Senin, April 01, 2019

Setup Buah

SETUP BUAH

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
Mencari kudapan segar namun pas disantap kala musim pancaroba untuk acara seperti arisan atau kumpul keluarga besar? Setup bisa menjadi jawaban yang tepat.
Untuk kudapan sehat, buah mempunyai banyak cara pengolahan, seperti setup. Sajian dessert internasional ini menjadi idola karena dapat disajikan dalam kondisi dingin dan hangat.
Di musim panas, setup buah yang manis dan dingin pasti menjadi sajian yang menyegarkan. Dan, sebaliknya, saat dingin, setup buah dapat menghangatkan tubuh.
Namun perlu trik khusus untuk membuat setup buah yang renyah, segar dan tahan lama.
Meski semua jenis buah dapat digunakan untuk membuat setup buah. Namun akan lebih baik hasilnya jika buah yang digunakan memiliki tekstur yang padat dan keras, namun tetap manis. Seperti apel, pir, nanas, melon, salak, peach, dan semua jenis buah. Pilih yang matangnya pas dan teksturnya masih keras.
Sajikan potongan buah segar dengan sirup gula atau sirup beraroma. Bisa juga menggunakan jus buah segar yang ditambahkan air soda dan es batu.
Namun lazimnya setup buah dibuat dari larutan air gula dan berbagai rempah agar menghasilkan aroma yang sangat khas. Ingin lebih wangi? Gunakan gula merah atau gula palem.
Rempah yang cocok untuk setup buah adalah jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, serai, dan pekak. Anda bisa juga menambahkan kulit jeruk manis atau jeruk lemon, daun pandan, daun jeruk atau essence buah sebagai penyegar aroma.

n  Tujuan Praktikum
·         Mampu mengolah buah-buahan menjadi makanan lezat (menyangkut aspek porsi, bumbu, variasi, modifikasi dan penilaian hasil).
·         Mengetahui macam olahan buah dan minuman.


BAB II
METODELOGI PRAKTIKUM
2.1  Alat dan bahan
a.       Bahan-bahan
§  Jambu Biji Merah
§  Anggur Merah
§  Anggur Hijau
§  Melon
§  Nanas
§  gula pasir
§  daun pandan
§  cengkih
§  kayu manis
§  air
b.      Alat-alat
o     Mangkok plastic
o     Piring plastic
o     Panci
o     Talenan
o     Pisau
o     Sendok
o     Kompor
o     Centong

2.2  Prosedur
1.      Kupas jambu, buang bijinya lalu potongpotong.
2.      Didihkan air, daun pandan, cengkih, dan kayu manis, masak hingga harum.
3.      Masukkan gula pasir, masak hingga gula larut.
4.      Masukkan buah-buahan, masak dengan api kecil selama 5 menit. Angkat.
5.      Sajikan hangat atau dingin dengan tambahan es batu.

BAB III
TINJAUAN PUSTAKA
3.1  Definisi Buah
Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.
Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi.

3.2  Macam-macam Buah
3.2.1        Jambu Biji Merah
Jambu biji merah bukan hanya buah yang dapat dirasakan kesegarannya ketika dimakan. Tetapi jambu biji merah juga memiliki berbagai khasiat tradisional alami herbal yang bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan tubuh dan ibu hamil. Untuk mengetahui khasiat manfaat jambu biji merah silahkan simak artikel dibawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMXFj3fTEwM78YdUDYySgZxgHysgY2urJ9k_FxhfU_Zt2Pfoa9uwaxIRak8KYCSVo8Mf45K68317AMFQUMnUTCETcX3ncrpBOvZdbfparhyphenhyphenszvW1lP9a1SzKbo06WL4Q3KSIVlWbnOhOu7/s200/manfaat+jambu+biji+merah.jpg

