkan untuk membuat representasi
diakses beberapa grafis khas akan Anda temukan dalam buku teks ilmu
pengetahuan.
5.
Domain
adalah nama unik yang diberikan
untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email
server di internet.
6.
Data flow diagram
adalah alat pembuatan model yang
memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu
jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur
data,baik secara manual maupun komputerisasi.
7.
Database enginnering
adalah sebuah struktur data yang berisi
informasi penting tentang analisis, desain, kode dan testing.
8.
Graphic & software enginner
grafik ilmu yang mempelajari tehnik
pembuatan software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering approach)
9.
Hardware
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya
disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung
atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
10.
Hosting
adalah tempat atau jasa internet
untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa
diakses oleh orang lain.
11.
Macromedia flash
adalah program yang sedang populer
sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi.
12.
Macromedia Dreamwaver
sebuah software web design
yang menawarkan cara mendesain website dengan dua langkah sekaligus
dalam satu waktu, yaitu mendesain dan memprogram.
13.
My SQL
MySQL adalah singkatan "My
Structured Query Language". Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke
sejumlah database.
14.
Online
sambung jaring adalah keadaan saat
sesuatu terhubung ke dalam suatu jaringan atau sistem (umumya internet atau ethernet).
15.
PHP
adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau
disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram
situs
web
dinamis.
16.
Project manager
adalah seorang profesional di bidang
manajemen proyek. Manajer proyek dapat memiliki tanggung jawab pelaksanaan,
perencanaan dan penutupan proyek, biasanya berkaitan dengan industri
konstruksi, arsitektur, Aerospace dan Pertahanan, jaringan komputer,
telekomunikasi atau pengembangan perangkat lunak.
17.
Sistem analisis
adalah seseorang yang bertanggung
jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan
pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai
dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
18.
Requitment
suatu proses pencarian dan
pengikatan para calon karyawan atau pelamar calon karyawan yang mampu untuk
melamar sebagai karyawan proses ini di mulai ketika para pelamar di cari dan
berakhir bila lamaran atau aplikasi mereka di serahkan dan hasilnya setelah
para calon karyawan di seleksi.
19.
Sistem
sistem berasal dari bahasa
Latin
(systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu
kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
20.
Software
adalah sekumpulan data elektronik
yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh
komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu
perintah.
21.
Website
suatu kumpulan dokumen Hyper Text
Markup Language (HTML) pribadi atau sebuah perusahaan dalam web server.
Penutup
Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk menjadi bahan
pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan aplikasi sistem informasi percetakan
pada CV. Sukses Sablon secara efektif dan efisien. Kami sangat mengharapkan
paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai
dengan harapan bersama.