Jambu biji dengan nama ilmiah Psidium Guajava sudah banyak dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan selain dikomsumsi langsung dengan rasa yang lezat. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam Jambu biji adalah vitamin C, vitamin A dan B, serat, kalsium, asam nicotinic, phosphorus fosfor, potassium, zat besi dan asam folic.
Obat diare
Jambu biji ini mengandung zat alkaline alami, desinfektan dan anti bakteri sehingga membantu dalam penyembuhan diare dan disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba dan mengurangi produksi lendir yang berlebih dari usus. Selanjutnya dengan kandungan lain dalam jambu biji seperti vitamin C dan Potassium Carotenoids akan membantu memperkuat system pencernaan dalam mengatasi bakteri tersebut.
Obat batuk dan pilek
Dengan menjus jambu biji yang masih muda bermanfaat untuk mengatasi batuk dan pilek, mengurangi lendir, melonggarkan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru. Vitamin C dosis tinggi yang terkandung dalam jambu biji tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi yang menyebabkan sakit flu, batuk dan demam.
Perawatan kecantikan kulit
Kandungan zat yang terkandung dalam jambu biji dapat membantu mengencangkan otot kulit yang sudah kendur, menjadikan kulit tetap segar, bebas dari noda, keriput dan penyakit kulit lainnya. Caranya dengan mengkonsusmi langsung jambu biji yang setengah matang. Bisa juga menggunakan daun atau kulit jambu biji dengan cara mencuci daun jambu biji lalu direbus dan setelah air hasil rebusan dingin maka dapat diminum.

Manfaat lain dari jambu biji untuk kesehatan diantaranya menurunkan berat badan, obat diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko kanker, gusi yang bengkak dan tanggal gigi, sebagai obat luar penyembuh luka, kejang-kejang, epilepsi, infeksi bakteri dan sembelit.
3.2.2        Anggur
Buah anggur tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium.
Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Inilah beberapa khasiat kesehatan dari buah anggur seperti yang dikutip dari Idiva.
1.      Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.
2.      Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.
3.      Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.
4.      Kanker payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.
5.      Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.
6.      Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.
7.      Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
8.      Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.
9.      Migrain
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.
10.  Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.
3.2.3        Nanas
Nanas mempunyai berbagai macam manfaat,sebagai penyembuh dan pembersih tubuh serta bermacam-macam manfaat lainnya. Nanas dapat menjadi salah satu menu buah Anda di saat diet karena rasa dan aromanya yang khas. Nanas juga banyak kita jumpai di dalam gerobak-gerobak buah di sekitar wilayah kampus .Dengan harga yang relatif murah cuma Rp.1000 kita dapat menikmati manfaat yang begitu banyak
Berbagai macam kegunaan nanas antara lain adalah :
Nanas membantu pencernaan protein dan mempercepat proses penyembuhan
Buah nanas kaya akan enzim bromelain. Yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan. Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah untuk diserap oleh tubuh. Nanas juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Selain kegunaan di atas.Nanas mengandung citric dan malic acid yang memberi rasa manis dan asam pada buahnya. Asam ini membuat nanas menjadi bahan makanan yang digunakan secara luas untuk membuat masakan asam manis. Bromelain membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh. Nanas adalah pilihan yang baik untuk pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi.
Berfungsi sebagai pembersih
Nanas bersifat membersihkan. Enzim bromelain membantu membersihkan tubuh dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah. Nanas menaikan kadarbasa darah dan membantu meringankan penyakit edema dengan cara mengurangi air berlebih di dalam tubuh. Nanas adalah salah satu dari beberapa buah yang mempunyai kandungan aspartic acid yang cukup tinggi. Asam aspartic berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh kita sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh. Amonia adalah racun yang berbahaya bagi sistem saraf pusat.
Manfaat lain dari nanas
Hampir sama dengan pisang, nanas juga mengandung serat yang berguna untuk membantu proses pencernaan. Menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Serat dari 150 gram nanas setara dengan separuh dari jeruk. selain itu kandungan vitamin dan mineral menjadikan nanas sumber yang bagus untuk vitamin C dan berbagai macam vitamin lainnya. Asam chlorogen, yaitu antioksidan yang banyak terdapat di buah-buahan juga dapat ditemukan pada nanas. Asam ini memblokir formasi dari nitrosamine, zat yang dapat menyebabkan kanker. Nitrosamine terbentuk ketika daging olahan yang diberi pengawet dipanaskan pada suhu tinggi. Penelitian menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi, zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini juga termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non esensial, proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung. Nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita, penting untuk membentuk formasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.
Pertimbangan sebelum mengkonsumsi nanas
Bagi beberapa orang, mengkonsumsi nanas terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala. Nanas dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Sebagian orang dapat merasakan gejala alergi seperti kulit menjadi merah dan gatal setelah mengkonsumsi nanas. Untuk menghindari hal ini, potong dan celupkan nanas ke dalam air garam sebelum dikonsumsi. Dalam kasus alergi serius, bibir dan mulut dapat menjadi bengkak setelah mengkonsumsi nanas. Selain itu nanas juga dapat menyebabkan diare atau mual pada sebagian orang. Hal ini dapat terjadi jika orang yang alergi terhadap nanas mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar.
Beberapa tips dalam memilih nanas yang baik
Nanas dapat berwana hijau atau kuning warnanya, ketika memilih nanas, pilihlah nanas yang berat. Hal ini menandakan tingkat kesegarannya. Untuk melihat apakah nanas yang Anda pilih sudah matang atau belum, andalkan indra penciuman Anda. Buah nanas yang sudah matang mempunyai bau yang kuat, manis dan khas. Buah nanas yang tidak matang terasa sangat kecut. Ketika nanas yang belum matang dipanen dari tanamannya. Buah tersebut tidak akan bisa menjadi lebih matang lagi. Buah nanas yang tidak matang tersebut akan mulai membusuk. Karena buah nanas tidak mempunyai cadangan yang bisa diubah menjadi gula.
3.2.4        Melon

Buah Melon, sama halnya seperti Buah Pir. Buah ini mengandung banyak air di dalamnya Selain buahnya yang enak di makan, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita.
Berikut beberapa manfaat dari buah melon :
  • Anti kanker
Buah melon mengandung karotenoid yang tinggi sehingga buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. Buah melon dapat mencegah serta membunuh bibit-bibit kanker yang akan menyerang tubuh kita. Jadi usahakan mengkonsumsi melon agar terhindar dari penyakit kanker.
  • Anti stroke/jantung
Melon mengandung antikoagulan yang disebut adenosine mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Jadi buah melon akan membantu melancarkan darah dalam tubuh sehingga beresiko kecil timbulnya penyakit stroke atau jantung.
  • Melancarkan BAB
Buah melon dapat melancarkan BAB (baung air besar) bila kita mengalami masalah pencernaan maka makanlah melon agar dapat mudah dan lancar buang air besar. Kandungan air yang ada dalam buah melon sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan mineral ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung.
  • Menjaga kesehatan kulit
Buah melon mengandung kolagen yakni senyawa protein yg mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat seperti kulit.Kolagen juga berfungsi utk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.Jika anda sering makan buah melon berarti kulit tidak akan kasar dan kering.
  • Membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim.
Buah melon mempunyai daya diuretik yg sangat baik sehingga bisa membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut.Jika dikombinasikan dengan lemon,maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat.Jadi ada baiknya anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.
  • Meredakan panas dalam.
Kadar air pada buah melon mencapai 95%,sehingga memberi efek menyejukkan.Karena itu,buah melon dapat bermanfaat untuk meredakan panas dalam.
Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1.  Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1  Hasil


 





















Harga tiap-tiap bahan:
NO
NAMA BAHAN
JUMLAH
HARGA (Rp)
1
Melon

Rp 6.000,-
2
Jambu Biji Merah

Rp 3.000,-
3
Anggur Merah

Rp 8.000,-
4
Anggur Hijau

Rp 9.000,-
5
Nanas

Rp 2.000,-
6
Bumbu-bumbu

Rp 2.000,-

4.2  Pembahasan
Cara membuat stup buah yaitu pertama kupas jambu, buang bijinya lalu potongpotong. Didihkan air, daun pandan, cengkih, dan kayu manis, masak hingga harum. Masukkan gula pasir, masak hingga gula larut. Setelah itu masukkan buah-buahan, masak dengan api kecil selama 5 menit. Angkat. Terakhir sajikan hangat atau dingin dengan tambahan es batu.
Dalam Stup buah ini kita dapat memperoleh banyak zat gizi diantaranya vitamin, mineral maupun air. Karena bahan tersebut terdiri dari aneka macam buah.


BAB V
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
Buah merupakan bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Buah-buahan juga dapat diolah menjadi aneka makanan, contohnya saja stup buah, asinan buah, dan lain sebagainya.
5.2  Saran
Resep ini harus dicoba, karena proses pembuatanya mudah. Bahan-bahannya pun tersedia diberbagai pasar maupun supermarket. Apabila anda tidak menyukai nanas, maka dapat diganti dengan buah yang lain. Semuanya serba mudah dan praktis. Selamat mencoba!